Tempat Makanan Enak di Cilacap yang Cocok untuk Wisata Kuliner

by -69 views
makanan enak di cilacap

Selain memiliki banyak destinasi wisata alam maupun buatan yang seru, Cilacap juga memiliki banyak kuliner lezat. Tentunya ini akan sangat cocok para pecinta kuliner. Apalagi berbagai tempat makanan enak di Cilacap ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Lalu, apa saja tempat makan itu? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini! 

9 Tempat Makanan Enak di Cilacap Terbaik 

Tidak perlu bingung mencari tempat makan yang enak selama di Cilacap. Pasalnya, Anda bisa menemukan banyak sekali penjual makanan enak di daerah ini. Kuliner asli Cilacap pun sangat beragam, mulai dari Brekecek, Tahu Brontak, Sate Martawi, Nasi Leles, dan lain sebagainya. 

Inilah beberapa tempat makan yang bisa Anda datangi selama di Cilacap: 

1. Sate Martawi 

makanan enak di cilacap
sumber gambar: jateng.tribunnews.com

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, salah satu kuliner khas dari Cilacap adalah Sate Martawi. Pada dasarnya, ini adalah warung sate ayam yang sangat terkenal di Cilacap. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk mencicipi olahan sate yang lezat dan juga unik. Berbeda dari sate ayam kebanyakan, sate ini justru akan menggunakan 2 buah tusuk pada saat pembakarannya. 

Selain itu, sate ini juga terkenal akan dagingnya yang lebih gurih dan juga empuk. Saat menyantap sate ini Anda bisa memakannya dengan bumbu kacang yang terpisah. Agar lebih kenyang Anda pun bisa memakannya bersama dengan lontong. 

Lokasi: Jalan Brigjen. Katamso No.56, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

2. Warung Bang Jul Kroya 

Selanjutnya Anda juga bisa mencoba pergi ke warung Bang Jul Kroya yang juga cukup populer di Cilacap dan sekitarnya. Pada dasarnya, ini adalah sebuah warung yang menjual berbagai masakan khas Jawa Tengah dengan rasa yang otentik dan juga terkenal lezat. Harga tiap menunya juga masih tergolong murah sehingga sangat cocok untuk tempat makan bersama keluarga dan rombongan. 

Selain itu, tempat makan ini juga memiliki area yang besar dan juga tempat yang nyaman. Inilah yang membuat Anda bisa menikmati kuliner Jawa Tengah dengan lebih menyenangkan. Saat berkunjung kesini sebaiknya hindari jam makan siang karena pasti sudah ramai oleh pembeli. 

Lokasi: Jalan Buntu-Kroya, RT.2/RW.1, Karangmajagilap, Mujur, Kec. Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

3. Sambel Ndower Angkringan 

Jika Anda ingin pergi ke tempat makan yang menyajikan menu sate-satean yang lezat, maka Sambel Ndower Angkringan bisa menjadi opsi yang tepat. Disini tersedia berbagai menu sate khas angkringan lengkap dengan minuman dan makanannya. Tempat ini sangat seru untuk dikunjungi terutama jika Anda kesini pada saat malam hari. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berbincang dan bercengkrama dengan keluarga sembari menikmati suasana Cilacap di malam hari. 

Lokasi: Jalan Dr Soetomo, Karangcengis, Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 

4. Rumah Makan Sari Laut 

Sebagai daerah yang dekat dengan laut, menu seafood memang bisa dengan mudah Anda temukan saat berkunjung ke Cilacap. Salah satu tempat makan yang menyajikan masakan hasil laut dengan rasa yang lezat adalah Rumah Makan Sari Laut. Ini merupakan sebuah restoran seafood yang berada di daerah Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Tempat makan ini menyajikan banyak sekali menu masakan yang cukup lengkap. 

Beberapa menu yang terkenal adalah sop ikan, brekecek ikan, ikan saus padang, ikan asam manis, ikan bakar,, kepiting, udang, dan lain sebagainya. Selain itu, dari segi harga tempat makan ini juga tergolong masih terjangkau dan bisa menjadi andalan tempat makan yang seru bersama keluarga. Tempatnya juga luas dan juga nyaman. 

