Destinasi Agrowisata Kebun Anggur Tambak Banyumas: Jayasri Nursery

oleh -457 views
kebun anggur tambak banyumas

Berlibur ke Banyumas, Jawa Tengah Anda bisa berkunjung ke banyak destinasi wisata. Salah satu rekomendasi wisata yang menarik adalah kebun anggur tambak Banyumas. Ini merupakan tujuan agrowisata yang cocok Anda kunjungi bersama keluarga. Inilah informasi selengkapnya tentang agrowisata yang satu ini. Yuk, simak!

Kebun Anggur Tambak Banyumas: Jayasri Nursery

kebun anggur tambak banyumas
(sumber gambar: kompas.id)

Selama ini, ketika Anda mengunjungi daerah Jalan Raya Tambak di Banyumas, maka kuliner adalah primadona yang bisa Anda jumpai. Pasalnya, sepanjang jalan tersebut menawarkan kelezatan kuliner sate bebek yang legendaris. Inilah yang membuat banyak wisatawan, termasuk yang melewati jalur selatan Jawa Tengah selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Akan tetapi, yang tidak banyak orang tau ada sebuah destinasi wisata Banyumas unggulan yang bisa dikunjungi. Di Jalan Raya Tambak Banyumas, ternyata ada sebuah kebun anggur yang berdiri sebagai sarana agrowisata. Saat kesini, Anda tidak hanya bisa menikmati suasana kebun anggur yang asri saja. Lebih dari itu, Anda pun bisa belajar untuk menanam dan mencicipi anggur secara langsung.

Kebun anggur tambak Banyumas ini juga populer dengan nama Jayasri Nursery. Lokasi tepatnya adalah di Desa Purwodadi, Kecamatan Tambak, Banyumas, Jawa Tengah. Saat Anda melintasi jalan raya tambak, cukup lanjutkan perjalanan sekitar 500 meter. Karena tidak jauh dari jalan raya tersebut, Anda bisa berkunjung ke kebun anggur ini.

Anda tidak perlu kesulitan untuk menjangkau lokasi kebun anggur seluas 3.500 meter persegi ini. Jalan masuknya berada di seberang sate bebek Pak Encus. Apabila Anda dari arah Jakarta atau Bandung, Anda hanya perlu mengambil arah belok kiri setelah lewat jembatan. Sementara jika dari Jogjakarta, silahkan ambil jalur tengah kemudian belik ke arah kanan.

Lewat jalan masuk seberang sate bebek Pak Encus, Anda bisa melihat jalanan yang sempit, berlubang, dan aspalnya cukup jelek. Di daerah tersebut juga ramai akan pemukiman penduduk. Ada sedikit hamparan sawah yang akan Anda jumpai sebelum berhasil masuk ke lokasi kebun anggur ini. Dari kejauhan, Anda bisa melihat tanda kebun anggur dari adanya atap peneduh tanaman anggur.

Latar Belakang Pendirian Jayasri Nursery

Pemilik dari kebun anggur tambak Banyumas ini adalah Faiz Hidayat. Beliau menuturkan bahwa kebun anggur ini dirintis sejak tahun 2013 atas dasar rasa cintanya yang sangat besar terhadap buah anggur. Faiz sempat bertanya-tanya dengan rasa penasarannya, bagaimana anggur yang dari benua Eropa bisa tumbuh dan dibudidayakan pada daerah tropis cenderung panas, yaitu Tambak, Banyumas.

Karena tidak bisa memungkiri, bahwa Faiz ingin memiliki tanaman anggur yang sehat di daerahnya. Berangkat dari penasaran tersebut, ia bergabung kedalam komunitas pecinta anggur yang ia temui di internet. Selanjutnya, dari komunitas tersebut Faiz bertemu dengan rekannya Fredy Siswanto dan Firmansyah, untuk kemudian membangun kebun anggur.

Mendapatkan Kesempatan Belajar ke Ukraina

Dengan misi membangun kebun anggur tambak Banyumas, Faiz, Fredy, dan Firmansyah merintis usaha mereka dari awal. Di tengah usaha merintis tersebut. Faiz kemudian berkenalan dengan salah satu petani anggur yang berasal dari Ukraina melalui internet. Dari perkenalan itulah justru kesempatan semakin terbuka lebar untuk Faiz.

Pada pertengahan tahun 2015, Faiz berkesempatan untuk berangkat ke Ukraina dengan misi belajar tentang perkebunan anggur. Di tahun tersebut, Faiz akkhirnya memantapkan diri untuk menggunakan biaya pribadi agar bisa berangkat belajar ke Ukraina. Selama 15 hari di negara tersebut, ia mempelajari semua hal tentang perkebunan anggur.

Mulai dari pemilihan bibit anggur yang tepat, perawatan, pencegahan penyakit, hingga cara yang tepat untuk panen. Selain Ukraina, Faiz dan rekannya juga belajar tentang kebun anggur hingga ke Thailand. Dengan mempelajari anggur di dua negara tersebut, akhirnya Faiz dan rekan bisa mendapatkan ilmu yang matang untuk diterapkan di kebun anggur tambak Banyumas.

