Objek Wisata di Cilacap Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

oleh -575 views
objek wisata di cilacap

Cilacap adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang indah. Berbagai objek wisata di Cilacap ini juga sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Tidak hanya wisata alam, namun ada juga wisata yang bersifat kesejarahan. Lalu, apa saja tempat wisata tersebut? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

10 Objek Wisata di Cilacap Bersama Keluarga

Inilah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda:

1. Curug Mandala

objek wisata di cilacap
(sumber gambar: travelspromo.com)

Objek wisata di Cilacap pertama yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Curug Mandala. Cilacap juga memiliki curug atau air terjun yang indah dan juga menyegarkan lho. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus menuju ke Desa Mandala terlebih dahulu. Alamat lengkapnya adalah Desa Mandala, Hutan Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Ketika berkunjung ke lokasi ini, Anda dan keluarga harus menyiapkan fisik yang cukup kuat. Pasalnya, medan yang harus Anda tempuh tidak bisa terbilang mudah. Akan tetapi tentu medan tersebut akan terbayar lunas dengan indahnya pemandangan yang Anda dapatkan. Untuk masuk ke wisata ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000.

2. Waduk Kubangkakung

Tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Wadung Kubangkakung. Lokasinya ada di daerah Sokawera, Kubangkakung, Kecamtan Kawungaten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Waduk ini sudah ada sejak masa Belanda ada di Indonesia. Pada zaman dahulu, penggunaan waduk ini adalah sebagai tempat cadangan untuk air bersih. Nama “Kubangkakung” sendiri banyak yang mempercayai berasal dari banyaknya tanaman kangkung yang tumbuh pada area waduk.

Sampai saat ini banyak sekali masyarakat yang mendatangi waduk sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Sembari melihat hamparan air waduk yang menenangkan, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner di rumah makan yang ada di sekitaran waduk. Untuk memasuki area waduk, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 2.000 saja. Sangat murah meriah bukan?

3. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Jika Anda dan keluarga menyukai wisata dengan melihat tempat yang memiliki keindahan arsitektur sekaligus keagamaan, maka Pura Mandara Giri Gunung Selok wajib Anda kunjungi. Pura ini masih berada di dalam kawasan Gunung Selok sehingga tiket masuknya juga sama dengan Gunung Selok. Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 4.000, jika ingin memasuki tempat ini.

Pura ini merupakan tempat sembahyang bagi umat beragama Hindu. Anda bisa melihat betapa indahnya arsitektur bangunan ini. Lokasinya sendiri berada di Jalan Srandil, Adipala, Karangbenda, Cilacap, Jawa Tengah.

4. Waterpark Tirta Mas

Ingin berwisata sambil mengajak anak-anak bermain? Maka Waterpark Tirta Mas adalah destinasi terbaik untuk Anda kunjungi. Lokasinya berada di Jalan Rinjani, Sidanegara, Cilacap Tengah, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya sendiri juga terbilang murah, yaitu hanya Rp. 19.000 saja per orangnya.

Berkunjung ke waterpark ini, Anda bisa memanjakan si kecil dengana aneka wahana bermain air yang seru. Ada 3 (tiga) kolam yang bisa Anda pilih, yaitu untuk anak kecil, menengah dan juga orang dewasa. Jadi tidak hanya anak-anak saja yang menikmati permainan air. Ada juga beberapa gazebo di area waterpark yang bisa Anda pakai untuk bersantai bersama keluarga.

5. Pantai Teluk Penyu

objek wisata di cilacap
(sumber gambar: semarangpost.com)

Letak geografis yang berbatasan dengan Samudera Hindia membuat Cilacap juga memiliki anugerah pantai yang sangat indah. Bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga di wisata alam, maka Pantai Teluk Penyu patut Anda kunjungi. Harga tiket ke pantai ini juga terbilang sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 5.000 per orang.

Di tempat ini Anda bisa menjumpai banyak penambangan penyu, meski jumlahnya tidak sebanyak dahulu. Selain itu, sudah ada berbagai fasilitas bagi pengunjung yang lengkap seperti toilet, gazebo, lapangan voli, mercusuar, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membeli souvenir yang banyak dijual di pinnggiran pantai.

