Tempat Camping di Pantai Pangandaran Terbaik untuk Liburan

by -49 views
camping di pantai pangandaran

Camping atau berkemah memang menjadi salah satu kegiatan liburan yang seru dan menyenangkan. Apalagi kalau Anda berkemah bersama dengan teman-teman maupun keluarga. Nah, Pantai Pangandaran adalah tempat yang bisa Anda pilih untuk berkemah dengan suasana dan panorama alamnya yang luar biasa. Lalu, dimana tempat camping di Pantai Pangandaran yang seru? 

5 Tempat Camping di Pantai Pangandaran Terbaik 

Pantai Pangandaran adalah sebuah deretan pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 222 km dari bagian Selatan Bandung. Pantai ini sangat terkenal akan keindahannya, terutama pasir hitam dan juga pasir putihnya. Saking indahnya, tidak heran jika pantai ini selalu ramai terutama saat musim liburan tiba. Bahkan AsiaRooms pernah menobatkan pantai ini sebagai pantai terbaik yang ada di Provinsi Jawa Barat. 

Tidak hanya untuk menikmati waktu santai, Anda pun bisa menghabiskan waktu liburan dengan cara berkemah di daerah Pangandaran. Apalagi ada beberapa pantai kecil yang sangat cocok sebagai tempat untuk camping. Sebagai referensi, inilah tempat camping di Pantai Pangandaran terbaik yang bisa Anda kunjungi: 

1. Camping Ground Batuhiu 

camping di pantai pangandaran
sumber gambar: penawisata.com

Pertama, ada Camping Ground Batuhiu yang berlokasi di daerah Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Batuhui sendiri merupakan pantai yang memiliki tebing terjal dan pemandangan alam yang luar biasa indah. Kontras antara tebing dan panorama pantai inilah yang membuat banyak pengunjung menyebutnya mirip dengan suasana di Tanah Lot Bali. 

Selain menghabiskan waktu dengan berkeliling di pantai ini, tersedia juga area kemah yang bisa Anda manfaatkan saat berlibur. Spot kemah di Batuhiu langsung menghadap ke arah Samudera Hindia sehingga pemandangan yang tersaji sangatlah indah. Mulai dari birunya laut, karang besar yang kokoh, hingga ombak yang bergulung-gulung. 

Perlu Anda ingat kalau jika ingin berkemah di lokasi ini, maka Anda harus membawa peralatan camping sendiri termasuk tenda. Pasalnya, pihak pengelola tidak menyediakan penyewaan peralatan kemah. Disini hanya tersedia fasilitas dasar seperti area camping, musholla, kamar mandi, gazebo, area parkir yang luar, dan juga warung makanan. Tersedia juga toko souvenir yang bisa Anda jumpai di area pantai ini. 

Untuk itu peralatan kemahnya harus Anda siapkan dan penuhi sendiri. Sembari berkemah, Anda pun bisa menghabiskan waktu untuk melihat penangkaran penyu yang tidak jauh dari lokasi kemah. Disini Anda bisa melihat berbagai penyu mulai dari penyu hijau, penyu tempayan, penyu pipih, dan lain sebagainya. 

Lokasi: Jalan Batu Hiu, Desa Ciliang, Parigi, Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Tarif masuk lokasi: Rp 6.000 per orang (tanpa kendaraan), Rp 14.000 (sepeda motor), Rp 65.000 (mobil pribadi), Rp 126.000 (Elf), Rp 188.000 – Rp 310.000 (bus)

2. Pepedan Hills 

Camping di Pantai Pangandaran juga bisa Anda lakukan di tempat bernama Pepedan Hills. Di tempat ini, Anda bisa merasakan sensasi berkemah langsung dengan view perbukitan yang hijau dan area persawahan yang luas. Meski berlokasi di perbukitan, tapi Anda tidak perlu khawatir dengan aksesnya yang sulit. Pasalnya, Pepedan Hills sudah bisa dilewati oleh kendaraan berupa mobil maupun motor. 

Di tempat ini tersedia penyewaan peralatan camping yang bisa Anda gunakan. Tapi jika ingin berhemat, Anda bisa membawa sendiri peralatan kemah sesuai kebutuhan. Area kemahnya sendiri juga terbilang luas dan bisa menampung beberapa tenda sekaligus. Lokasinya yang cukup luas inilah yang membuat area kemah ini tergolong sering ramai oleh pengunjung. 

Waktu terbaik yang bisa Anda pilih jika ingin berkemah di lokasi ini adalah menjelang sore hari. Pasalnya, setelah tenda berdiri Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan sambil menunggu matahari yang terbenam. Ini tentunya akan memunculkan suasana yang sangat syahdu mengingat udara di sekitar area kemah ini pun sangat sejuk dan asri. 

