Catat! Ini 10 Oleh-oleh Khas Banjarnegara Wajib Dibeli

by -581 views
oleh-oleh khas banjarnegara

Banjarnegara adalah salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi ketika ke Jawa Tengah. Daerah ini terkenal akan berbagai destinasi wisatanya yang bagus, baik itu wisata alam atau buatan. Terlebih lagi ada berbagai oleh-oleh khas Banjarnegara yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Lalu, apa saja oleh-oleh yang khas dari daerah Banjarnegara itu? Inilah daftar lengkapnya untuk Anda.

10 Oleh-oleh Khas Banjarnegara

Daerah Banjarnegara terkenal sebagai daerah penghasil banyak komoditas yang bernilai. Mulai dari sayur seperti kentang, buah seperti salak, hingga kopi. Inilah yang membuat ada banyak sekali variasi oleh-oleh yang bisa Anda nikmati di Banjarnegara.

Jika sedang berlibur atau mampir ke Banjarnegara, Anda harus menyempatkan untuk membeli beberapa buah tangan yang khas. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Keripik Salak

oleh-oleh khas banjarnegara
(sumber gambar: vagus.net)

Daerah Banjarnegara cukup terkenal dengan buah salaknya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan salak dari Banjarnegara adalah daging buahnya yang gurih dan rasa manis yang khas. Cukup berbeda dari salak yang berasal dari daerah lain. Selain memakannya secara langsung, salak juga sering diolah menjadi keripik oleh masyarakat Banjarnegara.

Tidak mengherankan jika kemudian keripik salak menjadi sajian yang khas dari daerah ini. Pengolahan keripik salak pun terbilang unik, buah salak yang segar kemudian akan melalui prose pengirisan sampai membentuk seperti keripik. Selanjutnya masuk pada proses penggorengan sampai benar-benar garing dan crispy.

2. Purwaceng

Ketika berkunjung ke Banjarnegara, Anda tidak hanya bisa menjumpai produk olahan berupa makanan saja. Ada Purwaceng yang merupakan minuman herbal dan menjadi oleh-oleh khas Banjarnegara selanjutnya. Purwaceng berasal dari tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Pegunungan Tengger dan dataran tinggi Dieng.

Sebagian kawasannya masih masuk ke daerah Banjarnegara, inilah yang membuat minuman ini masih tergolong oleh-oleh khas dari Banjarnegara. Khasiat yang paling utama dari Purwaceng adalah untuk meningkatkan daerah seksual. Khasiat inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk membelinya.

Untuk membeli minuman Purwaceng, Anda bisa mengunjungi berbagai toko oleh-oleh di Banjarnegara. Banyak yang menjualnya dalam bentuk 1 pak atau 1 kotak dengan isis 6 sampai 12 sachet. Harganya sendiri cukup bervariasi mulai dari Rp. 30.000 sampai Rp. 60.000.

3. Jenang atau Dodol Salak

Selain mengolah salak menjadi bentuk keripik, masyarakat Banjarnegara juga seringkali membuat jenang atau dodol dari bahan dasar salak. Jajanan yang satu ini pun menjadi salah satu andalan dari daerah ini dan masyarakat sangat menyukai rasanya yang manis dan juga legit. Masyarakat Banjarnegara sering mengonsumsinya langsung atau dengan dampingan kopi atau teh.

Sebenarnya pembuatan oleh-oleh ini tidak jauh berbeda dari dodol pada umumnya, hanya bahan utamanya saja yang berbeda. Anda bisa menjumpai olahan dodol salak ini di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak perlu khawatir jika basi, karena dodol ini cukup tahan lama sehingga bisa Anda bawa untuk bepergian dalam waktu lama.

4. Batik Tulis Gumelem

Tidak hanya buah tangan berupa makanan dan minuman, Banjarnegara juga cukup terkenal akan batik tulisnya. Batik tulis khas Banjarnegara memiliki nama batik tulis Gumelem. Batik ini merupakan hasil buatan dari daerah Gumelem yang terdapat di Kecamatan Susukan, Banjarnegara.

Setiap kain batik biasanya memiliki goresan tulisan atau motif yang berbeda-beda dan memiliki cerita tersendiri. Apalagi warna dari batiknya juga dibuat cerah dan sangat memanjakan mata. Untuk harga batik tulis Gumelem sendiri bervariasi tergantung pada kualitas kain dan tingkat kesulitan motif. Akan tetapi, umumnya berharaga Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000.

5. Teko atau Poci

oleh-oleh khas banjarnegara
(sumber gambarL sofinurwakhidah.blogspot.com)

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Banjarnegara yang bisa menjadi hiasan sekaligus memiliki fungsi pakai yang baik, maka poci adalah jawabannya. Poci atau teko akan cocok sekali untuk tempat meminum teh atau kopi. Akan tetapi, banyak juga wisatawan yang membeli benda ini sebagai hiasan di rumah karena bentuknya yang unik.

