9 Makanan Ringan Khas Cilacap yang Wajib Anda Jadikan Oleh-Oleh

oleh -61 views
Makanan ringan khas cilacap

Cilacap merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat luas wilayah cukup besar di Provinsi Jawa Tengah. Memiliki luas wilayah mencapai 6,2% tentunya terdapat makanan ringan khas cilacap yang wajib Anda coba ketika mengunjunginya.

Apalagi jika makanan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau saudara di rumah. Tidak hanya berbagai, Anda telah menunjukkan salah satu nilai lokal daerah lain. Nah, untuk menemukan referensi apa saja makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk pulang. Jangan lupa simak ulasannya secara lengkap berikut ini !

Inilah 9 Makanan Ringan Khas Cilacap

Menjadi salah satu daerah dengan total penduduk yang cukup banyak, tentu membuat cilacap kaya akan kreativitas daerah. Utamanya dalam hal makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan yang berkunjung.

Jika liburan di Cilacap Anda bisa menikmati berbagai makanan khas daerah yang cukup banyak. Kini, Anda tetap bisa membawa pulang beberapa kreasi makanan khas daerah ini. Berikut beberapa rekomendasi makanan ringan khas cilacap yang tidak boleh Anda lewatkan :

1. Gembus

Rekomendasi pertama yang dapat Anda jadikan referensi oleh-oleh untuk saudara di rumah adalah gembus. Roti ini memiliki bentuk menyerupai donat putih, tetapi rasa yang ditawarkan jauh lebih gurih dan nikmat.

Gembus sendiri merupakan jajanan tradisional khas Cilacap. Sehingga akan sangat cocok jika Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Gembus memiliki tekstur yang sangat renyah dan kenyal ketika di makan saat masih hangat.

Anda bisa mencampurkan sambal saon atau bumbu pecel sebagai pelengkap. Biasanya, gembus banyak dijumpai pada beberapa pasar tradisional. Tetapi tidak jarang ada beberapa penjual yang memasarkannya dengan cara berkeliling.

Jika ingin mencoba makanan ini, Anda bisa menikmatinya dengan berbagai varian rasa, mulai dari durian, coklat, hingga keju. Selain memiliki cita rasa khas dan lezat, bahan utama pembuatannya juga sangat bergizi yaitu dari singkong. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 1000 rupiah untuk 10 buah gembus. Sangat terjangkau, bukan?

2. Kerupuk Tenggiri

Makanan ringan khas cilacap berikutnya adalah kerupuk tenggiri. Sesuai dengan namanya, camilan satu ini terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Di mana, Anda bisa merasakan sensasi rasa gurih khas ikan dengan bau yang cukup menyengat.

Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang memiliki sensitive gigi, maka tidak perlu khawatir. Kerupuk tenggiri ini memiliki tekstur sangat empuk, tetapi tetap gurih. Bahkan, beberapa orang memanfaatkan keberadaan kerupuk sebagai lauk saat kelaparan. Hal tersebut dikarenakan rasa ikan pada adonan kerupuk sangat mendominasi.

Anda bisa mendapatkan kerupuk tenggiri dengan bentuk bulat setengah kotak dengan warna kecoklatan. Menjadikan produk ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah menjadi pilihan paling tepat.

Selain memperkenalkan makanan khas daerah, Anda juga telah memberikan asupan gizi yang baik sebab kerupuk tenggiri kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan. Biasanya harga kerupuk tenggiri dibanderol mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 200.000.

3. Sale Pisang

makanan ringan khas cilacap
(sumber gambar : kompas.com)

Mendengar sale pisang mungkin sudah tidak lagi asing bagi kebanyakan orang. Tetapi, jika produk satu ini menjadi makanan ringan khas cilacap, maka sudah pasti wajib bagi Anda untuk membawakan keluarga di rumah camilan ini.

Sale banyak menjadi pilihan oleh-oleh dari suatu perjalanan karena memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Hal tersebut dikarenakan sale pisang telah melalui proses pengeringan dan juga pengasapan.

Selain itu, penawaran produk seenak ini juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli sale pisang dengan harga Rp. 8.500. Perkembangan usaha yang semakin meluas, membuat kota Cilacap berhasil mengeluarkan banyak produknya di kancah Internasional.

4. Lanting

Lanting merupakan makanan ringan khas cilacap yang tidak boleh Anda lewatkan. Memiliki bahan utama snack dari singkong dengan bentuk bulat dan terdapat lubang pada bagian kedua sisi tengahnya, membuat lanting banyak diminati setiap wisatawan yang berkunjung ke Cilacap.

Camilan ringan ini akan membuat Anda ketagihan sebab rasanya yang gurih dan renyah. Sangat cocok dijadikan sahabat liburan atau oleh-oleh dari Cilacap untuk keluarga di rumah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi Kawasan Adipala yang mana merupakan pusat pembuatan lanting.

5. Keripik Singkong

Cilacap banyak dikenal sebagai salah satu daerah dengan kesuburan umbi-umbiannya. Oleh karena itu, banyak makanan ringan khas cilacap untuk oleh-oleh keluarga di rumah berasal dari umbi-umbian salah satunya adalah keripik singkong.

