Curug Citumang Pangandaran: Sejarah, Fasilitas, Daya Tarik Serta Akses Lokasi

by -75 views
curug citumang Pangandaran
(Sumber : bobocantik.com)

Melakukan perjalanan dengan tujuan liburan, tentu mindset yang terbentuk paling banyak adalah pantai serta lautan luas. Apalagi Pangandaran menjadi daerah dengan fasilitas yang mendukung. Namun, kini Anda bisa menikmati destinasi wisata tersembunyi yang tidak boleh terabaikan begitu saja yaitu curug citumang Pangandaran.

Mendengar namanya saja tentu masih terasa asing, sebab lokasi wisata ini memang tersembunyi dan jarang diketahui. Meskipun begitu, ketika berkunjung ke sana Anda tidak akan rugi sebab daya tariknya tidak kalah dari Green Canyon.

Tetap berkonsep pada perairan yang segar dan memanjakan mata. Curug citumang Pangandaran ini memiliki aliran sungai jernih berwarna hijau yang membelah hutan jati. Aliran sungainya menembus ke dalam gua dan terhimpit bebatuan yang sangat indah.

Sejarah Sungai Curug Citumang Pangandaran

curug citumang Pangandaran
(Sumber gambar : nativeindonesia.com)

Setiap munculnya pariwisata baru tentu saja memiliki sejarah pembentukannya. Tidak terkecuali curug citumang Pangandaran yang populer beberapa tahun belakangan. Pasalnya, keindahan alam tersebut mengacu pada air terjun dengan bentuk yang sangat mirip tungku.

Hal tersebut menjadi salah satu indikasi penamaan curug citumang Pangandaran itu sendiri. Kata ‘Tumang’ memiliki arti sebuah tungku. Beberapa nama lain dari Citumang bisa Anda temukan seperti :

  • Citumang Body Rafting
  • Citumang Green Valley
  • Sungai Citumang Pangandaran

Selain itu, mitos juga menjadi poin utama dari wisata yang sedang booming ini. Di mana, dulunya pada masa kerajaan Indonesia mulai runtuh, terdapat seorang utusan yang sengaja mencari informasi terkait penyebabnya.

Selama perjalanan tersebut, ia menyusuri banyak sungai. Dari berbagai sungai tersebut yang berhasil terlalui, terdapat sungai kering sehingga membuat sosok ini berhenti sejenak. Sehingga pada akhirnya beberapa rombongan utusan tersebut tidak melanjutkan perjalanan dan memilih untuk menepi di aliran sungai.

Tetapi utusan rombongan mendadak hilang dan tidak mengetahui penyebabnya. Setelah penyelidikan, nyatanya di dalam sungai tersebut terdapat sosok astral yang mirip buaya putih. Diduga seluruh rombongan menjadi sasaran makhluk astral sungai curug citumang Pangandaran.

Fasilitas Wisata di Curug Citumang Pangandaran

Wisata daerah curug citumang Pangandaran ini memiliki banyak fasilitas menarik untuk setiap pengunjung yang ingin melepas penat. Citumang sebagai lokasi wisata yang sangat unggul ini bisa dimanfaatkan sebagai kawan body rafting terbaik.

Pasalnya, lokasi dan letak sungai ini sangat ideal terhadap debit aliran yang sangat tenang namun menantang. Hal tersebut membuat kawasan ini menyediakan fasilitas body rafting yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, sebab sangat menggiurkan untuk dicoba.

Jika Anda ingin melakukan wisata di wahana air yang sangat menyenangkan. Maka, datang ke curug citumang Pangandaran akan menjadi pilihan paling bijak. Contoh permainan yang bisa Anda coba adalah arung jeram.

Di sana, Anda bisa menemukan fasilitas alat rafting yang dapat Anda sewa sekaligus dengan pihak pemandunya. Selain itu, curug citumang Pangandaran juga memiliki body rafting yang lengkap dengan fasilitas pendukung seperti kamar ganti, warung makan sederhana, toilet umum, area parkir, serta kebutuhan umum lainnya.

Daya Tarik yang Menjadi Unggulan Wisata Curug Citumang Pangandaran

curug citumang Pangandaran
(Sumber gambar : irhamfaridh.com)

Jika Anda mendapatkan informasi bahwa curug citumang Pangandaran menjadi salah satu wisata yang sangat menarik dan populer. Tentu hal tersebut dikarenakan adanya sebuah daya tarik tersendiri yang berhasil memikat banyak wisatawan.

Beberapa daya tarik yang menjadi unggulan dari pariwisata satu ini antara lain :

1. Memiliki Sungai yang Sangat Menarik

Poin pertama yang menjadi daya tarik tersendiri dari curug citumang Pangandaran ini adalah pesona sungai cantik dengan gradasi air 2 warna (hijau toska dan biru. Sumber mata airnya berasal langsung dari bawah tanah, sehingga bukan merupakan air limpahan dari lokasi lain.

