Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

by -76 views

Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan – Komunikasi merupakan kunci utama dalam hubungan. Mewujudkan komunikasi dengan pasangan yang efektif adalah tantangan yang perlu dihadapi.

Pengertian Komunikasi

Menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan:

1. Dengarkan Baik-Baik

Jadilah pendengar yang baik. Bukan berarti diam selama pasangan berbicara. Melainkan mendengarkan dengan pikiran terbuka dan benar-benar memperhatikan serta mendengarkan pasangan berbicara. Ini adalah kunci untuk lebih mngenal satu sama lain.

2. Lupakan Slogan “Wanita Selalu Benar”

Tidak boleh egois. Prinsip ini sering menjadi batu sandungan bagi wanita karena mereka cenderung menjadi defensif dan tidak mau tahu ketika berbicara dengan pasangannya.

Jika dari kedua belah pihak ingin menang sendiri? dan pesan tidak tersampaikan? Maka hubungan juga akan rusak.

3. Mengubah Konflik jadi Kerjasama

Jadikan setiap masalah yang muncul sebagai bentuk kerjasama dan memikirkan jalan keluar yang baik. Mencari solusi bersama-sama.

4. Jujur Satu Sama Lain

Hal yang paling penting adalah saling terbuka dan jujur satu sama lain. Cara komunikasi yang baik dengan pasangan adalah dengan jujur.

Untuk menjadi jujur dan terbuka, kamu hanya perlu mengatakan secara jelas apa yang ingin disampaikan dan menjelaskan perasaan dan keinginan kepada pasangan.

5. Saling Menghargai

Pasangan suami istri merupakan 2 orang yang akan selalu beraa di tim yang sama dan tidak ada alasan untuk saling merendahkan.

Setiap masalah tidak akan bisa diselesaikan jika kedua belah pihak adalah individu yang akan selalu berbeda pendapat dari waktu ke waktu.

6. Selalu Berkomunikasi Bertatap Muka

Komunikasi tatap muka langsung adalah salah satu cara berkomunikasi dengan pasangan yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas hubungan.

Jaman sekarang banyak media komunikasi seperti chat, sms, panggilan telepon atau video call. Namun hal tersebut bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Menyebabkan kesalahpahaman.

Bentuk komunikasi yang tidak langsung ini tidak tepat untuk menyampaikan hal penting yang bermakna.

7. Memahami Perasaan Sendiri

Memahami perasaan sendiri adalah penting. Hal ini supaya Anda bisa mengerti perasaan yang dimau dan ketika membahas suatu masalah, kenalilah perasaan sendiri terlebih dahulu.

Dengan cara, duduk sebentar dan cermati semua informsi apa yang terjadi di dalam kepala.

8. Memberikan Komentar Positif Satu sama Lain

Tidak hanya saat melakukan hal-hal besar, memberikan komentar positif pada hal-hal simpel dan kecil sekalipun dapat meningkatkan kedekatan antar pasangan.

Cobalah mencari hal-hal yang sering dilakukan pasangan setiap hari yang membuat pasangan merasa nyaman dan merasa bersyukur akan hal tersebut, seperti saling membantu pekerjaan rumah satu sama lain.

Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan LDR

1. Menentukan Waktu untuk Bertemu

Waktu cenderung menjadi salah satu hambatan terbesar pada pasangan dengan hubungan jarak jauh. Sayangnya, tidak ada solusi yang mudah selain bertukar pesan yang seringkali juga terasa tidak efektif.

Kunci untuk menyelesaikan konflik waktu tersebut adalah dengan menyisihkan periode waktu yang ditentukan secara bersama-sama dan tetap berpegang pada hal tersebut secara konsisten secara rutin.

Pilihan waktu dapat diatur dengan pasangan masing-masing, baik itu seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

2. Mengirimkan Hadiah

Mengirimkan hadiah yang bermakna dapat sangat berarti bagi pasangan. Apapun hadiah yang dikirimkan dari pasangannya tidak perduli dengan nominal, itu akan sangat berarti bagi si penerima.

3. Menggunakan Nama Panggilan Khusus

Memberi nama panggilan khusus yang lucu untuk satu sama lain dan menyimpannya sebagai info kontak di ponsel, dapat membuat hubungan lebih menyenangkan.

Penutup

Nah bagaimana sobat tentang cara komunikasi yang baik dengan pasangan? Semoga dengan penjelasan di atas bisa membantu sobat untuk mempertahankan dan menjadikan hubungan menjadi harmonis dan langgeng selamanya yaa!

Baca juga: Komunikasi Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.