Rekomendasi Terbaik Hotel di Cilacap Dekat Pantai Teluk Penyu

oleh -467 views
hotel di cilacap dekat pantai

Menikmati keindahan suatu wisata memang terkadang tidak cukup hanya satu hari saja. Seringkali timbul kebutuhan untuk menghabiskan waktu lebih lama dan memilih untuk menginap. Hal ini termasuk ketika Anda berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Ada banyak hotel di Cilacap dekat pantai yang bisa menjadi pilihan. Apa saja? Inilah daftar selengkapnya!

Berkenalan dengan Destinasi Pantai Teluk Penyu

hotel di cilacap dekat pantai
(sumber gambar: kompasiana.com)

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah dan seru untuk Anda kunjungi. Tidak hanya wisata kekinian, namun pesona wisata alam juga bisa Anda jumpai di daerah ini. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Teluk Penyu.

Meski bernama “Penyu”, sayangnya Anda sudah tidak bisa menjumpai hewan-hewan mungil ini. Dulunya memang pantai ini merupakan salah satu ekosistem penyu yang asri. Hanya saja, seiring berjalannya waktu semakin banyak tangan jail yang merusak ekosistem pantai, hingga membuat penyu di pantai ini menjadi tidak ada lagi.

Lokasi pantainya terletak di kawasan Pantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jika Anda dari pusat kota, maka Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer (kurang lebih 15 menit) saja untuk bisa sampai ke pantai ini. Tergolong cukup dekat dengan pusat kota bukan?

Hal ini juga yang membuat akses ke pantai ini terbilang sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dengan mudah. Akses jalannya juga sudah bagus, sehingga Anda tidak perlu kesulitan jika ingin ke pantai ini. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan petunjuk peta digitall seperti Google Maps atau Waze, agar bisa sampai ke lokasi pantai.

Sementara itu, apabila Anda menggunakan kendaraan umum seperti bis atau angkutan lain, silahkan berhenti di terminal bus kota terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan menaiki angkutan umum yang berarah ke Pantai Selatan. Anda bisa meminta bantuan kepada warga sekitar untuk menunjukkan rute ke sana.

5 Hotel di Cilacap Dekat Pantai Teluk Penyu

Jika Anda mencari tempat menginap, berikut beberapa rekomendasi hotel di Cilacap dekat Pantai Teluk Penyu:

1. Hotel Sindoro Cilacap

Jika Anda mencari hotel di Cilacap dekat pantai yang murah, maka Sindoro bisa menjadi pilihannya. Merupakan hotel bintang 1, Anda bisa bermalam dengan tarif yang cukup terjangkau permalamnya. Untuk fasilitas, terdapat Wi-Fi gratis, parkir, dan sarapan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.1, Sidakaya Dua, Sidakaya, Kec. Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53212

Harga: Mulai dari Rp. 270.000 per malam

2. Whiz Hotel Sudirman Cilacap

Naik dari hotel sebelumnya, apabila Anda mencari rekomendasi hotel bintang 2 maka bisa memilih hotel ini. Dari segi fasilitas juga tergolong cukup lengkap, seperti kamar yang ber-AC, parkir, hingga Wi-Fi gratis, dan sarapan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.20, Sidakaya Dua, Sidakaya, Kec. Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211

Harga: Mulai dari Rp. 300.000 per malam

3. Fave Hotel

Hotel di Cilacap dekat pantai Teluk Penyu yang satu ini memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan banyak pusat keramaian. Sebut saja restoran dan juga deretan pertokoan. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan merupakan hotel bintang 3.

Lokasi: Jl. Budi Utomo No.38, Sidakaya Dua, Sidakaya, Kec. Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53212

Harga: Mulai dari Rp. 320.000 per malam

4. Hotel Dafam Cilacap

Masih merupakan hotel bintang 3, Anda bisa menjangkau banyak tempat yang strategis ketika menginap di hotel ini. Sebab, memang lokasinya yang dekat dengan banyak objek seperti stasiun kereta dan hanya berjarak 12 menit dari Pantai Teluk Penyu. Fasilitasnya juga termasuk lengkap, meliputi kolam renang luas dan adanya bak air panas.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.5-15, Kec. Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211

Harga: Mulai dari Rp. 350.000 per malamnya

5. Hotel Atrium Premiere Cilacap

Apabila Anda memiliki budget lebih, maka bisa memilih hotel di Cilacap dekat pantai yang berbintang 4. Terletak dengan pusat kota dan juga dekat dengan pantai, membuatnya sangat strategis sebagai tempat berlibur yang menyenangkan. Terdapat kolam renang yang juga bisa manfaatkan untuk olahraga sekaligus bersantai.

