Cara Berkomunikasi dengan Anak

by -197 views

Cara Berkomunikasi dengan Anak – Cara berkomunikasi kita dengan anak tentu akan beda dengan cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Cara berkomunikasi antara dengan orang tua dengan anak merupakan salah satu hal dasar dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan anak. Terjalinya hubungan komunikasi yang baik akan menambah rasa keharmonisan dan ketenangan dalam keluarga tentunya. Yuk kita cari tahu bersama bagaimana cara berkomunikasi dengan anak yang baik, lewat artikel berikut ini!

Manfaat Menjaga Komunikasi dengan Anak

Semakin bertambahnya usia anak kita, tentunya menadi sebuah tantangan baru bagi orang tua untuk mencari komunikasi model seperti apa yang harus dilakukan pada anak. Karena semakin bertambahnya usia anak, sebagai seorang ayah dan ibu juga sudah tidak bisa lagi memperlakukan mereka seperti seorang balita. Karena perkembangan sosial anak juga sudah berkembang, hal ini bisa kita lihat kalau mereka juga akan lebih sering main dengan teman-temanya.

Jadi untuk menjaga komunikasi yang baik disini tidak hanya peran ibu saja ya yang dibutuhkan oleh anak, akan tetapi anak juga butuh figure sosok ayah untuk perkembangan mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan di dapatkan apabila sobat sebagai orang tuabisa menjaga komunikasi yang baik dengan anak, dianataranya adalah :

  1. Mempererat hubungan antara orang tua dengan anak
  2. Membuat anak merasa lebih berharga
  3. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak
  4. Membantu anak untuk bersosial atau membangun hubungan dengan orang lain
  5. Hubungan antara orang tua dengan anak akan lebih menyenangkan

Banyak sekali manfaat yang bisa di dapat jika terjalin hubungann yang baik dengan anak, orang tua akan lebih tau dan paham hal apa yang disukai dan tidak disukai oleh anak. Jadi kita sebagai orang tua selalu berusaha untuk menemukan pola komunikasi seperti apa yang membuat nyaman antara kita sebagai orang tua dengan anak ya.

Teknik Komunikasi pada Anak

Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa sobat terapkan untuk menjalin komunikasi dengan anak, diantaranya sebagai berikut :

  1. Jangan berbohong

Terapkanlah teknik ini pada anak, jangan pernah sobat membiasaan dengan mengajarkan anak berkomunikasi secara negative. Salah satunya yaitu berbohong, meskipun niat sobat adalah untuk tujuan yang baik. Namun hal ini bisa berdampak pada anak kalau berbohong itu tidak dilarang dan boleh saja untuk diterapkam pada kehidupam sehari-hari.

  • Ajarkan banyak kosa kata baru pada anak

Semakin banyak kosa kata baru yang sobat ajarkan pada anak, maka akan semakin cepat pula anak paham dan mampu berkomunikasi secara maksimal. Hal ini bisa sobat praktekan melalui cerita-cerita televisi yang ditonton bersama, tanya lah pada anak terkait kata-kata baru yang saat itu dijumpai. Kemudian berilah penjelasan pada anak jika mereka tidak paham akan kosa kata baru itu.

  • Jangan Membentak Anak

Ketika anak masih masa usia dini, saat itu pula merupakan masa yang tepat untuk mengajarkan komunikasi yang baik pada anak. Karena pada masa itu semua tindakan dan sikap sobat akan di serap dan ditiru oleh anak, oleh karena itu jangan pernah membentak ketika berkomunikasi. Karena hal itu hanya akan membuat anak mempraktekan kepada orang lain serta membuat anak menjadi takut dan efeknya membuat pribadinya menjadi penakut.

Cara Berkomunikasi dengan Anak

Setelah kita mengetahui bagaimana manfaat yang di dapat serta teknik untuk menerapkan komunikasi yang baik dengan anak, selanjutnya berikut ini adalah cara berkomunikasi dengan anak yang bisa sobat terapkan :

1.Mendengarkan Anak

Menjalin dan membangun hubungan yang baik dengan anak tidak hanya melalui bicara saja, tetapi sobat sebagai orangtua juga harus bisa mendengarkan anak. Sehingga terjalin komunikasi dua arah antara ortu dengan anak, orang tua juga jadi tahu hal apa yang diinginkan oleh anak. Tidak hanya anak saja yang harus memahami dan menuruti  orang tuanya

2.Jangan Memberi Respon Berlebihan

Ketika sedang berkomunikasi, usahakan untuk menghindari respon yang berlebihan pada anak, karena hal ini justru akan menghentikan percakapan dan membuat anak berkomunikasi kurang baik. Jadi meskipun nantinya anak membuat orang tua terkejut, sobat sebagai orang tua tidak perlu memberikan respon yang berlebihan dan menunjukan rasa cemas yang berlebihan

3.Buat Waktu untuk Saling Berbicara

Terkadang mungkin anak sulit untuk berbicara atau bercerita dengan orang tua karena mereka sedang tidak ingin berbicara, jadi perhatikan kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mengajak anak berbicara dan bukalah pembicaraan dengan bertanya terkait aktifitas biasanya terlebih dahulu. Yang paling penting usahakan agar bertanya dengan pertanyaan yang jawabanya lebih dari “iya” atau tidak dengan tujuan untuk memperdalam komunikasi dengan menggunakan kata tanaya ‘bagaimana’

Baca juga : https://cilacap.org/cara-mengatasi-error-403-forbidden/

Akhir Kata

Bagaimana sobat apakah beberapa cara berkomunikasi dengan anak di atas bisa membantu sobat untuk mencari referensi bagaimana komunikasi yang baik dengan anak? Semoga membantu sobat semua ya 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.