Selai berkemah, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan lain saat ada di lokasi ini. Mulai dari caving di Goa Nyiruan, tubing di Sungai Goa Lanang, dan berfoto di banyak spot menarik yang ada di area Pepedan Hills. 

Lokasi: Daerah Selasari, Parigi, Selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Tarif masuk: Rp 10.000 per orang 

3. Pantai Karapyak Pasir Putih 

Selanjutnya Anda pun bisa menghabiskan waktu berkemah di area Pantai Karapyak Pasir Putih. Dari sekian banyak pantai yang ada daerah Pangandaran, Pantai Karapyak Pasir Putih termasuk yang paling populer karena pemandangannya yang indah dan juga suasananya yang terbilang lebih tenang daripada pantai lainnya. Inilah yang membuat pantai ini sangat cocok jika Anda mencari tempat untuk melepas penat dan membutuhkan ketenangan. 

Selain itu, di pantai ini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, warung makan, area parkir yang luas, musholla, area parkir yang luas, dan juga berbagai spot foto yang menarik. Hanya saja, memang tidak tersedia penyewaan alat kemah di tempat ini sehingga Anda harus membawa sendiri tenda dan perlengkapan lainnya. 

Karena memiliki area yang dangkal, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk mencari ikan maupun kepiting di pantai ini. Selain itu, bisa juga menghabiskan waktu dengan bersantai dengan menikmati panorama alam yang indah. Hanya saja perlu Anda perhatikan untuk tidak berenang karena ombak di pantai ini terbilang cukup besar dan ada banyak karang. 

Lokasi: Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat 

Tarif masuk: Rp 11.500 (sepeda motor), Rp 50.000–Rp 70.000 (mobil), Rp 240.000 (bus) 

4. Karapyak Glamping & Lodges 

camping di pantai pangandaran
sumber gambar: pegipegi.com

Tempat camping di Pantai Pangandaran yang satu ini sangat cocok jika Anda ingin tempat kemah yang lebih mewah dan praktis. Pasalnya, ini adalah cottage yang menyediakan tempat glamping dan juga penginapan di daerah Pangandaran. Tempatnya luas, indah, bersih, dan juga sangat nyaman. Suasananya pun sangat romantis dan bisa jadi pilihan tempat untuk bulan madu. 

Disini Anda bisa memilih beberapa pilihan tenda maupun kamar untuk tempat menginap. Ini pun bisa Anda sesuaikan dengan budget, tapi umumnya tarif glamping di tempat ini mulai berkisar dari Rp 300.000 sampai dengan Rp 1.500.000 per malamnya. Mungkin memang terlihat pricey, tapi dengan tarif ini Anda akan mendapatkan banyak fasilitas yang lengkap. 

Mulai dari restoran, berbagai spot foto, tempat parkir yang luas, bbq area, pemancingan, musholla, kedai kopi, bahkan tersedia juga kolam renang. Lokasi penginapan ini juga berada di atas bukit dekat dengan Pantai Karapyak, inilah yang membuat view disini sangat indah dan cantik. 

Lokasi: Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat 

Tarif: mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1.500.000 per orang (tergantung jenis tenda atau kamar yang dipilih) 

5. Pantai Madasari 

Terakhir, Anda juga bisa memilih untuk kemah di Pantai Madasari, Pangandaran. Banyak wisatawan yang senang liburan kesini karena suasana pantainya yang masih tergolong tenang dan juga memiliki panorama alam yang luar biasa cantiknya. Cocok sekali untuk tempat menghilangkan penat dari rutinitas dan juga recharge energi untuk kembali ke rutinitas. 

Area sekitar pantai juga bisa Anda temukan banyak pepohonan yang membuat suasana sangat teduh dan juga rindang. Disini Anda juga bisa menikmati panorama pantai yang biru dan juga karang besar yang terlihat kokoh dan juga eksotis. Saat berkemah disini Anda bisa memilih paket camping yang harganya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 500.000 per pax. Ada juga paket terjangkau yang memiliki harga Rp 125.000 per orang. 

Dalam harga ini, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas seperti HTM, api unggun, tenda dan tikar, sewa lahan kemah, guide ke spot sekitar pantai, 1x (satu kali) makan, serta dokumentasi foto. Untuk biaya lengkapnya, Anda bisa menghubungi pihak pengelola di 081312181770.

Lokasi: Jalan Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Tarif camping: mulai dari Rp 125.000 per orang untuk paket all in 

Itulah beberapa tempat camping di Pantai Pangandaran yang bisa Anda jadikan referensi. Pada dasarnya, kawasan Pangandaran memang punya daya tarik yang besar sebagai tempat untuk berlibur. Jadi kalau Anda ingin melepaskan diri dari padatnya rutinitas, sempatkan dulu untuk berlibur kesini agar bisa fresh lagi! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.