Wisata Kolam Renang Walik Purbalingga: Lokasi dan Harga Tiketnya

oleh -1,197 views
kolam renang walik purbalingga

Purbalingga adalah salah satu kota yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba. Ini merupakan kabupaten yang berada di Jawa Tengah dengan ibukotanya yang bernama Kota Purbalingga. Banyak yang menjadikan Purbalingga sebagai tujuan wisata karena memang ada banyak sekali destinasi menarik di daerah ini. Salah satunya adalah kolam renang Walik Purbalingga.

Bagi masyarakat sekitar, keberadaan kolam renang ini juga sudah populer dan seringkali ramai oleh pengunjung. Terutama ketika musim liburan tiba. Lalu, berapa harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata ini? Dan apa saja fasilitas yang bisa pengunjung peroleh? Inilah ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Kolam Renang Walik Purbalingga

kolam renang walik purbalingga
(sumber gambar: travelivalda.files.wordpress.com)

Kolam renang Walik Purbalingga juga memiliki sebutan populer sebagai kolam renang Tirto Asri atau kolam renang Walik Kutasari. Nama Walik sendiri berasal dari nama desa yang menjadi lokasi kolam tersebut, yaitu di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Popularitas dari tempat wisata ini tidak terlepas dari tempatnya sendiri yang memang sudah ada sejak dulu.

Kolam renang ini bahkan merupakan salah satu yang tertua yang bisa Anda jumpai di Kabupaten Purbalingga bahkan sampai saat ini. Dulunya memang kondisi kolam dan fasilitasnya masih belum memadai seperti saat ini. Akan tetapi, kemudian dilakukan proses pemugaran dan juga renovasi yang cukup besar, sehingga kolam ini menjadi wisata keluarga yang bagus dan juga modern.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Purwokerto adalah sebuah wilayah yang tidak memiliki pantai dan berada pada bagian kaki Gunung Slamet. Fakta ini membuat kolam renang menjadi pilihan utama bagi masyarkat yang ingin menyegarkan diri dan liburan di wisata air. Nah, kolam renang Walik Purbalingga adalah salah satu yang terpopuler dan menjadi favorit masyarakat sekitar.

Beberapa daya tarik dari kolam renang ini adalah:

a. Mata Air Murni dan Udara Sejuk

Salah satu faktor yang membuat air di kolam renang ini sangat segar adalah karena berasal dari sumber mata air yang berupa telaga. Air di kolam ini juga bebas kaporit sehingga memang kesegarannya sangat terjaga. Tidak hanya itu, air yang ada di kolam ini juga selalu mengalir sehingga membuatnya senantiasa bersih meskipun kolamnya tidak dibersihkan selama beberapa hari.

Lokasi dari kolam renang Walik Purbalingga yang ada di pedesaan juga memiliki pengaruh besar terhadap suasana kolam ini. Ya, memang suasana pedesaan masih sangat terasa ketika Anda berkunjung kesini. Tidak heran jika hawa yang akan Anda rasakan masih terasa sangat asri dan juga sangat cocok untuk tempat rekreasi yang melepas penat.

b. Ada Kolam yang Luas dan Besar

Daya tarik kedua dari kolam ini adalah ukuran kolamnya yang besar dan juga luas. Saat berkunjung kesini, Anda akan berenang di sebuah kolam besar dengan ukuran 20 x 40 meter. Tentu ukuran yang luas ini bisa membuat Anda puas berenang di tempat ini.

Selain itu, kolam ini juga memiliki kolam renang khusus untuk anak dengan kedalaman yang dangkal. Ini tentu membuat anak-anak bisa berenang dengan lebih aman sesuai dengan kemampuan dan juga tinggi badannya masing-masing.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kolam Renang Walik

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, lokasi dari kolam renang ini tepatnya adalah di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jika Anda bingung dengan lokasi pasnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk arah yang bisa dengan mudah Anda install. Seperti contohnya Waze ataupun Google Maps. Setelah itu, cukup masukkan kata kunci “Kolam Renang Walik Purbalingga atau Kolam Renang Tirto Asri”.

Kolam renang ini bisa Anda temukan dari aplikasi tersebut karena memang sudah cukup populer dan bisa Anda cari dengan mudah. Nantinya hanya ikuti saja petunjuk arah dari aplikasi tersebut, maka Anda bisa sampai ke lokasi kolam renangnya dengan tepat. Kolam renang ini sendiri memiliki jam operasional cukup panjang setiap harinya. Mulai dari 05.30 WIB pagi sampai dengan 17.30 WIB sore.

