7 Manfaat Ziarah Makam Wali di Cilacap Sebagai Media Pengenalan Spiritual

by -96 views
makam wali di Cilacap
(sumber gambar : suaranahdliyin.com)

Bagi umat Islam, tentunya melakukan ziarah menjadi salah satu kebiasaan baik. Di mana ziarah merupakan kegiatan berkunjung ke tempat yang dianggap mulia untuk berkirim doa. Salah satu lokasi yang menjadi pilihan pengunjung adalah makam wali di Cilacap.

Di sana Anda akan diajak untuk melakukan aktifitas doa bersama dan beberapa kegiatan islami lainnya. Tentu saja jika aktivitas ini dilakukan dengan khidmat dan atas dasar mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai peringatan. Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari ziarah makam wali di Cilacap.

Melalui artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap apa saja manfaat yang bisa pengunjung dapatkan secara lengkap dan detail. Tentunya dalam konsep religi untuk menunjang semangat beribadah lebih kokoh lagi.

Manfaat Ziarah Makam Wali di Cilacap

Beberapa manfaat ziarah makam wali di Cilacap antara lain :

1. Pengingat Terhadap Kematian yang Bisa Datang Kapan Saja

makam wali di Cilacap
(sumber : twitter.com)

Anda sebagai pengunjung tentu paham bahwa ziarah merupakan aktivitas mendatangi kuburan dengan tujuan baik. Bagi umat Islam melakukan ziarah akan mendatangkan manfaat yaitu sebagai pengingat terhadap kematian yang bisa datang kapan saja.

Jika pengunjung ingat terhadap kematian yang tidak memandang siapa, kapan, dan di mana akan membuat setiap orang meningkatkan ibadahnya. Sebab, pada akhirnya yang akan dibawa mati menghadap Allah SWT adalah amal dan ilmu bermanfaat.

Apalagi berkunjung ke makam wali di Cilacap bisa mendatangkan karamah cukup besar. Mengingat umat yang notabene dikasihi oleh Allah SWT saja pada akhirnya berakhir di dalam bumi, lantas Anda sebagai manusia biasa akan bertindak sejauh apa? Hal-hal seperti ini bisa menjadi salah satu pengingat serta dorongan untuk menjadi manusia lebih baik lagi.

2. Wisata Sejarah

Kenapa berkunjung ke makam wali di Cilacap bisa menjadi salah satu media pembelajaran atau wisata sejarah? Karena dengan mengenal dan mengingat bagaimana wali Allah berusaha menyebarkan Islam dengan baik akan menimbulkan perasaan kagum dan ingin memperbaiki diri.

Anda juga bisa memulainya dengan meneladani apa saja yang sudah dilakukan oleh wali Allah dalam menjalankan ibadah. Jika dulu wali Allah SWT membuktikan ketaatan dengan menyebarkan agama Islam ke seluruh pelosok negeri. Maka, saat ini cara Anda taat kepada Allah SWT yaitu dengan tidak melanggar larangannya.

Anda bahkan bisa belajar dari kisah kerajaan Majapahit. Di mana, seorang raja pada akhirnya memilih untuk masuk Islam karena melihat agama Allah sangat lembut dan santun. Oleh karena itu, berkunjung ke makam wali di Cilacap sangat penting untuk meningkatkan kualitas ibadah.

3. Berdoa di Sekitar Makam Wali di Cilacap Mendatangkan Nilai Mustajab

Manfaat lain yang bisa pengunjung rasakan ketika berada di makam wali di Cilacap adalah terasa lebih dekat dengan sang pencipta. Aura tersebut mungkin datang karena wali Allah memiliki sebuah karomah tersendiri. Sehingga jika Anda berkunjung ke sana dan berdoa atas ijin Allah SWT, maka nilai mustajab bisa dirasakan.

Salah satu fakta yang bisa Anda jadikan pengalaman, bahwa praktik doa pada makam wali di Cilacap maupun wali lainnya pernah dilakukan oleh Syeikh Abdul Qadir Jaelani. Selain itu, para sufi di masa lampau serta Syeh Jalaluddin Rumi juga pernah menerapkannya.

Pasalnya, berdasarkan para ahli sufi menyatakan bahwa ruh para wali Allah sesungguhnya diberi keistimewaan sehingga bisa pergi ke mana saja. Termasuk merubah wujudnya menjadi manusia sempurna dalam suatu waktu.

Jika Anda berdoa dengan sungguh-sungguh, serta mendoakan para wali Allah SWT dan mengirimkan shalawat atas nabi Muhammad SAW. Maka, mereka akan turut mendoakan dan mengamini doa orang-orang yang bertawasul kepadanya.

Namun, Anda tetap harus ingat bahwa setiap orang yang sudah tidak bernyawa hanya berharap kiriman doa terbaik. Anda sebagai pengirim doa para waliyullah, akan mendapatkan karomah atas apa yang sudah dilakukan. Pasalnya, Anda tidak meminta kepada wali melainkan kepada Allah SWT yang memberikan karomah melalui perantaranya.

