KA Joglosemarkerto, Mulai Hari Ini Sudah Mulai Dioperasikan

oleh -346 views
ka joglosemarkerto

Hari ini, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto sudah resmi mengoperasikan KA Joglosemarkerto dengan relasi Cilacap – Yogyakarta PP.

Dilansir bahwa di tahap awal ini, maka KA Aglomerasi tersebut mulai dioperasikan hari ini, Jumat 25 Februari 2022 sampai Senin, 28 Februari 2022 mendatang.

Tapi sebelumnya apakah Anda tahu kenapa KAI ini dinamakan sebagai Joglosemarkerto? Sebenarnya Joglosemarkerto sendiri adalah kependekan dari Kota Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto, maupun daerah tujuan lainnya yang ditambal KA Joglosemarkerto.

Ternyata Ini Awal Diluncurkannya KA Joglosemarkerto!

ka joglosemarkerto beroperasi hari ini.

Sebenarnya diluncurkannya KA Joglosemarkerto ini berawal dari sulitnya warna Semarang yang hendak pergi ke Jogjakarta karena harus naik KA Kalijaga dulu. Kemudian disambung lagi dengan Prameks dari Solo ke Yogyakarta.

Akan tetapi, kali ini Anda hanya perlu sekali naik saja maka sudah bisa mengelilingi Jawa Tengah – Yogyakarta.

Memang sangat penting untuk menambah alternatif lain seperti KA Joglosemarkerto ini, sebab selama ini untuk layanan transportasi KA Cilacap ke Yogyakarta hanyalah bisa dilayani oleh KA Wijayakusuma saja dengan relasi Cilacap – Ketapang yang keberangkatannya pada pukul 15.10 WIB.

Kemudian Daniel, Vice President Daop 5 Purwokerto juga menambahkan bahwa di masa pandemic Covid-19 ini, maka KAI akan terus berinovasi, salah satunya dengan menghadirkan KA relasi Cilacap – Yogyakarta ini.

Selain itu, juga akan mempermudah masyarakat jika ada perjalanan KA di pagi hari, khususnya masyarakat Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

Berapakah Tiket Kereta Joglosemarkerto Kereta Cilacap-Jogja?

Adapun untuk harga tiketnya sendiri sudah bisa Anda beli dengan mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu ataupun di channel eksternal yang telah ditentukan. Nah, nanti Anda pun akan dapatkan promo harga tiket untuk kelas eksekutif sebesar 60 ribu.

Memang, untuk menarik minatnya masyarakat memanfaatkan KA Joglosemarkerto sebagai transportasi akan diberlakukan tarif promo.

Harga untuk kelas eksekutif hanyalah mulai 60 ribu saja dan kelas ekonomi berkisar 40 ribu. Sebab KA Joglosemarkerto sendiri termasuk KE Aglomerasi.

Keberangkatan KA Joglosemar Kereta dari Cilacap direncanakan mulai pukul 06.00 WIB dan perkiraan sampai di Jogja yaitu sekitar pukul 09.10 WIB. Nanti untuk tiba di Cilacap Anda harus menggunakan KA lagi dari Jogja di pukul 11.20 WIB dan sampai pada pukul 14.21 di Cilacap.

Dalam perjalanan nanti menuju Stasiun Yogyakarta, maka KA Joglosemarkerto ini akan singgah di beberapa stasiun seperti Stasiun Maos, S. Kroya, S. Gombong, S. Karanganyar, S. Kebumen, S. Kutoarjo, S. Wojo. Dan S. Wates.

Jadwal Keberangkatan KA Joglosemarkerto

Apabila Anda ingin menggunakan KA Joglosemarkerto ini, berikut jadwal KA Joglosemarkerto 224f dari Kabupaten Cilacap

  • S. Cilacap akan berangkat pada pukul 06.00 WIB.
  • S. Maos, tiba pada pukul 06.24 WIB lalu berangkat dipukul 06.29 WIB
  • S. Kereta, datang pukul 06.2 dan akan berangkat pukul 06.46 WIB
  • S. Gombong, tiba di pukul 07.10 WIB dan berangkat lagi pukul 07.13 WIB
  • S. Karanganyar, tiba pada pukul 07.21 WIB dan berangkat pukul 07.24 WIB
  • S. Kebumen, datang pukul 07.36 WIB, berangkat pukul 07.39 WIB
  • S. Kutoarjo tiba pada pukul 08.04 WIB dan berangkat lagi pukul 08.07 WIB.
  • S. Wojo tiba pukul 08.25 WIB dan berangkat pukul 08.27 WIB
  • S. Wates akan datang pukul 08.39 WIB dan berangkat pada pukul 08.42 WIB
  • S. Yogyakarta akan datang pada pukul 09.10 WIB

