Kereta Api Cilacap Jakarta, Ini Jadwal dan Harganya!

oleh -373 views
kereta api cilacap jakarta

Kini kereta api sudah menjadi transportasi andalan saat berlibur ataupun urusan bisnis, salah satunya kereta api cilacap Jakarta. Sebab dengan naik kereta api kamu bisa dapatkan sensasi yang berbeda misalkan saja menyaksikan pemandangan serta menikmati udara sejuk sepanjang perjalanan.

Kemudian tarif perjalanan yang lebih terjangkau dengan kereta api membuat banyak sekali masyarakat yang ingin bepergian dengan transportasi ini. Jadi tidak perlu heran, kenapa hingga saat ini pun kereta api masih tetap jadi primadonanya perjalanan.

Supaya kamu lebih paham, bagaimana informasi lengkap kereta api cilacap Jakarta ini, mulai dari tiket kereta hingga jadwalnya maka kamu bisa simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Kereta Api Cilacap Jakarta

Cilacap merupakan kabupaten sekaligus kota yang terletak di bagian barat daya Jawa Tengah. Cilacap sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes dan Banyumas sebelah utara lalu di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen.

Tentu saja ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Kota Cilacap. Apalagi kalau bukan destinasi wisatanya yang cukup melimpah dan masih banyak belum tereksplor oleh para traveler padahal tersimpan segudang pesona alam yang menakjubkan.

Nah apabila kamu akan berkunjung ke Kota Cilacap dari arah Jakarta, tentu saja bisa gunakan sarana transportasi yang bermacam-macam, mulai dari pesawat, mobil pribadi, atau kereta api.

Akan tetapi, diantara banyaknya transportasi di atas pengunjung lebih cenderung untuk memiliki kereta api sebagai alat transportasinya. Lalu untuk pemesanannya pun juga sangat mudah karena cukup lewat online saja kamu sudah bisa memilih kelas kereta api sesuai keinginan.

Selain itu, juga terdapat berbagai promo tiket kereta api Cilacap Jakarta yang tersedia sesuai kebutuhan. Untuk itu, segerakan cari tiket kereta kamu dan mulailah untuk mempersiapkan petualangan di Kota Cilacap.

Stasiun Jakarta

Jakarta sendiri mempunyai 50 stasiun, dimana dua stasiun utama khusus perjalanan jarak jauh lintas pulau Jawa yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Stasiun Pasar Senen telah ada sejak tahun 1886 yang mana fungsi utamanya yaitu sebagai stasiun logistic dan termasuk sebagai stasiun pertama yang di Jawa dengan platform tingkat tinggi, kira-kira hampir mirip dengan stasiun Belanda.

Sedangkan Stasiun Gambir telah ada sejak 16 September 1871. Untuk pembukaan jalur pertamanya terbentang dari pelabuhan Tua Sunda Kelapa lalu ke selatan yang sekarang daerahnya bernama Kawasan Gambir.

Sekarang kedua stasiun ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas atas yang pastinya sangat nyaman sekali digunakan. Kamu pun bisa beristirahat sejenak atau bisa juga menginap di hotel yang lokasinya di dekat stasiun.

Stasiun Cilacap

Adapun stasiun cilacap ini merupakan stasiun kereta api yang paling selatan dari Pulau Jawa dan lokasinya ada di Sidakaya, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian juga telah terdaftar sebagai stasiun dengan kelas I dan memiliki 5 jalur kereta api.

Untuk stasiun cilacap ini melayanai 2 penumpang yaitu Wijayakusuma menuju Ketapang dan Purwojaya menuju Gambir.

Bisa kita katakan kalau cilacap adalah destinasi yang lumayan irit ongkos, sebab kamu bisa bepergian dengan kereta api yang pastinya akan membuat liburan lebih hemat. Apalagi jika kamu berhasil mendapatkan tiket kereta murah Jakarta – Cilacap.

 Perjalanan Kereta Api Cilacap – Jakarta

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan selama melakukan perjalanan dari Jakarta ke Cilacap, misalkan saja seperti durasi perjalanan yang ditempuh serta hal menarik yang terdapat di kota tujuan tersebut.

