Cara Mengatasi Error 403 Forbidden

by -412 views
Depressed woman looking at a laptop

Cara Mengatasi Error 403 Forbidden – Ketika sedang membuka suatu website pasti sobat pernah mendapati suatu pesan yang berbunyi Eror 403. Di saat itu pula, pasti sobat merasa kesal, cape, dan rasanya ingin sekali mengeluh. Apalagi jika kondisinya sedang darurat atau buru-buru, hal ini memang menyebalkan, namun sobat tidak perlu khawatir. Karena hal ini bisa diatasi, nah pada artikel kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi Error 403 Forbidden dan apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Yuk kita simak bersama!

Apa itu Eror 403 Forbidden

Eror 403 Forbidden merupakan kode status HTTP yang muncul ketika ada masalah permission website atau resource yang sobat akses. Kode Error 403 Forbidden ini akan muncul ketika web server memahami permintaan yang sobat minta, namun web server tidak dapat menyediakan akses yang diminta oleh sobat.

Jadi hal ini bisa terjadi pada sobat ketika sobat mencoba membuka halaman website yang tidak boleh diakses, disini berarti sobat tidak diperbolehkan untuk masuk ke halaman web itu oleh pemilik website. Namun tidak jarang pula, Error 403 Forbidden ini terjadi ketika sobat hendak mengakses website milik sobat sendiri. Aneh ya, tapi memang faktanya hal tersebut sering terjadi ☹ sebenarnya eror ini merupakan bentuk perlindungan file atau resource pada halaman website sobat agar tidak diakses oleh pengunjung.

Penyebab Error 403 Forbidden

Penyebab utama dari error 403 Forbidden adalah kesalahan pada file atau hak akses pada folder, serta kesalahan pengaturan pada file .htaccess. Namun selain penyebab umum terjadinya Error 403 Forbidden, ada juga kemungkinan penyebab lain yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Diantaranya adalah :

  • Kesalahan konfigurasi plugin WordPress
  • Tidak ada file index.html
  • Kesalahan Konfigurasi DNS Record
  • Kesalahan konfigurasi DNS Record
  • Eror pada content delivery network
  • Serta serangan kemungkinan serangan malware

Cara Mengatasi Error 403 Forbidden

Setelah mengetahui terkait Error 403 Forbidden dan penyebabnya, maka selanjutnya mari kita cari tahu bagaimana cara mengatasi error 403 Forbidden, berikut ini langkahnya :

1.Lakukan cek pada file .htaccess

Langkah pertama sobat harus melakukan pengecekan pada file .htaccess website, lakukan pengecekan melalui cPanel. Berikut caranya :

  • Login ke cpanel akun hosting sobat, masuk ke menu File manager
  • Setelah itu masuk ke folder public_html dan cari file .htaccess
  • Apabila file tersebut tidak sobat temukan, buat file .htaccess baru
  • Download file .htaccess dengan cara mengklik kanan lalu pilih download
  • Apabila file .htaccess sudah berhasil di download, selanjutnya sobat hapus file .htaccess yang terdapat di folder public_htmll hosting sobat
  • Apabila website berjalan dengan baik, maka bisa disimpulkan bahwa error 403 Forbidden disebabkan oleh file.htaccess yang rusak
  • Untuk mengatasinya sobat harus membuat file .htaccess baru dengan cara log in pada dashboard woerdpress, kemudian pilih menu settings-permalinks-klik tombol Save Changes.

Dengan menggunakan cara ini, maka website sobat secara otomatis akan membuat file .htaccess

2. Cek Hak Akses File

Jika menggunakan cara pertama tidak berhasil, langkah kedua yaitu dengan mengecek hak akses file. Terdapat kemungkinan kalau ada masalah permissions pada file atau folder padda website. Karena biasanya file yang dibuat memiliki permission tertentu.

Jadi biasanya untuk bisa mengakses file, sobat perlu mengubah permissions pada suatu file atau folder terlebih dahulu. Sobat bisa melakukanya dengan dua cara yaitu FTP Client atau bisa juga melalui File Manager di cPanel.

3. Nonaktifkan Plug In

Apabila sudah mencoba cara ke satu dan kedua namun masih tetap belum berhasil, sobat bisa mencoba cara selanjutnya yaitu kemungkinan eror ada di plug in. untuk mengatasinya, sobat bisa menonaktifkan semua plug in pada wordpress sobat.

4. Upload halaman index

Saat sobat mengakses suatu nama domain website, sobat akandiarahkan pada  halaman index.html atau index.php sebagai homepage website.apabila file index ini tidak ada maka website akan menampilkan pesan error 403 forbidden.

5. Cek A Record

Langkah selanjutnya untuk mengatasi 403 eror forbidden yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap A record. Sobat harus memastikan domain sudah mengarah ke IP Address yang benar. Sobat bisa mengecek A record melalui menu DNS Zone Editor di cPanel hosting.

6. Identifikasi Malware

Apabila ke lima cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan error tersebut disebabkan oleh malware yang menyerang website sobat. Sobat perlu melakukan identifikasi malware dengan menggunakan plugin deteksimalware pada WordPress seperti wordfence.

7. Edit Kepemilikan

Lakuakn pengecekan status kepemilikan file, dengan log in ke server melalui SSH terlebih dahulu.

8. Nonaktifkan CDN Sementara

Apabila error 403 forbidden muncul pada asset berupa gambar, lavascript, atau CSS maka kemungkinan ada kesalahan pada content delivery network (CDN). Nonaktifkan CDN yang sobat gunakan

Baca juga : https://cilacap.org/rekomendasi-10-toko-hp-terpercaya-di-shopee/

Akhir Kata

Bagaimana apakah sobat sudah mencoba cara mengatasi error 403 forbidden diatas? Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua ya, sehingga tidak terjadi lagi error 403 pada website yang sedang sobat akses 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.