Lokasinya sendiri berada di Jalur Pantai Selatan Cilacap, Jawa Tengah. Anda bisa melihat hamparan laut yang luas dengan background pemandangan Pulau Nusakambangan yang asri dan hijau. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah ketika siang menjelang sore. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan sunset atau matahari terbenam yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko Bunga Di Cilacap Terbaik

6. Benteng Pendem Cilacap

Objek wisata di Cilacap selanjutnya yang bernuansa sejarah adalah Benteng Pendem. Benteng Pendem merupakan salah satu bukti peninggalan Belanda di Indonesia dan sudah ada sejak tahun 1861 lamanya. Pendem sendiri artinya adalah “pendam” dalam Bahasa Indonesia. Dulunya benteng ini sembat tertimbun oleh pasir yang dalam dan kondisinya tidak terawat sekali.

Akan tetapi pada tahun 1986 benteng mulai digali lagi dan dibersihkan dengan baik. Setelah proses penggalian barulah benteng bisa berdiri dengan gagah dan menyimpan banyak keunikan, sehingga menjadi objek wisata terkenal di kawasan Cilacap dan sekitarnya. Lokasinya berada di Jalan Benteng, Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk harga tiket adalah sebesar Rp. 5.000 per orangnya.

7. Kemit Forest

Salah satu wisata yang sedang kekinian di daerah Cilacap dan sekitarnya adalah Kemit Forest. Ketika berkunjung ke tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan alam Cilacap yang luar biasa indah dari atas gardu pandang. Karena pemandangannya yang super indah, banyak orang yang menjadikan tempat ini menjadi spot foto.

Tidakk hanya indah namun juga sangat trendi. Anda juga bisa memilih spot foto diatas sepeda gantung yang sekaligus memacu andrenalin. Tiket masuk ke tempat ini adalah sebesar Rp. 20.000 untuk tiap orangnya. Lokasinya adalah di Jalan Srikaya Karanggedang, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

8. Gunung Selok

Masyarakat sekitar Cilacap pasti sudah tidak asing lagi dengan keindahan Gunung Selok. Memang keindahannya sangat luar biasa dan Anda bisa melihat hamparan pemandangan Cilacap dari atas gunung tersebut. Banyak yang percaya bila gunung ini adalah wujud kahyangan atau surga yang ada di bumi dan para dewa yang membangunnya ketika mendapatkan hukuman dari Tuhan.

Anda bisa melihat hamparan luas Cilacap mulai dari area persawahan yang indah dan birunya laut dari Pantai Sodong. Jika Anda dan keluarga adalah penggemar wisata alam, jelas gunung ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Anda juga bisa mengambil foto di atas balon udara yang unik dan estetik. Harga tiketnya adalah sebesar Rp. 5.000 per orang. Lokasinya berada di Karangbenda, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah.

9. Pantai Kalipat

Objek wisata di Cilacap selanjutnya adalah Pantai Kalipat. Pantai ini masih berada di kawasan Nusakambangan dan memiliki pemandangan sangat indah. Untuk mengunjungi pantai ini Anda harus menyewa perahu dengan tarif Rp. 30.000. Ketika berkunjung kesini, Anda dan keluarga bisa melihat hamparan pasir putih yang indah sekali dan berpadu dengan birunya laut dan perbukitan yang hijau asri.

Tentu perpaduan pemandangan ini bisa menjadi media relaksasi yang menenangkan. Anda juga bisa memilih untuk menghabiskan waktu dengan melihat pemandangan dan bersantai, atau bermain air di pinggir pantai dan bermain pasir. Lokasinya berada di Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

10. Curug Cimandaway

Ketika Anda mengunjungi curug ini Anda akan menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Selain itu, sudah ada fasilitas yang lengkap di curug ini, seperti toilet, tempat makan, sampai ada tempat untuk bermain flying fox. Lokasi curug ini berada di Serang Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk kawasan curug juga terbilang sangat terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 5.000 per orang. Ada juga kepercayaan yang menyebutkan jika Anda mengunjungi tempat ini bersama pasangan, maka bisa berjodoh lho. Jadi, apakah Anda berani mencoba mengunjungi curug ini?

Nah, itulah berbagai objek wisata di Cilacap yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Mulai dari wisata alam seperti pantai dan curug sampai wisata keagamaan serta sejarah bisa Anda pilih sesuai kesukaan bersama keluarga. Meski begitu, Anda harus ingat bahwa saat ini kita semua masih berada dalam situasi dan kondisi pandemi virus Corona.

Anda memang boleh untuk mengunjungi tempat wisata, akan tetapi protokol kesehatan tetap harus Anda jalankan dan terapkan secara optimal ya. Pastikan selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang lain. Dengan begitu, selama berlibur Anda tetap bisa selalu menjaga kesehatan dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.