Jual Beli Mobil Bekas Cilacap Tanpa Takut Tertipu? Begini Caranya!

by -24 views
jual beli mobil bekas Cilacap
(sumber gambar : olx.co.id)

Jual beli mobil bekas Cilacap ataupun daerah lainnya masih banyak peminatnya. Terbukti dari banyaknya penjual yang mengiklankan produk kendaraan pada berbagai platform online. Para calon pembeli pun memanfaatkan hal ini dengan mencarinya pada aplikasi tersebut.

Ada banyak keuntungan dari jual beli mobil bekas Cilacap. Karena itulah saat ini masyarakat lebih memilih membeli mobil bekas untuk bepergian atau bekerja sehari-hari. 

Jika Anda berniat untuk melakukan jual beli mobil bekas Cilacap, ada baiknya perhatikan penjelasan berikut ini. Jangan sampai keputusan Anda untuk menjual atau membeli mobil bekas menjadi sia-sia dan justru merugikan karena harus memodifikasi kendaraan dan melakukan perawatan terlebih dahulu.

Tips Jual Beli Mobil Bekas 

Meskipun banyak yang memilih untuk membeli mobil bekas, tetapi hal ini juga bukan berarti sepenuhnya aman dan bebas risiko. Anda harus berhati-hati saat bertransaksi online. Langsung saja, untuk tips melakukan jual beli mobil bekas Cilacap antara lain :

1. Sesuaikan Budget

jual beli mobil bekas Cilacap
(sumber gambar : indozone.news)

Jual beli mobil bekas Cilacap baik itu matic ataupun manual perlu mengetahui harganya terlebih dahulu. Perhatikan skema pembayaran yang diajukan. Apakah boleh menggunakan sistem kredit atau harus lunas saat itu juga.

Sistem kredit memang terkesan lebih ringan. Akan tetapi, Anda perlu perhatikan pembayaran uang muka dan jangka waktu cicilan mobil yang dibeli. Ini karena pajak pembelian mobil bekas jauh lebih mahal yaitu sekitar 6%. 

Angka 6% jauh lebih tinggi daripada pajak pembelian mobil baru yang hanya mencapai 3%. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mampu membayar uang muka yang besar di awal ataupun memilih jangka waktu kredit yang lama.

Pembelian mobil bekas secara kredit akan membuat biaya angsuran yang mesti dibayar cukup besar. Adanya inflasi yang terus terjadi juga membuatnya semakin membengkak. 

Sebagai bahan patokan, saat membayar uang muka mobil jangan sampai dana darurat yang Anda siapkan itu terpakai. Begitu pun dengan pembelian secara tunai. Pastikan bahwa Anda telah menyisihkan minimal 15 hingga 20 persen dari kekayaan bersih.

Pastikan pula bahwa cicilan mobil per bulan tidak melebihi 35 persen dari pemasukan bulanan. Selain itu, jangan sampai ada total utang tertunggak yang nilainya melebihi 50 persen dari total aset. 

2. Cek Kondisi Mobil Selama Bertransaksi Jual Beli Mobil Bekas

Hampir sama ketika akan membeli tanah dan bangunan, Anda sangat disarankan untuk mengecek kondisi mobil.

Perhatikan kondisi eksterior secara detail. Apakah ada bekas perbaikan atau kualitas cat bodi yang tidak merata. Pastikan juga kelengkapan komponen bagian luar. Jika memungkinkan, cek pula bagian ruang mesin dan kolong mobil secara menyeluruh.

Jika dalam melakukan jual beli mobil bekas Cilacap Anda tidak terlalu memahami mesin kendaraan, mintalah bantuan ahlinya untuk mengecek. Anda bisa meminta siapapun kenalan atau langsung menyewa montir untuk mengeceknya.

Pengecekan yang paling mudah adalah dengan membuka kap mesin dan perhatikan apakah mesin tidak terawat atau banyak debu yang terlihat. Jika iya, Anda harus pertimbangkan ulang segala resikonya. 

Lakukan pengecekan mesin dengan cara menyalakan mobil selama kurang lebih 10 menit. Buka bagian kap depan dan dengarkan bunyi mesinnya apakah halus atau tersendat. Jika halus maka kondisi mobil terjamin masih bagus. 

Anda juga bisa mengecek kualitas mesin mobilnya dengan cara memperhatikan warna asap mobil yang keluar.Apabila hitam pekat maka mobil dalam keadaan yang tidak terlalu baik.