Hal paling menarik dari wisata ini adalah adanya sebuah gua dengan panjang 35 meter tetapi buntu. Untuk kedalamannya sekitar 3-4 meter. Pada lokasi wisata ini, setiap pengunjung bisa menikmati suasana tenang bahkan berenang dengan air bersih yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, curug citumang Pangandaran ini banyak pengunjung gunakan untuk cliff jumping di dalam gua. Namun, untuk menjaga keselamatan dan keamanan setiap pengunjung, terdapat tim khusus yang akan mendampingi.

Dengan keindahan tersebut, Anda masih bisa menikmati panorama sungai Citumang yang dikelilingi oleh banyak tebing. Selain itu, curug ini juga tertutupi oleh pohon besar sehingga menimbulkan kesan suasana asri yang menyenangkan.

Bagi Anda yang suka menikmati wahana dengan berselfie untuk kebutuhan konten sosial media. Maka, view di curug satu ini tidak boleh terlewat begitu saja. Pasalnya, warna air yang masih jernih dengan gradasi menyegarkan akan memanjakan setiap pengunjung.

2. Terdapat Kolam Terapi yang Bermanfaat

Tidak hanya memiliki pemandangan serta keindahan air yang menakjubkan. Anda bisa menikmati suasana liburan dengan merefresh pikiran sekaligus melakukan terapi di dalam kolam ikan.

Lokasinya sendiri sangat dekat dengan gua, sehingga Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Namun, untuk mencapainya start awal yang Anda butuhkan agar lebih dekat adalah dengan memulai aktivitas body rafting.

Banyak sekali pengunjung yang memanfaatkan fasilitas kolam terapi ini dengan baik. Berbeda dengan ikan pada umumnya, ketika kaki masuk ke dalam kolam rasanya seperti keseluruhan penyakit terangkat sehingga membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Lokasi Body Rafting yang Seru

Sesuai dengan lokasinya yang sangat mendukung, maka curug citumang Pangandaran menjadi salah satu spot terbaik untuk melakukan aktivitas body rafting. Aktivitas ini menunjukkan bahwa pariwisata di Pangandaran ini sangat cocok Anda pilih sebagai lokasi liburan menyenangkan bersama keluarga.

Anda bisa menyusuri seluruh trek body rafting di sungai dengan panjang sekitar 1,5 kilometer. Di mana, beberapa treknya akan terbagi seperti :

  • Trek pertama, di area goa
  • Trek kedua, menyusuri sungai dan beberapa air terjun kecil di sekelilingnya
  • Trek ketiga, setelah melewati bendungan, maka bisa menyusuri sungai di antara tebing.

Ingin merasakan sensasi wisata body rafting yang lebih seru lagi? Maka, Anda bisa melakukannya di Citumang dengan meloncat dari tambang. Setelah itu, Anda dapat menceburkan diri ke sungai Citumang Pangandaran yang sangat seru dan menyegarkan.

Apabila Anda tipikal orang yang suka terhadap tantangan dan ingin menguji adrenalin. Maka, masih terdapat satu spot berupa tangga tambang yang berada di atas sungai untuk akses ke atas pohon tinggi.

Menggunakan pohon tersebut, Anda bisa meloncat ke Sungai Citumang. Namun, adegan ini sebenarnya cenderung berbahaya, apalagi jika Anda belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya. Jangan hanya karena gengsi dan ingin mencoba Anda memaksakan diri untuk mencoba hal baru yang sebenarnya cukup membahayakan.

Akses Lokasi Curug Citumang Pangandaran

Meskipun terhitung sebagai pariwisata baru di Pangandaran. Akses lokasi ke Citumang cukup mudah untuk pengunjung lalui. Pasalnya, kendaraan roda dua dan roda empat bisa langsung masuk ke area parkir utama Citumang Body Rafting.

Untuk jarak dari Pangandaran ke Curug Citumang ini sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan. Setelah tiba di lokasi, Anda bisa langsung melakukan registrasi dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan lelah sebab jaraknya sudah tidak begitu jauh. Selain itu, pesona sekeliling akan memanjakan Anda sehingga lebih banyak menikmati jalan kaki pada jalur lintasan menuju Citumang.

Pada saat registrasi pengunjung, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk. Untuk harganya yaitu Rp. 69.000 dengan paket liburan sungai citumang body rafting pangandaran. Keseluruhan biaya tersebut sudah termasuk jasa pemandu, makan, dan pelampung untuk bersenang-senang di dalam air.

Jika ingin berlibur ke Citumang, pastikan Anda datang sesuai dengan jam operasionalnya agar tidak kecewa. Jam buka Citumang mulai dari 08.00 – 17.00, dan bisa Anda kunjungi setiap hari.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai curug citumang Pangandaran. Kini Anda bisa mempertimbangkan apa saja kebutuhan serta gambaran liburan menyenangkan yang Anda inginkan. Pastikan Anda menikmati suasana wisata agar kunjungan Anda terasa lebih memorable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.