Poci sendiri berasal dari daerah Klampok, Banjarnegara. Jika Anda berkunjung kesini maka sempatkan mampir ke daerah ini untuk melihat banyak poci yang indah dan unik. Harganya sendiri cukup terjangkau, jadi tidak perlu takut akan menguras kantong.

Baca Juga: Resep Soto Sokaraja Khas Banyumas yang Unik dan Lezat

6. Carica

Suka dengan olahan manisan yang segar dan manis? Jika iya, Anda bisa membeli carica sebagai oleh-oleh yang khas dari daerah Banjarnegara. Carica merupakan manisan buah yang terbuat dari pepaya gunung. Rasanya manis dan segar, sehingga cocok untuk Anda makan ketika cuaca panas.

Pepaya gunung sendiri sebenarnya tidak hanya bisa diolah menjadi carica saja. Lebih dari itu, ada juga jenis olahan lain seperti keripik, sirup, dan lain sebagainya. Akan tetapi, memang manisan carica lah yang paling populer untuk buah tangan. Anda bisa membeli carica di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Banjarnegara dnegan harga yang bervariasi, tergantung pada kemasannya.

7. Keripik Kentang

Selain menghasilkan buah salak yang berkualitas dengan rasa yang lezat, daerah Banjarnegara juga cukup terkenal sebagi penghasil kentang. Ukuran kentang dari daerah ini cukup besar dan berkualitas baik dagingnya. Karena hasil kentang yang melimpah, banyak masyarakat yang kemudian mengolahnya menjadi keripik kentang yang enak.

Bukan sekedar keripik, kentang diolah menjadi 2 (dua) macam keripik, yaitu keripik kentang putih dan keripik kentang kuning. Sementara itu dari segi rasa, ada 3 (tiga) variasi yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari keju, original, dan pedas. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah yang cukup banyak.

8. Kopi Biji Salak

Keripik atau dodol salak mungkin sudah cukup familiar bagi Anda, tapi pernahkah Anda mencoba kopi biji salak? Ya, kopi ini memang sangat unik karena terbuat dari biji buah salak. Keunikan inilah yang membuat kopi ini memiliki cita rasa sedikit berbeda dari kopi lainnya.

Jika Anda pecinta kopi, tentu wajib menyempatkan untuk membeli kopi ini sebagai oleh-oleh di rumah. Anda bisa menjumpai kopi biji salak di banyak toko penjual oleh-oleh khas Banjarnegara. Dari segi harga, tiap kemasan kopi memiliki harga yang berbeda, jadi tinggal sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.

9. Sirup Salak

Masih ada satu lagi olahan terkenal dari Banjarnegara yang terbuat dari buah salak. Ini adalah sirup salak yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh andalan dari Banjarnegara. Banyak orang yang menyukai olahan sirup ini karena rasa manisnya yang unik dan terbuat alami tanpa bahan pengawet tambahan.

Sirup salak juga terbilang tahan sampai beberapa bulan sehingga Anda tidak perlu takut basi jika membawanya ke daerah lain dengan jarak yang jauh. Biasanya sirup salak dijual dalam kemasan botol dengan banyak variasi ukuran. Harganya tidak terlalu mahal dan jika ingin membelinya Anda bisa mendatangi toko oleh-oleh spesialis salak yang tersebar di banyak tempat di Banjarnegara.

Untuk menyajikan sirup ini Anda bisa langsung meminumnya dengan air dingin biasa. Bisa juga untuk tambahana olahan es campur maupun es cendol agar olahannya lebih legit dan manis. Tentu sangat menyegarkan bukan?

10. Buntil

Rekomendasi oleh-oleh khas dari daerah Banjarnegara yang terakhir adalah Buntil. Buntil memang jarang terdengar untuk masyarakat yang berada di luar Jawa, karena memang ini adalah makanan tradisional dari Jawa. Nah, ketika ke Banjarnegara, Anda bisa mencicipi Buntil dengan bahan baku dan citarasa yang sangat otentik.

Buntil terbuat dari daun pepaya muda yang diisi dengan beberapa kombinasi bahan. Mulai dari parutan kelapa, ikan teri, dan berbagai rempah khas Jawa yang memiliki rasa yang kaya. Selanjutnya berbagai campuran parutan kelapa dan bumbu tadi, dibungkus dengan daun pepaya muda.

Setelah selesai dan membentuk buntelan, pepaya muda berisi kelapa ini akan melalui proses pemasakan dengan menggunakan santan. Perpaduan rasa kelapa yang gurih dengan santan yang kaya membuat menu hidangan ini sangat menggugah selera. Anda bisa menyantap buntil di banyak warung makan atau bisa juga membawanya sebagai oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Banjarnegara yang bisa Anda beli. Mulai dari olahan minuman, makanan, hingga batik, semuanya ada dan tinggal Anda sesuaikan dengan keinginan. Jadi, pastika mencicipi berbagai buah tangan dari Banjarnegara ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.