4. Membangkitkan Semangat Ketaqwaan

Mungkin bagi sebagian orang mengunjungi makam wali hanya sebatas ziarah pada umumnya. Namun, lebih daripada itu Anda bisa mendapatkan banyak keajaiban. Jika Anda datang dengan tujuan baik, mendoakan beliau dan berharap menjadi pribadi lebih taat setelah berkunjung ke makam wali di Cilacap.

Maka, atas izin Allah SWT seluruh permohonan tersebut akan dengan mudah terjadi. Pasalnya, beberapa orang yang pernah hidup penuh dengan dosa, ketika melakukan kegiatan rohaniah dengan berkunjung ke makam wali. Perilakunya seakan berubah total dan menjadi orang lebih baik lagi.

Hal ini termasuk dalam kuasa Allah SWT yang bisa Anda jadikan salah satu media pemanfaatan wisata religi untuk meningkatkan ketaqwaan. Sebab, pada akhirnya setiap manusia akan kembali kepada-Nya.

Semangat ketaqwaan ini memang tidak akan terjadi spontan dan langsung berkelanjutan. Setiap manusia seringkali merasa khilaf pada beberapa hal. Oleh karena itu, jika sudah merasa melakukan kesalahan dan menyadari hal tersebut.

Anda bisa langsung beristighfar dan memohon ampun kepada-Nya. Mengingat bagaimana para wali dulu melakukan ketaqwaan kepada Allah SWT.

5. Ziarah ke Makam Wali di Cilacap Membawa Ketenangan Hati

makam wali di Cilacap
(sumber gambar laduni.id)

Tidak bisa dipungkiri jika seseorang berada pada lingkungan yang nyaman, sejuk, dan penuh dengan asma Allah serta unsur kebajikan akan timbul perasaan tenang dan menyenangkan. Hal tersebut juga bisa Anda rasakan ketika berkunjung ke makam wali di Cilacap.

Ketika Anda melakukan doa bersama serta dzikir di sekitar makam wali manapun, maka perasaan yang muncul adalah kedamaian. Seakan seluruh beban dalam kehidupan sehari-hari lenyap begitu saja.

Mengapa demikian? Sebab dengan niat suci, tulis, dan berusaha dekat dengan wali Allah SWT serta mengingat bagaimana beliau memperjuangkan Islam. Membuat Anda menyadari bahwa keimanan apa yang sudah Anda miliki belum ada apa-apanya.

Perasaan tenang muncul karena Anda masih memiliki waktu untuk memperbaiki diri selama masih bernapas. Sehingga dzikir serta doa yang Anda panjatkan kepadaNya, akan memberikan ketenangan dan kedamaian baik di dalam hati maupun pikiran.

6. Media Latihan untuk Berangkat ke Tanah Suci

Apakah Anda melakukan aktivitas ziarah makam wali di Cilacap dengan khusyu’ dan khidmat? Sebab, di sana Anda akan lebih banyak melakukan aktivitas berdzikir dan berdoa bersama, sehingga bisa lebih dekat dengan yang maha pencipta.

Selain itu selama proses dzikir dan doa bersama dilakukan, seluruh pengunjung wajib melatih konsentrasi terhadap ibadah yang sedang berlangsung. Sehingga, hal ini seakan menjadi latihan bagi Anda yang berniat untuk berziarah ke makan Rasulullah SAW di tanah suci Makkah dan Madinah.

Pasalnya saat menunaikan ibadah Haji dan Umrah, Anda wajib untuk khusyu’ serta khidmat. Tujuannya agar Anda mendapatkan ketenangan serta hajat yang Anda inginkan selama di tanah suci segera tercapai. Dan yang paling penting, hal tersebut bisa menjadi salah satu media mendekatkan diri kepada Allah paling efektif sebab berada di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

7. Berkunjung ke Makan Wali di Cilacap Mampu Meningkatkan Nilai Spiritual

Apa jadinya jika seseorang hidup tanpa adanya panutan ilmu agama? Bukankah kehidupan sejauh ini berjalan dengan kesenangan masing-masing, tanpa ada larangan? Jika berlanjut maka hal tersebut akan merusak moral serta kehidupan bermasyarakat.

Melakukan aktivitas ziarah makam wali di Cilacap akan memberikan manfaat dalam peningkatan nilai spiritual. Tujuannya agar tidak mengalami kekeringan nilai rohani dalam menjalani kehidupan.

Anda bisa merasa lebih tenang dengan tatanan agama yang sudah diatur sedemikian rupa. Melihat bagaimana sejarah perkembangan agama yang sangat panjang. Hal tersebut menjadi salah satu pembelajaran terbaik agar keyakinan serta kecintaan terhadap agama bisa lebih mantap kembali.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung di makam wali. Pastikan Anda mengikuti setiap tata cara masuk serta berdoa agar mendapatkan ketenangan dengan melakukannya secara khidmat. Sehingga keseluruhan manfaat di atas bisa Anda dapatkan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.