Wisata Goa Lawa Purbalingga: Lokasi, Tiket, dan Fakta Menarik

oleh -73 views
goa lawa purbalingga

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika ke Purbalingga. Semuanya menarik dan memiliki ceritanya tersendiri. Nah, jika Anda adalah pecinta alam, maka wisata Goa Lawa Purbalingga bisa jadi pilihan yang menarik. Apalagi sampai saat ini destinasi ini masih termasuk yang hits di Purbalingga. Inilah informasi lengkap yang bisa Anda simak mengenai wisata Goa Lawa.

Sekilas Tentang Wisata Goa Lawa dan Sejarahnya

goa lawa purbalingga
(sumber gambar: nativeindonesia.com)

Wisata Goa Lawa Purbalingga juga populer dengan sebutan Golaga oleh masyarakat sekitar dan wisatawan. Berbeda dari kebanyakan goa lain, Golaga terbentuk dari aliran lava yang keluar dari Gunung Slamet saat zaman purba dahulu kala. Inilah yang kemudian membuat goa ini sangat cantik sengan stalaktit dan stalakmitnya.

Panjang keseluruhan dari Golaga adalah sekitar 1,5 kilometer dan memiliki luas sekitar 5 kilometer. Tidak terlalu besar dan juga luas memang. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit jika ingin menjelajahi seluruh bagian Golaga. Nama Lawa sendiri diambil dari bahasa Jawa Lawa yang memiliki arti kelelawar.

Penamaan kelelawar sendiri bukannya tanpa arti. Masyarakat menamai goa ini dengan sebutan demikian karena ada banyak sekali kelelawar yang terbang di area goa. Ada legenda dan sejarah masyarakat yang sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar terkait dengan Golaga. Kisah tersebut berhubungan dengan penggunaan goa ini dalam penyebaran agama Islam khususnya di wilayah Purbalingga.

Saat itu agama Islam sedang berkembang pada jaman Kerajaan Majapahit. Kemudian ada dua orang penyebar agama Islam yang bernama Mohammad dan juga Ahmad yang sedang dikejar-kejar oleh Ki Sutaraga, Senopati Majapahit. Keduanya kemudian bersembunyi di goa tersebut selama berhari-hari dan berhasil kabur dari Ki Sutaraga. Setelah berhari-hari keduanya mencoba keluar goa dan ternyata langsung bertemu dengan Ki Sutaraga tersebut.

Akan tetapi, Ki Sutaraga yang sebelumnya belum pernah bertemu dengan Mohammad dan juga Ahmad, berhasil mengelabuhinya. Ki Sutaraga yang tidak tau wajah dua orang buronan itu percaya kalau Ahmad dan Mohammad sudah tewas karena dimakan oleh harimau di dalam goa Lawa. Padahal, orang yang bertemu dengannya adalah dua orang buron yang sedang ia cari.

Lokasi dan Harga Tiket

Lokasi dari wisata Goa Lawa Purbalingga adalah di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke goa ini Anda harus menempuh jarak kurang lebih 25 kilometer dengan membawa kendaraan ke arah utara dari Purbalingga. Tapi Anda tidak perlu khawatir meski cukup jauh, rute dan medan untuk kesana tergolong baik dan sudah ada banyak jenis kendaraan yang lewat.

Jadi meski Anda tidak membawa kendaraan pribadi pun rasanya tidak akan sulit untuk menemukan Golaga. Lokasi goa ini juga sudah tercantum di Google Maps maupun Waze sehingga bisa Anda akses dengan lebih mudah. Jika Anda ingin ke goa ini, jam buka yang berlaku adalah mulai pukul 08.00 WIB pagi sampai dengan 16.00 WIB sore. Sementara untuk hari bukanya adalah setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu.

Saat pertama kali kesini, dari tempat parkir Anda harus berjalan lebih dulu beberapa ratus meter dari area parkir kendaraan. Untuk menuju area goa Anda akan melewati taman yang asri dengan banyaknya pepohonan besar yang rindang. Ada area bermain anak juga yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang membawa anak-anak.

Sementara untuk harga tiketnya juga masih tergolong terjangkau. Berikut adalah tiket wisata Goa Lawa Purbalingga:

  • Hari Senin sampai dengan Jum’at : Rp 20.000 per orangnya
  • Hari Sabtu, Minggu, atau Hari Libur lainnya : Rp 25.000 per orangnya

Jika ada anak kurang dari 3 tahun, maka gratis dan tidak harus membayar.

Fakta Menarik Wisata Goa Lawa Purbalingga

goa lawa purbalingga
(sumber gambar: nativeindonesia.com)

Sebelum berkunjung ke wisata Goa Lawa Purbalingga, ada beberapa fakta menarik yang bisa Anda simak tentang wisata ini. Diantarnya adalah:

1. Adanya Coffee Shop

Salah satu hal paling menarik yang bisa Anda jumpai di goa ini dan tidak ada di goa lainnya adalah keberadaan coffee shop. Nama coffee shop inii adalah Lawa Coffee Shop dan buka di bagian depan mulut goa. Jadi ketika Anda masuk, Anda bisa langsung melihat penjual kopi dengan beberapa kursi yang bisa Anda duduki.

