Daya Tarik Wisata Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah

oleh -497 views
kampung laut cilacap jawa tengah

Cilacap menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Salah satu yang paling populer adalah kampung laut. Lokasi yang satu ini bisa Anda kunjungi untuk menikmati wisata perairan yang unik. Inilah berbagai daya tarik yang ada di kampung laut Cilacap Jawa Tengah.

Profil Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah

kampung laut cilacap jawa tengah
(sumber gambar: serayunews.com)

Kampung Laut sebenarnya merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap. Kampung ini berbatasan langsung dengan Jawa Barat dan terletak pada bagian barat Jawa Tengah. Sebenarnya, kampung ini merupakan gugusan pulau kecil yang ada di Segara Anakan dan membentu desa-desa kecil. Mulai dari Desa Ujunggagak, Desa Klaces, Desa Panikel, dan Desa Ujunggalang.

Ada sekitar 14 ribu jiwa yang menjadi penduduk di 4 desa Kampung Laut. Mata pencaharian mereka juga beragam, mulai dari petani, buruh serabutan, dan yang paling banyak adalah sebagai nelayan. Masyarakat di kampung laut hidup dengan rukun dan damai, sehingga suasananya sangat kondusif. Untuk mobilitas, masyarakat di kampung ini menggunakan perahu kecil yang juga disebut sebagai perahu compreng.

Lokasi dari kampung ini memang cukup jauh dari pusat Kabupaten Cilacap, tidak heran jika fasilitas disini sangat berperan besar menyokong kehidupan masyarakat. Ada 1 Puskesmas dan 2 ambulance kapal, yang sangat penting untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk bidang pendidikan, ada juga sekolah yang berdiri, salah satunya adalah SMAN 1 Kampung Laut.

Ada beberapa fakta menarik yang bisa Anda ketahui tentang kampung laut Cilacap Jawa Tengah ini, seperti:

1. Bekas Markas untuk Menghalau Bajak Laut

Pada zaman dahulu, kampung laut memiliki nama Pejagan atau Bejagan. Asal muasal nama tersebut karena pada masa Kerajaan Mataram, daerah ini menjadi tempat untuk menghalau serangan dari bajak laut. Tidak heran jika berdasarkan cerita turun temurun yang berkembang di daerah ini, warga kampung laut yang asli sebenarnya masih merupakan keturunan Jaga Resmi dan Jaga Laut. Kedua sebutan ini merujuk pada perwira Kerajaan Mataram yang memiliki tugas menjaga perairan Cilacap.

2. Dulu Desa Terapung

Dulunya kampung ini adalah desa terapung yang ada di Segara Anakan. Akan tetapi, karena sedimentasi yang berkelanjutan akhirnya desa terapung itu tinggal kenangan. Karena bertambahnya penduduk, akhirnya kampung ini ramai dan berkembang cukup besar hingga saat in.

3. Langka Air Bersih Saat Kemarau

Meski banyak air yang mengelilingi, namun kampung laut seringkali mengalami kelangkaan air bersih terutama ketika musim kemarau. Air yang berasal dari sumur tanah seringkali akan berubah warna kuning, berbau busuk, dan terasa asin. Tentu air ini tidak bisa masyarakat manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Akhirnya untuk mengatasi hal tersebut, warga mulai menampung air hujan pada sebuah torn besar yang bisa menampung sampai 2.500 liter air. Setiap rumah warga akan memiliki torn dan berasal dari bantuan pemerintah.

Daya Tarik Wisata Kampung Laut

Dibalik keunikannya, kampung laut memiliki daya tarik wisata yang sangat besar. Apalagi penduduk yang ada di daerah ini juga terkenal ramah terhadap para wisatawan lokal atau asing yang berkunjung. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke lokasi ini. Daerah ini juga sudah sejak lama populer sebagai salah satu wisata edukasi yang seru untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Keadaan alam yang dikelilingi laut, membuat kampung ini kaya dengan berbagai biota laut yang indah dan unik. Selain itu, masih banyak daya tarik lain yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung kesini, diantaranya adalah:

1. Hutan Mangrove (Bakau)

Seperti layaknya daerah lain yang dekat dengan perairan, Anda juga bisa menjumpai adanya hutan bakau di kampung laut. Hutan mangrove disini juga terkenal masih asri dan rimbun, sehingga ketika berkunjung Anda bisa menikmati suasana alam yang masih sangat terjaga dan sejuk.

2. Menikmati Keindahan Laut dan Olahan Seafood

Anda bisa menemukan banyak sekali jenis ikan, mulai dari ikan kerapu, ikan sidat, udang galah, kepiting dan masih banyak lagi lainnya. Anda yang hobi memancing juga bisa berpuas diri menghabiskan waktu menangkap ikan di daerah ini demi mendapat tangkapan yang banyak. Jika ingin menikmati wisata kuliner seafood, Anda juga bisa menikmatinya.

