Inilah Kekayaan Alam Kabupaten Cilacap dan Potensi Daerahnya

oleh -474 views
kekayaan alam kabupaten cilacap

Salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal akan pesona keindahan dan kekayaan alamnya adalah Cilacap. Daerah ini memang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Selain itu, kekayaan alam Kabupaten Cilacap juga sangat beragam dan menjadi kebanggaan masyarakatnya. Lalu, seperti apa kekayaan alam tersebut? Inilah ulasan selengkapnya untuk Anda. 

Profil Daerah Cilacap, Jawa Tengah 

kekayaan alam kabupaten cilacap
(sumber gambar: infocilacap.net)

Cilacap merupakan nama dari salah satu kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Daerah ini memiliki luas daerah sekitar 225.360.840 hektar atau mengambil persentase sebesar 6,94% luas wilayah dari Jawa Tengah. Secara batas wilayah, Cilacap berbatasan langsung dengan beberapa daerah lain seperti Kabupaten Brebes, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Kebumen. 

Karena berbatasan langsung dengan Jawa Barat, daerah ini juga menjadi daerah pertemuan dari 2 (dua) budaya yang berbeda. Budaya pertama adalah Banyumasan dan kedua adalah Budaya Sunda (Priangan Timur). Atas alasan inilah daerah Cilacap memiliki keberagaman bahasa dan adat istiadat yang sangat kaya. Masyarakatnya sangat dekat dengan kebudayaan mereka, namun juga tidak menutup diri terhadap kemajuan teknologi. Untuk itulah gaya hidup yang ada cukup modern dan seiring dengan kemajuan zaman. 

Kekayaan Alam Kabupaten Cilacap 

Sebagai daerah yang memiliki letak geografis yang strategis, Cilacap memang dilimpahi kekayaan alam yang luar biasa. Wilayah bagian selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga membuat Cilacap sangat kaya dengan sumber daya alam kelautan. Baik itu dari segi hasil lautnya maupun dari segi pariwisatanya. Tidak hanya itu, daerah Cilacap yang dekat sekali dengan laut juga menjadi tempat istirahat bagi banyak kapal besar. Inilah yang membuat daerahnya sangat berpotensi jika ingin berkembang ke arah sektor industri. 

Apabila dirumuskan,beberapa kekayaan alam Kabupaten Cilacap yang paling utama adalah sebagai berikut: 

1. Sumber Daya Mineral 

Daerah Cilacap, terutama bagian pesisir memiliki kekayaan alam berupa mineral yang sangat baik. Mineral ini berupa mineral yang pengelolanya adalah PT. ANTAM. Selain itu, di daerah Cilacap juga kaya dengan bahan galian golongan C. 

Bahan galian C merupakan golongan penambangan yang memiliki bentuk rupa berupa pasir, kerikil, marmer, kaolin, granit, tambang tanah, dan lain sebagainya. Di daerah Cilacap, bahan galian C yang paling utama adalah andesit, bentonit, batu gamping, dan juga lempung. 

2. Air Tanah 

Kekayaan alam Kabupaten Cilacap selanjutnya adalah air tanah. Ini disebabkan air tanah dangkal yang ada di Cilacap memiliki kualitas air yang cukup baik sehingga bisa membuatnya sangat bermanfaat untuk kehidupan dan kebutuhan masyarakat Cilacap. Air tanah ini terutama berada pada endapan sungai purba yang ada di daerah Selatan Maos, Karangkemiri, dan timur Adipala. Selain itu juga berasal dari endapan pematang pantai lama. 

Tidak hanya air tanah dangkal, ada juga air tanah dalam yang berasal dari daerah Cilacap. Kualitas air tanah yang dalam ini berasal dari bagian timur aliran Kali Serayu. Mengingat ini merupakan endapan terdalam dari cekungan air tanah yang ada di Cilacap. Dengan sumber daya air tanah yang melimpah, kebutuhan air bersih masyarakatnya bisa terpenuhi dengan baik dan tidak kekurangan. 

3. Sektor Perikanan Laut 

Seperti yang sudah sedikit kami singgung pada bagian sebelumnya, Cilacap berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Inilah yang membuat Cilacap sangat kaya dengan sumber daya alam kelautan. Hasil kelautan ini sangat melimpah dan bisa menjadi sumber daya alam yang sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. 

Hasil tangkapan laut yang besar setiap harinya sangat bermanfaat untuk masyarakat konsumsi. Selain itu, sektor kelautan ini membuat banyak masyarakat Cilacap yang tinggal khususnya pada daerah pesisir memiliki profesi sebagai para nelayan. 

4. Pariwisata Kelautan 

Kekayaan alam Kabupaten Cilacap tidak hanya berhenti pada hasil tangkapan lautnya saja. Daerah Cilacap memiliki cukup banyak kawasan pantai yang semuanya memiliki keindahan luar biasa. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama sekaligus menjadi bentuk kekayaan alam yang sangat luar biasa. Dari sektor pariwisata inilah kemudian banyak masyarakat daerah Cilacap yang juga menggantungkan kehidupan mereka pada sektor yang satu ini. 

