Selain Jadwal Bidan Tantri Cilacap, Perhatikan Hal-Hal Penting Lainnya Sebelum Cek Kehamilan Di sini!

by -49 views
jadwal Bidan Tantri Cilacap
(sumber gambar : radarriaunet.com)

Para ibu yang memiliki balita ataupun yang sedang menunggu proses kelahiran anak ada baiknya mengetahui Jadwal Bidan Tantri Cilacap. Ini karena kapanpun ada keperluan urgent yang datang sewaktu-waktu bisa langsung datang tanpa perlu kecewa saat tutup.

Untuk mengantisipasi jadwal praktek tutup padahal sedang perlu sekali, Anda bisa mencari alternatif seperti klinik 24 jam ataupun rumah sakit. Semua itu sebagai langkah cepat saat kondisi kesehatan ibu dan anak sedang darurat.

Sebenarnya, banyak fasilitas kesehatan yang buka 24 jam. Akan tetapi, tidak semua praktik pribadi seperti jadwal Bidan Tantri Cilacap itu tersedia 24 jam. Biasanya, mereka yang berpraktik mandiri terbantu dengan hadirnya asisten – asisten saat memberikan pelayanan.

Mengapa Memilih Bidan?

jadwal Bidan Tantri Cilacap
(sumber gambar : impiannews.com)

Sebelum membahas jadwal Bidan Tantri Cilacap, kita cari tahu mengapa lebih baik memilih bidan untuk mendampingi calon ibu melalui proses kehamilan dan persalinannya. Ada banyak hal yang bisa jadi pertimbangan memilih berkonsultasi pada bidan diantaranya :

1. Bisa Berkonsultasi Lebih Lama

Jika Anda berkunjung ke dokter kandungan, tentu waktu yang ada untuk konsultasi pasca pemeriksaan sangat terbatas. Sering kali, masih ada banyak pertanyaan yang masih ada di kepala Anda dan perlu untuk segera mengetahui jawabannya.

Alhasil, Anda keluar ruang praktik dokter masih bingung dan belum merasa puas atas jawaban yang diberikan sebelumnya. Namun, Anda tak bisa berbuat banyak karena memang peraturan di dokter kandungan biasanya seperti itu.

Hal ini tak mungkin terjadi jika Anda datang ke bidan. Apalagi, jika Anda sudah mengetahui jadwal Bidan Tantri Cilacap maka akan lebih leluasa lagi. Anda bisa berkonsultasi mengenai kesehatan ibu dan bayi serta cara menghadapi persalinan nantinya.

Anda juga bisa bertanya seperti apa yang harus dilakukan agar tidak terlalu takut menghadapi persalinan terutama bagi yang baru pertama kali. Bagaimana cara mengelola stress, saran olahraga dan makanan apa yang baik untuk kesehatan, bagaimana posisi tidur yang tepat, dsb. 

Semua itu bisa Anda tanyakan sepuasnya karena jadwal Bidan Tantri Cilacap relatif fleksibel. Mereka akan menjawab pertanyaan – pertanyaan Anda dengan ramah dan detail apalagi jika kondisinya sedang tidak terlalu banyak pasien. 

Biasanya, calon ibu juga bisa bertanya melalui chat ke nomor pribadi sang bidan jika semua pertanyaan belum terjawab ataupun jawabannya masih kurang dipahami. Sang bidan dengan senang hati melakukannya. 

2. Anda Dalam Kondisi yang Sehat

Jika Anda masih merasa tak ada keluhkan selama menjalani kehamilan maka cukup berkonsultasi pada bidan saja secara rutin.

Rata-rata dari mereka biasanya menangani kasus kesehatan pada ibu hamil yang tidak terlalu parah atau bahkan hanya untuk mengecek kandungan saja. Nantinya, calon ibu cukup meminum vitamin yang bisa menguatkan kandungan.

Jika Anda merasa baik-baik saja, bukan berarti tidak perlu melakukan pengecekan kandungan. Hal ini perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya. 

Anda bisa datang ke bidan untuk mendapatkan edukasi dan bimbingan selama menjalani proses kehamilan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu jadwal Bidan Tantri Cilacap agar tidak perlu bolak-balik datang ke tempatnya karena tutup.

3. Membantu Proses Kelahiran Normal

Kebanyakan dari bidan akan mengusahakan proses kelahiran normal bagi Anda tanpa melalui obat-obatan yang tidak perlu. Jika Anda rutin berkunjung maka bidan akan lebih tahu kondisinya karena terpantau dari waktu ke waktu.

