Fakta Menarik PSCS Cilacap, Kupas Tuntas Disini!

oleh -221 views
fakta menarik PSCS Cilacap

Bagi pecinta sepak bola khususnya fans PSCS Cilacap, pastinya selalu mencari-cari informasi fakta menarik PSCS Cilacap bukan? Memang kalau sudah cinta dengan klub favorit pastinya apapun beritanya ingin sekali disimak.

Nah, oleh karena itu berikut ini kami akan kupas tuntas berbagai fakta menarik PSCS Cilacap. Namun sebelumnya buat kamu yang belum paham, kita akan ulas sedikit tentang PSCS Cilacap ini ya.

Sekilas Tentang PSCS Cilacap

Persatuan Sepakbola Cilacap dan Sekitarnya yang disingkat dengan PSCS Cilacap merupakan sebuah tim sepakbola yang berdomisili di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Adapun julukan dari tim ini yaitu tim Hiu Pantai Selatan dan terkenal akan sebutannya Laskar Nusakambangan. Untuk PSCS Cilacap sendiri bermain di liga 2. Lalu pada kompetisi musim di tahun 2017 adalah saat dimana terdegradasinya ke liga 3.

Kemudian pada tahun 2019 ia kembali ke liga 2 dan hingga saat ini pun masih bertahan di liga 2. Sayangnya, pada tahun 2021 PSCS ini gagal bersinar untuk bisa promosi ke liga 1 Indonesia.

Sebab diperkirakan jika ingin promosi ke liga 1 maka kita butuh suntikan dana yang lumayan besar seperti yang sudah dilakukan beberapa klub siluman di liga 1 yaitu Bali United, Madura United, Rans Cilegon FC, Ashiap FC< dan Bhayangkara.

Fakta Unik PSCS Cilacap

Pastinya kamu penasaran kan, sepanjang perjalanan PSCS Cilacap apa saja fakta-fakta menarik yang sudah dirajutnya. Kamu bisa simak fakta menarik PSCS cilacap di bawah ini.

1. Eks Pelatih Persib Bawa PSCS Naik Kasta

Kemenangan PSCS yang berhasil meraih satu tiket promosi ke liga 2 tahun 2018 ternyata menyimpan fakta unik dibalik kemenangannya tersebut. Sebab ternyata pelatihan PSCS saat itu adalah mantan juru raciknya Persib Bandung.

Ia pun memberitahu apa saja trik jitu agar klub PSCS dapat naik kasta seperti klub ternama lainnya. Kemudian pelatihnya juga memberikan pemahaman pada seluruh pemain PSCS cilacap agar tetap rileks dalam kondisi apapun.

Ini sangat berguna agar meminimalisir timbulnya tekanan terhadap pemain dan supaya diri jadi lebih tenang baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia pun juga mengatakan kalau selalu merangkul pemain dan juga bercanda tawa bersama pemain.

Namun, saat mereka membuat kesalahan seperti pelanggaran prinsip, maka wajar saja mereka akan dapat teguran. Ini berperan supaya kedepannya semua pemain PSCS bisa lebih baik lagi.

2. PSCS Cilacap Berhasil Raih Penghargaan Hampir Setiap Tahun

Percaya atau tidak, tapi kekuatan PSCS Cilacap memang luar biasa sekali. Kekompakan timnya ini membuat mereka berhasil raih berbagai penghargaan setiap tahun.

Lalu apa sajakah penghargaan yang mereka terima? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Divisi 1 pada tahun 2008/ 2009
  • Peringkat 3 Divisi I nasional pada tahun 2009/ 2010
  • Promosi divisi utama pada tahun 2010/ 2011
  • Peringkat 1 Klasemen sementara Indonesian Championship Division pada tahun 2011/ 2012
  • Dua Belas Besar Divisi Utama pada tahun 2013/ 2014
  • 8 besar divisi utama pada tahun 2014/ 2015
  • Juara 1 Indonesian Soccer Championship B pada tahun 2016
  • Juara 2 Liga 3 Indonesia pada tahun 2018
  • Peringkat 4 Grup Barat Liga 2 Indonesia pada tahun 2019

3. Kesulitan Finansial, Pemain PSCS Sempat Terima 10 Persen Saja

Hal ini terjadi karena PSCS pun ikut terdampak dari pandemic covid-19 sebab kesulitan finansial dialami oleh klub ini. Tentu saja tidak hanya PSCS cilacap, tim lainnya di Liga 2 pun juga merasakan hal yang sama.

