Pesona Alun-alun Banjarnegara Malam Hari yang Sayang Dilewatkan

oleh -344 views
alun-alun banjarnegara malam hari

Setiap daerah pasti memiliki alun-alunnya tersendiri yang menjadi kebanggan warga sekitar. Alun-alun ini tidak hanya berfungsi sebagai ruang terbuka yang menjadi sumber kesejukan, tapi juga menjadi spot wisata yang murah meriah untuk masyarakat. Termasuk contohnya adalah alun-alun Banjarnegara yang sangat terkenal di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tidak hanya siang hari, alun-alun Banjarnegara malam hari pun selalu ramai oleh masyarakat. 

Bagi para wisatawan yang berasal dari daerah lain, alun-alun ini pun bisa menjadi pilihan destinasi untuk berkunjung. Menikmati suasana daerah Banjarnegara akan sangat terasa ketika Anda ke alun-alun ini saat malam hari. Inilah berbagai informasi yang bisa Anda ketahui tentang taman kota Banjarnegara yang sangat populer ini. Yuk, simak hingga akhir! 

Sekilas Tentang Alun-alun Banjarnegara 

alun-alun banjarnegara malam hari
(sumber gambar: wisatabanjarnegara.com)

Alun-alun Banjarnegara malam hari maupun siang hari memang selalu dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Pada dasarnya, ini merupakan ruang terbuka hijau yang bersifat publik yang ada di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Ruang hijau ini memiliki luas lahan sekitar 2 hektar yang memiliki banyak sekali pepohonan hijau yang rimbun dan membuat suasana menjadi sejuk. Keberadaan taman kota ini pun sekaligus menjadi paru-paru Kota Banjarnegara yang sangat berperan vital untuk keasrian dan kesejukan kota. 

Banyak masyarakat yang berkunjung ke taman ini untuk berolahraga, bersantai, dan menikmati hiburan yang murah meriah bersama dengan keluarga. Tidak hanya itu, alun-alun ini pun memiliki nilai filosofis yang cukup tinggi dan berkaitan erat dengan budaya serta sejarah masa lalu di Banjarnegara. Tidak heran jika kemudian inilah yang mendasari alun-alun Banjarnegara memiliki lokasi di tengah kota dan memiliki banyak bangunan penting di sekelilingnya. 

Berbagai bangunan penting tersebut mulai dari kantor pemerintahan, masjid, dan kawasan perkantoran. Bentuk dari alun-alun ini sendiri adalah persegi dengan lantai berupa paving block. Pada bagian tengah, ada tanah lapang dengan rerumputan hijau yang membuat suasana di alun-alun ini bertambah asri selain karena adanya pepohonan hijau yang rimbun. 

Beberapa pohon beringin yang sudah tua pun bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke taman kota ini. Selain itu, ada juga berbagai pohon lain yang menambah keteduhan alun-alun Banjarnegara dan membuat udara di tempat ini menjadi sangat menyegarkan dan asri. Inilah yang juga membuat banyak masyarakat sekitar berkunjung ke alun-alun untuk sekedar melepaskan penat dengan menikmati udara sejuk di sini.

Menjadi Saksi Sejarah Banjarnegera di Masa Lalu

Alun-alun Banjarnegara malam hari memang tidak hanya menampilkan keindahan yang sangat menarik. Pada siang hari keberadaan taman kota ini pun selalu ramai oleh masyarakat yang ingin bersantai maupun melakukan beberapa aktivitas ramai-ramai. Akan tetapi lebih dari itu, alun-alun ini juga menjadi saksi sejarah Banjarnegara di masa lalu.

Tentu bagian sejarah ini sangat sayang untuk Anda lewatkan jika memang sedang berkunjung kesini. Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap alun-alun pasti memiliki cerita sejarah dan nilai filosofisnya tersendiri. Inilah yang membuat mengapa seringkali letaknya berada di tengah kota dan dekat dengan banyak bangunan penting seperti kawasan pemerintahan, ibadah, maupun perkantoran.

Jadi, pada masa dahulu alun-alun Banjarnegara menjadi salah satu saksi penyebaran agama Islam yang ada di Banjarnegara. Hal ini bisa Anda lihat dari adanya bangunan masjid besar yang letaknya tidak jauh dari alun-alun tersebut. Nama masjid itu adalah Masjid Agung An-Nur yang hingga sekarang tetap menjadi kebanggaan dari masyarakat Banjarnegara.

Letak dari masjid ini tepat ada di bagian barat taman kota dan memiliki luas dan ukuran yang besar. Ukurannya sekitar 3.165 meter persegi dan memiliki luas bangunan 1.425 meter persegi. Dengan ukuran yang besar, masjid ini bahkan bisa menampung jamaah hingga jumlah 2100 orang. Masjid Agung An-Nur ini berdiri pada tahun 1865. Lokasi tepatnya sendiri berada di Jalan Ahmad Dahlan No. 7 Kauman Banjarnegara, Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Saat berkunjung kesini Anda bisa merasakan khas bangunan Timur Tengah yang sangat kuat dan kental. Tidak heran jika sampai saat ini banyak para pengunjung yang berasal dari banyak daerah lain menyempatkan diri untuk berkunjung. Selain untuk ibadah, namun juga untuk beristirahat sejenak dan mengagumi keindahan dan kemegahan masjid.

