Berita Arus Mudik Cilacap Jawa Tengah dan Informasi Mudik Gratis 2022!

by -295 views
arus mudik cilacap jawa tengah

Kegiatan pulang kampung atau mudik memang selalu menjadi kegiatan tahunan yang sangat banyak orang nantikan. Seringkali, masyarakat yang melakukan mudik adalah yang tinggal di luar kota kemudian kembali ke kampung halamannya. Nah, salah satu daerah yang sering menjadi tujuan mudik adalah Cilacap. Tidak heran jika kemudian informasi terbaru arus mudik Cilacap Jawa Tengah, selalu banyak yang mencari.

Cilacap menjadi salah satu jalur mudik yang populer bukanlah suatu hal yang kebetulan begitu saja. Pasalnya, dari segi wilayah daerah ini memang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten besar lainnya. Mulai dari Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kebumen, dan lain sebagainya. Karena batasan inilah Cilacap seringkali ramai oleh pemudik. Lalu, seperti apa berita dan informasi dari arus mudik Cilacap Jawa Tengah di tahun 2022 ini?

Informasi Arus Mudik Cilacap Jawa Tengah 2022

arus mudik cilacap jawa tengah
(sumber gambar: antaranews.id)

Persiapan menjelang mudik setiap bulan Ramadhan memang tidak bisa memakan waktu satu atau dua hari saja. Segala persiapan tersebut harus sudah melalui proses perencanaan dan persiapan sejak jauh-jauh hari. Tujuannya untuk memastikan agar semua kegiatan saat mudik bisa berjalan dengan lancar.

Pemerintah pun melalui berbagai lembaga bawahan terkait, pada akhirnya selalu mengupayakan persiapan mudik dengan maksimal. Termasuk yang terjadi di Cilacap pada tahun 2022 ini. Berikut adalah beberapa persiapan dan update dari pengamanan mudik Cilacap tahun ini:

1. Perbaikan Jalan yang Terus Dikebut

Bagi setiap pemudik, keberadaan jalan raya pasti memegang peranan yang sangat penting dan bersifat vital. Jalan raya juga harus berada dalam kondisi yang prima untuk menjamin keselamatan pemudik. Sejak memasuki awal bulan Ramadhan atau pada April awal, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas terus mengadakan perbaikan jalan. Perbaikan jalan ini khususnya berada pada wilayah Cilacap dan juga Banyumas.

Tujuan dari perbaikan ini adalah untuk mengantisipasi dan memastikan kegiatan arus mudik dan arus balik lebaran berjalan lancar. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Kabid Pemeliharaan dan Monev Jalan DPU Kabupaten Banyumas. Beliau menuturkan bahwa ada sekitar 100 kilometer jalan yang masuk pada program penanganan tersebut.

Hanya saja, menggunakan APBD setempat hanya sekitar 20 kilometer saja yang baru bisa tertangani dengan baik. Jalur yang mendapatkan perhatian tersebut adalah Kebasen-Sawangan Kecamatan Kebasen dan Karangsawah-Danaraja Kecamatan Banyumas. Sementara untuk jalur Kedungbanteng-Semaya sudah selesai tahap perbaikannya.

Sedangkan untuk jalur lingkar barat Ajibarang akan masuk ke penanganan yang darurat terlebih dahulu. Kabid DPU Kabupaten Banyumas sendiri mengungkapkan bahwa penanganan darurat tersebut bukanlah tanpa alasan dan sudah melalui pertimbangan yang matang.

Salah satu pertimbangan yang paling matang adalah jika memaksa proses pemeliharaan dan perbaikan, maka waktunya tidak akan cukup. Bukannya malah memperbaki, yang ditakutkan pemeliharaan tersebut justru akan mengganggu kelancaran para pemudik. Maka dari itulah, pihak DPU pada akhirnya mengambil keputusan untuk memasukkan jalur ini ke penanganan darurat saja.

Akan tetapi yang perlu pemudik tahu, bahwa mayoritas ruas jalan yang ada di Cilacap dan Banyumas masik berada pada kondisi yang baik. Ini membuat jalanan tersebut sudah siap dan tetap bisa pemudik lewati selama arus mudik dan arus balik tahun ini.

2. Pengamanan Arus Mudik 2022 oleh Polres Cilacap

Tidak hanya dari segi infrastruktur yang berupa jalan raya, keamanan para pemudik juga harus senantiasa menjadi perhatian. Inilah yang kemudian menjadi prioritas oleh pihak Polres Cilacap. Dimana untuk arus mudik Cilacap Jawa Tengah 2022 ini, Polres Cilacap mengantisipasi adanya limpahan pemudik yang hanya melewati maupun memang menuju ke arah Cilacap.

Antisipasi ini memiliki sifat yang sangat penting mengingat tahun ini kegiatan mudik sudah berjalan dengan lebih lancar. Karena jika melihat 2 tahun kebelakang, kegiatan mudik tidak bisa berjalan lancar dan ada pembatasan. Pihak Polres Cilacap melakukan pengamanan di jalan utama ataupun jalur llintas selatan Jawa Tengah.