Tetapi meskipun begitu, keripik singkong khas cilacap memiliki ciri bumbu yang berbeda. Anda bisa menikmati perpaduan rasa pedas, gurih, dengan tekstur keripik yang renyah hanya dalam satu camilan saja.

Selain itu, singkong sendiri menjadi makanan kearifan lokal yang kaya akan vitamin, mineral dan juga serat. Sehingga Anda bisa merasakan berbagai keunggulan nilai gizi dari oleh-oleh satu ini.

Biasanya dalam satu bungkus keripik singkong, Anda harus mengeluarkan budget sekitar Rp. 20.000. Tentunya dalam kemasan cukup besar dan cocok Anda jadikan oleh-oleh. Mendapatkannya juga sangat mudah, sebab hampir setiap toko oleh-oleh di daerah Cilacap menyediakannya dalam jumlah besar.

6. Stik Sukun

makanan ringan khas cilacap
(sumber gambar : tokopedia.com)

Makanan ringan khas cilacap selanjutnya adalah stik sukun. Jika Anda tidak mengetahui apa itu sukun, buah ini memiliki bentuk menyerupai Nangka. Tetapi dengan daging buah berwarna putih yang memiliki tekstur empuk dan berasa manis.

Sukun juga terkenal sebagai buah dengan kandungan kalium tinggi. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai penstabil tekanan darah. Oleh karena itu, membelikan oleh-oleh keluarga di rumah dengan stik sukun tidak hanya membuat mereka senang dengan kenikmatan makanan ringan khas cilacap, tetapi juga pemenuhan kebutuhan gizi secara tidak langsung.

Karena memiliki rasa manis, gurih dengan tekstur yang renyah, snack stik sukun dikemas cukup rapat pada plastic transparan tebal. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunjungi toko oleh-oleh maupun warung pinggiran di Cilacap.

Harga stik sukun bisa Anda dapatkan mulai dari Rp. 15.000 rupiah, tergantung besar kemasan dan perusahaan yang memproduksi. Tetapi menjadikan stik sukun sebagai pilihan oleh-oleh keluarga di rumah adalah pilihan terbaik.

7. Rempeyek Yutuk

Apakah Anda mengetahui rempeyek? Bahan dasar utama pembuatannya adalah tepung beras dan tapioca yang diaduk menjadi satu adonan. Cilacap juga menyajikan makanan khas rempeyek hingga terkenal di kalangan wisatawan.

Meskipun terbuat sama seperti rempeyek pada umumnya, Anda bisa menjumpai isian berbeda pada makanan ringan khas cilacap ini. Penduduk Cilacap melakukan inovasi isian rempeyek menggunakan yutuk. Yutuk sendiri merupakan hewan pantai yang memiliki cangkang dengan warna hitam kecoklatan.

Tetapi, warna dari hewan pantai tersebut akan berubah ketika Anda memasaknya yaitu menjadi merah seperti kepiting. Rempeyek Yutuk memiliki rasa gurih yang lezat dan nikmat serta tekstur lebih renyah.

Karena kepopulerannya di kalangan wisatawan, produksi rempeyek yutuk terus bertambah. Kini untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu susah mencari pada toko oleh-oleh saja. Sebab, beberapa warung pinggiran pantai juga menyediakan oleh-oleh makanan ringan khas cilacap ini dengan harga terjangkau.

Anda bisa menikmati yutuk tidak hanya untuk camilan santai saja, melainkan juga cocok sebagai lauk saat makan. Jangan lupa, pastikan camilan satu ini masuk dalam list oleh-oleh yang harus Anda berikan kepada keluarga tersayang di rumah.

8. Abon Ikan Tuna

Apakah Anda penggemar ikan tuna yang ingin menikmatinya dengan cara berbeda? Jika iya, maka memilih makanan ringan khas cilacap abon ikan tuna adalah pilihan terbaik. Tidak hanya cocok sebagai lauk saat makan, nyatanya abon ikan tuna ini juga bisa Anda nikmati sebagai camilan. Sebab teksturnya yang lembut dan gurih, membuat lidah Anda akan termanjakan oleh sensasinya.

9. Keripik Tempe

Terakhir, Anda bisa menjumpai makanan ringan khas cilacap yang sangat populer yaitu keripik tempe. Siapa yang tidak menyukai camilan dari kacang kedelai ini? Selain banyak diolah sebagai lauk pauk, tempe nyatanya cocok Anda nikmati sebagai snack.

Keripik tempe khas Cilacap memiliki cita rasa unik dibanding beberapa daerah lain. Anda bisa mendapatkan sensasi senyah, gurih, dan lezat dalam satu kali gigitan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh yang akan Anda berikan kepada keluarga tercinta di rumah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan ringan khas cilacap yang bisa Anda jadikan referensi ketika berkunjung ke sana. Selain menikmati berbagai lokasi wisata dan keanekaragaman daerah, Anda juga telah membantu mengenalkan makanan khas Cilacap kepada keluarga di rumah, lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.