Info Pangandaran Jawa Barat Hari Ini, Simak Dulu Sebelum Liburan!

by -20 views
info pangandaran Jawa Barat

Pangandaran adalah salah satu destinasi yang sangat seru untuk Anda kunjungi saat ke Jawa Barat. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk berlibur. Tidak hanya pantai, tapi juga berbagai bentuk wisata buatan lainnya. Nah, jika Anda berencana untuk ke Pangandaran, simak dulu beberapa info Pangandaran Jawa Barat hari ini. Dengan begitu, liburan bisa makin lancar dan menyenangkan. 

Info Pangandaran Jawa Barat: Benarkah Kawasan Pantai Pangandaran Tidak Aman?

info pangandaran Jawa Barat
sumber gambar: tripadvisor.com

Info Pangandaran Jawa Barat yang pertama adalah terkait gelombang tinggi di kawasan pantai. Pada awal bulan September lalu memang sempat muncul berita tentang kawasan pantai yang ada di Pangandaran. Berita tersebut mengatakan bahwa gelombang di Pantai Pangandaran sangat tinggi dan tidak aman untuk berenang. 

Untuk merespon berita ini, maka memang benar bahwa awal September sempat terjadi gelombang tinggi dan air pasang sehingga kawasan pantai memang kurang tepat untuk berenang. Kenaikan air pantai ini merupakan akibat dari musim pancaroba yang memang sedang melanda Indonesia. Kemudian larangan bagi wisatawan berenang juga muncul bukan tanpa alasan. 

Sebaiknya wisatawan memang tidak berenang dahulu di kawasan ini karena alasan keselamatan diri. Hanya saja, kini berita tentang gelombang tinggi tersebut sudah reda dan wisatawan bisa kembali berkunjung dan berenang di pantai ini. Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Kasat Polairud Polres Pangandaran AKP Sugianto. Beliau mengatakan bahwa kondisi ombak di Pangandaran sudah landai dan tenang, sehingga wisatawan bisa kembali melakukan aktivitas berenang dan bermain air. 

Meski begitu, memang tetap ada kegiatan patroli di sepanjang Pantai Pangandaran khususnya di bagian terlarang. Hal ini bertujuan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan dan seluruh wisatawan bisa berenang maupun bermain air dengan aman dan nyaman di pantai ini. Selain itu, pihaknya juga senantiasa menghimbau kepada para wisatawan untuk selalu mendengarkan instruksi dari penjaga pantai. 

Biasanya setiap satu jam sekali akan ada instruksi yang penjaga pantai sampaikan melalui pengeras suara dari pos Balawista. Nah, dari instruksi inilah wisatawan bisa bersiap-siap dan berhati-hati apabila memang kondisi gelombang mulai tinggi lagi. Namun saat ini memang kondisi gelombang pantai sudah landai dan kembali normal. Jadi jika Anda ingin berlibur ke wisata pantai, bisa melakukannya dengan tenang. 

Pantai di Pangandaran yang Cocok untuk Melihat Sunset 

Selain info Pangandaran Jawa Barat tentang ombak air laut, ada juga info tentang spot pantai yang bisa Anda kunjungi. Jadi di kawasan Pangandaran ada 3 (tiga) pantai yang bisa Anda pilih untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Ketiga pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat bagus sehingga selalu menjadi spot favorit bagi banyak wisatawan. 

Nah, jika Anda adalah salah satu penggemar sunset maka sempatkan berkunjung ke beberapa pantai berikut ini: 

1. Pantai Barat Pangandaran 

Pertama ada Pantai Barat Pangandaran yang lokasinya di antara pos 1 dan pos 3 serta Taman Pangandaran Sunset. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini karena suasana sorenya yang sangat indah. Disini Anda bisa melihat kecantikan langit senja yang sangat leluasa. Selain matahari terbenam, Anda pun bisa melihat para surfer atau peselancar yang seringkali menantang ombak di pantai ini. 

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah menaiki wahana naik kuda yang ada di sepanjang pantai. Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah bisa berkeliling dengan naik kuda. Tempatnya juga sangat indah sehingga cocok untuk berfoto-foto bersama keluarga, teman, atau pasangan. Untuk masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orangnya. 

2. Pantai Madasari 

Selanjutnya Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Madasari untuk menikmati sunset. Lokasi pantai ini adalah di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Tengah. Selain cocok untuk melihat matahari terbenam, pantai ini juga sering jadi pilihan tempat untuk berkemah atau camping. 