Tidak hanya pengamanan jalur, polres juga menaruh perhatian yang besar untuk kelancaran dan kenyamanan jalan bagi masyarakat Cilacap maupun pemudik. Keramaian memang bisa saja terjadi yang merupakan akibat dari kegiatan pasar tumpah di sepanjang jalur mudik. Pasar Kroya dan Pasar Sampang memiliki kegiatan berupa pasar tumpah yang selalu ramai sepanjang bulan Ramadhan.

Kegiatan inilah yang kemudian bisa saja menyebabkan kemacetan. Hal ini yang akhirnya juga menjadi perhatian Polres Cilacap agar bisa memastikan bahwa pemudik dan masyarakat bisa menikmati jalur mudik yang kondusif, tertata, dan lancar.

3. Melibatkan 700 Personel Gabungan

Untuk pengamanan arus mudik Cilacap Jawa Tengah tahun ini Polres Cilacap tidak main-main untuk menurunkan pasukannya. Terhitung ada sekitar 700 personel gabungan yang nantinya akan bertugas selama arus mudik dan arus balik berjalan. Personel ini tidak hanya berasal dari kepolisian saja, namun juga pihak lainnya.

Pihak-pihak yang tergabung itu meliputi TNI, jajaran pemerintah daerah, serta kelompok masyarakat juga akan dilibatkan. Kelompok masyarakat yang terlibat dalam hal ini adalah Pramuka serta pihak-pihak lainnya. Selain jumlah personel yang banyak, polres juga menderikan beberapa pos PAM (Pos Pengamanan) yang akan sangat berguna bagi para pemudik.

Setidaknya akan ada pos PAM, pelayanan, dan pos sub pelayanan PAM dengan jumlah sekitar 14 unit yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Di Pos Pengamanan ini setiap pemudik akan bisa menikmati fasilitas istirahat seperti musholla maupun toilet. Selain itu, pemudik juga bisa mendapatkan informasi seputar jalur dan arus mudik Cilacap Jawa Tengah yang mereka lewati.

4. Jalur Pansela Siap untuk Pemuda

Salah satu jalur pulang kampung yang bisa menjadi alternatif bagi para pemudik adalah Pansela. Jalur Pansela merupakan kepanjangan dari Jalur Lintas Pantai Selatan Jawa. Kehadrian jalur ini bisa menjadi alternatif selain jalur Pantura (Pantai Utara) dan jalur lintas tengah Jawa.

Rute Pansela pun tidak main-main karena panjangnya mencapai 1.242 kilometer panajnganya. Selain itu, rute ini melintasi 5 provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tujuan pembangunan jalur ini memang supaya beban jalur mudik bisa lebih terbagi dan tidak hanya ramai di satu jalur saja.

Pemudik pun bisa menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalur pansela, terutama akan panorama pantainya. Jadi, ketika beristirahat Anda bisa sekaligus sambil menikmati keindahan jalur ini.

Info Mudik Gratis 2022 Jakarta Cilacap!

arus mudik cilacap jawa tengah
(sumber gambar: news.detik.com)

Selain informasi arus mudik Cilacap Jawa Tengah, perlu Anda ketahui juga bahwa pihak Pemerintah Kabupaten Cilacap memiliki program mudik gratis. Program ini termasuk dalam agenda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Nah, untuk jurusan Jakarta ke Cilacap, pemkab menyediakan 3 (tiga) bus untuk pemudik dengan kapasitas sekitar 120 kursi atau tempat duduk.

Nantinya titik pemberangkatan para pemudik adalah dari Museum Purnabakti Pertiwi TMII, Jakarta. Keberangkatannya akan secara serentak dengan pemudik dengan tujuan lain di Jawa Tengah. Keberangkatannya sendiri dijadwalkan pada 28 April 2022 mendatang. Sementara itu untuk titik pemberhentiannya akan terbagi ke tiga daerah, yaitu Cilacap Barat, Cilacap Timur, dan Cilacap Kota.

Berikut syarat pendaftaran pemudik Jakarta Jateng 2022:

  • Memiliki dan membawa fotokopi KTP Jawa Tengah atau Kelahiran dari Jawa Tengah atau KK
  • Sudah melewati 3 tahap vaksin termasuk booster dan memiliki sertifikat
  • Datang langsung ke Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah. Alamatnya di Jalan Prapanca II No. 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Anda bisa datang saat masa pendaftaran, yang berlangsung mulai dari Senin, 25 April 2022 sampai dengan Rabu, 27 April 2022. Waktu pendaftaran mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Selain itu, perlu menjadi catatan juga bahwa tiket mudik gratis ini tidak diperjual belikan.

Penerimanya hanyalah yang memiliki pekerjaan sebagai ART, buruh bangunan, supir atau pengemudi online, serta pedagang kecil atau asongan. Untuk mendaftarkan diri Anda tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun dan jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi via WhatsApp di 0813-1871-2523.

Nah itulah informasi mengenai arus mudik Cilacap Jawa Tengah tahun 2022. Meski sudah bisa melakukan mudik dengan lebih leluasa, namun harus selalu Anda ingat bahwa masih ada virus corona yang belum sepenuhnya pergi. Jadi, jika memang melakukan mudik pastikan selalu melengkapi keluarga dengan peralatan protokol kesehatan dan jangan lupa memakai masker dan menjaga jarak ya. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa senantiasa sehat dan terjaga dari adanya virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.