8 Destinasi Wisata Lombok Paling Mempesona dan Wajib Dikunjungi!

oleh -207 views
destinasi wisata Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang punya potensi besar di Indonesia. Daerah ini adalah sebuah pulau kecil yang ada di Nusa Tenggara Barat. Kota utama dari pulau ini adalah Kota Mataram. Ketika berkunjung ke Lombok, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata Lombok yang paling mempesona. Apa saja? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

8 Destinasi Wisata Lombok Terbaik

Jika Anda memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Lombok, maka tidak perlu khawatir akan tempat tujuan. Sebab, ada banyak sekali destinasi menarik yang patut masuk ke daftar mustvisit Anda. Berikut adalah beberapa rekomendasi tersebut:

1. Pantai Kuta Mandalika

destinasi wisata Lombok
(sumber gambar: kompas.com)

Nama Mandalika memang sedang menjadi topik perbincangan hangat di Indonesia akhir-akhir ini. Hal ini merupakan akibat dari perhelatan acara MotoGP yang memang berlangsung di sirkuit internasional Mandalika. Daerah ini memang memiliki banyak sekali keindahan alam yang luar biasa mempesona, termasuk Pantai Kuta Mandalika.

Ya, tidak hanya Bali yang memiliki pantai bernama Kuta. Lombok pun memiliki Pantai Kuta dengan pemandangan alami yang masih sangat alami. Selain itu, pantai ini juga erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika. Ketika berkunjung ke pantai ini, Anda bisa melihat hamparan air laut yang sangat jernih dan berwarna biru. Anda bahkan bisa melihat terumbu karang dari permukaan air lho!

Selain menawarkan keindahan alam, Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru dan menyenangkan di pantai ini. Mulai dari mencoba banana boat, windsurfer, paralayang, sampai dengan berselancar. Berbagai aktivitas seru inilah yang membuat Pantai Kuta sangat layak untuk Anda kunjungi saat liburan tiba.

Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok. Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis. Sangat seru bukan?

2. Pantai Pink

Lombok memang terkenal akan tujuan wisata pantainya yang sangat beragam dan semuanya indah dan mempesona. Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Pink. Sesuai dengan namanya, keunikan dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna semburat pink atau merah muda.

Atas alasan inilah, nama pantai yang dulunya adalah Pantai Tangsi, menjadi lebih populer dengan sebutan Pantai Pink. Lokasi pantai ini adalah di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Lombok. Jaraknya sekitar 82 KM dari pusat Kota Mataram. Cukup jauh memang, namun pemandangan yang pantai ini suguhkan membuat semua rasa capek untuk menuju lokasi pantai langsung sirna.

Perpaduan pemandangan pasir pink yang unik dengan jernihnya air laut, terlihat sangat cantik dan memanjakan mata. Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000 untuk wisatawan domestik, sementara warga asing sebesar Rp. 50.000. Cukup terjangkau ya!

3. Pura Batu Bolong Lombok

Destinasi wisata Lombok selanjutnya adalah Pura Batu Bolong yang merupakan bagian dari Pantai Senggigi. Keunikan dari pura ini adalah letaknya yang berada di atas sebuah batu besar berwarna hitam dan memiliki lubang pada bagian tenganya. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa pura ini memiliki nama Batu Bolong.

Lokasi pura ini adalah di Dusun Batu Bolong, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Lombok. Jarak pura ini sekitar 12 KM dari pusat Kota Mataram sehingga terbilang tidak terlalu jauh. Apalagi rute untuk bisa sampai di pura ini juga terbilang sudah bagus dan bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Harga tiketnya sendiri adalah Rp. 20.000 per orangnya.

4. Hutan Pusuk

destinasi wisata Lombok
(sumber gambar: alorinatours.com)

Apabila Anda mencari tempat liburan yang bukan berupa pantai, maka bisa berkunjung ke Hutan Pusuk. Hutan ini masih tergolong sangat alami di Lombok dengan kualitas udara yang bersih dan pepohonan yang sangat asri. Destinasi wisata Lombok yang satu ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin menghilangkan penat dari bisingnya perkotaan.

Tidak hanya menikmati asrinya hutan, disini Anda juga bisa bertemu dengan banyak monyet liar yang jinak. Karena jinak, Anda tidak perlu khawatir jika takut tergigit atau diserang oleh kawanan monyet ini. Asalkan Anda tidak mengganggu dan bersikap agresif, monyet-monyet tersebut juga tidak akan menyerang Anda.