Buktinya, ada ratusan varietas dan jenis anggur yang berhasil mereka budidayakan. Ada yang berasal dari Amerika, Ukraina, Jepang, Rusia, Italia, Turki, dan Thailand. Dari berbagai varietas tersebut terhitung ada 7 (tujuh) jenis anggur yang berhasil mereka panen dengan kualitas yang baik. Varietas tersebut adalah Fourchette, Laura, Ninel, Everest, Jupiter Seedless, Akademik Avidzba, dan juga Fuji Minori.

Keberhasilan budidaya ini berasal dari teknik dan ilmu yang matang hasil observasi dan belajar bertahun-tahun. Faiz dan rekan mengungkapkan, bahwa kunci keberhasilan dari budidaya anggur di daerah yang tropis adalah adanya atap Ultraviolet. Keberadaan atap ini sangat penting untuk melindungi anggur dari panasnya terik matahari dan juga curahan hujan secara langsung.

Kebun Anggur Sebagai Agrowisata

kebun anggur tambak banyumas
(sumber gambar: kompas.id)

Pada tahun 2018 lalu, kebun anggur tambak Banyumas akhirnya dibuka untuk umum sebagai tujuan agrowisata. Sampai saat ini, kebun anggur ini bisa menjadi destinasi wisata yang layak Anda kunjungi ketika ke Banyumas. Faiz sendiri mengungkapkan bahwa meski sudah terbuka untuk umum, namun akan selalu ada improve dan inovasi terhadap kebun anggur ini.

Pasalnya, ketersediaan buah anggur belum bersifat kontinu dan bisa saja terbatas. Faiz dan rekan takut mengecewakan pengunjung jika tidak bisa memenuhi permintaan dan ketersediaan buah. Pernah pada 2018 saat baru saja dibuka, hampir 4 kuintal anggur habis dipanen oleh pengunjung. Pengunjung pada saat itu juga mencapai 1.600 orang.

Setelah hari pertama pembukaan tersebut, hari kedua dan ketiga persediaan buah anggur langsung habis di kebun tersebut. Hasilnya, banyak pengunjung yang kecewa karena tidak mendapatkan buah anggur dan tidak bisa merasakan sensasi panen anggur. Inilah yang akhirnya membuat Faiz dan rekan tidak ingin kekecewaan pengunjung terulang lagi. Dari sinilah selalu ada peningkatan yang mereka lakukan.

Bersama dengan 8 (delapan) orang warga desa, Faiz menyiapkan kebun anggur tambak Banyumas atau Jayasri Nursery sebagai agrowisata yang menarik dikunjungi. Dari pematangan konsep, akhirnya terbentuk sebuah kebun anggur yang matang untuk pengunjung.

Kegiatan yang Bisa Pengunjung Lakukan di Kebun Anggur Jayasri Nursery

Kebun anggur tambak Banyumas menghadirkan destinasi agrowisata yang seru untuk pengunjung. Ketika kesana, Anda bisa menikmati suasana kebun anggur yang asri dengan banyaknya varietas anggur yang bisa Anda jumpai. Untuk masuk, pengunjung hanya perlu membeli jus anggur sebagai pengganti tiket masuk saja.

Jika sudah masuk, pengunjung bisa mencicipi rasa anggur yang lezat dari berbagai varietas. Seperti contohnya mencoba anggur Jupiter Seedless. Anggur ini memiliki rasa yang berbeda dengan anggur impor pada umumnya. Rasanya cenderun mewah, manis, dan juga lebih wangi.

Selain mencicipi anggur, pengunjung bisa memetik sendiri anggun di kebun Jayasri Nursery. Tarif untuk bisa memetik anggur adalah Rp. 100.000 per kilogram anggur. Akan tetapi untuk petik anggur ini akan sangat bergantung pada ketersediaan. Jika memang ada buah yang siap panen, maka Anda bisa melakukan petik anggur.

Akan tetapi jika tidak ada anggur yang siap panen, maka masih ada kegiatan lain yang bisa Anda lakukan. Kegiatan tersebut adalah mempelajari teknik menanam anggur, berfoto-foto dengan view kebun anggur yang rimbun, serta membeli bibit anggur. Untuk bibit anggur sendiri memiliki harga Rp. 125.000 per potnya. Anda bisa membeli bibit anggur ini sebagai buah tangan di rumah.

Bibit anggur yang dijual di kebun anggur Jayasri Nursery sendiri sudah dipastikan memiliki kualitas yang baik. Ada 15 varietas bibit anggur siap jual yang teruji dari segi kualitasnya. 15 varietas ini memiliki kualitas panen yang berkualitas dan memiliki perawatan yang lebih mudah. Tentu dengan membeli bibit ini, Anda bisa merasakan sendiri memiliki kebun anggur di rumah.

Sementara untuk belajar tentang anggur pun Anda tidak perlu takut bertanya. Sebab, ada beberapa petugas Jayasri Nursery yang siap menjawab segala pertanyaan pengunjung dengan ramah. Inilah yang menjadi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di kebun anggur tambak Banyumas.

Nah, itulah informasi tentang destinasi agrowisata kebun anggur tambak Banyumas. Saat berkunjung ke Banyumas, jelas agrowisata ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang seru bersama keluarga. Tidak hanya mendapatkan kesempatan membawa pulang anggur, namun juga memperoleh ilmu berkebun anggur sehingga Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Menyenangkan dan penuh ilmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.