Resep Lengkap Bumbu Mendoan Khas Banyumas, Dijamin Maknyus!

oleh -181 views
bumbu mendoan khas Banyumas

Setiap daerah pasti memiliki kuliner yang khas dan menjadi identitas yang membedakannya dengan tempat lain. Tidak terkecuali dengan Banyumas yang kaya akan sajian kuliner istimewa, seperti mendoan. Namun, sebenarnya Anda pun bisa membuat sendiri tempe mendoan yang lezat dengan mudah di rumah. Penasaran? Inilah resep dan bumbu mendoan khas Banyumas selengkapnya.

Resep dan Bumbu Mendoan Khas Banyumas

bumbu mendoan khas Banyumas
(sumber gambar: wiratech.co.id)

Sebenarnya, untuk membuat mendoan bukanlah hal yang sulit. Selain mudah dari segi teknik, bumbu mendoan khas Banyumas juga sangat mudah untuk Anda temukan. Mulai dari bawang merah, bawang putih, merica, dan lain sebagainya.

Inilah yang membuat mendoan sangat populer sebagai camilan dan gorengan. Baik untuk masyarakat sekitar Banyumas, maupun luar daerah tersebut. Tidak jarang, banyak juga wisatawan yang menjadikan tempe ini sebagai oleh-oleh sepulang dari Banyumas.

Inilah resep dan bumbu mendoan khas Banyumas yang bisa Anda ikuti:

1. Bahan-bahan Utama

Langkah pertama, silahkan siapkan beberapa bahan utama untuk membuat tempe mendoan. Berbagai bahan ini sangat mudah untuk Anda temui di rumah. Inilah daftar bahan tersebut:

  • 8-10 lembar tempe, potong menjadi 2 bagian atau tipis-tipis
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 150 ml air bersih
  • 2 batang daun bawang, iris tipis, dan sisihkan terlebih dahulu
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

2. Bumbu Halus

Setelah mempersiapkan bahan-bahan utama, maka selanjutnya Anda bisa mempersiapkan bumbu halus. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, bumbu mendoan khas Banyumas tidak lah sulit. Anda pasti memiliki berbagai bumbu ini di rumah. Berikut daftar bumbu tersebut selengkapnya:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • sejumput kunyit bubuk
  • 3 buah kemiri
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai, dan sisihkan terlebih dahulu
  • 1/2 sendok teh merica bubuk halus

3. Bahan Pelengkap

Selain menyiapkan bahan utama dan bumbu mendoan khas Banyumas, ada juga bahan pelengkap yang harus Anda siapkan. Bahan pelengkap ini berguna untuk membuat saus cocolan tempe saat Anda makan. Inilah bahan pelengkap tersebut:

  • Cabai rawit merah atau cabai rawit hijau (jumlah sesuai selera)
  • Kecap manis

4. Cara Membuat

Setelah semua bahan utama, bumbu halus, dan pelengkap sudah siap, maka Anda bisa mulai memasak hidangan ini. Tingkat kesulitan masakan ini adalah mudah. Selain itu, Anda hanya membutuhkan waktu 10-20 menit untuk memasaknya. Berikut cara membuat tempe mendoan khas Banyumas:

  1. Pertama, silahkan haluskan semua bahan bumbu halus yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah itu, sisihkan terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, campurkan tepung beras dan tepung terigu pada sebuah wadah. Setelah itu, tambahkan telur, air, dan bumbu halus
  3. Campurkan semua bahan tersebut sampai semuanya tercampur dengan rata. Pastikan tidak ada tepung yang masih menggumpal atau mengganjal di permukaan wadah. Sebab, jika masih ada yang menggumpal maka adonan tepung tidak akan maksimal menempel di tempe
  4. Setelah tercampur dengan rata, masukkan irisan daun bawang dan aduk rata kembali
  5. Panaskan wajan dan masukkan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Pastikan saat menggoreng, semua bagian tempe bisa terendam sempurna di minyak tersebut
  6. Tunggu sampai minyak panas dan jika sudah, mulai celupkan tempe ke adonan basah yang sudah Anda buat sebelumnya
  7. Setelah terbalur tepung dengan sempurna, goreng tempe dalam minyak panas sampai setengah matang.

Penyajian

Untuk pengalaman makan tempe mendoan terbaik, Anda bisa menyajikannya dengan bahan pelengkap yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Cara membuat sambal kecapnya juga sangat mudah. Cukup iris-iris cabe rawit yang sudah disiapkan. Kemudian campurkan dengan kecap manis pada wadah kecil. Selesai!

Kini Anda bisa menyajikannya sebagai pendamping tempe mendoan. Mendoan bisa Anda jadikan camilan untuk minum kopi ataupun teh. Selain itu, mendoan juga nikmat untuk teman makan Stroto Sokaraja khas Banyumas.

Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumas

bumbu mendoan khas Banyumas
(sumber gambar: detik.net.id)

Popularitas mendoan sebagai kuliner khas Banyumas memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Nama mendoan sendiri berasal dari Bahasa Banyumasan. Mendo memiliki arti setengah matang atau lembek. Sedangkan “mendoan” artinya adalah memasak dengan menggunakan minyak panas dengan cepat. Inilah yang menjadi asal muasal penamaan tempe mendoan.

Jika Anda perhatikan, memang bentuk dan warna dari mendoan ini sangat khas. Bentuknya lebih cenderung lembek dan tidak krispi. Selain itu, warnanya juga lebih pucat karena memang tidak melalui penggorengan sampai benar-benar matang. Selain tempe, sebenarnya Anda pun bisa mengolah mendoan dari bahan dasar tahu. Apalagi tahu mendoan pun juga populer di Banyumas.

Jadi jika memang saat ingin memasak mendoan di rumah namun tidak ada tempe, maka jangan khawatir. Gunakan saja tahu yang ada agar tetap bisa merasakan oalahan mendoan yang lezat. Berikut beberapa fakta menarik dari mendoan Banyumas:

1. Bumbu yang Sederhana

Ciri khas pertama dari mendoan adalah dari bumbunya yang sederhana. Bumbu mendoan khas Banyumas hanya terdiri dari beberapa macam saja. Mulai dari bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, kemiri, kunyit bubuk, dan garam. Meski sangat sederhana, namun perpaduan bumbu inilah yang membuat mendoan memiliki rasa yang sangat enak.

2. Bentuknya yang Tipis

Ciri khas kedua dari mendoan adalah bentuk tempenya yang tipis. Tipisnya tempe ini membuat Anda tidak perlu lama-lama dalam menggorengnya, karena asalkan minyaknya panas, maka mendoan bisa matang dengan baik. Untuk jenis tempenya sendiri sebenarnya bisa menggunakan berbagai macam tempe.

Akan tetapi, memang akan jauh lebih enak jika Anda menggunakan tempe khusus untuk mendoan. Karena bentuknya sangatlah tipis dan memiliki tekstur yang khas. Pilih tempe yang memiliki warna putih terang dan hindari yang sudah berubah warna sedikit hitam. Sebab, jika tempe sudah berubah warna maka rasanya tidak akan lezat lagi karena pasti ada sedikit rasa pahit.

3. Bisa Diolah Jadi 3 Macam

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebenarnya mendoan bisa Anda olah dalam 3 (tiga) macam. Kegita pengolahan tersebut adalah mendoan goreng basah, mendoan goreng sampai kering, dan keripik mendoan. Pengolahan yang berbeda ini sebenarnya tergantung pada selera masing-masing.

Jika Anda suka tempe yang basah, maka silahkan menggorengnya sebentar saja. Namun ada juga yang menggoreng mendoan sampai kering dan bahkan membuatnya sebagai keripik. Karena memang ada juga orang yang kurang menyukai tempe goreng yang terlalu basah dan lembek. Jadi kembali lagi ke selera Anda.

4. Istilah Mendoan Diluar Banyumas

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, tempe mendoan memang sudah sangat populer. Tidak hanya Banyumas dan sekitarnya, namun juga seluruh Indonesia. Istilah mendoan juga sudah secara luas bisa Anda temukan di berbagai kota di Indonesia.

Akan tetapi, istilah mendoan diluar Banyumas ini berbeda dengan arti mendoan di Banyumas. Di kota lain Jawa Tengah seperti Semarang misalnya, mendoan merujuk ke tempe goreng tepung yang kering. Sedangkan di Wonosobo, tempe mendoan disebut senagai tempe kemul. Belum lagi di daerah lain yang juga menggunakan istilah mendoan.

Kebanyakan istilah mendoan mereka pakai untuk merujuk tempe goreng tepung yang kering. Sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan istilah mendoan tersebut. Namun jika kembali pada arti mendoan itu sendiri, maka arti yang tepat sesuai Bahasa Banyumasan, adalah yang digoreng setengah matang atau lembek.

5. Warisan Budaya Indonesia Tak Benda

Pada 29 Oktober 2021 silam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menetapkan tempe mendoan khas Banyumas sebagai warisan budaya tak benda atau WBTB Indonesia. Pemberian titel ini berlangsung setelah sidang penetapan pada 2021 lalu di Jakarta.

Melansir dari Kasi Nilai Tradisi Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisaa, tempe mendoan masuk ke WBTB dengan kategori keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional. Dengan adanya penetapan ini, maka tempe mendoan memiliki nilai historis dan budaya yang sangat besar.

Nah, itulah ulasan selengkapnya tentang resep dan bumbu mendoan khas Banyumas. Tidak sulit bukan cara membuatnya? Apalagi bumbu yang harus Anda siapkan juga mudah Anda dapatkan. Cara pembuatannya juga tidak terlalu ribet. Semuanya bisa Anda olah dengan cepat sebagai camilan favorit keluarga maupun sebagai teman bersantai di kala waktu senggang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.