Selain itu, saat melakukan persalinan di bidan, Anda akan lebih merasa nyaman karena ia akan banyak waktu untuk menemani. Anda atau pasangan bisa lebih mudah mencari keberadaan bidan karena mereka kebanyakan berada di tempat praktiknya saja.

Hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang karena tak perlu sibuk mencari-cari keluar ruangan. Hal ini pastinya akan berbeda jika Anda memilih untuk melahirkan di rumah sakit.

4. Lebih Nyaman Dengan Pelayanan Bidan

Sering kali, bidan justru menjadi teman yang bisa Anda ajak diskusi. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa lebih nyaman untuk mengungkapkan keluhan yang ada. Bidan akan sigap membantu kapan saja. 

Penanganan bidan berdasarkan jadwal Bidan Tantri Cilacap itu biasanya bisa berubah. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui telepon maupun pesan singkat.

Jadi, soal jadwal Bidan Tantri Cilacap tidak terlalu menghambat Anda. Penanganan atas keluhan Anda juga bisa dilakukan sesegera mungkin.

5. Harga yang Terjangkau

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau biaya berobat ke bidan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit atau dokter spesialis. Bidan menjangkau seluruh kalangan hingga masyarakat menengah ke bawah. 

Hal ini jauh berbeda dibandingkan dengan biaya di rumah sakit. Biaya penanganan dan konsultasi akan berbeda, belum lagi ada biaya untuk obat dan lain sebagainya. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Periksa Kehamilan Di Bidan

jadwal Bidan Tantri Cilacap
(sumber gambar : vmedis.com)

Selain mengetahui kapan jadwal Bidan Tantri Cilacap dan keunggulan periksa kehamilan di sana, ada baiknya Anda juga perhatikan hal-hal berikut ini agar konsultasi lebih maksimal.

1. Ketahui HPHT

HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir perlu Anda ingat untuk membantu bidan memperkirakan usia kehamilan. Jika sama sekali tidak ingat, Anda bisa memperkirakannya saja. Anda juga bisa memberitahu bidan kapan tanda-tanda kehamilan mulai muncul.

2. Siapkan USG

Tidak semua bidan yang berpraktik menyediakan fasilitas USG. Untuk itu, Anda perlu pastikan jadwal Bidan Tantri Cilacap yang menyediakan fasilitas ini.

Perlu Anda tahu bahwa ada dua jenis USG yang biasanya tersedia. Jika usia janin sudah cukup lama, Anda cukup melakukan USG transabdominal. Sedangkan, untuk bakal janin yang masih sangat muda perlu dilakukan USG transvaginal agar bisa terlihat jelas.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Jika Anda pergi ke bidan, gunakan pakaian yang nyaman dipakai. Biasanya, pemeriksaan dilakukan dengan mengecek bagian perut. Anda cukup gunakan baju yang praktis seperti dress berkancing.

4. Siapkan Tes Darah

Untuk mengecek usia kehamilan, tes darah bisa juga dilakukan. Tes ini bertujuan untuk mengetahui jumlah hormon hCG atau  Human Chorionic Gonadotropin dalam darah. Semakin banyak jumlah hCG maka usia kehamilannya pasti semakin tua. 

Dari hasil tes darah juga didapatkan informasi kesehatan lainnya seperti pengecekan gula darah, jumlah sel darah, serta mendeteksi virus.

5. Siapkan Buku Riwayat Kesehatan Anda dan Pasangan

Selain mengetahui jadwal Bidan Tantri Cilacap, jangan lupa juga untuk membawa buku ataupun dokumen yang berisi riwayat penyakit atau alergi Anda dan pasangan. 

Ini berguna dalam melakukan analisis apakah riwayat penyakit tersebut berpotensi mempengaruhi perkembangan janin atau tidak. 

6. Siapkan Pertanyaan

Silahkan melakukan konsultasi pada saat jadwal Bidan Tantri Cilacap berlangsung. Tanyakan semua hal yang belum kamu pahami apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Buatlah daftar pertanyaan dan catat agar tidak lupa nantinya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pengecekan kesehatan janin di Bidan. Jangan lupa semuanya wajib Anda persiapkan setelah mengetahui jadwal Bidan Tantri Cilacap secara lengkap sehingga bisa mengatur waktu untuk pengontrolan. Selamat mencoba dan semoga janin Anda sehat hingga lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.