Di dalam toko kopi ini Anda bisa menikmati berbagai minuman kopi hangat yang enak. Selain itu, ada juga banyak jajanan ringan yang bisa Anda jadikan camilan. Nantinya bersama kopi dan camilan Anda bisa menghabiskan waktu dengan santai sambil menyeruput kopi dan melihat pemandangan goa sekeliling. Sangat seru bukan?

2. Sumber Air dalam Goa

Selain adanya toko kopi, Anda juga bisa melihat sumber air yang ada di dalam goa ini. Sumber air ini adalah Sendang Drajat dan Pancuran Slamet yang tidak pernah surut dan menyimpan banyak sekali manfaat. Tidak heran jika banyak warga yang selalu menyempatkan diri untuk melihat sumber air ini ketika ke Golaga. Di dalam goa Anda pun bisa melihat adanya Balai Pertemuan Agung yang dulunya adalah tempat pertemuan tokoh agama di waktu lalu.

Tokoh agama yang dimaksud adalah Wali Songo yang bertemu di goa ini untuk membahas agenda mereka dalam penyebaran agama Islam. Sampai saat ini banyak masyarakat yang datang ke sini dan menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk meditasi dan juga berdoa. Tujuannya supaya permohonan dan doa mereka bisa terkabul.

Dua hal inilah yang sangat menarik dan patut Anda lihat ketika masuk ke dalam Golaga. Jadi saat menelusuri goa, Anda tidak hanya bisa melihat pemandangan alam berupa batu-batu dan stalaktit atau stalakmit yang menakjubkan saja. Tapi melihat bukti sejarah pertemuan tokoh agama jaman dulu dan sumber air yang tidak pernah ada surutnya.

3. 14 Ruangan yang Berbeda

Selain itu, fakta menarik lain yang bisa Anda jumpai saat ke wisata Goa Lawa Purbalingga adalah adanya 14 ruangan yang berbeda. Beberapa ruangan tersebut adalah Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Batu Semar, Goa Langgar, Goa Ratu Ayu, Goa Museum Batu, Goa Cepet, Goa Rahayu, Goa Danau, Goa Lorong Panembahan, dan juga Goa Naga.

Setiap ruangan goa tersebut memiliki cerita dan juga kisahnya tersendiri. Ketika kesini Anda bisa meminta penjelasan pada pemandu goa mengenai tiap ruangan tersebut. Saat berkeliling, Anda juga bisa melihat suasana ruangan goa yang tidak terlalu gelap karena sudah ada banyak sekali lampu yang warna warni. Warna lampu inilah yang kemudian terlihat sangat konstras dengan pemandangan goa yang apik.

4. Adanya Bumi Perkemahan

Selain memiliki daya tarik berupa coffee shop, hal menarik lain yang juga bisa Anda dapatkan dari Golaga adalah adanya bumi perkemahan. Ini bisa Anda manfaatkan apabila Anda ingin menginap di area goa ini. Karena disekitar area goa memang masih sangat rindang dan banyak pepohonan jadi terasa seperti hutan.

Selain itu, juga sudah ada banyak tenda yang tersedia yang didirikan diantara batang pohon dan juga jembatan gantung. Tidak perlu khawatir kalau tempatnya terbatas karena bumi perkemahan ini tergolong luas. Jadi meskipun Anda membawa rombongan dengan jumlah yang cukup besar, maka tempatnya masih akan tersedia.

5. Fasilitas Cukup Lengkap

Meskipun menawarkan penorama goa yang indah, tapi wisata Goa Lawa Purbalingga sudah memiliki fasilitas lain yang cukup lengkap. Inilah yang membuat para pengunjung bisa berwisata di tempat ini dengan nyaman dan juga aman. Beberapa fasilitas tersebut adalah tempat parkir yang luas, kamar mandi, gazebo-gazebo kecil untuk tempat duduk, musholla, dan warung makanan maupun minuman.

Bahkan di area Golaga juga bisa Anda temui area bermain anak, spot foto yang menarik, hingga tempat untuk pertunjukkan seni. Jadi kalaupun Anda berniat untuk berkemah di area Golaga, fasilitasnya sudah mendukung sehingga tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari kamar mandi terdekat atau musholla.

Itulah informasi lengkap yang bisa Anda simak tentang wisata Goa Lawa Purbalingga. Dengan panoramanya yang luar biasa indah dan fasilitasnya yang lengkap, goa ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat liburan tiba. Jadi pastikan mampir kesini saat ke Purbalingga ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.