Jika Anda sedang berkunjung ke Cilacap, Anda bisa melihat sendiri bukti betapa indahnya berbagai destinasi pantai di daerah Cilacap tersebut. Sebut saja Pantai Teluk Penyu, Pantai Sodong, Pantai Kamulyan, Pantai Widarapayung, Pantai Nusakambangan, Pantai Kali Kencana, dan Pantai Menganti. Semua pantai ini memiliki keindahan dan eksotismenya masing-masing yang membuatnya selalu ramai oleh wisatawan. 

Secara tidak langsung adanya potensi pariwisata pantai ini juga menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar. Seperti contohnya masyarakat yang bekerja dengan membuka tempat makanan, oleh-oleh, atau penginapan di daerah sekitar pantai tersebut. Tentu saat wisatanya ramai, maka usaha mereka juga akan ramai. Inilah yang menjadi potensi dari daerah Cilacap yang sangat besar. 

Potensi Daerah Cilacap 

kekayaan alam kabupaten cilacap
(sumber gambar: kominfo.cilacapkab.go.id)

Dengan melihat kekayaan alam Kabupaten Cilacap yang sangat besar, tentu potensi dari daerah ini sangat besar. Sayangnya, masih belum sepenuhnya potensi tersebut bisa dikembangkan oleh pemerintah. Hingga saat ini pemerintah masih terus berupaya menggenjot potensi di Cilacap salah satu caranya adalah dengan membangun infrastruktur daerah yang jauh lebih lengkap. Seperti pembangunan jalan tol berskala besar dan lain sebagainya. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa daerah kota dan kabupaten yang ada di Cilacap memiliki kegiatan ekonomi yang cukup berbeda. Berikut adalah perbedaannya:

1. Kota Cilacap 

Kota Cilacap adalah sebutan bagi ibukota Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Daerah ini memiliki luas sekitar 50 km² dan memiliki 3 (tiga) kecamatan, yaitu Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara. Untuk daerah kota, kegiatan perekonomian masyarakatnya lebih terpusat pada sektor industri. Cilacap sendiri memang merupakan salah satu kota industri yang cukup besar di Jawa Tengah. Kegiatan perindustrian di Cilacap terutama lebih berkembang sejak berdiri dan diresmikannya Kilang Minyak Pertamina pada tahun 1976 silam. 

Dari situlah Kota Cilacap mulai menggeliat sektor industrinya dan banyak masyarakat yang memiliki pekerjaan berpusat pada sektor tersebut. Banyak sekali berdiri perusahaan dan pertokoan pada sepanjang jalanan Kota Cilacap. Sektor jasa juga semakin besar dan ramai sejak berdirinya banyak bank baru. 

Meski begitu, sebenarnya sektor ini masih bisa lebih dimaksimalkan lagi. Pemaksimalan sektor industri Cilacap juga sangat penting untuk mengurangi jumlah masyarakat yang memilih bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran. Kebanyakan dari masyarakat tersebut memilih untuk bekerja di bidang tersebut karena tergiur akan penghasilan yang jauh lebih besar daripada hanya di daerah Cilacap saja. 

Dari para pekerja migran inilah setiap tahunnya Cilacap mendapatkan banyak sekali sumbangan devisa. Beberapa daerah yang sangat banyak menjadi tujuan adalah beberapa negara di Asia. Seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, dan juga Brunei Darussalam. Kantor imigrasi yang berdiri di Cilacap juga selalu ramai untuk melayani kebutuhan masyarakat yang memang ingin bekerja sebagai TKI. 

2. Kabupaten Cilacap 

Dari informasi sebelumnya bisa Anda lihat bahwa kekayaan alam Kabupaten Cilacap memang lebih terpusat pada hasil kelautan dan juga pariwisata. Inilah juga yang membuat banyak masyarakat daerah kabupaten yang kemudian bekerja sebagai nelayan dan menggantungkan kehidupan mereka pada hasil kelautan. Tidak hanya dari segi hasil laut, masyarakat kabupaten juga bertumpu pada sektor pariwisata dengan membuka usaha dan berkecimpung di pekerjaan yang lebih menonjolkan bidang jasa. 

Jasa tersebut memang sangat dibutuhkan terutama di kawasan pariwisata yang ramai oleh wisatawan. Selain sektor kelautan, banyak juga masyarakat kabupaten yang bekerja sebagai petani. Pasalnya, pertanian juga menjadi salah satu sektor perekonomian yang sangat besar di daerah Cilacap. Baik itu hasil pertanian yang berupa makanan pokok atau hasil tani berupa buah-buahan dan juga sayuran. 

Nah itulah uraian lengkap tentang kekayaan alam Kabupaten Cilacap. Dari informasi ini bisa Anda lihat bahwa Cilacap memiliki sumber daya alam yang sangat besar dan juga masih sangat terbuka lebar potensinya. Pemerintah sendiri diharapkan bisa terus senantiasa mendorong pemaksimalan potensi yang ada di Cilacap terutama dari sektor industri dan juga pariwisatanya. Dengan begitu, kekayaan alam yang ada bisa dengan maksimal digunakan untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.