Jual Beli Burung Cilacap, Simak Informasi Lengkapnya Disini

oleh -599 views
jual beli burung cilacap

Di tengah pandemi seperti ini, sulit sekali rasanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga mau tidak mau Anda pun harus bergerak untuk segera membuka bisnis, mencari pekerjaan samping, atau cara halal lainnya. Salah satunya yang menarik yaitu membuka bisnis sendiri dan usaha jual beli burung cilacap bisa jadi salah satu solusinya.

Apabila Anda termasuk orang yang hobi memelihara burung, tentu saja ini bagus sekali karena dapat meningkatkan ladang cuan.

Cara Membuka Usaha Jual Beli Burung Cilacap

Supaya jual beli burung cilacap Anda bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Kami akan beritahu beberapa tips untuk memulai usaha ini, antara lain adalah:

1. Menetapkan Usaha

Bisnis jual beli burung adalah jenis bisnis yang memang bisa Anda muldari hobi diri sendiri. Apabila ingin membuka jenis bisnis burung kicauan, maka hal pertama yang harus Anda fokuskan ada burungnya dulu.

Anda tidak perlu mengurus hal lainnya. Berkonsentrasilah dulu untuk proses upgrade kemampuan burungnya dalam berkicau sebab ini juga akan menambah harga jual yang cukup tinggi.

Setelah itu, apabila Anda lebih memilih untuk jualanan burung plus-plus yang berarti selain jualan burung Anda juga posisikan peralatan penunjang di toko. Misalkan saja seperti sangkar burung dan beberapa pakan burung seperti ulat bamboo, lipan, jangkrik, voer, kroto, dan sebagainya.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Adapun cara kedua adalah menentukan titik lokasi untuk memasakan bisnismu. Tentu saja usaha yang berjualan burung selalu identic dengan space yang cukup luas sebab barang dagangan Anda adalah seekor burung.

Jika areanya cukup luas, tentu memungkinkan Anda untuk menjual sangkar burung dengan berbagai jenis dan ukuran. Lalu sediakan juga lokasi lebih luas serta memanjang supaya bisa memajang barang dagangan dengan sangat baik.

Apabila Anda tidak ingin menyewa toko, Anda bisa gunakan teras rumah untuk berjualan. Selain bisa irit, Anda juga bisa mengawasinya hingga 24 jam penuh.

Akan tetapi, apabila sudah punya modal alangkah baiknya Anda sewa toko saja karena terbilang lebih praktis. Namun jika ingin lebih praktis lagi, cukup jajakan saja melalui online, tentu Anda tidak harus memikirkan lokasi lagi bukan?

3. Menjaga Kebersihan

Beberapa kiat untuk memulai usaha jual beli burung cilacap yaitu memperhatikan kebersihan hewan dan lingkungan usaha Anda. Jangan sampai toko ikut kotor karena kotoran burungnya.

Oleh sebab itu, rutinlah untuk membersihkan kendang dan buang kotorannya. Anda juga bisa semprotkan cairan anti kuman agar terhindar dari flu burung.

4. Sudah Memiliki Keahlian

Hal tidak kalah penting untuk Anda miliki yaitu keahlian. Sebab seperti yang Anda tahu bahwa untuk tahu bagaimanakah kualitas seekor burung itu bukan sesuatu yang mudah.

Bagian tersulitnya terletak pada seberapa baguskah kualitas dan harga yang sesuai dengan burung tersebut. Berdasarkan beberapa orang, dua hal ini hanyalah bisa Anda dapatkan dari pengalaman saja.

Apabila asal tebak harga dan ketahuan kualitas burung tidak sesuai, tentu saja reputasi Anda sebagai penjual akan turun drastis. Hal ini pun akan mempengaruhi berkembangnya usaha Anda kedepan.

5. Sudah memiliki nama dan reputasi

Memulai memang bagian tersulit untuk usaha jualan burung. Sebab apabila Anda ingin mendatangkan banyak pembeli tentu saja sudah punya nama. Nah, dengan nama yang telah dikenal banyak orang inilah usahamu menjadi laris manis.

Sebab biasanya pemilik buruk cenderung menitipkan burungnya pada seseorang yang sudah mempunyai keahlian dan nama. Jadi lewat orang inilah Anda akan memperoleh pembeli.

