Daftar Dokter Spesialis Kulit Cilacap dan Tips Memilihnya

oleh -2,156 views
dokter spesialis kulit cilacap

Dokter spesialis kulit Cilacap menjadi pilihan yang tepat bagi Anda jika memiliki masalah kulit. Ya, persoalan kulit memang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja. Anda harus benar-benar berkonsultasi dengan dokter yang tepat supaya bisa mengatasi masalah tersebut. 

Di Cilacap, ada banyak sekali dokter spesialis kulit yang bisa Anda datangi. Akan tetapi, sebaiknya terlebih dahulu Anda melihat rekomendasi yang kami berikan. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan tempat berobat terbaik dan memiliki gambaran tentang pelayanan dan budget sebelum berkunjung. Inilah daftar dokter tersebut selengkapnya. 

Daftar Dokter Spesialis Kulit Cilacap 

dokter spesialis kulit cilacap
(sumber gambar: biaya.info.com)

Berikut adalah beberapa rekomendasi dokter spesialis kulit Cilacap yang bisa Anda kunjungi: 

1. Rumah Sakit Islam Fatimah 

  • Alamat lokasi praktek: Jalan Ir. H. Juanda No. 20, Kebonmanis, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 
  • Telepon: (0282) 542396
  • Jadwal praktek: Buka 24 jam 

2. Rumah Sakit Umum Santa Maria 

  • Alamat lokasi praktek: Jalan Jendral Ahmad Yani No. 38, Sidakaya Satu, Sidakaya, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 
  • Telepon: (0282) 534859 
  • Jadwal praktek: buka 24 jam 

3. RSUD Cilacap 

  • Alamat lokasi praktek: Jalan Gatot Subroto No. 28, Tambaksari, Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
  • Telepon: (0282) 533010
  • Jadwal praktek: buka 24 jam 

Lalu, berapa biaya untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit Cilacap? Untuk biaya yang harus Anda keluarkan akan tergantung pada lokasi dan kebijakan dari tempat praktek tersebut. Kondisi atau keluhan yang Anda miliki juga akan berpengaruh terhadap mahal dan murahnya biaya pengobatan. Akan tetapi, umumnya Anda harus menyiapkan setidaknya Rp. 200.000 untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit. Harga tersebut tentu belum termasuk yang harus Anda keluarkan jika harus membeli obat. 

Kapan Harus Ke Dokter?

Kapan harus berkunjung ke dokter? Tidak semua kondisi kulit harus mendapatkan penanganan, karena beberapa bisa Anda sembuhkan dan obati sendiri di rumah. Namun beberapa kondisi berikut harus segera Anda bawa ke dokter, seperti: 

1. Mengalami Masalah Kulit Parah 

Jika kondisi kulit Anda sudah masuk dalam kategori yang parah, hingga menyebabkan tidak percaya diri dan muncul rasa tidak nyaman maka Anda harus segera ke dokter. Pasalnya, hanya dengan penanganan dokter kondisi tersebut bisa sembuh. Selain itu, jika Anda mengalami breakout yang parah akibat skincare atau make up, maka penanganan dari dokter sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan kulit lebih parah lagi. 

2. Alergi 

Gejala alergi yang biasa muncul adalah kulit yang merah, bersisik, gatal, dan bentol-bentol. Jika mengalami kondisi ini maka Anda harus sesegera mungkin ke dokter karena jika Anda biarkan maka bisa memicu kondisi yang lebih serius. Terutama jika setelah minum obat namun tidak ada penurunan gejala. 

Selain kedua hal ini, jika Anda mengalami perubahan cuaca yang ekstrim baik sesudah maupun sebelumnya maka ke dokter spesialis adalah pilihan tepat. Tujuannya agar Anda bisa mencegah terjadi kerusakan pada kulit akibat perubahan cuaca.

Lingkup Perawatan Penyakit Dokter Spesialis Kulit 

Pada dasarnya, dokter spesialis kulit dan kelamin akan fokus dalam pengobatan masalah kesehatan kulit dan juga kelamin. Baik pada pasien wanita maupun pria. Dokter akan melakukan diagnosa dan memberikan pengobatan sesuai dengan keluhan kesehatan yang Anda rasakan. 

Diagnosa kondisi ini memang tidak bisa sembarangan karena ada lebih dari 3.000 jenis penyakit yang bisa menyerang manusia. Mulai dari infeksi, alergi, non infeksi, penyakit menular seksual, kosmetik, dan lain sebagainya. Beberapa penyakit kulit yang ditangani oleh dokter spesialis kulit, seperti: 

1. Infeksi Jamur 

Jika Anda mengalami infeksi jamur, maka datang ke dokter spesialis adalah pilihan terbaik untuk kesembuhan Anda. Infeksi ini merupakan akibat dari jamur Candida. Jamur ini bisa menyerang hampir seluruh area tubuh namun akan lebih sering menyerang ketiak, lipatan kulit, selakangan, hingga area sela-sela jari tangan maupun kaki. 

2. Alergi Kulit 

Peradangan kulit yang merupakan akibat kekebalan tubuh terlalu peka terhadap penyebab alergi, akan memunculkan kondisi alergi kulit. Beberapa penyebab alergi tersebut adalah serbuk sari, debu, sampai beberapa jenis makanan tertentu. 

