12 Makanan Tradisional Khas Cilacap yang Lezat dan Gurih

oleh -500 views
gambar: cookpad.com

Negara punya keragaman budaya yang sangat unik dan khas sekali dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu cita rasa yang khas dan berasal dari makanan masing-masing daerah tersebut, termasuk juga makanan tradisional khas Cilacap yang sangat digemari. Apakah Anda pernah mencicipi salah satunya?

Banyak juga orang yang menyebut makanan tradisional ini sebagai surganya dunia kuliner. Sebab banyak sekali olahan menu makanan Nusantara yang kini mendunia. Salah satunya makanan asal Cilacap ini.

Pilihan Makanan Tradisional Khas Cilacap

Makanan khas dari kota yang punya Batasan dengan Kabupaten Banyumas Utara dan Brebes ini terbilang sangat legenda sekali. Supaya Anda tidak penasaran, yuk simak makanan tradisional khas cilacap berikut ini.

1.    Tahu Brontak

Adapun salah satu makanan yang cukup populer dan sudah ada di daerah manapun yaitu tahu brontak. Jajanan satu ini sekilas mirip tahu susur dari cita rasanya yang gurih serta renyah.

Tahu brontak sendiri biasanya dicelupkan ke dalam santan lalu digoreng. Sementara untuk sensasi gurihnya tersebut bisa Anda peroleh dari bumbu santan kelapa. Sedangkan bagian dalamnya bertekstur lembut serta empuk.

Untuk itulah, bagi Anda yang berkunjung ke Cilacap, jangan sampai melewatkan jajanan satu ini. Anda bisa menemukan jajanan ini berjejer di tepi jalan.

2.    Brekecek

Ini adalah makanan yang memiliki bahan dasar utama dari ikan. Ikan yang menjadi bahan utamanya antara lain ikan laut yang namanya jambal roti. Namun, bukan bagian tubuhnya sebagai bahan dasar, akan tetapi bagian kepala saja.

Rasa dari Brekecek sendiri sangat enak dan lezat. Sehingga makanan ini berhasil sekali menarik perhatian para wisatawan. Sehingga tak heran apabila brekecek sangat laris sekali di pasaran.

3.    Manggleng Singkong

Rekomendasi selanjutnya adalah manggleng singkong. Cemilan ini telah ada sejak 1997. Rasanya gurih sekali serta renyah. Jajanan ini sangat cocok Anda sajikan bersama the panas.

Tentu saja Anda tidak akan memperoleh satu rasa saja. Menggeleng sendiri bisa Anda request dengan berbagai rasa seperti pedas asin, super pedas, dan pedas manis.

4.    Tempe Dages

Tempe dages seperti Namanya, membuatnya dari bahan dasar dages ataupun hasil fermentasi ampas tahu. Apalagi dengan adanya perpaduan rasa dan tekstur yang gurih sekali membuatnya semakin nikmat ketika Anda santap, baik dengan petis ataupun sambal.

5.    Selai pisang

Ternyata, selai pisang ini termasuk ke dalam daftar makanan tradisional asal Cilacap. Camilan ini berbahan utama dari pisang ambon yang telah dijemur kering serta digoreng dengan adonan tepung.

Apalagi sensasi rasa manisnya yang sangat gurih sekali membuat selai pisang ini cocok Anda nikmati dengan teh panas.

6.    Lopis

Lupis terbuat dari beras ketan yang telah dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, lakukan pengukusan sampai matang. Lopis sendiri mempunyai rasa manis serta lembut.

7.    Soto Sokaraja

Bahan dasa dari Soto Sokaraja adalah toge, kerupuk banggi, ayam, babat, kubis, lontong, soun, atau nasi dan juga kuah kuning dengan tekstur kental. Perpaduan keduanya ini menghasilkan rasa yang gurih serta nikmat sekali.

Untuk itulah, jika Anda menyempatkan diri untuk nongkrong ke Cilacap sayang sekali melewatkan makanan soto yang satu ini. Apalagi jika Anda menyantapnya saat kuah soto masih hangat maka akan semakin lengkap sekali.

8.    Sate Martawi

Ini bisa dikatakan sebagai makanan khas Cilacap yang paling enak. Sate ini dibuat dari daging ayam yang sudah dipotong-potong menjadi bentuk dadu. Untuk ukuran dagingnya sendiri terbilang cukup besar daripada sate biasanya.

