Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by -8 views

Komunikasi Verbal dan Non Verbal – Komunikasi merupakan salah satu hal yang nyaris mustahil untuk tidak dilakukan dalam kehidupan sosial, karena seperti tujuanya yang ada dengan komunikasi banyak pesan yang bisa tersampaikan, menghibur, mendidik, perubahan pendaapat dan masih banyak lagi yang mana hal tersebut sangatlah diperlukan dalam banyak aspek kehidupan. Ada beberapa cara untuk berkomunikasi, bisa komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal. Yuk kita cari tahu secara lengkap mengenai komunikasi verbal dan non verbal, Check this out!

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Pada intinya komunikasi verbal dan non verbal adalah proses penyampaian pesan atau pertukaran pikiran dari penyebar pesan kepada penerima pesan dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Namun pesan tersebut dikemas dengan menggunakan kata-kata (verbal) serta tanpa kata-kata (non verbal), hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan tersebut.

Jadi komunikasi secara verbal dapat dilakukan dalam bentuk lisan maupun tulisan, sedaangkan komunikasi non verbal secara umum menggunakan bahasa tubuh seperti raut wajah, Gerakan tangan, Gerakan kepala, serta tindakan lainya.

Fungsi Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari adanya komunikasi verbal dan non verbal

1.Fungsi Komunikasi Verbal

  • Alat Sosialisasi yang Efektif

Keberadaan komunikasi verbal sangat efektif untuk menyampaikan sebuah maksud, fleksibel, serta bermanfaat untuk bersosialisasi. Seperti misalnya berdiskusi, mengobrol, menyapa, serta hal sosial lainya bisa dilakukan dengan komunikasi verbal.

  • Penamaan

Komunikasi verbal berfungsi untuk memudahkan dalam mengidentifikasi suatu objek, benda, ataupun orang.

  • Artikulasi dan Intonasi lebih menonjol

Dengan menggunakan komunikasi verbal dapat membuat perbedaan artikulasi sehingga menghasilkan artikulasi berbeda yang dihasilkan dari penggunaan bahasa serta intonasi

  • Interaksi serta Transmisi Informasi

Komunikasi verbal digunakan sebagai pertukaran ide, dengan komunikasi verbal sobat bisa menyampaikan innformasi, maksud, empati serta hal lain yang menggunakan kata-kata

2.Fungsi Komunikasi Non Verbal

  • Substitusi

Keberadaan komunikasi verbal memiliki fungsi substitusi yaitu penggantian lambing verbal. Ketika seseorang tidak menggunakan bentuk verbal untuk berkomunikasi, maka orang tersebut akan menggantinya dengan non verbal. Substitusi tersebut bisa terjadi karena fungsi dari pesan nonverbal yang disampaikan sudah cukup mudah dan jelas di maknai oleh lawan bicara. Seperti misalnya, tanpa perlu mengucapkan sepatah kata apapun seseorang dapat menganggukan kepala sebagai tanda setuju akan hal tersebut

  • Kontradiksi

Kontradiksi merupakan penolakan pesan verbal atau pemberian makna lain pada pesan verbal yang disampaikan. Kontradiksi ini berfungsi sebagai humor atau sindiran. Seperti misalnya sobat memuji prestasi orang lain sambil mengolok-olok

  • Aksentuasi

Fungsi dari komunikasi non verbal aksentuasi berupa penegasan pesan verbal atau memperkuat makna verbal dalam menggunakan isyarat nonverbal. Contohnya ketika seseorang kesal dan marah maka sering kali membanting benda, menutup sesuatu dengan keras, atau memukul meja.

Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

1.Komunikasi Nonverbal bersifat sinambung, sedangkan Komunikasi verbal tidak sinambung (discontinuous)

Komunikasi nonverbal baru berhenti jika orang yang terlibat di dalamnya meninggalkan suatu tempat. Akan tetapi jika tubuh, wajah, serta kehadiran sobat masih bisa dipersepsikan oleh orang lain atau diri kita sendiri maka komunikasi nonverbal dapat terjadi. Hal ini berbeda dengan simbol dan kata-kata dalam komunikasi verbal yang mempunyai titik awal serta akhir yang pasti.

2.Komunikasi Verbal Terstruktur, sedangkan komunikasi non verbal tidak terstruktur

Pada komunikasi verbal mempunyai hukum atau aturan tata bahasa serta sangat terstruktur. Sedangkan pada komunikasi non verbal hampir tidak ada struktur formal yang mengarahkan komunikasi.

Karena yang sering terjadi pada komunikasi non verbal adalah tidak disadari, tanpa adanya urutan-urutan kejadian.

3.Komunikasi verbal bersifat Linguistik, sedangkan komunikasi nonverbal bersifat nonlinguistik

Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari sejarah, asal-usul, struktur serta ciri-ciri fonetik dari bahasa. Jadi linguistik ini mempelajari macam-macam segi bahasa verbal, yaitu suatu sistem dari lambing-lambang yang telah diatur pemberian maknanya.

Sedangkan pada komunikasi non verbal, karena tidak terdapat struktur yang khusus maka sulit untuk memberi makna pada lambang.

4.Komunikasi verbal didapat dengan cara dipelajari, sedangkan komunikasi non verbal jarang dipelajari

Seperti yang kita lihat, bahwasanya jarang sesekali seseorang yang diajarkan cara untuk berkomunikasi secara nonverbal. Biasanya hanya melalui proses  mengamati dan mengalami, bahkan ada juga pendapat yang menyebutkan bahwasanya manusia terlahir dengan naluri-naluri dasar nonverbal. Berbeda dengan komunikasi verbal, ini merupakan sesuatu yang harus dipelajari.

Baca juga :https://cilacap.org/cara-berkomunikasi-dengan-anak/

Akhir Kata

Nah jadi itu dia sedikit penjelasan mengenai  apa itu Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Fungsi Komunikasi verbal dan non verbal, serta perbedaan dari keduanya. Semoga artikel di atas bisa menambah pengetahuan sobat semua ya untuk memahami komunikasi verbal dan non verbal 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.