Lokasi Hutan Pusuk berada di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Lombok. Untuk bisa memasuki kawasan hutan ini, Anda hanya harus membayar tiket masuk seharga Rp. 2.000 saja per orangnya. Sangat terjangkau bukan?

5. Kampung Nelayan Tanjung Luar

Destinasi wisata Lombok selanjutnya adalah Kampung Nelayan Tanjung Luar yang ada di Lombok Timur. Ketika berkunjung ke lokasi ini, Anda tidak hanya berkenalan dengan penduduk lokal saja, namun juga melihat lebih jauh seperti apa kearifan lokal masyarakat atau penduduk asli daerah tersebut.

Di kampung ini sebagian besar warganya memang bekerja sebagai nelayan, sehingga namanya adalah Kampung Nelayan. Anda pun juga bisa melihat kehidupan pasar ikan yang ramai dan tergolong masih tradisional. Pasar ikan ini akan selalu ramai mengingat juga menjadi Pelabuhan Tanjung Luar.

6. Pantai Tanjung Aan

Dari berbagai destinasi wisata Lombok, mungkin nama Pantai Tanjung Aan akan sering direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, pantai yang satu ini memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Meski begitu, tempat wisata ini masih tergolong sepi dan masih butuh promosi agar bisa seterkenal pantai lainnya.

Pantai ini terletak di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah. Lokasi pantainya juga tidak terlalu jauh dari lokasi Bandara Internasional Lombok. Inilah yang membuat akses ke pantai ini terbilang mudah dan tidak terlalu jauh.

Warna lautnya sangat biru dengan gradasi hijau yang sangat cantik dan juga jernih. Selain itu, pasir pantainya juga sangat lembut sehingga Anda bisa bermain pasir dengan nyaman ketika berkunjung kesini. Tidak hanya hamparan laut, Anda juga bisa melihat landscape perbukitan hijau yang masih sangat asri. Cantik sekali!

7. Desa Sade (Sade Village)

Satu lagi desa wisata yang wajib Anda kunjungi ketika pergi ke Lombok. Desa Sade adalah tempat tinggal dari suku asli Lombok, yaitu Suku Sasak. Terdapat sekitar 700 orang atau 150 kepala keluarga yang mendiami desa ini. Saat berkunjung, Anda bisa melihat keindahan desa dan berkenalan dengan penduduk lokal yang ramah.

Bentuk rumah di desa ini terbuat dari bahan alami, yaitu anyaman bambu. Bagian atapnya terbuat dari alang-alang kering dan lantainya masih terbuat dari campuran tanah liat dan sekam padi. Keunikan dari rumah yang ada di desa ini ada di bagian lantainya yang selalu terlumuri dengan kotoran kerbau. Tujaunnya agar tidak ada serangga, khususnya nyamuk masuk ke dalam rumah.

8. Gili Petelu

Ketika berkunjung ke Lombok, Anda tidak hanya bisa mengunjungi Gili Trawangan saja. Lebih dari itu, juga terdapat destinasi Gili Petelu yang menawarkan keindahan tidak kalah dari Gili Trawangan. Lokasi dari pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Pink sehingga bisa Anda kunjungi setelah dari pantai tersebut.

Daya tarik utama dari Gili Petelu adalah panorama bawah lautnya yang masih sangat alami dan sangat indah. Ada banyak sekali biota laut dan terumbu karang yang bisa Anda lihat dalam kondisi yang baik dan utuh. Air lautnya yang berwarna biru tosca pun semakin menambah keindahan dari destinasi wisata Lombok yang satu ini.

Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling sehingga bisa melihat keindahan bawah lautnya dengan lebih dekat dan puas. Tidak perlu khawatir, karena air lautnya cenderung berombak tenang dan tidak terlalu kencang. Lokasi dari Gili Petelu tepatnya adalah di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Lombok. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan dibawah laut, dan tidak sekedar menikmati pemandangan saja.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Lombok yang sangat mempesona dan wajib Anda kunjungi. Jikalaupun Anda pergi ke Lombok karena tertarik dengan keberadaan sirkuit Mandalika, maka jangan ragu untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata ini ya!

Apalagi semua wisata tersebut aksesnya juga mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram. Dijamin tidak akan menyesal karena pemandangannya yang luar biasa indah. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.