Green Canyon Pangandaran: Wisata Alam, Harga Tiket, Fasilitas, Serta Tips Berlibur Asik

oleh -38 views
green canyon Pangandaran
(Sumber gambar : pergiyuk.com)

Melakukan liburan tentu menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan. Apalagi jika Anda berlibur pada sebuah tempat dengan keindahan alam yang eksotis. Salah satu rekomendasi yang tidak boleh terlewatkan adalah green canyon Pangandaran.

Tempat wisata ini merupakan salah satu Kawasan dengan ekosistem karst atau batuan kapur berpori. Lokasi ini juga memiliki keanekaragaman hayati dan kekayaan ekosistem yang belum terungkap seluruhnya.

Beberapa kesan unik yang terdapat pada lokasi wisata ini membuat banyak pihak tertarik untuk berkunjung. Nah, Anda juga tentunya penasaran dengan keindahan yang ada bukan? Oleh karena itu ketahui informasinya secara detail melalui artikel ini.

Wisata Alam Menarik dan Eksotis Green Canyon Pangandaran

Apakah Anda ingin berlibur dengan menikmati suasana alam yang indah nan eksotis? Tentu saja jawabannya green canyon yang ada di Pangandaran. Wisata alam ini tidak pernah sepi pengunjung sebab memiliki banyak daya tarik yang memikat.

Jika Anda belum mengetahui detailnya, Green Canyon yang ada di Pangandaran ini merupakan salah satu objek wisata berbentuk lembah atau ngarai indah. Selain itu, wisata ini juga memiliki aliran sungai cijulang yang cukup panjang.

Anda bahkan bisa melihat pemandangan sangat menawan dengan tebing menjulang bersamaan tumbuhan hijau yang menyelimutinya. Green Canyon juga menjadi wisata yang memiliki hiasan stalaktit stalakmit goa serta air terjun mengagumkan.

Green canyon Pangandaran memiliki sebutan unik di kalangan masyarakat yaitu Cukang Taneuh. Alasan penyebutan tersebut sebab terdapat jembatan alami yang melintang di atas sungai. Arti Cukang Taneuh sendiri merupakan jembatan tanah.

Fungsi dari keberadaan jembatan tersebut ialah untuk dilalui masyarakat melintasi sungai. Sebab keindahan alam yang eksotis serta panoramanya menawan, beberapa pengunjung mempopulerkannya. Salah satunya pengunjung dari Prancis bernama Bill John.

Wisata Alam Ngirai Hijau

green canyon Pangandaran
(Sumber gambar : indonesiantravel.com)

Ngarai Hijau atau biasa Anda sebut sebagai Green Canyon ini merupakan bentuk plesetan dari wisata alam yang ada di Colorado Amerika Serikat. Berbeda dari keindahan alam di Amerika, green canyon Pangandaran terbentuk hasil dari aliran sungai Cijulang. Di mana aliran tersebut memberikan akibat erosi tanah selama bertahun-tahun sehingga mampu menembus goa.

Bentuknya yang unik itulah daya tarik tersendiri pada wisata alam tersebut. Sehingga Anda bisa menikmati berbagai panorama alam mengagumkan. Sungainya sangat teduh sebab terapit dinding bebatuan dengan tinggi berlumut.

Nilai eksotisnya sendiri bisa Anda temukan di bagian stalaktit dengan rembesan air, seakan hujan abadi yang melingkupinya. Berlibur ke green canyon Pangandaran Anda juga bisa menemukan berbagai air terjun kecil di bagian kiri dan kanan goa.

Pastikan Anda melintasi setiap keindahan alam yang ada dengan memburu pengalaman di wisata alam tersebut. Pasalnya tidak hanya bisa menyaksikan berbagai pemandangan menarik. Anda juga dapat menemukan rumah kelelawar di dalam goa.

Perlu Anda tekankan bahwa liburan ke Green Canyon akan menyenangkan jika musim kemarau. Sebab, jika Anda mengunjunginya pada musim hujan, air di lokasi wisata akan keruh dan kurang eksotis.

Pada musim kemarau yang cukup panas, Anda bisa menikmati kesegaran dan kesejukan di green canyon Pangandaran. Pasalnya, Anda akan mendapat fasilitas untuk menyusuri sungai menggunakan perahu. Selain itu, jika Anda bisa berenang, maka melakukan aktivitas air tersebut bisa saja dilakukan.

Apalagi wisata satu ini memiliki daya tarik aktivitas wisata paling populer yaitu body rafting. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, body rafting ini sangat mirip dengan arung jeram tetapi penumpang tidak perlu rakit ataupun dayung.

Dalam satu perahu terdapat tim dengan rombongan sebanyak 5 orang. Wisata ini memiliki beberapa atraksi wisata yang menunjang permainan. Seperti goa Cukang, Taneuh, Batu Tengah, Batu Payung, serta Pemandian Putri.

