Mengenal 5 Nilai Unik dari Jembatan Apung di Cilacap

oleh -39 views
jembatan apung di Cilacap
(Sumber gambar : Liputan6.com)

Apakah Anda pernah mendengar adanya jembatan apung di Cilacap? Pasalnya pernyataan tersebut membuat ramai banyak situs pada masanya. Di mana pembangunan jembatan ini telah dimulai perkiraan sejak tahun 2017 lalu.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan inovasi dalam rangka pembangunan jembatan apung di Cilacap. Hal tersebut tentunya berdasarkan beberapa analisa yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebagai sebagai salah satu warga negara Indonesia yang baik. Maka, sudah seharusnya Anda mengenal sebuah proyek yang dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan negara kesatuan republic Indonesia. Dalam hal ini adalah pembangunan jembatan di daerah Cilacap.

Apa itu Jembatan Apung?

jembatan apung di Cilacap
(Sumber gambar : asset.kompas.com)

Meskipun kalimat pembangunan jembatan apung di Cilacap sudah memberikan gambaran sangat jelas. Namun bagi beberapa orang mungkin membutuhkan penjelasan khusu terkait realisasi dari jembatan tersebut.

Secara konsep sederhana, Anda bisa mendefinisikan bahwa jembatan apung merupakan jembatan yang memanfaatkan daya apung pada sebuah benda. Tentunya dengan daya lebih ringan jika dibandingkan air di pada volume yang sama.

Analisis pembentukan ini dilakukan sebagai bentuk pengganti pondasi dari tanah. Nah, dasar dari pembangunan jembatan apung di Cilacap yang dikerjakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, sebab hanya kementerian yang memiliki teknologi tersebut.

Di Cilacap sendiri, pemerintahan mencoba memberikan inovasi pembangunan dengan mode jembatan apung tipe pelengkung rangka baja. Tujuannya untuk pejalan kaki agar lebih mudah melintasi lautan menggunakan ponton apung sebagai fondasi kaki jembatan pelengkung.

Sehingga, Anda akan mendapati bentang yang cukup besar dan tinggi bebas. Dan pada bawah jembatan yang lebih tinggi untuk keperluan lalu lintas perairan. Indonesia sendiri baru menerapkannya untuk pertama kali.

Jembatan apung di Cilacap yang pemerintah bangun memiliki lebar lantai sekiatr 1,8 meter. Anda juga dapat melihat perjalanan cukup jauh yang bisa ditempuh yaitu sekitar 70 meter. Di mana terdapat 3 bentang serta 2 pontoon sebagai penyangga pada masing-masing kaki jembatan pelengkung.

Nilai Unik Jembatan Apung di Cilacap

Menjadi salah satu pusat pembangunan jembatan yang sedang menjadi salah satu program pemerintahan. Jembatan apung yang ada di Cilacap kini menjadi banyak sorotan. Meskipun begitu, terdapat beberapa nilai unik dan menarik yang bisa Anda ketahui.

Beberapa diantara keunikan pada jembatan apung di Cilacap bisa Anda simak dalam pembahasan berikut ini :

1. Merupakan Jembatan Apung Pertama di Indonesia

Fakta menarik satu ini tentu sudah tidak lagi mengejutkan mayoritas masyarakat Indonesia. Sebab, pernyataan resmi dari pemerintah telah berhasil membuat banyak pihak merasa cukup dengan alasan tersebut.

Apalagi pembangunan dilakukan berdasarkan beberapa pernyataan dan usulan. Tentunya terkait dengan permasalahan daerah yang cukup rumit dan membutuhkan penanganan yang cepat.

Meskipun menjadi jembatan apung pertama yang berhasil dibuat di Indonesia. Pemerintah tidak lantas memberikan kualitas recehan terhadap bantuan yang masyarakat terima. Pasalnya, keseluruhan proyek pemerintah bertanggung jawab atas ketidaknyamanan masyarakat sekitar.

Karena jembatan ini bisa Anda tarik dan bopong dengan mudah apabila bersamaan cukup banyak pihak. Maka, keunggulan yang jarang diketahui orang adalah jembatan apung di Cilacap ini bisa dibongkar dan dipasang secara nomaden atau berpindah.

Sehingga apabila terjadi sesuatu hal yang buruk dan kurangnya efektivitas terhadap nilai fungsi dari jembatan tersebut. Anda bisa memberikan usulan kepada pemerintah daerah untuk memindahkannya pada titik lokasi yang lebih strategis.

Tentunya dengan menimbang banyak hal. Sehingga hasilnya pun akan memberikan dampak atau feedback baik kepada masyarakat.

2. Bentuk Icon Kampung Laut Cilacap

Ketika Anda ingin mengunjungi kampung laut Cilacap, maka Anda tidak bisa sampai hanya dengan mengandalkan transportasi darat saja. Pasalnya, Anda harus melewati jembatan apung di Cilacap terlebih dahulu untuk sampai di kampung laut.

