Belajar Komunikasi Yang Baik

by -95 views

Belajar Komunikasi Yang Baik – Kita sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin terlepas berhubungan dengan orang lain, maka komunikasi merupakan salah satu sarana agar terkoneksi dengan orang-orang yang berada dikeliling kita dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana belajar komunikasi yang baik. Yuk kita belajar bersama melalui artikel berikut.  

Belajar Komunikasi Yang Baik

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif merupakan hal yang sangat penting dalam hubungan, pekerjaan, dan Pendidikan. Dengan terjalinya komunikasi yang baik dan efektif maka akan menciptakan hubungan yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik :

1.Memahami dasar-dasar kemampuan komunikasi

  • Mengetahui apa yang dimaksud dengan komunikasi

Komunikasi merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk membangun dan memodifikasi hubungan. Komunikasi juga sebuah proses mengirimkan sinyal/pesan antara pengirim dan penerima melalui berbagai mecam metode (tulisan, lisan, dan isyarat nonverbal).

  • Milikilah keberanian untuk mengatakan apa yang dipikirkan

Usahakan untuk memiliki rasa percaya diri bahwa sobat bisa memberikan kontribusi yang berharga dalam percakapan. Luangkan waktu setiap hari untuk mengenali pendapat serta perasaan sobat sehingga sobat bisa menyampaikan pada orang lain.

Orang yang ragu untuk berbicara karena merasa pendapatnya tidak berharga tidak perlu takut. Hal yang penting atau berharga untuk seseorang mungkin tidak berlaku bagi orang lain serta mungkin lebih berharga bagi orang yang satunya lagi.

  • Berlatih

Kemampuan komunikasi merupakan hal yang bisa dilatih setiap hari untuk bisa mencaapai interaksi sosial yang professional, melatih kemampuan komunikasi yang baik di mulai dengan interaksi yang sederhana.

2.Libatkan Lawan Bicara

  • Lakukan Kontak Mata

Memandang mata orang lain yang sedang sobat ajak bicara akan membuat interaksi menjadi lebih berhasil. Karena dengan kontak mata menunjukan ketertarikan dan membuat lawan bicara menjadi tertarik juga untuk berbicara dengan kita. Entah kita posisi sebagai pembicara ataupun pendengar.

  • Gunakan gestur tubuh

Dalam melakukan proses komunikasi, buatlah agar seluruh tubuh sobat berbicara. Gestur tersebut meliputi tangan dan wajah sobat

  • Hati-hati dengan apa yang dikatakan oleh tubuh

Bahasa tubuh bisa lebih banyak berbicara daripada kata-kata yang keluar dari mulut. Sikap yang terbuka dengan posisi lengan yang santai mengisyaratkan bahwa sobat mudah didekati dan terbuka untuk mendengarkan apa yang ingin dikatakan orang lain.

  • Tunjukan sikap dan kepercayaan yang konstruktif

Sikap kita ketika berkomunikasi maka memberikan pengaruh yang besar pada cara sobat mengatur diri serta berinteraksi dengan orang lain.

  • Kembangkan kemampuan mendengar yang efektif

Kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara secara efektif, tetapi sobat juga harus mendengarkan orang lain serta terlibat dalam pembicaraan yang sedang dibicarakan oleh orang lain yang sedang berbicara

3.Gunakan Kata-kata

  • Utarakan kata-kata

Berbicaralah secara jelas serta jangan menggumam. Apabila lawan bicara sobat meminta sobat untuk mengulang kata-kata, maka cobalah untuk melatih diri mengucapkan kata-kata dengan jelas.

  • Gunakan kata-kata yang tepat

Apabila sobat tidak yakin dengan arti sebuah kata, maka usahakan jangan menggunakan kata tersebut. Bukalahkamus dan mulai belajar kata-kata baru tersebut setiap hari. Dan biasakan untuk menggunakan kata baru tersebut dalam percakapan setiap hari

  • Ucapkan kata-kata dengan jelas

Orang lain akan menilai kompetensi sobat melalui kosakata yang diucapkan, jadi apabila sobat tidak yakin untuk mengucapkan suatu kata jangan gunakan kata itu.

Prinsip Teknik Berkomunikasi Yang Baik

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi prinsip teknik berkomunikasi atau bicara yang baik :

1.Berbicara yang efektif

Berbicara yang efektif disini maksudnya tidak bertele-tele dan tidak berputar-putar untuk menyampaikan suatu poin pembicaraan. Dengan berbicara efektif membuat lawan bicara kita menjadi fokus pada setiap hal yang kita sampaikan serta dapat mempengaruhi langsung ke dalam pikiranya.

2.Berbicara untuk mendapat perhatian

Pembicaraan yang membosankan dan bertele-tele tentunya akan membuat lawan bicara atau pendengar mengabaikan kata-kata sobat sebagai pembicara. Dalam teknik berkomunikasi perlu diperhatikan tema/materi yang akan kita sampaikan pada lawan bicara agar membuat mereka tetap fokus dengan kita.

3.Berbicara penuh motivasi

Usahakan agar komunikasi yang terjalin dan sampai kepada lawan bicara haruslah yang bersifat mendorong. Mendorong disini dimaksud motivasi, yaitu dorongan atau penyemangat dalam kata-kata yang diucapkan agar lawan bicara tergerak untuk melakukan sesuatu dengan dengan sungguh-sungguh dan baik berdasarkan pengarahan yang sudah diberikan.

4.Berbicara melalui keinderaan

Sobat bisa menguatkan komunikasi dengan ekspresi indera yang meyakinkan agar meninggalkan bekas dalam pikiran lawan bicara. Gerak tangan, senyuman, tatapan mata, dan kernyitan dahi akan menambah kesan tentang tema yang sobat sampaikan.

Baca juga :https://cilacap.org/cara-berkomunikasi-dengan-anak/

Akhir Kata

Nah jadi itu dia sedikit penjelasan mengenai belajar komunikasi yang baik dari admin, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua ya untuk menjadil komunikasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.