Harga Tiket dan Fasilitas Wisata Green Canyon Pangandaran

Setelah Anda mengetahui daya tarik dari wisata alam di Pangandaran. Tentu saja kini penasaran berapa harga tiket masuk dan fasilitas yang ditawarkan, bukan? Melihat tingkat pengunjung yang terus bertambah dan sangat banyak, tentu saja penawarannya cukup menarik dan tidak boleh Anda lewatkan.

Green canyon Pangandaran tidak hanya memberikan fasilitas berupa dermaga perahu untuk melihat keindahan alam sekitar. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam pelayanan seperti keberadaan pusat informasi, mushola, hingga ruang tunggu.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan lokasi pemberhentian sebab Green Canyon memiliki lahan parkir yang luas. Anda juga dapat menikmati toilet atau kamar mandi, tempat oleh-oleh, hingga beberapa fasilitas lainnya.

Area sekitar juga mendukung wisata alam satu ini dengan memberikan penawaran penginapan. Sehingga Anda bisa lebih santai dan keluasan untuk menikmati suasana green canyon Pangandaran dengan sangat puas.

Anda juga bisa menikmati beragam wisata kuliner di sekitar Green Canyon. Sehingga tidak hanya merefresh pikiran dengan melihat panorama indah, Anda juga bisa merasakan keunikan dari masakan daerah.

Harga tiket untuk masuk ke lokasi biasanya menjadi satu paket bersamaan dengan aktivitas wisaya yang Anda pilih. Untuk pilihannya seperti biaya susur pantai dengan perahu sekitar Rp. 20.000 per PP.

Kapasitas maksimal perahu enam orang dengan durasi 30 hingga 45 menit. Jika Anda ingin melakukan permainan air body rafting, maka bisa mengambil paket dengan biaya Rp. 225.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk pick up, tiket, peralatan lengkap, asuransi, dua orang pemandu, hingga makan siang.

Jika Anda kalkulasikan, maka biaya tersebut cukup terjangkau, bukan? Sebab, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas hanya dengan satu biaya sekali bayar saja. Pastikan Anda menikmati permainan di green canyon Pangandaran dengan sensasi menyenangkan.

Rute Lokasi Wisata Air Pangandaran

green canyon Pangandaran
(Sumber gambar : fifgroup.com)

Untuk mengunjungi wisata dengan keindahan panorama paling menarik di Pangandaran, maka Anda bisa melihat alamat lengkapnya. Temukan lokasinya di Jalan raya Cijulang, Karang Paci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Jika Anda berada di alun-alun Cijulang, maka jaraknya sekitar 3 kilometer atau sekitar 6 menit apabila menggunakan kendaraan. Untuk pendatang dari arah terminal dan pantai Pangandaran, waktu yang Anda butuhkan sekitar 28 kilometer atau 40 menit.

Akses jalan menuju green canyon Pangandaran sangat mudah, sehingga Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk sampai ke lokasi. Biasanya angkutan umum dengan jurusan terminal Cijulang beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 19.00 WIB. Namun rute sebaliknya dari terminal Cijulang ke terminal Pangandaran, jam operasinya mulai 05.00 hingga 16.00 WIB.

Setelah Anda tiba di terminal Cijulang, Anda bisa melanjutkan dengan naik ojek ke dermaga Ciseureuh. Di mana, tempat tersebut merupakan lokasi awal untuk menyusuri Green Canyon. Objek wisata ini beroperasi mulai pukul 08.00-16.00. Khusus hari jumat, jam operasinya mulai pukul 13.00-16.00 WIB.

Berkunjung ke Green Canyon Pangandaran dengan Menyenangkan? Ikuti Tips Berikut ini!

Berkunjung ke wisata tersebut tidak bisa Anda lakukan dengan asal. Anda membutuhkan beberapa tips agar permainan dan liburan yang Anda lakukan lebih menyenangkan. Beberapa diantaranya bisa Anda simak pada pembahasan berikut ini :

1. Berkunjung ke Green Canyon, sebaiknya Anda lakukan di antara bulan Mei hingga September. Sebab, pada bulan tersebut Anda bisa mendapati lokasi wisata dengan air yang sangat jernih dan arus sungai tidak begitu deras.

2. Jika Anda tidak ingin liburan tanpa kepuasan sebab beramai-ramai, maka hindai hari libur. Pasalnya waktu libur akan membuat antrian sangat panjang dan lama

3. Agar proses transaksi lebih cepat, sebaiknya Anda siapkan uang tunai karena di lokasi tidak menyediakan ATM

4. Untuk menghindari hal tidak diinginkan. Pastikan Anda menyiapkan beberapa kebutuhan pribadi seperti kotak P3K, makanan, tempat minum, dan baju ganti.

5. Terakhir, Anda bisa membawa dry bag untuk menjaga kamera serta dompet agar tidak terkena air.

Itulah beberapa informasi penting yang mungkin Anda butuhkan sebelum mengunjungi green canyon Pangandaran. Pastikan Anda mempersiapkan kebutuhan serta hal-hal pribadi dengan maksimal sehingga jika terjadi hal tidak diinginkan bisa teratasi dengan baik. Selamat berlibur semoga menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.