Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat: Sejarah dan Keindahannya

oleh -358 views
karang nini pangandaran jawa barat

Pangandaran adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang menyimpan banyak destinasi wisata pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat. Popularitas pantai ini tidak terlepas dari eksotisme keindahannya yang luar biasa. Banyak orang yang rela jauh-jauh datang demi melihat keindahan pantai ini.

Nah, jika Anda berniat untuk ke pantai ini, berikut informasi yang bisa Anda simak. Mulai dari sejarah, lokasi, harga tiket, keindahan, sampai beberapa tips untuk berkunjung. Yuk, simak sampai akhir!

Sejarah Pantai Karang Nini Pangandaran

karang nini pangandaran jawa barat
(sumber gambar: nativeindonesia.com)

Pemberian nama Karang Nini bukan tanpa alasan, ada sejarah khusus yang menyertai nama pantai ini. Jika Anda melihat dari segi arti nama, Karang Nini memiliki arti sebagai karang : batu karang dan nini : nenek. Ada batu karang di pantai ini yang memiliki bentuk seperti nenek-nenek, karena alasan inilah pada akhirnya pantai ini memiliki nama Karang Nini.

Akan tetapi, dari segi sejarah ada cerita yang khusus menyertai kehadiran pantai ini. Banyak yang percaya pada zaman dahulu di suatu kampung yang bernama Emplak, ada sepsang suami istri berusia tua yang bernama Ki Arga Plara dan Ni Ambu Kolot. Kakek dan nenek ini berprofesi sebagai nelayan dan menangkap ikan setiap harinya.

Kehidupan pasangan itu terbilang sederhana, namun tetap bahagia. Suatu hari, kakek yang biasanya langsung pulang setelah melait mendadak tidak kunjung pulang. Bahkan sampai malam hari, kakek tidak kunjung pulang hingga membuat nenek cemas dan meminta bantuan warga sekitar untuk ikut membantu mencari keberadaan kakek.

Sayangnya, meski sudah mencari dalam waktu yang lama keberadaan kakek tidak kunjung ditemukan. Pada akhirnya nenek merasa sedih hingga berdiam diri di pinggir pantai dengan menangis karena firasat buruknya. Beliau senantiasa berdoa supaya bisa bertemu kakek bagaimanapun keadaannya.

Doa tersebut pada akhirnya didengar oleh Yang Maha Kuasa. Beberapa lama setelah itu, ada sebuah batu karang yang mengambang dan berbentuk seperti tubuh lansia atau nini-nini. Banyak yang percaya bahwa batu karang yang menjadi alasan nama pantai Karang Nini adalah perwujudan dari kakek yang sudah wafat.

Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat

Selain memiliki sejarah yang cukup panjang, keindahan pantai ini juga sangat indah. Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat sendiri memang sudah terkenal akan eksotisme alam yang luar biasa. Sebagai pantai yang memiliki banyak karang, Karang Nini menawarkan panorama alam yang luar biasa dengan keberadaan karang-karang tersebut.

Meski banyak karang, namun masih terdapat hamparan pasir di pantai yang berwarna putih bersih. Adanya pasir putih ini membuat Anda tetap bisa menikmati keindahan dengan cara berjalan-jalan disepanjang pantai. Sembari merasakan halusnya pasir pantai, Anda bisa menikmati deburan ombak yang mengenai kaki dan terasa segar dan sejuk.

Selain itu, Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat juga memiliki deretan hutan yang cukup lebat disekitarnya. Inilah yang membuat panorama alam menjadi jauh lebih indah lagi. Anda bisa juga menikmati keindahan pantai dari jauh dan mengambil spot dari hutan.

Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti:

1. Menikmati Keindahan Matahari Terbenam

Banyak wisatawan domestik dari daerah lain atau masyarakat sekitar yang mengunjungi pantai ini di sore hari. Alasannya tentu tidak lain adalah untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset. Dari pinggir pantai sembari duduk-duduk di pasir atau gazebo, semburat jingga matahari terbenam terlihat sangat indah dan menenangkan hati.

2. Camping atau Berkemah

Selain di gunung, kegiatan berkemah juga sangat seru jika Anda lakukan di pantai. Nah, pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat merupakan salah satu pantai yang sangat cocok sebagai lokasi berkemah. Nantinya ketika Anda bermalam disini, sore hari bisa menikmati panorama sunset, dan pagi hari bisa menikmati sunrise. Terdengar sangat seru bukan?

3. Bermain Deburan Ombak Laut dan Berfoto-foto

Aktivitas lain yang juga bisa Anda nikmati di pantai ini adalah bermain deburan ombak laut yang mengenai pasir pantai. Meski banyak karang, akan tetapi pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, oleh karena itu Anda bisa bermain pasir dengan nyaman.