Apabila kamu sudah tahu berapa waktu yang dibutuhkan selama perjalanan tentu kamu bisa memilih keberangkatan jam berapa sehingga tidak akan telat sampai kota tujuan apabila ada pertemuan penting atau keperluan mendesak lainnya.

Adapun beberapa hal yang seringkali ditanyakan saat membahas detail perjalanan kereta api cilacap Jakarta ini antara lain.

1.    Berapa lamakah perjalanan dari Kota Jakarta menuju Cilacap?

Untuk rata-rata waktu tempuh yang kamu perlukan dalam melakukan perjalanan dari Jakarta – Cilacap yaitu 5 jam 39 menit.

2.    Berapa biaya tiket kereta dari Jakarta – Cilacap?

Tiket kereta api Jakarta – Cilacap yang paling murah adalah Rp. 67.000 dengan kelas ekonomi. Namun, kamu masih bisa dapatkan harga yang jauh lebih murah dari itu apabila melakukan pemesanan lebih awal lewat online.

3.    Jam berapakah kereta pertama dan terakhir dari Jakarta menuju Cilacap?

Jam keberangkatan kereta pertama jurusan Jakarta – Cilacap yaitu pukul 09.15 WIB lalu kereta terakhir akan berangkat pada pukul 21.25 WIB. Pastikan kamu memilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan kebutuhan ya.

4.    Berapakah jarak antara Kota Jakarta dengan Cilacap?

Kamu akan menempuh jarak dari Jakarta menuju Cilacap sepanjang 381 km.

5.    Apakah ada hal yang menarik dari rute ini?

Tak bisa dipungkiri, ternyata rute kereta api Jakarta – Cilacap masih saja digemari oleh masyarakat saat pulang ke kampung halamannya, apalagi jika sudah memasuki bulan Ramadhan.

Ada banyak ragam objek wisata yang dapat kamu jumpai disini seperti gunung, curug, taman, perbukitan, dan telaga. Nantinya selama di perjalanan kamu juga akan diperlihatkan dengan berbagai pemandangan indah apalagi keberangkatan yang dipilih pagi atau siang hari.

Tentu saja kamu mendapatkan peluang untuk menyaksikan hamparan sawah serta megahnya pegunungan sepanjang perjalanan ke Cilacap

Semoga jawaban pertanyaan diatas sekiranya dapat membantu kamu untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Jadwal Kereta Api Cilacap Jakarta

Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan kereta api dari Cilacap dengan kota tujuan Jakarta, sekarang bisa cek jadwal pastinya disini ya.

StasiunKedatanganKeberangkatan
Stasiun Cilacap14.30 WIB
Stasiun Maos14.55 WIB14.58 WIB
Stasiun Kroya15.12 WIB15.30 WIB
Stasiun Purwokerto15.57 WIB16.10 WIB
Stasiun Cirebon18.05 WIB18.15 WIB
Stasiun Bekasi20.41 WIB20.43 WIB
Stasiun Jatinegara21.00 WIB21.01 WIB
Stasiun Gambir Jakarta21.18 WIB
Jadwal keberangkatan kereta api cilacap jakarta

Supaya tidak ketinggalan kereta, usahakanlah untuk datang lebih awal kurang lebih satu jam sebelum keberangkatan. Sebab bisa saja jadwal keretanya lebih maju ataupun mundur.

Bayangkan saja apabila kamu terlambat datang dan jadwal kereta ternyata lebih awal? Pastinya sangat rugi sekali kan, baik dari segi waktu maupun biayanya.

Karena kini masih di tengah pandemi, PT KAI mewajibkan seluruh penumpang untuk mematuhi semua protocol kesehatan yang PT. KAI syaratkan seperti kewajiban untuk mengenakan masker, menerima vaksin dosis 1, mengenakan baju panjang. dan juga syarat bebas covid-19.

Itulah tiket dan jadwal keberangkatan kereta api cilacap Jakarta. Semoga informasi tersebut bisa membantu perjalanan kamu menuju kota yang kamu inginkan dengan selamat dan tepat waktu.

Jika ada hal lain yang ingin kamu tanyakan, bisa langsung menghubungi pihak KAI melalui email dokumen.do3@kai.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.