Harga Tanah Per ubin di Cilacap

by -201 views
harga tanah per ubin di cilacap

Ada banyak hal yang mempengaruhi nilai jual sebuah tanah, termasuk juga harga tanah per ubin di cilacap. Apalagi Cilacap termasuk kota wisata yang menyimpan sejumlah destinasi menarik. Tidak hanya dari segi wisata saja, jenjang karir disini pun juga bagus sekali.

Sehingga kamu tidak perlu heran, jika banyak sekali orang yang berbondong-bondong mencari tahu informasi tentang harga tanah per ubin di cilacap ini.

Berapa Harga Tanah per Ubin di Cilacap?

Adapun berdasarkan sumber yang kami dapatkan dari https://www.olx.co.idm, untuk harga tanah per ubin di cilacap dibanderol mulai harga 7 juta hingga 18,5 juta rupiah. Namun ini semua tergantung lagi pada akses fasilitas sosial dan umum yang ada di sekitar lokasi tanah tersebut.

harga tanah per ubin di cilacap

Sehingga kita sama sekali tidak bisa meletakkan harga yang sama rata untuk semua tanah di Cilacap per ubinnya. Apabila kamu ingin tahu langsung dan lebih jelasnya mengenai harga tanah per ubin di cilacap, kamu

Beli Tanah Lebih Baik daripada Rumah, Benarkah?

Seringkali kedua hal ini menjadi dilema bagi kamu yang baru saja memulai hidup baru ataupun mulai berinvestasi. Nah, jika kamu ragu bisa simak beberapa hal ini ya.

1. Harga tanah lebih murah

Adapun untuk harga tanah di pinggiran kota mungkin sekarang sedang naik-naiknya. Namun ternyata, begitu juga dengan rumah. Akan tetapi jika dibandingkan keduanya tentu saja harga rumah masih bisa kamu jangkau lewat cicilan KPR.

Akan tetapi, jika ingin menakan biaya tentu saja pilihan terbaiknya adalah tanah di area yang mungkin sedikit jauh dari perkotaan. Sebab harganya yang lebih murah. Jadi sisa budegnya pun masih bisa kamu alihkan untuk emmbangun rumah sendiri.

2. Jika beli rumah, desain tidak bisa ditentukan sendiri

Desain bangunan selalu menjadi paertimabngan sebelum kamu emmutuskan untuk beli rumah maupun tanah. Apabila kamu membeli tanah lalu dibangun sendiri, tentu saja kamu bisa atur desain dan tata letak ruangnya sesuka hati.

Namun tidak begitu jika kamu membeli rumah langsung. Tentu saja harus setuju dengan desain yang ada dan dibuat oleh developernya.

Untuk itu, sebelum kamu tergiur akan harga rumah yang terjangkau pastikan dulu melakukan survei seperti perbandingan harga ataupun biaya lainnya.

3. Beli tanah lebih irit budget

Ketika kamu beli tanah dan bangun sendiri, pastnya budget bisa dipangkas sesuai yang kamu inginkan baik itu dari segi pemilihan material, desain rumah, ataupun gaji pekerja bangunannya.

Kamu juga bisa memilih material bangunan yang jauh lebih murah namun berkualitas. Apabila kamu ingin pekerjaannya selesai cepat, tentu saja bisa memilih pekerja borongan.

Untuk harga dengan sistem ini juga jauh lebih murah ketimabg harus membaya pekerja bangunan per harinya.

Cara Tahu Harga Tanah

Apabila kamu hanya duduk di rumah saja tanpa melakukan apa-apa, pastinya informasi akan sulit untuk kamu dapatkan. Untuk itu agar mengetahui harga tanah pada daerah yang sedang kamu tuju bisa ikuti cara berikut ini ya.

1. Survei langsung ke lokasi

Adapun cara paling sederhana yaitu datang langsung ke lokasi tanah yang sedang dijual tersebut. Ketika melakukan survei tanyalah ke warga sekitar tentang harga pasaran tanah di daerah tersebut.