Tidak hanya itu, di pantai ini karena keindahan alamnya sangat luar biasa Anda bisa menikmati kegiatan berfoto ria. Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat memiliki banyak spot menarik yang bisa menjadi background foto yang apik.

Baca Juga: 7 Wisata Pantai di Cilacap yang Mempesona Wajib Dikunjungi

Lokasi dan Harga Tiket

karang nini pangandaran jawa barat
(sumber gambar: tourism.pangandarankab.go.id)

Alamat dari Pantai Karang Nini adalah di Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat Kota Pangandaran dan bisa Anda jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kira-kira Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk bisa sampai ke pantai ini.

Akan tetapi, jika Anda berangkat ke pantai ini dari Kota Ciamis, maka jarak tempuhnya menjadi lebih jauh lagi sekitar 82 kilometer. Kurang lebih waktu yang harus Anda habiskan diperjalanan adalah 2 jam agar sampai ke pantai ini. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih transportasi berupa bis yang selanjutnya menggunakan bus 3/4 Budiman supaya bisa sampai ke pantai.

Jika kesulitan mencari rute, lokasi pantai ini juga sudah tersedia di aplikasi peta seperti Google Maps maupun Waze. Jadi Anda bisa tinggal membuka aplikasi tersebut untuk kemudian mendapatkan petunjuk arah ke Karang Nini. Pantai ini sendiri memiliki jam operasional mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB dan buka setiap hari.

Tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung bersama keluarga atau membawa rombongan besar. Pasalnya, harga tiket untuk bisa memasuki pantai hanyalah sebesar Rp. 7.500 saja per orangnya. Disamping biaya tiket, Anda juga masih harus mengeluarkan biaya untuk parkir. Tarifnya sendiri Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas di Pantai Karang Nini dan Tips Saat Berkunjung

Sebagai pengunjung, Anda tidak perlu mengkhawatirkan fasilitas yang ada di pantai ini. Pasalnya, ada cukup fasilitas yang ada dan sangat memudahkan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

  • Warung makan yang cukup banyak
  • Toilet
  • Musholla
  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Area berkemah atau camping
  • Gazebo

Dengan berbagai fasilitas tersebut Anda bisa menikmati liburan yang seru di pantai ini. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar liburan menjadi semakin aman ketika ke pantai ini, diantaranya adalah:

1. Hati-hati dengan Karang

Karena pantai ini memiliki cukup banyak karang, maka Anda harus ekstra hati-hati dengan karang tersebut. Pasalnya karang batu tersebut memiliki ujung-ujung yang cukup tajam dan jika tidak berhati-hati Anda bisa terluka karena hal tersebut. Selain itu, perhatikan juga anak-anak jika memang ingin bermain dipinggir pantai dan dekat dengan karang.

Jangan sampai lepas dari pengawasan karena berbahaya jika sampai terkena tajamnya karang. Untuk keamanan ekstra Anda bisa menyuruh anak untuk tetap memakai pelindung kaki seperti sepatu atau sandal. Tujuannya adalah agar supaya lebih aman ketika berjalan-jalan di area pantai yang berkarang.

2. Waktu Kunjungan Terbaik

Tips selanjutnya yang bisa Anda simak adalah terkait waktu kunjungan. Untuk mendapatkan suasana pantai terbaik, maka akan sangat disarankan mengunjungi pantai ini pada waktu pagi atau sore hari. Siang hari pun sebenarnya tidak masalah, namun akan sangat panas suasananya. Jadi, waktu terbaik tetap pada pagi atau sore.

3. Bawa Perlengkapan Kebersihan dengan Bak

Memang sudah tersedia fasilitas toilet atau kamar mandi yang memadai di lokasi pantai. Akan tetapi, jangan lupa bahwa kita masih memasuki suasana pandemi virus corona hingga saat ini. Maka dari itulah, Anda harus tetap waspada dan pastikan selalu membawa perlengkapan kebersihan dan sanitasi dengan maksimal.

Mulai dari masker, hand sanitizer, hingga sabun untuk mencuci tangan. Dengan perlengkapan protokol kesehatan yang optimal, maka liburan Anda juga bisa menjadi lebih aman dan nyaman. Jangan lupa juga pastikan untuk tetap menjaga jarak ya!

Nah, itulah informasi terkait Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat yang bisa Anda simak. Mulai dari sejarah, lokasi, harga tiket, hingga tips berkunjungnya. Semoga bisa menjadi referensi liburan yang seru dan menyenangkan ya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.