Di sini Anda bisa mencoba berbagai menu olahan laut yang lezat dan menggugah selera, seperti ikan bakar, kerang totok, udang, kepitik, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menyantap berbagai hidangan laut, maka lokasi yang paling recommended untuk dikunjungi adalah Desa Ujungalang. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal, sehingga masih aman untuk kantong.

3. Berkeliling Goa

Ketika ke kampung laut Cilacap Jawa Tengah, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berkeliling di goa-goa yang ada disekitar kampung ini. Mulai dari Goa Maria, Masigit Sela, Batu Lawang, dan lain sebagainya. Sejak lama memang destinasi goa ini menjadi andalan wisata bagi para penduduk sekitar. Ketika lelah berkeliling goa, Anda bisa mencicipi segarnya es kelapa muda (degan) yang harganya sangat terjangkau. Tentu sangat menyenangkan bukan?

4. Banyak Spot Foto yang Menarik

Ketika berlibur ke suatu tempat wisata, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto-foto ria. Nah, ketika ke kampung laut, Anda tidak perlu khawatir dengan spot foto karena ada banyak sekali lokasi yang bisa menjadi latar foto indah. Pemandangan alam di daerah ini memang sudah indah, ditambah dengan beberapa spot khusus, maka Anda akan sangat dimanjakan dengan keseruan berfoto di lokasi ini.

Baca Juga: Cerita Rakyat Daerah Cilacap: Kerajaan Nusatembini

Lokasi dan Harga Tiket

kampung laut cilacap jawa tengah
(sumber gambar: i.ibb.co)

Apabila Anda sudah mantap ingin berkunjung ke kampung ini, maka bisa langsung segera mungunjunginya. Lokasi tepatnya berada di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dari pusat Cilacap, jaraknya kurang lebih sekitar 49 KM. Untuk petunjuk lokasi yang lebih akurat, Anda bisa memanfaatkan adanya peta navigasi seperti Google Maps atau Waze. Cukup ketikkan saja “Kampung Laut Cilacap”, maka akan muncul rute yang bisa Anda tempuh untuk ke kampung ini.

Transportasi yang bisa Anda pakai untuk kesini juga terbilang sangat beragam, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mulai dari mobil pribadi, motor pribadi, sampai menggunakan kendaraan umum. Jalan yang harus Anda tempuh medannya juga sudah bagus, yang membuat perjalanan kesana menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Jika menaiki kendaraan umum, Anda bisa turun di termunal bus kota Cilacap atau Stasiun Cilacap terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot atau menyewa kendaraan mobil atau motor. Jika bingung dengan rute dan kendaraan apa yang bisa Anda gunakan, tidak perlu khawatir karena Anda bisa bertanya dengan masyarakat sekitar.

Untuk menikmati pesona kampung laut Cilacap Jawa Tengah, Anda juga tidak perlu pusing masalah tiket masuk yang mahal. Karena harga tiket masuk hanya Rp. 5.000 saja per orangnya. Tentu harga yang sangat terjangkau, jika melihat banyaknya kegiatan menarik yang bisa Anda nikmati disini.

Hanya saja, jika Anda ingin menikmati beberapa fasilitas tambahan seperti wisata mangrove dan naik perahu, maka harus mengeluarkan biaya tambahan. Jam operasionalnya selama 24 jam dan buka setiap hari, sehingga Anda bisa kapan saja mengunjungi tempat ini untuk berwisata bersama keluarga.

Fasilitas di Kampung Laut

Untuk fasilitas, Anda tidak perlu khawatir karena disini ada banyak sekali fasilitas untuk pengunjung. Diantaranya adalah:

  • Perahu wisata
  • Musholla
  • Toilet (Kamar Mandi)
  • Parkir kendaraan yang cukup luas
  • Camping area
  • Penginapan
  • Warung wisata
  • Berbagai restoran seafood
  • Banyak toko kecil atau penjual kebutuhan seperti makanan kecil atau minuman dingin

Nah, itulah daya tarik kampung laut Cilacap Jawa Tengah yang bisa menjadi destinasi liburan andalan bersama keluarga. Jangan lupa ketika kesini, siapkan juga baju ganti dan gunakan pakaian yang nyaman ya. Sebab di wisata yang banyak air, tentu Anda tidak akan pernah tau kapan bisa terkena basah. Entah karena percikan air laut atau lainnya. Jadi lebih baik berjaga-jaga membawa baju ganti lebih dan membawa perlengkapan kebersihan diri agar liburan lancar dan nyaman. Selamat berlibur dan menikmati wisata kampung laut yang eksotis ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.