Lalu, berapa harga tiket kolam renang Walik? Untuk bisa memasuki wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harga tiketnya terbilang murah. Untuk hari biasa, tiket per orangnya adalah sebesar Rp. 6.000. Sementara untuk hari Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional maka tiketnya menjadi sebesar Rp. 12.500 per orangnya. Selain tiket, Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk parkir sebesar Rp. 2.000 untuk tiap kendaraannya.

Tentu harga tiket ini tergolong sangat terjangkau mengingat keseruan yang bisa Anda peroleh dari wisata ini terbilang sangat besar. Karena harga tiketnya yang juga murah inilah, para pengunjung kolam ini tidak berasal dari daerah Purbalingga saja. Lebih dari itu, ada juga pengunjung yang berasal dari Purwokerto maupun Banjarnegara.

Fasilitas Kolam Renang Walik

kolam renang walik purbalingga
(sumber gambar: youtube.com)

Kolam renang Walik Purbalingga juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan adalah:

  • Kolam renang yang bersih, luas, dan bebas kaporit sehingga bebas dari potensi iritasi
  • Tempat bersantai bersama keluarga atau untuk istirahat berupa gazebo
  • Tempat untuk parkir kendaraan yang luas
  • Musholla yang bersih dan nyaman
  • Warung atau penjual makanan dan minuman
  • Kamar mandi atau MCK yang bersih

Bahkan Anda pun bisa menjumpai beberapa penginapan yang berdiri disekitar area kolam renang tersebut. Tentu keberadaan penginapan ini bisa menjadi opsi bagi para wisatawan yang memang ingin menghabiskan waktu dengan berlibur dalam waktu yang lama di kolam renang Walik.

Tips Berkunjung ke Kolam Renang Saat Pandemi

Meskipun Anda sudah bisa berenang di kolam renang umum, namun tetap ingat bahwa saat ini kita masih berada dalam situasi pandemi. Artinya, Anda harus tetap berhati-hati agar berenang tetap aman dan tidak membahayakan kesehatan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa tetap aman saat berenang di masa pandemi:

1. Pilih Waktu Ketika Berkunjung

Tips yang pertama, selalu kunjungi kolam renang di jam yang sepi dan tidak terlalu banyak pengunjung. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir adanya kontak fisik dengan orang lain dan berpotensi menularkan virus. Biasanya, waktu terbaik untuk mengunjungi kolam renang saat sepi adalah di pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam.

2. Tetap Terapkan Physical Distancing

Selanjutnya, selalu terapkan jaga jarak dengan pengunjung lain dengan maksimal. Tujuannya sama seperti tips pertama adalah unuk meminimalisir kontak fisik yang bisa berpotensi menularkan virus. Selain itu, hindari juga berbagi perlengkapan renang dengan orang lain.

Misalnya handuk, kacamata renang, penutup hidung, ban, atau lainnya. Sebab tidak menutup kemungkinan barang yang Anda bagi dengan orang lain tersebut justru bis amenjadi medi amenularkan virus. Untuk itu, selalu gunakan barang pribadi Anda sendiri.

3. Segera Mandi Ketika Selesai dan Pakai Masker

Setelah selesai berenang, usahakan untuk selalu segera mandi dan membersihkan diri dengan baik. Mandi yang bersih dengan menggunakan sabun pribadi, lalu ganti baju dengan yang bersih. Jika sudah selesai segera semprotkan desinfektan pada berbagai perlengkapan renang yang Anda sudah gunakan sebelumnya. Hal ini berfungsi untuk mematikan adanya potensi virus yang mungkin bisa menempel pada peralatan renang.

Selain itu, saat sudah tidak berenang selalu pastikan menggunakan masker. Masker sebagai bagian dari protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah adanya virus masuk ke tubuh melalui jalur air liur. Untuk itu, saat Anda tidak sedang berenang pakai lagi masker tersebut agar tetap aman dan proteksi diri menjadi optimal lagi.

4. Pilih Kolam Renang yang bersih

Terakhir, pilihlah kolam renang yang bersih dan petugasnya mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Pasalnya, kedua hal ini sangat berperan penting untuk senantiasa memastikan kesehatan Anda. Jika kolam renang yang Anda gunakan tidak bersih dan petugasnya abai terhadap protokol kesehatan maka hal ini bisa sangat beresiko terhadap kesehatan.

Nah, itulah sekilas informasi tentang wisata kolam renang Walik Purbalingga, mulai dari lokasi, harga tiket, fasilitas, dan daya tariknya. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan disipilin saat berwisata di berbagai tempat umum, termasuk kolam renang. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa tetap sehat dan terlindungi dari potensi paparan virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.