Tidak hanya bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu media transportasi menarik. Anda juga dapat menekankan bahwa jembatan yang ada di kampung laut tersebut juga digunakan sebagai salah satu icon menarik.

Pasalnya pembangunan jembatan bertepatan di area kampung laut yang memudahkan setiap wisatawan untuk berkunjung. Sehingga tidak hanya memberikan nilai unggul pada pembangunannya yang memiliki banyak manfaat. Tetapi juga memudahkan setiap calon wisatawan untuk menikmati keindahan kampung laut Cilacap dengan berjalan di atas jembatan tersebut.

Anda bisa melihat pemandangan pantai secara luas dengan jembatan yang estetik. Untuk mendapatkan foto menarik dan mengesankan, tentu bukan hal rumit lagi. Pastikan Anda bisa menikmati kedua wisata tersebut dengan baik.

3. Pembentukannya Membutuhkan Dana Sangat Besar

jembatan apung di Cilacap
(Sumber gambar : Setkab.go.id)

Dalam pembangunan jembatan apung di Cilacap, pemerintah membutuhkan modal besar. Apalagi teknologi tersebut merupakan rancangan pertama yang baru akan terlaksana di Indonesia, khususnya daerah Cilacap.

Mengingat proyek ini cukup besar dengan total panjang jembatan lebih dari 70 meter. Maka, bukan tidak mungkin jika dana yang pemerintah habiskan sangat melebar. Belum lagi jika terjadi kendala teknis selama pemasangan berlangsung.

Contohnya seperti banjir mendadak ketika musim hujan dan pada waktu tersebut pekerja proyek sedang berusaha memasangnya. Maka, selain pengeluaran utama pada proyek pembangunan jembatan tersebut. Pemerintah juga membutuhkan perluasan anggaran untuk menjadikannya sebagai dana darurat yang mungkin akan butuh pada saat pelaksanaan.

4. Media Penghubung Antar Daerah

Nilai unik berikutnya dari jembatan apung di Cilacap adalah menjadi media untuk saling menghubungkan antar daerah. Dalam hal ini pembentukannya memberikan banyak manfaat, utamanya untuk penduduk di Kawasan Cilacap.

Pasalnya hingga beberapa tahun lalu penduduk kesulitan untuk mendapatkan akses ke daerah tetangga. Sebab terhalang oleh lautan luas, sehingga membutuhkan alat bantu seperti sampan. DI mana penggunaannya pun sangat mengkhawatirkan sebab tidak ada jaminan atas keselamatan.

Sampan yang penduduk gunakan untuk mendatangi daerah sebelah hanya terbuat dari bambu yang ditata sedemikian rupa. Dan hanya bisa menampung beberapa penduduk saja dalam sekali dayung.

Akses yang terbatas ini membuat pemerintah miris dan melakukan inovasi dengan melakukan pembentukan jembatan apung di Cilacap. Selain memberikan kemudahan kepada warga untuk mengunjungi daerah lain dengan berbagai macam tujuan.

Hal tersebut juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik. Sebab, bisa melintasi lautan dengan lebih mudah dan cepat. Oleh karena itu, proyek pembangunan jembatan tersebut begitu tergencarkan agar cepat selesai dan manfaatnya dapat segera masyarakat nikmati.

5. Salah Satu Destinasi Wisata Menarik Saat ke Kampung Laut

Keberadaan jembatan yang menarik di tengah lautan Cilacap ini tidak hanya bermanfaat sebagai media penghubung saja. Namun, banyak sekali masyarakat manfaatkan sebagai media pengenalan wisata terbaru kepada pengunjung di daerah Cilacap.

Sehingga hal ini menjadi salah satu daya tarik sendiri yang sangat menguntungkan. Sebab, mampu menyelamatkan banyak faktor mulai dari aktivitas harian, kehidupan sosial, hingga masalah finansial penduduk sekitar.

Untuk melewati jembatan apung di Cilacap ini Anda tidak perlu khawatir. Sebab, meskipun benar-benar melekat pada air, Anda tetap akan terlindungi. Secara konsep penataan, pemerintah menghimbau kepada seluruh pekerja proyek untuk memberikan inovasi pembuatan jembatan terbaik di daerah Cilacap.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai jembatan apung di Cilacap yang bisa Anda temukan pada artikel kali ini. Pembangunannya sendiri membutuhkan banyak perhatian, biaya, serta waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, setelah jadi Anda selaku masyarakat setempat daerah Cilacap juga bisa memanfaatkannya dengan baik untuk berbagai tujuan. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kekokohan jembatan serta kultur budaya di daerah setempat agar bisa terus menarik wisatawan baru berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.