Mengenal Ciri Khas Daerah Cilacap dari Unsur Kesenian

oleh -38 views
ciri khas daerah Cilacap
(Sumber gambar : inibaru.id)

Apakah Anda sudah mengetahui ciri khas daerah Cilacap? Pasalnya, setiap wilayah tentu memiliki nilai khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari daerah lain. Hal tersebut tidak berbeda jauh dengan Cilacap.

Meskipun daerah ini mungkin banyak pengunjung kenal dengan panoramanya yang indah. Nyatanya Cilacap juga unggul dari segi keseniannya. Nilai unggul tersebut menjadi salah satu bukti di mana Indonesia sangat kaya dengan keberagaman yang ada.

Salah satu buktinya setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Salah ciri khas daerah Cilacap yang menonjol adalah kesenian. Tentunya di samping makanan asli Cilacap dan juga wisata daerahnya.

Mengenal Kesenian Asli Indonesia

ciri khas daerah Cilacap
(Sumber gambar : inibaru.id)

Bagi masyarakat asli Indonesia, tentu Anda sudah tidak lagi asing dengan keberagaman yang ada. Berbagai kesenian yang dimiliki sempat menimbulkan perselisihan sebab hampir terakui oleh negara lain seperti kesenian wayang kulit.

Mengapa demikian? Sebab, masyarakat sendiri kurang peduli dan berbangga hati memiliki kesenian daerah tersebut. Sedangkan negara lain melihat dari berbagai sisi yang sangat unggul, sehingga berusaha untuk merampasnya.

ciri khas daerah Cilacap salah satunya juga berasal dari unsur seni. Di mana seni ini merupakan sebuah karya yang terbuat dengan nilai mutu berkualitas. Baik dipandang dari segi fungsi, keindahan, bentuk, makna, hingga kehalusan yang tercipta.

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak sekali jenis kesenian. Mulai dari seni rupa, seni tari, seni music, hingga kesenian lainnya. Di mana, nilai keberagaman daerah ini terdapat pada setiap wilayah yang memiliki ciri khas masing-masing.

Lantas, apa ciri khas daerah Cilacap dari unsur seni yang sangat menonjol? Kali ini kami akan membahasnya secara lengkap melalui artikel berikut.

Ketahui 3 Seni Tari yang Menjadi Ciri Khas Daerah Cilacap

Cilacap merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan berbagai keunggulan wisata alamnya. Namun, sekarang Anda tidak hanya bisa melihat panorama menakjubkan di wilayah Jawa Tengah ini melainkan juga berbagai kesenian dengan ciri khas daerah Cilacap.

Beberapa diantaranya bisa Anda temukan pembahasannya secara lengkap sebagai berikut :

1. Ciri Khas Daerah Cilacap, Tari Jalung Mas

Jika Anda merupakan penikmat kesenian asli Indonesia dengan keberagaman budaya yang ada, maka mengetahui ciri khas daerah Cilacap satu ini sangat kami sarankan. Di mana, rekomendasinya adalah tari jalungmas.

Pengambilan nama Jalungmas berasal dari penamaan akronim Jaipong Calung Banyumas. Sehingga siapa saja yang menyebutnya tentu mudah memahami bahwa tarian ini merupakan perpaduan antara dua daerah.

Di mana, tari Jaipong merupakan khas dari daerah Sunda namun melakukan kolaborasi bersama dengan music calung dari Banyumas. Dengan latar belakang tersebut, maka lebih mudah menyebut tarian ini menjadi tarian Jalungmas.

Tarian yang menjadi salah satu ciri khas daerah Cilacap dari unsur seninya ini mulai populer di tahun 1993. Bahkan dalam sejarahnya, pada masa itu seorang Menko Polkam Susilo Sudarman pernah meminta Dinas Pendidikan untuk meningkatkan eksistensi tarian Jalungmas dengan cara pentas di Balai Sidang Senayan.

Acara tersebut di gelar di Jakarta sebagai Paguyuban Serulingmas se-Jabodetabek. Namun, pada masa itu Jalungmas belum memiliki nama hingga acara pentas segera dimulai. Namun, beberapa menit sebelum acara, tarian tersebut diberi nama menjadi Jalungmas.

Secara garis besar, tari Jalungmas memberikan titik poin menonjol pada dua aspek pengerjaan. Pertama merupakan gerakan tari yang berasal dari pengembangan gaya Jaipong. Namun, gending tradisional Jawa diambil berdasarkan gaya Banyumas.

Sehingga keduanya menjadi lebih terlihat bersatu dengan memanfaatkan aspek gamelan calung Banyumas. Melihat nilai unggul dari tarian tersebut, Jalungmas kini sering kali tampil di berbagai acara besar termasuk hari jadi Kabupaten Cilacap.

Tidak hanya itu, bahkan di tahun 2018 lalu Sodong Culture Symphony juga sempat mengadakan acara pentas. Di mana tujuannya untuk lebih mengeksplor Jalungmas kepada banyak pihak. Acara tersebut di gelar di pantai Sodong Adipala.