Namun jika Anda ingin terkenal dengan nama Anda sendiri tentu juga bisa dengan mengikuti beberapa cara berikut ini.

  • Harus sering mengikuti ataupun mengadakan perlombaan atau event
  • Berpartisipasi aktif serta bergaul dengan komunitas pecinta burung
  • Sering mendapatkan penghargaan
  • Sering datang dan mengunjungi berbagai perlombaan

Apabila Anda sudah memenuhi kriteria tersebut, pastinya bukan hal yang sulit lagi untuk mengenalkan toko pada pecinta burung. Lambat laun toko Anda pun akan terkenal serta mempunyai reputasi yang bagus.

Kisah Sukses Budidaya Burung Anggungan Asal Cilacap

Adapun kali ini cilacap.org akan membagikan kisah Kelik Sukamto yang merupakan warga desa Gandrungmangu, Cilacap. Ia melakukan budidaya burung anggungan yang ternyata bernilai ekonomis dan cukup menjanjikan sekali.

Budidaya ternak burung anggungan jenis perkutut, burung derkuku, dan puter pelung ini sudah ditemukannya hingga mampu menghasilkan omset 60 juta rupiah setiap bulannya. Bahkan bermodalkan ini saja kini, ia sudah berhasil menyekolahkan kedua anaknya.

Sejak 1980 usaha budidaya burung anggungan ia sudah dirintis. Pada beberapa kontes, bahkan burung anggungan milikinya sudah berlangganan jadi juara. Jadi tidak heran yang kalau harga burung ini pun mencapai ratusan juta rupiah setiap ekornya.

Banyak hal yang harus Anda perhatikan, mulai dari pemberian pakan burung yang berkualitas hingga menjaga kebersihan kandangnya.

Untuk harga jualnya sendiri cukup bervariasi mulai 200 ribu paling murah hingga 20 juta per ekornya.

Anda Bisa Coba Usaha Burung Kicauan Ini!

jual beli burung cilacap

1. Burung Perkutut

Burung pertama ini merupakan jenis burung mahal dan cukup mudah untuk diternakkan. untuk harganya sendiri bahkan bisa dibanderol dengan harga 3,5 miliar rupiah. Untuk harga anak burungnya saja sudah mencapai 5 sampai 100 juta per ekor.

Sehingga apabila dihitung, maka peternak burung perkutut dapat mencapai omset 100 sampai 300 juta setiap bulannya.

2. Burung Paruh Bengkok

Burung satu ini terkenal sekali akan kepintarannya dalam beratraksi. Kepintarannya ini dihasilkan karena kemampuannya yang sangat mudah dilatih.

Untuk harga burung paruh bengkok ini bisa naik hingga 2-8 kali lipatnya. Apabila peternaknya sudah berpengalaman bisa mencapai omset 72 juga setiap bulannya.

3. Burung Jalak

Burung jalak terkenal dengan keahliannya dalam menirukan suara manusia. Suara burungnya bisa lantang, ngerol panjang, maupun keras. Selain bisa menirukan suara, ia juga sangat penurut dengan pemiliknya,

Adapun harga burung jalak kebo sendiri mulai 1,5 juta sedangkan burung jalak kebo blorok mulai 5 juta rupiah. Lalu untuk burung jalak suren yang terbilang unik dibanderol hingga 7 miliar.

4. Burung Ciblek

Kemampuan burung ciblek dengan burung jarak hampir mirip. Bahkan ia juga disebut sebagai guru vokal. Dengan suaranya yang variatif dan keras, maka burung ciblek dibanderol mulai harga 28,5 juta rupiah.

5. Burung Murai Batu

Burung murai batu dipatok dengan harga sangat mahal, dimana harga tawarannya mencapai 3 miliar. Ini disebabkan karena burung ini sendiri punya kualitas yang sangat bagus dan selalu berhasil saat ada kompetisi. Apakah Anda juga berminat dengan burung satu ini?

Apabila pecinta burung memang sudah suka dengan burung tersebut, mau semahal apapun harganya pasti akan dibeli juga. Jadi, jangan ragu untuk usaha jual beli burung cilacap ini ya. Asalkan Anda serius menekuni usaha ini, pastinya cuan terus berdatangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.