Cara Komunikasi dengan Pelanggan

by -101 views

Cara Komunikasi dengan Pelanggan – Salah satu kunci pokok untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah dengan menjaga etika komunikasi kita sebagai seorang penjual. Oleh karena itu agar bisa menjawab semua pertanyaan dan keluhan dari pelanggan, penting bagi kita untuk bisa mengetahui dan memahami bagaimana etika komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kali ini admin akan membahas bagaimana cara komunikasi dengan pelanggan, Yuk langsung saja kita simak. Check This Out!

Komunikasi dengan Pelanggan

Langkah pertama mari kita cari terlebih dahulu terkait ap aitu komunikasi pelanggan, sebelum membahas lebih jauh mengenai komunikasi pelanggan. Pengertian dari komunikasi itu sendiri adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan informasi dari salah satu pihak kepada pihak yang lain. Informasi yang dimaksud disini bisa berupa gagasan, ide, pesan baik itu dalam bentuk teks (tulisan), audio, gambar, maupun video.

Sedangkan pelanggan merupakan orang-orang uang kegiatanya membeli serta menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa secara terus-menerus, jadi apabila ada orang yang melakukan pembelian hanya 1x itu bukan di namakan pelanggan. Karena dalam sebuah bisnis pelanggan tidak datang dalam satu malam saja.

Jadi komunikasi pelanggan merupakan sebuah aktivitas proses penyampaian informasi dari penjual atau pemasar kepada pelanggan dalam rangka untuk menjaga hubungan yang telah terjalin sebelumnya, dampaknya apabila hubungan antara penjual dan pembeli terjalin dengan baik maka pelanggan akan terus melakukan pembelian sehingga berdampak pada penjualan yang akan mengalami peningkatan.

Teknik Komunikasi dengan Pelanggan

Terdapat beberapa teknik untuk berkomunikasi dengan pelanggan agar komunikasi yang terjalin harmonis, di antaranya adalah :

1.Teknik Mirror

Teknik mirror disini berarti, sobat sebagai penjual ketika berbicara dengan pelanggan ikutilah cara mereka dalam berbicara. Baik itu dari Gerakan, nafas, dan suara.

Seperti misalnya, ketika pelanggan berbicara sembari dengan melakukan pergerakan tangan serta gesture tubuh maka sobat bisa meniru Gerakan mereka saat membalas percakapan.

Hal tersebut dimaksudkan, dengan meniru Gerakan pelanggan maka secara tidak langsung sobat juga sudah menyamakan karakter dengan para pelanggan.

2.Facial Exspression

Sebagai penjual kita bisa memahami ekspresi wajah dari pelanggan, dengan mengikuti ekspresi pelanggan secara langsung. Seperti misalnya ketika pelanggan mengangkat alis dan tersenyum, melalui persamaan ekspresi ini nantinya akan membantu sobat untuk berempati terhadap orang lain dan yang pasti membuat pelanggan menjadi tidak canggung

3.Meniru Tonality

Sobat bisa meniru suara pelanggan, Adapun tonality itu ada dua macam. Yang pertama adalah dengan mengikuti aksen pelanggan, dan yang kedua meniru kecepatan berbicara. Kecepatan orang-orang ketika berbicara berbeda-beda, ada orang yang berbicara keras dan cepat ada juga yang bicaranya lembut.

Sengan meniru kecepatan berbicara pelanggan, akan membuat mereka merasa senang karena sobat sebagai penjual dapat mengimbangi cara komunikasinya.

Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Berikut ini adalah beberapa cara komunikasi dengan pelanggan yang bisa menjadi pedoman bagi sobat dan mempraktekan kepada para pelanggan, di antaranya adalah :

1.Ciptakan Kesan Pertama yang Bagus

Tidak ada kesan kedua untuk membuat kesan pertama, jadi ciptakanlah kesan pertama yang luar biasa. Kesan pertama ini bisa sobat tunjukan dengan senyuman yang tulus, busana yang sesuai, ketepatan waktu janji, jabat tangan yang hangat, serta bahasa tubuh yang sopan.

2.Gunakan Kalimat yang Singkat

Sobat sebagai komunikator sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang Panjang dan rumit. Hal ini bertujuan agar tidak mengaburkan substansi pesan dan yang pasti bisa membuat lelah pendengarnya. Bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman apabila kata yang digunakan terlalu rumit.

3.Be Helpful

Kesedian untuk memberikan bantuan kepada para pelanggan entah bagaimanapun mereka menginginkanya.. karena ada pepatah mengatakan kalau pembeli merupakan raja. Oleh karena itu, kita sebagai penjual harus siap sedia dengan apa yang mereka butuhkan.

4.Berfikir positif

Agar bisa berkomunikasi yang baik, maka dibutuhkan pikiran yang selalu positif dan tidak emosional. Pastinya setiap konsumen mempunyai karakter serta pengetahuan yang berbeda-beda, sehingga pelayanan yang diberikan juga harus sesuai dengan kondisi. Nah, dengan adanya pola pikir yang positif maka sobat bisa mengetahui bagaimana cara menghadapi setiap konsumen yang datang.

5.Bersikap Menghargai

Selain harus berpikir positif, sobat juga harus bisa selalu menghargai konsumen. Sikap menghargai tersebut diantaranya adalah mendengarkan permintaan pelanggan dengan perhatian, melayani dengan sabar, dan menciptakan suasana yang menyenangkan, serta yang paling penting adalah sobat sebagai penjual tidak membeda-bedakan status sosial pelanggan.pelanggan yang dihargai tentunya akan lebih senang dan berdampak pada image bisnis sobat tentunya.

Baca juga :https://cilacap.org/komunikasi-dalam-perusahaan/

Akhir Kata

Nah jadi itu beberapa cara komunikasi dengan pelanggan dari admin, semoga bisa membantu sobat untuk mendapatkan pengetahuan bagaimana agar bisnis yang kita jalankan mempunyai image positif di mata pelanggan 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.