Adapun gaji bulan maret pada tahun 2020 yang pemain terima sebesar 25 persen. Sedangkan untuk bulan April hanya 10 persen saja. Alasannya ini sudah diungkapkan bahwa saat itu finansialnya memang benar-benar sedang sulit.

Bahkan dana dari sponsor saja juga berhenti mengalir karena kompetisi yang terhenti. Sehingga mereka hanyalah bisa berharap agar dana subsidi bisa cair segera.

4. Terbentuknya PSCS Cilacap Berawal dari Kegemaran Anak Muda Saja

Memang benar, PSCS cilacap sendiri awal mulanya berdiri hanyalah berdasarkan pada kegemaran beberapa orang anak muda saja terhadap sepak bola di akhir tahun 1959.

Lalu seiring berjalannya waktu, maka kegemaran ini pun semakin meningkat hingga akhirnya pada tanggal 19 April 1960 yang merupakan hari jadinya PSSI mulai mengumumkan klub barunya yang bernama Persatuan Sepak Bola Tjilatjap (PST).

Dengan semakin giatnya anak muda asal Cilacap ini memainkan olahraga sepak bola akhirnya tidak hanya menjalar ke Kawasan kota Cilacap saja. Oleh sebab itulah, akhir tahun 1970 maka secara resmi nama klubnya berubah menjadi Persatuan Sepakbola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS).

Sengitnya pertarungan dalam permainan sepak bola berhasil membawa klub PSCS untuk menunjukkan taringnya berkipran di persebakbolaan tingkat nasional.

5. Pengusaha Tambang Wanita Selamatkan Keuangan PSCS

Tidak hanya sekedar fans PSCS Cilacap saja, itulah hal yang dilakukan oleh suporter PSCS, Maya Damayanti dan juga disebut sebagai Dewi Penyelamat.

fakta menarik PSCS Cilacap

Sebab saat PSCS sedang berada di tengah kesulitan keuangan sebab kompetisinya yang terhenti di masa pandemic, justru Maya ini menyokong mereka dari segi keuangan meskipun statusnya bukanlah sebagai pengurus apalagi pemilik.

Ia mengaku kalau ini dilakukan karena merupakan kontribusinya sebagai warga Cilacap. Tentu saja, kehadiran Maya di tengah-tengah PSCS membuka jalan baru.

Hal ini karena selama ini PSCS dianggap kalau dikuasai hanyalah oleh tangan yang memanfaatkan klub ini untuk kepentingan politik ataupun pribadinya sendiri.

6. Kabar Bahagia Sekaligus Duka Diterima Oleh PSCS Saat kemenangan di Laga Perdana Liga 2 2021

Adapun kemenangan yang berhasil PSCS Cilacap dapatkan atas PSIM Yogyakarta di laga perdana liga 2 2021 lalu tidaklah terlepas dari sentuhan gil oleh pemain tengahnya yaitu Gideon Marshell Clementino Huwae.

Ia merupakan anak pelatih PSCS yang berhasil mencetak gol lewat tendangan first time jarak jauh serta terukur. Nah inilah yang menjadi penentu kemenangan tim PSCS saat itu.

Saat gol, sentak suara pemain PSCS memenuhi lapangan tersebut dan tentu saja sambutan hangat dan sangat gembira tergambar dari pelatih, manajemen, dan pendukung PSCS Cilacap ini.

Akan tetapi, sayangnya saat kabar bahagia PSCS Cilacap terima, ternyata kabar duka pun juga berdatangan. Sebab kakek dari Gideon Marshell meninggal dunia sehari usai menjalani laga perdananya tersebut.

Perlu kamu tahu saat itu Gideo Marshel baru saja bergabung dengan PSCS ini. Lalu ayahnya pun juga mengungkapkan kalau pesan dari kakeknya tersebut membuat ia jadi lebih termotivasi main lebih baik serta mencetak gol.

Sebab biasanya ia selalu jadi pengumpan. Akan tetapi, di laga waktu itu ternyata dia berhasil ambil keputusan paling tepat dengan melakukan first time ketika sudah mendapatkan momentum hingga akhirnya berhasil cetak gol. Terlepas dari hal tersebut, hal ini juga ayahnya ungkapkan bahwa merupakan bagian dari keinginan kakeknya tersebut.

Itulah beberapa fakta menarik PSCS Cilacap. Apabila kamu ingin tahu informasi lainnya, silahkan pantau terus artikel terbaru tentang PSCS cilacap di website ini ya. Jangan sampai ketinggalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.