Karena terlalu besar, untuk satu deret sate saja harus menggunakan dua batang tusuk. Besarnya ukuran tusukan sate serta bumbu sangat sedap mampu memikat hati para wisatawan dan rasa tertarik kembali untuk mencobanya.

Sate Martawi sendiri selalu diberikan bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar. Apalagi dengan rasa gurih rempah yang sangat terasa sekali di bagian daging ayamnya. Bahkan saat ini sangat nikmat sekali meskipun Anda tidak mengkonsumsinya dengan saus kacang.

Sate Martawi ini punya komposis daging yang lebih dominan serta lemaknya digunakan sebagai penangkap bumbu agar meresap lebih sempurna.

9.    Thempleng

Thempleng adalah salah satu makanan khas Cilacap yang kini sudah dikenal banyak di wilaya yang lain. Biasanya orang Indonesia lebih akrab menyebutnya dengan sebutan rempeyek. Akan tetapi warga Cilacap sendiri mengenalnya sebagai thempleng.

Thempleng ini punya variasi yang cukup banyak sekali. Misalkan saja seperti kacang hijau, udang rebon, teri, sampai kedelai juga ada. Semuanya bisa Anda temukan bebas di pasaran dan cocok sekali dijadikan sebagai camilan kapanpun.

10.  Lepet Ketan

Lepet ketan berbahan dasar beras ketan serta kelapa parut yang selanjutnya melilitnya dengan janur. Ibu-ibu yang sudah hamil tujuh bulanan pastinya sudah akrab sekali dengan makanan tradisional ini. Selain itu juga sering terdapat pada acara selamatan.

Lalu ada juga yang mengatakan bahwa rasa dari lepet ketan ini akan mempengaruhi jenis kelami dari bayi yang Anda akndung. Saat rasanya asin, maka janin yang ada di dalam kandungan adalah laki-laki.

Akan tetapi, apabila rasanya manis ataupun tawar saja, biasanya jenis kelamin anak yang Anda kandung adalah perempuan.

Di pasar tradisional sendiri, ibu-ibu menjual lepet ketan di pagi hari. Untuk ukurannya cukup besar karena hampir mirip lontong. Namun sebenarnya dari besaran lepat inilah yang membedakannya lepet Cilacap dengan lainnya.

11.  Mendoan

Pastinya Anda sudah sering mendengar jajanan satu ini. Ukurannya bahkan jauh lebih besar dan membuat pembeli sangat puas sekali ketika menyantapnya.

Tempe mendoan sendiri bisa Anda peroleh sempurna dengan memasak setengah matang dan ukuran tempe saat mengirisnya lebih besar. Sehingga rasanya lebih mengenyangkan. Anda pun bisa rasakan cita lain saat mencicipi tempe mendoan dari Cilacap ini.

Adapun hal yang membuatnya menjadi lebih istimewa yaitu adanya daun kucai yang segar serta daun bawang dan ketumbar wangi di dalam tepung. Kemudian menggorengnya hingga renyah.

12.  Keripik Sukun

Makanan khas terakhir ini praktis sekali sehingga untuk Anda yang bepergian jauh cocok sekali membawa Keripik Sukun sebagai teman perjalanan. Rasanya yang renyah serta krispi membuat wisatawan lokal maupun mancanegara tidak bosan membelinya.

Keripik sukun ini biasanya banyak sekali terdapat di toko oleh-oleh atau[un warung-warung kecil. Apabila Anda bisa mendapatkan suppliernya, bahkan harga yang akan Anda peroleh jauh lebih murah.

Keripik sukun memiliki rasa yang lebih rugi daripada keripik singkong. Apabila teksturnya yang cukup empuk ini Anda potong tepat di bagian tengahnya. Rasa gurih alaminya ini bahkan bisa Anda peroleh tanpa penambahan garam sekalipun.

Itulah 12 makanan tradisional khas Cilacap yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke tempat ini. Apakah Anda sudah pernah mencicipi salah satu rekomendasi di atas? Jika belum, tunggu apalagi, ayo segera berkuliner di Cilacap saat akhir pekan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.