Pantai ini juga sering jadi pilihan para wisatawan yang ingin bersantai dengan duduk di atas hammock. Karena cukup banyak pepohonan di sekitar pantai yang bisa Anda jadikan sandaran untuk memasak hammock. Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket untuk sepeda motor Rp 7.000, mobil Rp 25.000, bus kecil Rp 110.000, dan bus besar Rp 160.000. 

3. Pantai Karapyak 

Terakhir, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Karapyak untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Lokasi pantai ini adalah di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menikmati sunset di pantai ini Anda bisa datang mulai pukul 16.00 WIB sore. 

Duduk diatas pantai pasir putih sambil menikmati keindahan matahari terbenam dan minum air kelapa muda tentu jadi pengalaman yang indah. Apalagi Anda juga bisa membeli makanan atau minuman yang dijual oleh warung-warung di sekitar pantai. Tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 10.000 per orangnya. 

Spot Favorit Wisatawan Asing: Pantai Batukaras 

info pangandaran Jawa Barat
sumber gambar: pangandarankab.go.id

Tidak hanya ramai oleh wisatawan domestik, Pangandaran juga sering dikunjungi oleh wisatawan asing. Info Pangandaran Jawa Barat kali ini adalah tentang Pantai Batukaras. Pantai ini terkenal sebagai primadona untuk para turis asing karena keindahannya dan juga ombaknya yang sangat cocok untuk kegiatan surfing atau berselancar. 

Lokasi Pantai Batukaras adalah di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dari segi lokasi pantai ini juga terhitung jauh dari hiruk pikuk keramaian sehingga cocok untuk tempat melepas penat dan juga lelah. Selain ketenangan dan ombak, pantai ini juga menawarkan eksotisme pasir hitamnya yang sangat indah dan unik. 

Pengelola pantai ini juga mengungkapkan kalau dulunya pantai ini kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan asing dari Australia. Pantai ini mulai populer tahun 1980-an dan dari situlah sampai saat ini sering jadi primadona untuk turis asing. Apalagi berjarak 1 km dari pantai ini terdapat Konservasi Hutan Mangrove yang juga bisa Anda kunjungi tepatnya di blok Sanghyangkalang. Dengan berbagai potensi inilah diharapkan pantai ini bisa lebih berkembang lagi di masa depan. 

Peralihan Pengelolaan Pantai Pangandaran 

Salah satu info Pangandaran Jawa Barat yang sedang ramai saat ini adalah tentang peralihan pengelolaan pantai di Pangandaran. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Beliau mengungkapkan bahwa pengelolaan wisata pantai di Pangandaran akan beralih ke Pemkab atau Pemerintah Kabupaten. Tujuannya adalah agar destinasi dan juga infrastrukturnya bisa berkembang dengan lebih baik. 

Akan tetapi peralihan pengelolaan ini juga tidak berjalan secara langsung atau otomatis. Proses peralihan ini akan berjalan secara bertahap dan akan mulai dari Pantai Madasari terlebih dahulu. Dulunya pengelolaan pantai ini bukan berada di tangan Pemkab. Akan tetapi, mulai kini Pantai Madasari akan Pemkab ambil alih secara langsung. Pemkab Pangandaran juga mengungkapkan jika pembenahan infrastruktur adalah perhatian utama yang akan dilakukan agar daya tarik wisata bisa meningkat. 

Pantai Madasari memang dari segi potensi sudah tergolong besar. Selama ini jumlah pengunjungnya juga sudah bagus. Hanya saja, memang untuk infrastruktur seperti jalan masih belum bisa maksimal. Inilah yang kemudian menjadi pemicu kenapa Pantai Madasari belum bisa ramai oleh wisatawan seperti pantai lainnya. 

Sementara itu, untuk pantai mana saja yang akan diambil alih oleh Pemkab juga belum sepenuhnya rampung. Baru Pantai Madasari saja yang sudah pasti akan terjadi peralihan. Sementara selebihnya masih berada dalam proses peninjauan. 

Nah itulah berbagai info Pangandaran Jawa Barat yang bisa Anda simak. Pada dasarnya, Pangandaran adalah salah satu destinasi yang sangat bagus di Jawa Barat dengan banyak potensi wisata. Jika Anda berencana untuk berlibur ke daerah ini, maka simak dulu informasi terkini agar liburan berjalan lebih lancar dan menyenangkan. Happy Holiday! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.