Ada kalanya harga tanah ini juga ditentukan oleh ketersediaan fasilitas umum serta layanan sosial yang terdapat di daerah itu. Misalkan saja untuk Kawasan hunian dengan fasilitas strategis pastinya menawarkan harga lebih mahal.

2. Mendatangi kantor pertanahan terdekat

Kantor Pertanahan atau Badan Pertanahan Nasional adalah Lembaga resmi yang bertugas dalam mengurus pencatatan, pendaftaran, serta pendataan lahan masyarakat. Sehingga ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk kamu.

Harga yang ditetapkan BPN pastinya sudah tepat sebab kantor ini selalu berikan harga yang paling update kepada masyarakat yang membutuhkannya.

3. Konsultasi ke notaris tanah

Notaris tidak hanya sebagai saksi atau perantara saja, melainkan informasi harga tanah bisa kamu dapatkan juga dari notaris. Kamu bisa tanjakan harga jual, fasilitas public, serta luas lahan.

Tips Saat Membeli Tanah Supaya Tidak Tertipu

Setelah kamu tahu harganya, maka pikirkan dulu beberapa hal berikut ini. Ini berfungsi agar meminimalisir kemungkinan terburuk yang terjadi saat kamu membeli tanah. Untuk itu, cermatilah dengan baik poin ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Memprediksi kondisi masa depan

Kamu bisa perkirakan saja seperti apakah kira-kira kehidupan di area tersebut apakah makin ramai atau malah sepi seperti hutan. Jika sudah begini, pastinya tidak bernilai tanah yang akan kamu beli.

Kemudian jika ingin investasi pun kamu juga akan rugi sebab harga jual tanahnya pasti akan rendah.

2. Memprediksi perencanaan waktu bangun rumah

Apabila tujuan kamu membeli tanah adalah untuk membangun tempat tinggal di atasnya. Maka lihat juga bagaimana kondisi lingkungan sekitar apakah memang mendukung kehidupan dan tumbuh kembangnya anak atau tidak.

Jika rasanya kurang cocok tentu kamu bisa putuskan untuk tidak membeli tanah ini daripada menyesal di masa mendatang.

3. Mengenal sejarah tanah yang dijual

Nah, poin ini sangatlah penting untuk kamu ketahui. Hindarilah untuk membeli tanah yang mempunyai sejarah ataupun bekas seperti poin berikut ini merupakan bekas

  • Tanah pemakaman
  • Area peribadatan
  • Area pembuangan limbah dan sampah

Namun kamu direkomendasikan untuk membeli tanah bekas sawah maupun kebun. Kamu juga bisa digali informasinya jika tanah tersebut bentuknya sudah berubah atau diratakan.

4. Mencari tanah yang datar dengan posisi lebih tinggi

Untuk hal ini pastinya menguntungkan sekali, apalagi saat kamu membuat saluran air akan semakin lancar. Kemudian ini juga akan mencegah potensi terjadinya banjir lebih dulu di rumah kamu.

Begitupun sebaliknya, jika posisi tanah kamu cukup rendah dan ada cekungan ataupun kemiringannya terlalu tajam, tentu ini akan memperbesar resiko masuknya banjir.

5. Hitunglah potensi kerawanan tanah

Kamu bisa survey terlebih dahulu sebelum membeli tanahnya. Lalu hindarilah tanah yang lokasinya dekat dengan jalur jalan tol, lintasan kereta api, jalur sutet jalur pipa gas, terminal kapal terbang, angkot, mobil, pinggiran sungai, dan tempat-tempat yang rasanya akan digusur oleh pemerintah.

Itulah informasi mengenai harga tanah per ubin di cilacap. Kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas sebelum memutuskan untuk membeli tanahnya ya. Supaya kamu bisa dapatkan tanah yang berkualitas dan juga berada di kawasan yang mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.