Cek pula bagian aki dengan cara melihat lampu mobil. Jika nyalanya terang maka aki mobil masih tergolong aman. Sedangkan, untuk mengecek suspensi silakan coba menutup bagian bagasi. Jika cenderung berayun maka suspensi mobil kurang baik. 

Namun, apabila yang terjadi adalah kondisi mobil cenderung stabil dan tidak terlalu bergoyang maka suspensi kendaraan masih sangat bagus untuk dikemudikan.

3. Cek Kondisi Interior dan Kelengkapan Aksesoris

Selain mengecek bagian eksterior dan interior, Anda juga perlu melakukan pengecekan terkait kelengkapan aksesoris agar jual beli mobil bekas Cilacap berjalan tanpa ada pihak yang dirugikan.

Anda perlu melakukan pengecekan pada bagian seperti AC, switch lampu, sistem audio, hingga fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Tes kenyamanan jok mobil dengan cara mendudukinya. Bagian plafon, karpet, hingga dashboard juga perlu diperhatikan. Apabila ada bau apek di hampir semua bagian dalam mobil, kemungkinan besar pernah terendam banjir. 

4. Cek Buku Servis dan Riwayat Perawatan Mobil

Menghindari masalah saat jual beli mobil bekas Cilacap juga bisa dengan mengecek buku servis dan riwayat perawatan mobil. Dari sana, Anda akan mengetahui kondisi mobil secara detail.

Anda akan lebih yakin setelah mencocokannya dengan hasil pengecekan langsung yang telah ada sebelumnya.

5. Melakukan Test Drive Saat Jual Beli Mobil Bekas Cilacap

Untuk mengetahui kondisi mobil, Anda bisa mengemudikannya secara langsung untuk menilai apakah jadi untuk membeli atau tidak.

Lakukan pengecekan dengan cara mengemudi pada berbagai kondisi jalan dan kecepatan. Kemudian, rasakan apakah mobil nyaman untuk dikemudikan atau tidak. 

6. Periksa Kelengkapan dan Kebenaran Surat-Surat

Memeriksa kelengkapan dan kebenaran surat-surat mobil bekas merupakan hal wajib. Anda harus pastikan bahwa BPKB dan STNK penjual itu asli dan atas nama pribadi pemilik yang sah.

Hal ini untuk menghindari masalah pasca jual beli mobil bekas Cilacap. Anda juga akan lebih mudah dalam pengurusan balik nama dan administrasi lain yang diperlukan sampai proses jual beli selesai. 

7. Perhatikan Asuransi Mobil

Apabila mobil tercover oleh asuransi maka ini adalah hal yang sangat baik dan menjadi poin plus. Mengasuransikan mobil akan meminimalisir resiko buruk yang mungkin akan terjadi di masa depan. 

8. Perhatikan Plat Kendaraan Ketika Ingin Beli Mobil Bekas Cilacap

Untuk memudahkan proses administrasi balik nama, upayakan plat kendaraan yang sama dengan domisili daerah Anda. Jika ada perbedaan daerah maka harus melakukan proses mutasi yang sangat memakan waktu dan biaya.

Oleh karenanya, carilah mobil dengan plat yang sama dengan daerah Anda ya!. Ini juga akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan kondisi mobil langsung di tempatnya.

Tips Mencari Penjual Atau Penjual Mobil Bekas Secara Online

jual beli mobil bekas Cilacap
(sumber gambar : liputan6.com)

Jika Anda akan melakukan transaksi jual beli mobil bekas Cilacap ada beberapa platform ataupun aplikasi yang bisa digunakan. Dengan ini tentu Anda akan lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga.

1. Facebook

Transaksi jual beli mobil bekas Cilacap banyak terjadi dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook. Anda cukup mencari kata kunci yang relevan pada kolom pencarian di bagian atas beranda.

2. OLX Autos

OLX Autos merupakan aplikasi yang terkenal untuk digunakan dalam upaya mempertemukan penjual dengan pembeli kendaraan. Jika Anda ingin menjual mobil, cukup iklankan produk semenarik mungkin dengan memberikan keterangan lengkap detail unit.

Bagi siapa pun yang berminat dengan produk Anda maka akan menghubungi melalui nomor yang ada. Jadi, bisa dibilang ini sangat membantu dalam proses jual beli mobil bekas Cilacap. Akan tetapi, pastikan akun penjual telah terverifikasi terlebih dahulu ya!.

Hal ini memungkinkan pelacakan pelaku yang lebih mudah apabila terjadi hal-hal buruk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.