Sedangkan untuk jadwal KA Joglosemarkerto 223B dari Yogyakarta antara lain:

  • S. Yogyakarta akan berangkat pada pukul 11.20 WIB
  • S. Wates datang pada pukul 11.46 WIB lalu berangkat lagi pukul 11.48 WIB
  • S. Kutoarjo akan tiba pukul 12.19 WIB dan berangkat pada pukul 12.22 WIB
  • S. Kebumen, tiba pukul 12.46 WIB lalu berangkat pada pukul 12.48 WIB
  • S. Karanganyar tiba pada pukul 13.00 WIB, kemudian berangkat pukul 13.02 WIB
  • S. Gobong akan tiba pukul 13.10 lalu berangkat di pukul 13.12 WIB
  • S. Kroya datang pada pukul 13.37 WIB dan berangkat pada pukul 13.40 WIB
  • S. Maos akan datang di pukul 13.53 WIB lalu berangkat di pukul 13.55 WIB
  • S. Cilacap akan datang tepat pukul 14.21 WIB

Tentu saja, besar harapan pada KA Joglosemarkerto ini untuk menghubungkan Cilacap dengan Yogyakarta serta mengakomodir masyarakat menuju Banda YAI sehingga jadi bagian integrase antarmoda.

Baca juga: Berita PSCS Cilacap Terbaru: Kemelut Club Terkait Gaji

Jika Ingin Naik KA Joglesemarkerto, Ikuti Syarat Berikut Ini

Tenang saja di tengah pandemi seperti ini KAI tetap berkomitmen agar mengoperasikannya sesuai dengan protokol kesehatan yang diwajibkan agar menjadikan kereta api ini sebagai alat transportasi yang selamat, aman,sehat, dan selamat hingga tujuan.

Berikut beberapa syarat perjalanan untuk naik KA yang kami kutip dari website resminya PT KAI dan telah berlaku mulai 3 Januari 2022 sampai waktu yang belum KAI tentukan kemudian hari.

1. Surat keterangan bebas Covid-19 (hasil tes rapid antigen maksimal H-1)

Anda wajib untuk menunjukkan surat keterangan dari hasil negatif covid-19 berdasarkan rapid antigen maksimal 1×24 ja, ataupun PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Nantinya petugas akan lakukan pemeriksaan syarat dokumen wajib ini ketika Anda sampai di stasiun.

2. Kartu Vaksin Minimal 1 Dosis

Setidaknya Anda sudah mendapatkan 1 dosis baru bisa melakukan perjalanan dengan kereta api. Namun bagi Anda yang punya kondisi kesehatan khusus ataupun penyakit komorbid maka wajib untuk lampirkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah bahwa tidak bisa mengikuti vaksin.

3. Anak-anak < 12 tahun diizinkan naik KA Joglosemarkerto

Adapun untuk anak yang usianya dibawah 12 tahun, maka diperbolehkan untuk naik KA asalkan sudah mempunyai hasil tes covid-19 sesuai aturan serta ada orang tua yang mendampinginya dengan membuktikan lewat Kartu Keluarga (KK).

4. Penumpang berkondisi sehat

Tentunya, Anda harus dalam keadaan sehat walafiat ketika berangkat dan juga tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk, ataupun flu. Nantinya suhu tubuh juga akan petugas periksa serta tidak diperbolehkan jika melebihi 37,3 derajat celcius.

5. Memakai jaket atau baju lengan panjang

Semua penumpang wajib untuk mengenakan pakaian pelindung. Misalnya adalah jaket dan baju lengan panjang.

6. Wajib menggunakan masker

Anda juga wajib menggunakan masker kain tiga lapis maupun masker medis untuk menutupi mulut dan hidung serta gunakanlah face shield pada area stasiun keberangkatan, kedatangan, dan selama perjalanan kereta api.

7. Tidak boleh makan atau minum selama perjalanan yang kurang dari 2 jam

Penumpang tidaklah mendapatkan izin untuk minum ataupun makan selama perjalanan yang kurang dari 2 jam. Kecuali jika Anda termasuk orang yang harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan harus memang dalam rangka pengobatan.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan lanjutan tentang operasional dari KA Joglosemarkerto ini, maka langsung saja untuk menghubungi Customer Service Stasiun serta Contact Center KAI nya melalui nomor telepon 021 – 121, media social KA121, atau email cs@kai.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.