2. Tari Megat-Megot

Berikutnya Anda juga bisa menemukan unsur kesenian yang menjadi ciri khas daerah Cilacap pada tari megat megot. Dari penamaannya saja sudah bisa Anda bayangkan bagaimana gerakan yang akan dilakukan pada tarian ini.

Secara teknis, gerakan pada tarian megat megot ini menitikberatkan pada geol (pantat), gerak bahu, dan beberapa anggota tubuh lainnya dengan tempo cukup cepat. Megat megot sendiri menjadi salah satu jenis tarian pergaulan dari berbagai jenis tarian yang ada di Karesidenan Banyumas.

Karesidenan tersebut meliputi Purbalingga, Cilacap, Banyumas, dan Banjarnegara. Cukup menarik mengingat penggabungan beberapa daerah, tentu membuat gerakan akan terjadi kombinasi yang sangat unik.

Untuk penggunaan kostum pada tarian megat megot sendiri haruslah bermotif batik. Namun, pemakaiannya harus ketat dengan bawahan rok span dan atasan berbentuk baju tanpa lengan. Selain itu, untuk melakukan tarian ini Anda harus menggunakan tata rias korektif.

Maksud dari tata rias dari tarian megat megot ciri khas daerah Cilacap ini adalah yang tidak berlebihan, terlihat natural dengan tampilan sederhana. Namun tetap mampu memberikan kesan menawan, elegan, serta cantik alami.

Tarian megat megot ini tergolong sangat unik sebab menampilkan gerakan chibi-chibi seperti goyangan itik. Apalagi Anda melihat tarian ini, mungkin akan memberikan kesan lucu dan tersenyum geli. Sebab suguhannya lebih banyak memberikan kesan endhel.

Tetapi, hal yang pasti perlu Anda pelajari dari nilai khas daerah Cilacap pada kesenian tari megat megot adalah penggambaran keceriaan dan kegembiraan. Sehingga, Anda tidak perlu heran apabila tampilan dari tari ini menyuguhkan gerakan sangat dinamis dengan tempo lumayan cepat.

Tari ini juga tidak berbeda jauh dari Tari Jalungmas. Anda akan menemukan music calung untuk mengiringi kesenian ini bersamaan dengan nyanyian merdu dari sinden. Bahkan, tari megat megot juga sering tampil untuk memperingati hari jadi Kabupaten Cilacap, loh.

3. Tari Kuda Lumping (Ebeg), Ciri Khas Daerah Cilacap

ciri khas daerah Cilacap
(Sumber gambar : suarajabarsatu.com)

Terakhir, ciri khas daerah Cilacap dari segi kesenian bisa Anda temukan pada tari kuda lumping atau bisa masyarakat kenal sebagai ebeg. Tari tradisional ini sangat populer dan banyak dimiliki oleh seluruh daerah di Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Ciri khas dari tarian kuda lumping ini yaitu menggunakan aksesoris berupa kuda kepang. Peralatan tersebut terbuat dari anyaman bambu dan beberapa bahan pendukung lain sebagai properti untuk menari.

Nilai cerita yang bisa Anda ambil dari tarian ini yaitu berkaitan dengan kegagahan prajurit berkuda. Di Jawa sendiri, tari kuda lumping sering mengaitkan dengan unsur mistis yaitu adegan kesurupan.

Tidak hanya itu, pada beberapa daerah tertentu mungkin Anda bisa menjumpai atraksi ekstrem. Contohnya seperti kegiatan memakan beling, uji kekebalan hingga deraan pecut secara terus menerus.

Tarian kuda lumping dari Cilacap ini memberikan penampilan dengan empat fragmen sekaligus. Di mana jika Anda penikmat seni sejati, tentu bisa mengenali bahwa di dalamnya akan terdapat perpaduan antara tari buto lawas sebanyak dua kali, tari senterewe, dan tari begon putri.

Pada fragmen tari buto lawas, biasanya akan dilakukan oleh 4 hingga 6 penari putra. Sebab, biasanya pada fragmen ini terdapat adegan ekstrem dan kesurupan.

Jika Anda ingin mengetahui tampilan perpaduan antara penari pria dan wanita, maka bisa melihat pada fragmen selanjutnya yaitu tari Senterewe. Untuk fragmen terakhir dengan gerakan lebih santai dan dilakukan oleh enam penari wanita yaitu tari begon putri.

Biasanya tari begon putri ini menjadi penutup dari penampilan atau adegan tari kuda lumping. Sebab bertujuan untuk menetralisir pertunjukkan setelah kesurupan dan beberapa kejadian ekstrem.

Nah, itulah beberapa ciri khas daerah Cilacap yang bisa Anda temukan berdasarkan unsur kesenian tari. Cilacap sendiri memiliki banyak kesenian baik rupa, music, maupun unsur budaya lainnya.

Keberadaan tari tradisional tersebut merupakan salah satu kekayaan seni di Indonesia. Tentunya negara lain tidak memilikinya, sebab Indonesia yang sangat kaya oleh keberagamaan. Oleh karena itu, Anda selaku warga negara yang baik wajib untuk mempertahankannya dan memperkenalkan kepada dunia terkait keberagaman daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.