Lokasi dan Fasilitas di Alun-alun Banjarnegara

Lokasi tepat dari alun-alun ini adalah di Jalan Mayjend Panjaitan No. 11-3, Kota Banjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk mengunjungi alun-alun, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dengan mudah. Bahkan lokasinya juga sudah tersedia di Google Maps maupun Waze. Ini membuat Anda tidak akan kesulitan dalam menemukan lokasinya.

Setiap alun-alun atau taman kota, seringkali sudah memiliki banyak fasilitas modern yang memadai. Tujuannya tentu untuk menyediakan tempat berkunjung yang nyaman bagi masyarakat sekitar. Hal ini juga bisa Anda jumpai di alun-alun Banjarnegara, beberapa fasilitas tersebut adalah:

  • Musholla (tempat ibadah)
  • MCK (kamar mandi)
  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Area wisata kuliner yang cukup lengkap
  • Banyak tempat duduk sebagai tempat bersantai
  • hingga papan informasi tentang alun-alun Banjarnegara

Kegiatan yang Seru di Alun-alun Banjarnegara Malam Hari

alun-alun banjarnegara malam hari
(sumber gambar: visit.banjarnegarakab.go.id)

Saat siang hari, alun-alun ini akan selalu ramai karena menjadi tempat masyarakat melakukan banyak kegiatan yang seru. Seperti berolahraga, bersantai bersama keluarga, dan menghabiskan waktu. Di area taman kota ini Anda memang bisa menghabiskan waktu dengan berolahraga seperti berlari atau jogging. Anda pun bisa menikmati jogging dengan nyaman karena area paving sudah cukup menjadi tempat yang baik untuk berlari.

Dari pagi hingga sore hari, banyak masyarakat yang membuat taman kota ini sebagai tempat untuk olahraga dan bersantai. Akan tetapi, alun-alun Banjarnegara malam hari pun tidak kalah seru dan selalu ramai oleh masyarakat. Pasalnya, ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di alun-alun ini ketika malam hari. Para pengunjung dari daerah lain yang kebetulan sedang berlibur pun bisa mengunjunginya ketika malam hari.

Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di alun-alun Banjarnegara malam hari:

1. Menikmati Wisata Kuliner

Di daerah mana saja, alun-alun atau taman kota memang selalu menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati wisata kuliner. Terutama jika Anda ingin mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Nah, hal ini juga bisa Anda lakukan di alun-alun Banjarnegara malam hari. Pasalnya, ada banyak sekali penjual makanan yang buka di sekitar alun-alun.

Anda bisa mencoba berbagai makanan yang dijual oleh para penjual tersebut. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga penjual minuman es dawet ayu dan minuman hangat. Semuanya bisa Anda temukan disekitar alun-alun ini.

2. Melihat Gelaran Acara Tertentu

Selain berwisata kuliner, alun-alun Banjarnegara juga seringkali menjadi tempat perhelatan acara-acara publik baik skala kecil maupun besar. Karena areanya yang luas, tentu sangat cocok menjadi tempat dari acara yang besar. Seperti contohnya perhelatan kirab budaya yang berlangsung setiap tahun. Memang acara utama umumnya akan berlangsung siang hari.

Akan tetapi, pada malam hari seringkali juga akan ada acara hiburan yang bisa masyarakat nikmati secara gratis. Seperti misalnya perhelatan acara musik, pameran, bazaar, dan lain sebagainya. Acara seperti ini bisa saja Anda jumpai saat berkunjung ke taman kota ini di malam hari.

3. Bersantai dan Menikmati Suasana

Siapa yang bisa menolak suasana malam hari di alun-alun yang menyenangkan? Nah, saat pergi ke alun-alun Banjarnegara malam hari Anda pun bisa menikmati waktu bersantai dan menikmati suasana disini. Sekedar menghabiskan waktu dengan duduk-duduk, sambil makan camilan, atau menikmati minuman hangat.

Selain itu, Anda pun menghabiskan waktu dengan membeli buah tangan di sekitar alun-alun semuanya bisa Anda lakukan dengan bebas disini. Letak alun-alun yang berjarak tidak jauh dari pasar tradisional Banjarnegara kurang lebih 1 kilometer, membuat cukup banyak penjual oleh-oleh khas Banjarnegara yang berlokasi di dekat alun-alun ini. Jadi, Anda bisa sekaligus membeli buah tangan sebagai persiapan pulang.

Demikianlah informasi tentang alun-alun Banjarnegara yang bisa Anda simak. Baik siang maupun malam hari, taman kota yang satu ini akan selalu seru dan menyenangkan untuk Anda kunjungi. Apalagi pesona alun-alun Banjarnegara malam hari yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama rekan, pasangan, maupun keluarga. Jadi, ketika berkunjung ke Banjarnegara, jangan lupa mampir ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.