Lokasi: Jalan Dr Soetomo, Karangcengis, Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap

5. Mie Anglo Pak Trisno 

makanan enak di cilacap
sumber gambar: banyumas.tribunnews.com

Siapa sih yang tidak suka mie? Menu ini memang punya banyak sekali penggemar dan bisa diolah menjadi banyak menu masakan yang lezat. Saat pergi ke Cilacap, Anda juga bisa mengunjungi Mie Anglo Pak Trisno yang terletak di kawasan Sidanegara. Tempat ini menyajikan olahan mie Jawa yang lezat dan juga masih sangat otentik. 

Otentiknya rasa mie ini karena proses memasaknya yang masih menggunakan anglo. Selain itu, ada juga daging dan sayuran yang semakin membuat rasa mie Jawa ini sangat khas.Tidak heran jika setiap harinya tempat ini selalu ramai oleh pembeli. 

Lokasi: Jalan Gatot Subroto, Rejamulya, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 

6. Sop Gurame Warung Makan Mbak Lili 

Jika Anda sedang ingin menu berkuah yang lezat, maka sop gurame warung makan Mbak Lili bisa jadi opsi yang tepat. Makanan enak di Cilacap yang satu ini memang terkenal akan menu utamanya yang berupa sop gurame. Perpaduan ikan gurame yang lembut dengan rempah-rempah yang kuat membuat menu ini sangat menyegarkan sekaligus bisa menjadi penghangat saat cuaca sedang dingin. 

Semangkuk sop gurame bisa Anda nikmati dengan tambahan sambal dan juga nasi putih. Harganya juga tidak terlalu mahal dan masih terbilang terjangkau. Inilah yang kemudian membuat banyak orang selalu menyempatkan diri untuk mampir ke warung makan yang satu ini. 

Lokasi: Tanjungsari, Gunung Simping, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 

7. Lesehan Ikan Bakar 70 

Satu lagi tempat makan yang menyajikan menu seafood lezat dan terjangkau, yaitu Lesehan Ikan Bakar 70. Dari luar, tempat makan ini memang terlihat sederhana dan tidak terlalu besar. Akan tetapi, tempat ini selalu ramai oleh pembeli karena memang menu ikan bakar yang tersaji disini sangatlah lezat. Anda bisa memilih banyak jenis ikan untuk dibakar, mulai dari Ikan Kerapu, udang, sotong, dan lain sebagainya. 

Nantinya seafood tersebut akan diolah dengan menggunakan bumbu rempah yang lengkap. Inilah yang kemudian membuat rasa olahan disini sangatlah lezat. Akan tetapi sebagai tips sebaiknya hindari waktu jam makan siang karena tempat ini akan sering ramai oleh pembeli. 

Lokasi: Jalan Pasir Emas, Pandanarang, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 

8.  Warung Sate Inggil 

Selain sate martawi, Anda juga bisa mengunjungi Warung Sate Inggil untuk mencicipi olahan sate ayam yang lezat dan otentik di Cilacap. Disini Anda akan menemukan sate ayam dengan potongan daging yang besar dan bumbu satenya yang sangat legit. Tidak heran jika warung ini seringkali ramai oleh pembeli, khususnya saat jam makan siang. 

Anda juga bisa menyantap sate ayam ini dengan lontong agar semakin kenyang. Bisa juga menambahkan cabai agar lebih pedas dan semakin menggugah selera. Satu porsi sate disini juga terbilang cukup terjangkau sehingga sangat cocok untuk tempat makan bersama keluarga atau rombongan. 

Lokasi: Jalan Flores Nomor 26, Rawapasung, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap

9. Mie Dua Rasa Midura

Terakhir, Anda bisa mengunjungi warung Mie Dua Rasa Midura untuk mencicipi olahan mie yang lezat dan juga otentik. Ciri khas utama dari warung ini adalah mie yang tersaji akan memiliki 2 (dua) rasa, yaitu manis dan juga asin. Sedangkan untuk jenis mienya bisa Anda pilih sesuai selera. Mulai dari kwetiau, mie bihun, mie kuning, dan lain sebagainya. 

Selain olahan mie, tempat makan ini juga menyediakan beberapa menu lain yang tidak kalah lezatnya. Mulai dari masakan kangkung, masakan daging sapi, masakan udang, aneka nasi goreng, cumi-cumi, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jalan Delima Nomor 215 Bonduren, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap 

Nah, itulah beberapa tempat makanan enak di Cilacap. Berbagai tempat makan ini bisa Anda kunjungi agar wisata kuliner di Cilacap makin seru dan menyenangkan. Selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.