Kolam Renang di Cilacap yang Cocok untuk Liburan Keluarga

oleh -422 views
kolam renang di cilacap

Salah satu kegiatan yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang sekaligus rekreasi adalah berenang. Selain membuat rileks, berenang juga menjadi ajang olahraga yang seru dan menyenangkan. Bagi Anda yang tinggal di Cilacap, atau akan mengunjungi kota ini maka wajib tau beberapa kolam renang di Cilacap.

Sebab selain pantai, kolam renang yang ada di Cilacap juga terbilang beragam dan menawarkan berbagai fasilitas. Lalu, apa saja destinasi kolam renang tersebut? Yuk, simak daftar selengkapnya berikut ini!

6 Kolam Renang di Cilacap

kolam renang di cilacap
(sumber gambar: terbitan.com)

Jika Anda berniat untuk berenang, inilah beberapa kolam yang bisa Anda kunjungi:

1. Taman Sari Waterpark

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi untuk berenang adalah Taman Sari Waterpark. Bagi warga Cilacap, kolam renang yang satu ini pasti sudah familiar karena memang memiliki fasilitas dan wahana air yang cukup lengkap. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa menikmati berbagai ukuran kolam renang yang tersedia.

Kolam renang untuk dewasa maupun untuk anak-anak bisa dengan mudah Anda gunakan. Selain itu, wahana air yang ada juga bisa menjadi ajang permainan yang seru bagi anak-anak, seperti misalnya perosotan air. Tidak hanya wahana di kolam, namun Anda yang tidak berenang juga tetap bisa menikmati permainan yang seru dan menantang.

Di Taman Sari Waterpark terdapat wahana flying fox yang bisa Anda coba untuk memacu andrenalin. Untuk Anda yang hanya ingin menikmati waktu bersantai dan menunggu anak-anak bermain juga tidak perlu cemas mencari penjual makanan karena sudah terdapat food court di dalam waterpark ini.

Lokasi : Jalan Samapang Buntu KM 5, Kecamatan Sampang, Cilacap, Jawa Tengah

Harga Tiket: Rp. 15.000 untuk hari biasa dan Rp. 20.000 untuk weekend

2. Banyu Pratama Kolam Renang

Kolam renang di Cilacap yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Banyu Pratama. Ini juga merupakan salah satu yang paling populer bagi masyarakat Cilacap. Sebab, sudah sejak lama kolam renang yang satu ini beroperasi dan sudah memiliki tempat di hati masyarakat Cilacap.

Tidak hanya berenang, di Banyu Pratama juga terdapat berbagai permainan dan wahana air yang seru. Sebut saja ember tumpah, perosotan, dan lain sebagainya. Jika Anda mengunjungi saat weekend, maka jangan kaget dengan jumlah pengunjungnya yang membludak. Anda bisa berkunjung mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Lokasi: Jalan Raya Sampang-Sikampuh KM 1, Keongkencana, Sidasari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Harga Tiket: Rp. 15.000 untuk hari biasa dan Rp. 20.000 untuk weekend

3. Waterboom Bandaran Cilacap

Ketika berkunjung ke waterboom yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan aksesnya karena berada di lokasi yang strategis. Anda bisa dengan mudah menjangkaunya baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu, tersedia tempat parkir yang cukup untuk Anda yang membawa rombongan.

Sejak berdiri tahun 2014 lalu, wisata ini memang selalu menjadi andalan bagi warga sekitar khususnya yang tinggal di daerah Gandrungmangu, Cilacap. Luas lahan sekitar 2,273 meter persegi, membuatnya sangat luas dan memiliki banyak fasilitas yang lengkap.

Tidak hanya menikmati kolam renang, namun Anda juga bisa menggunakan berbagai tipe kolam yang berbeda. Mulai dari kolam anak, dewasa, kolam khusus bermain, air mancur, bahkan juga terdapat playground. Untuk fasilitas lain juga tidak kalah lengkapnya.

Disini Anda bisa menemukan restoran, tempat ibadah (musholla), tempat istirahat berupa bangku-bangku kecil, bahkan klinik untuk pengobatan. Dengan banyaknya fasilitas ini, dijamin Anda tidak akan bosan ketika berlibur disini. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB.

Lokasi : Alurbulu, Bulusari, Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Harga Tiket: Rp. 10.000 per orang (Senin-Jum’at), Rp. 15.000 per orang (Sabtu-Minggu), dan Rp. 20.000 per orang (Hari Raya atau Libur Besar Lainnya)

4. Tirta Mas Waterpark

Waterpark Tirta Mas merupakan kolam renang di Cilacap dengan ukuran yang besar dan luas. Bahkan waterpark ini digadang-gadang sebagai kolam renang yang terbesar di Kabupaten Cilacap. Dengan ukurannya yang besar dan luas, Anda bisa menikmati banyak sekali wahana dan fasilitas yang lengkap di lokasi ini.

