Benteng Pendem Cilacap

by -284 views

Benteng Pendem Cilacap – Kota Cilacap yang terkenal dengan keindahan pantai-pantai yang dimiliki, membuat banyak wisatawan berbodong-bondong untuk mengunjungi wisata di Cilacap. Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai teluk penyu. Yapp, pantai teluk penyu merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di kota Cilacap.

Ada hal menarik yang bisa sobat lakukan ketika mengunjungi pantai teluk penyu, sobat bisa juga loh berwisata sambil belajar sejarah. Karena di kawasan pantai teluk penyu terdapat sebuah benteng yang merupakan salah satu benteng bersejarah di Cilacap, Yapp Benteng Pendem Cilacap! Yuk simak artikel berikut ini, karena kali admin akan membahas  informasi seputar benteng pendem cilacap.

Benteng Pendem Cilacap

instagram.com/fitaoktafiana/

Benteng Pendem Cilacap merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda, benteng ini merupakan salah satu saksi perjuangan warga Cilacap dan sekitarnya dalam rangka melawan musuh di masa penjajahan. Di mana pemerintah Hindia Belanda saat itu ingin membangun sebuah benteng pertahanan yang berada di pesisir pantai.

Nama asli Benteng Pendem adalah Kustbatterij Op De Landtong Te Tjilatjap, dimana artinya adalah bangunan benteng yang menjorok ke arah laut. Penamaan tersebut sesuai dengan keberadaan posisi Benteng Pendem Cilacap yang berada di Kawasan pantai teluk   penyu Cilacap.  

Arsitektur Benteng Pendem Cilacap

Bangunan pada benteng pendem cilacap merupakan bangunan model kuno massa colonial Belanda, hal tersebut bisa diliha dari dokumen peta bangunan benteng dimana di dalamnya terdapat tulisan yang berbunyi kusbatterij op de lantong te tjilatjap dan tertuliskan dimana bangunan benteng tersebut dibangun pada tahun (1861-1879).

Sedangkan untuk bahan baku yang dominan digunakan adalah bata merah. Di setiap ruangan serta pintu belakang benteng pendem Cilacap memiliki bentuk melengkung dan tidak banyak variasi, sementara pada bagian atas bangunan Sebagian besar di timbun dengan tanah dan di tumbuhi tanaman perdu. Sehingga apabali dilihat dari kejauhan tidak nampak seperti bangunan benteng pertahanan di ujung pantai. Setelah mengetahui terkait arsitektur benteng pendem, yuk kita lanjut dengan melihat bagaimana sih sejarah dari benteng pendem?

Sejarah Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap yang di bangun pada tahun 1861-1879 merupakan sebuah benteng yang digunakan oleh tantara Belanda untuk pertahanan Pantai Selatan Pulau Jawa di bagian Selatan. Saat itu, menurut tantara Belanda, Kota Cilacap dianggap di posisi yang strategis untuk dimanfaatkan sebagai pendaratan. Selain itu, tantara Belanda juga menganggap bahwasanya pantainya juga terlindungi oleh Nusakambangan hingga sampai Tahun 1942.

Tidak hanya digunakan oleh tentara Belanda saja, pada saat masuknya tantara Daai Nippon (Jepang) ke Indonesia, Benteng Pendem juga dijadikan sebagai markas oleh tentara jepang. Namun seperti yang kita ketahui, tanggal 14 Agustus 1945 Jepang kalah melawan phak sekutu. Benteng Pendem kembali di kuasai ole tantara Hindia Belanda sampai Taahun 1950.

Selama waktu 2 Tahun sampai dengan Tahun 1952 Benteng Pendem tidak ada yang menguasai, hingga sampai dengan tahun 1952 akhir sampai 1965. Benteng pendem dijadikan sebagai sebagai markas Tentara Nasional Indonesia antara lain pasukan banteng loreng. Selain itu, benteng pendem juga dimanfaatkan sebagai markas Latihan lintas hutan, gunung, laut, dan rawa oleh pasukan RPKAD atau yang dikenal KOPASSUS sekarang.

Hingga pada akhirnya Benteng Pendem Cilacap resmi di buka sebagai objek wisata sejak tanggal 28 April 1987, setelah melalui proses penggalian  dan penataan lingkungan benteng pendem. Nah jadi itu sobat, sejarah dari Benteng pendem, selanjutnya admin akan menjelaskan ada bangunan apa saja sih di wilayah Benteng Pendem?  

Bangunan yang ada di benteng pendem Cilacap

  1. Benteng Pertahanan

Benteng pertahanan di gunakan sebagai pusat pertahanan oleh para tantara, perlu sobat ketahui, terdapat 2 macam benteng pertahanan. Yaitu pertahanan sempurna dan pertahanan dada/terbuka

2. Parit

Dahulu disetiap tepinya benteng pendem terdapat parit yang letaknya melingkari benteng, namun sampai saat ini parit tersebut baru tergali 500 m saja. Perlu sobat ketahui, fungsi parit ini adalah untuk membuang air dari dalalm terowongan serta untuk menghambat lajunya musuh ke dalam benteng.

3. Barak

instagram.com/raini_fwn

Barak merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat istirahat/tempat tidur. Total ada 14 Barak yang ada di benteng pendem cilacap.

4. Klinik

Bangunan selanjutnya yang ada di Benteng Pendem adalah klinik, sobat pasti tahu ya keberadaan klinik untuk apa. Yappp klinik ini digunakan sebagai tempat pengobatan apabila ada tantara yang sakit.

5. Terowongan

Terowongan digunakan sebagai tempat untuk mengatur strategi penyerangan dan sebagai tempat perlindungan yang terahir. Terowongan dengan Panjang 100 m ini dilengkapi dengan 4 pintu masuk.

6. Ruang Senjata

instagram.com/anisadheaa/

Ruang ini digunakan sebagai tempat menyimpan senajata-senjata serta amunisi serbuk-serbuk yang mudah meledak.

Akhir Kata

Nah jadi itu dia informasi yang bisa admin berikan untuk sobat terkait Benteng Pendem Cilacap, yukk agendakan untuk mengunjungi wisata ini. Karena selain berwisata, teman-teman juga sekaligus belajar sejarah lohhh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.