Lokasi: Jl S. Parman, Sidanegara, Cilacap Tengah, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53223

Harga: Mulai dari Rp. 450.000 per malamnya

Baca Juga: Daftar Hotel Kebon Manis Cilacap, Murah dan Berkelas

Keindahan Pantai Teluk Penyu

hotel di cilacap dekat pantai
(sumber gambar: catatanku.blogspot.com)

Banyaknya berdiri hotel di Cilacap dekat Pantai Teluk Penyu memang bukan tanpa alasan. Keindahan pantai inilah yang membuat siapa saja selalu betah untuk menghabiskan waktu lama di sini. Seringkali sehari atau dua hari saja tidaklah cukup untuk berlibur ke pantai ini.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah ombak lautnya yang terbilang cukup besar dan begitu jernih. Selain itu, Anda juga bisa melihat deretan perbukitan dengan pohon-pohon rimbun sebagai latar belakang pemandangan pantai. Pasirnya sendiri berwarna hitam, sehingga membuat pantai ini terlihat sangat eksotis.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Sudah bukan rahasia lagi jika pemandangan di pantai ini sangat indah. Kombinasi laut yang jernih, pasir hitam, dan pepohonan yang rimbun membuat suasana menjadi asri dan damai. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan unik yang tidak Anda jumpai di pantai lainnya.

Di Pantai Teluk Penyu, Anda bisa melihat kapal tanker yang ada di tengah lautan. Kapal tanker ini merupakan kapal kilang minyak milik PT. Pertamina. Setiap harinya kapal ini berlalu lalang diantara banyak kapal nelayan lain di laut lepas. Anda juga bisa berkunjung ke kilang minyak tersebut sekaligus berkunjung ke Pulau Nusakambangan.

Apabila berkunjung di tanggal 1 Syura/Suro/Syuro, Anda juga bisa melihat keunikan ritual sedekah laut di pantai ini. Adanya sedekah ini menjadi wujud dari rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rezeki dan perlindungan saat melaut.

2. Berlayar dan Memancing dengan Perahu

Selain hanya melihat pemandangan, Anda bisa berlayar sekaligus memancing di pantai ini. Untuk menyewa perahu, Anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp. 70.000 sampai Rp. 100.000. Ketika diatas perahu, Anda bisa menikmati keindahan biota laut yang terkadang terllihat dari atas perahu. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan bermain air di pinggir pantai.

3. Menikmati Fasilitas yang Lengkap

Ketika berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, Anda juga tidak perlu khawatir kesulitan akses apapun. Pasalnya, di wisata ini sudah memiliki fasilitas pelayanan yang cukup lengkap. Mulai dari mushola, parkir kendaraan yang luas, penginapan, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Di sekitar pantai, Anda juga bisa duduk dan hanya menikmati waktu luang saja di gazebo-gazebo yang tersedia. Selain itu, pantai ini juga terbilang ramah pengunjung dan memiliki banyak sekali spot foto menarik. Seperti contohnya di depan tulisan “Pantai Teluk Penyu” atau bisa juga di jembatan panjang yang menjorok ke laut.

Jika Anda kebetulan tidak membawa perbekalan, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab selain ada banyak pertokoan yang berjejer, ada juga banyak penjual kuliner yang bisa Anda jumpai di kawasan pantai. Mulai dari hidangan laut yang lezat dan fresh, hingga hidangan lain yang sesuai dengan selera.

Untuk mencari buah tangan, Anda hanya perlu berkeliling kawasan pantai saja. Nantinya, Anda bisa menjumpai banyak penjual souvenir khas daerah perairan yang menjual pernak-pernik laut ataupun model lain. Seperti kaos, baju, dan lain sebagainya.

Nah, itulah rekomendasi hotel di Cilacap dekat Pantai Teluk Penyu yang bisa Anda pilih. Dengan daya tarik yang luar biasa, tidak heran jika pantai ini memang selalu ramai dipadati pengunjung, terutama ketika musim liburan tiba. Namun jangan lupa jika sampai kini, kita masih berada di masa pandemi.

Karena itulah Anda harus tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin. Jaga jarak dengan pengunjung lain, cuci tangan dengan air mengalir, sabun, atau hand sanitizer, dan yang terpenting selalu gunakan masker dimanapun Anda berada. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi berlibur Anda yang menyenangkan sekaligus aman ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.