Beberapa fasilitas yang tersedia adalah kolam yang beragam untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Selain hanya untuk berenang, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana air yang seru, seperti ember tumpah, seluncuran, dan lainnya. Baik anak-anak maupun dewasa tentu bisa menikmatinya. Untuk fasilitas lain seperti food court, tempat duduk, hingga musholla juga tersedia.

Lokasi: Jalan Rinjani, Perumahan, Sidanegara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Harga Tiket: Rp. 15.000 untuk hari biasa dan Rp. 20.000 untuk weekend

5. Sentul Waterpark & Hall

Destinasi kolam renang di Cilacap selanjutnya adalah Sentul Water Park. Kolam renang ini memang masih tergolong baru bagi masyarakat Cilacap. Meski begitu, fasilitas yang bisa Anda nikmati di kolam renang ini tidak kalah dengan tempat lain yang sudah lama beroperasi.

Tidak hanya kolam renang yang beragam, Anda bisa menikmati berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan. Bahkan ada juga istana air yang bisa menjadi lokasi bermain seru untuk anak-anak.

Lokasi: Jalan Gatot Subroto, Sidanegara, Klempang, Gunung Simping, Cilacap, Jawa Tengah

Harga Tiket: Rp. 15.000 untuk hari biasa, dan Rp. 20.000 untuk weekend

6. Dwi Tirta Kolam Renang

Rekomendasi kolam renang di Cilacap yang terakhir adalah Dwi Tirta. Meski tidak memiliki ukuran sebesar beberapa waterpark lainnya, namun kolam renang yang satu ini tetap layak untuk masuk ke bucket list Anda.

Pasalnya, fasilitas dan kenyamanan untuk berenang tetap bisa Anda peroleh di kolam renang Dwi Tirta ini. Disini, Anda bisa rileks menikmati berenang dengan tenang dan nyaman.

Lokasi: Timur Pasar, Cihandiwung Kidul, Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Baca Juga: Wisata Hutan Payau Cilacap: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Tips Berenang yang Aman di Saat Pandemi

kolam renang di cilacap
(sumber gambar: berkeluarga.id)

Seperti yang Anda tahu, saat ini pandemi virus corona masih berlangsung dan belum menunjukkan penurunan yang berarti. Ini membuat Anda harus ekstra berhati-hati ketika memutuskan untuk pergi keluar rumah. Lalu, bagaimana jika ingin berenang?

Berenang memang boleh Anda lakukan ketika pandemi seperti saat ini. Apalagi ada banyak manfaat dari kegiatan berenang yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, resiko penularan virus corona masih tetap ada dan harus Anda waspadai dengan baik.

a. Untuk Para Pengunjung Kolam Renang

Untuk pengunjung kolam, ketika berenang Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Sebisa mungkin tetap terapkan menjaga jarak atau physical distancing dengan orang lain
  • Usahakan untuk memilih kolam renang yang sepi dan menghindari kolam renang yang padat pengunjung karena potensi penularan virus akan jauh lebih besar
  • Selalu bawa perlengkapan kebersihan dan protokol kesehatan dengan lengkap. Mulai dari hand sanitizer dan masker
  • Pakai masker ketika tidak berada di kolam renang
  • Hindari berbagai barang pribadi dengan orang lain. Contohnya handuk, kacamata renang, penutup hidung, atau bahkan ban pelampung dan kickboard
  • Sebelum dan sesudah berenang, selalu cuci dan semprotkan desinfektan pada setiap perlengkapan yang sudah Anda pakai
  • Pastikan juga menggunakan hand sanitizer setiap kali selesai menyentuh benda di area kolam renang
  • Setelah berenang, maka segeralah mandi dan berganti pakaian, kemudian pakai masker
  • Setelah sampai di rumah, bila perlu segera mandi lagi dan ganti baju supaya benar-benar aman ketia masuk rumah

b. Pemilik Kolam Renang

Tidak hanya pengunjung saja yang harus memperhatikan kebersihan kolam, namun pemiliknya juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Pastikan setiap petugas atau staff kolam renang selalu memakai masker dan menjaga jarak
  • Kebersihan area kolam renang harus selalu terjaga
  • Batasi jumlah pengunjung kolam renang sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang terlalu besar
  • Semprotkan desinfektan pada area masuk dan keluar serta beberapa lokasi yang sering ditempati oleh pengunjung
  • Periksa suhu pengunjung sebelum masuk dan menyediakan sarana untuk mencuci tangan

Nah, itulah beberapa lokasi kolam renang di Cilacap yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa, selalu terapkan protokol kesehatan setiap kali Anda sedang berenang ya. Dengan begitu, resiko tertular virus corona bisa dicegah dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.