3. Psoriasis 

Kondisi ini merupakan salah satu jenis autoimun kronis yang berbahaya. Psoriasis bisa menyebabkan produksi sel kulit menjadi terlalu cepat sehingga muncul penumpukan sel kulit. Beberapa gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering, kulit menebal, bercak, bersisik, dan kulit yang memerah. 

4. Herpes Zoster 

Kondisi ini juga populer dengan istilah cacar ular yang diakibatkan oleh virus Varicella zoster. Kondisi yang muncul pada penderita adalah ruam kulit yang terasa nyeri dan lama kelamaan akan tampak seperti luka yang melepuh. 

5. Kanker Kulit 

Jenis penyakit lain yang harus mendapatkan penanganan dokter spesialis adalah kanker kulit. Pasalnya, jika tidak segera mendapatkan penanganan maka sel kanker bisa menyebar ke organ lain. Melanoma adalah salah satu kanker kulit yang berbahaya dan harus Anda waspadai. 

Selain kelima penyakit tersebut, ada beberapa kondisi lain yang harus mendapatkan penanganan dari dokter. Penyakit ini terkait dengan kondisi kelamin yang berupa Penyakit Menular Seksual (PMS). Kondisi ini menular melalui hubungan seksual dan bisa terjadi pada pria maupun wanita. Beberapa penyakit yang harus Anda waspadai adalah Gonore, Sifilis, HPV, Chlamydia, dan lain sebagainya.  

Baca Juga: Objek Wisata di Cilacap Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Tips Memilih Dokter Spesialis Kulit Cilacap Terbaik 

dokter spesialis kulit cilacap
(sumber gambar: praktekdokter.info)

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, memilih dokter bukanlah hal yang bisa Anda lakukan asal-asalan. Inilah beberapa tips yang harus Anda perhatikan: 

1. Perhatikan Kompetensi dan Izin Praktek 

Bagi dokter spesialis kulit, adanya kompetensi dan izin praktek adalah hal yang sangat penting. Sebab, kedua hal ini lah yang akan membuktikan kemampuan dokter untuk menangani pasien. Jangan sampai Anda mendapatkan dokter spesialis kulit Cilacap yang tidak kompeten dan tidak memiliki sertifikat. 

Alih-alih membantu mengatasi masalah kulit, Anda justru bisa terjebak dalam treatment yang bisa merusak kulit. Biasanya untuk izin praktik dan kompetensi bisa Anda lihat informasinya pada tempat praktek dokter yang bersangkutan. Selain itu, Anda juga bisa memilih dokter yang berpraktek di rumah sakit karena sudah memiliki izin dan reputasi yang terpercaya. 

2. Cari Rekomendasi Sebanyak Mungkin 

Rekomendasi dari orang lain bisa menjadi salah satu acuan bagi Anda untuk menentukan dokter spesialis yang tepat. Untuk rekomendasi, bisa Anda peroleh dari internet maupun dari teman, keluarga, atau pasien lain yang pernah memeriksakan diri ke tempat tersebut. Rajinlah mencari rekomendasi ini supaya Anda bisa menentukan apakah sekiranya akan cocok dengan dokter tersebut. 

3. Cari Dokter yang Nyaman untuk Berkonsultasi 

Dokter yang memiliki keahlian di bidang kulit memang banyak. Hanya saja, tidak semuanya memiliki kemampuan konsultasi yang baik dan bisa mendengarkan keluhan pasien dengan seksama. Umumnya, kenyamanan ini juga akan tergantung preferensi Anda sebagai pasien lebih cocok untuk berkonsultasi dengan dokter yang seperti apa. 

Maka dari itu, selalu cari dokter yang memang memiliki gaya komunikasi yang sama dengan apa yang Anda inginkan. Persoalan komunikasi ini sebenarnya juga bisa Anda peroleh dari rekomendasi dan testimoni dari pasien lain yang pernah berkonsultasi dengan dokter tersebut. Maka dari itu, pastikan Anda menyimak dan memilih dokter yang tepat ya. 

4. Jangan Tergiur Harga yang Terjangkau 

Kebanyakan orang pasti akan tergiur dengan dokter yang mematok harga konsultasi murah. Padahal, harga yang terjangkau belum tentu juga sesuai dengan perawatan dan layanan yang diberikan. Sudah banyak sekali kasus dokter kulit abal-abal yang berharga murah namun justru tidak bisa memberikan treatment yang baik untuk para pasien. 

Untuk itu, pilihlah dokter dengan harga yang memang sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Tidak perlu takut merogoh kocek dengan dalam, karena memang perawatan kulit umumnya memakan biaya yang besar tergantung pada kondisi yang Anda derita. 

Nah, itulah beberapa daftar alamat dokter spesialis kulit Cilacap yang bisa Anda jadikan referensi sekaligus tips memilihnya. Ingat, perkara kulit tidak bisa Anda hadapi dengan sembarangan dan asal-asalan. Untuk itu, pastikan selalu memilih dokter yang tepat agar masalah kulit bisa Anda atasi dengan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.