13 Oleh-oleh Khas Banyumas Paling Populer dan Wajib Dicoba!

by -695 views
oleh-oleh khas banyumas

Salah satu kabupaten yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata ketika ke Jawa Tengah adalah Banyumas. Kabupaten ini memiliki ibu kota Purwokerto dan merupakan salah satu wilayah dari budaya Banyumasan. Ketika kesini, Anda tidak hanya bisa mengunjungi banyak destinasi, namun juga berburu oleh-oleh khas Banyumas. Apa saja? Inilah beberapa rekomendasi yang bisa Anda beli.

13 Oleh-oleh Khas Banyumas Paling Populer

Sebagai referensi, inilah daftar oleh-oleh khas yang bisa Anda beli di Banyumas:

1. Kue Nopia

oleh-oleh khas banyumas
(sumber gambar: masakan-dapurku.blogspot.com)

Rekomendasi oleh-oleh yang sangat populer dari Banyumas adalah kue Nopia. Bagi masyarakat Banyumas, kue ini sudah sangat melekat pada keseharian mereka. Bentuknya lonjong sedikit menyerupai telur ayam yang halus.

Warnanya putih, namun berwarna merah di bagian dalamnya karena berisi gula merah. Dengan inovasi yang sudah semakin banyak, kini Anda bisa membeli Nopia dengan lebih banyak variasi rasa. Mulai dari durian, pandan, sampai dengan coklat. Sangat cocok menjadi buah tangan yang unik dan lezat.

2. Cimplung

Selanjutnya Anda juga bisa mebeli Cimplung untuk menjadi buah tangan. Kata cimplung sendiri berasal dari Cemplung yang berarti mencelupkannya ke air. Cara pembuatan cimplung memang dengan mencelupkannya ke air nira kelapa.

Jadi singkong atau degan (kelapa muda) akan direbus bersama dengan air nira. Setelah itu barulah bisa menjadi cimplung. Dominasi rasa manisnya mirip dengan gula jawa yang legit.

3. Gesret

Rekomendasi oleh-oleh khas Banyumas selanjutnya adalah gesret. Bagi Anda pecinta singkong, tentu akan sangat menyukai olahan ini karena terbuat dari bahan baku singkong. Singkong yang sudah disiapkan kemudian akan diparut menggunakan parutan khusus.

Karena diparut, maka bentuk singkong akan menjadi panjang-panjang seperti mie. Setelah itu, baru setelah itu gesret akan dicampur menggunakan gula jawa dan bumbu-bumbu lainnya. Baru kemudian akan melewati proses pengukusan agar empuk. Untuk mengonsumsinya, bisa dengan taburan parutan kelapa.

4. Intil

Olahan lain yang terbuat dari singkong adalah intil. Ketika mencoba olahan ini Anda akan merasakan dominasi rasa manis yang legit dan unik. Hampir mirip seperti greset, namun dengan tekstur yang lebih halus. Tekstur halus ini berasal dari proses pemarutan singkong sampai halus.

Setelah melalui proses pemarutan, maka selanjutnya singkong akan diperas. Ampas yang tanpa air itu kemudian bercampur dengan bumbu dan gula merah yang membuat rasanya menjadi manis dan legit.

5. Kaos

Selain oleh-oleh berupa makanan, Anda juga bisa membawa buah tangan berupa kaos ketika berkunjung ke Banyumas. Pasalnya, ada banyak sekali toko souvenir yang menjual buah tangan berupa kaos dengan desain yang unik, kekinian, namun masih berbau Banyumas.

Keunikan desain ini tentunya akan sulit Anda temui di tempat lain. Anda juga tidak perlu khawatir masalah harga, karena umumnya kaos tersebut terjual dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 35.000 sampai Rp. 100.000 Anda sudah bisa mendapatkan kaos yang bagus.

6. Lanting

oleh-oleh khas banyumas
(sumber gambar: resepmasakan.blogspot.com)

Selanjutnya, oleh-oleh khas Banyumas lain yang sayang untuk Anda lewatkan adalah lanting. Selain kue Nopia, lanting juga sudah sangat populer bagi masyarakat daerah Banyumas dan sering menjadi camilan sehari-hari mereka. Bentuknya kecil dan menyerupai lingkaran, serta memiliki rasa yang gurih asin.

Lanting sendiri terbuat bahan baku singkong. Bahan singkong memang banyak diolah menjadi berbagai hidangan di Banyumas, sehingga Anda tidak perlu kaget. Anda bisa membeli lanting di banyak toko oleh-oleh yang tersebar di Banyumas. Harganya juga tergolong murah, dan yang terpenting bisa tahan beberapa hari sehingga cocok untuk Anda wisatawan yang berasal dari daerah jauh.

7. Dage

Olahan selanjutnya yang layak untuk Anda coba ketika ke Banyumas dan bisa menjadi buah tangan adalah Dage. Dage terbuat dari ampas kelapa yang tercampur dengan tempe kemudian mengalami proses penggumpalan dan penjamuran. Anda juga bisa menjumpai variasi olahan dage yang berupa masakan oseng dengan kecambah dan juga cabai. Seringkali dage terjual dengan tempe mendoan.

8. Badeg

Kali ini adalah minuman khas Banyumas yang bernama Badeg. Minuman ini terbuat dari sari bunga kelapa atau yang juga terkenal dengan gula jawa dan gula merah yang tidak melalui proses perebusan. Akan tetapi, cairan tersebut kemudian melalui proses fermentasi selama 1 sampai 2 hari sampai aroma dan rasanya yang khas muncul.

Baca Juga: Ini 10 Tempat Makan Favorit di Cilacap Super Recommended!

9. Buntil

Tidak hanya oleh-oleh yang bersifat camilan, Anda juga bisa membawa pulang lauk pauk khas dari Banyumas, yaitu Buntil. Lauk pauk ini terbuat dari campuran daun singkong, daun pepaya, dan daun talas. Dalam pengolahannya harus sangat hati-hati karena daun talas yang tidak melalui pengolahan yang benar bisa menimbulkan rasa gatal ketika dikonsumsi. Untuk itu pembuat lauk pauk ini haruslah sangat berhati-hati.

Semua daun yang sudah siap kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda. Setelah itu bahan-bahan ini akan dicampurkan dengan bumbu yang seperti kluban. Kemudian semuanya akan digulung dan diikat barulah dikukus. Dalam campuran buntil juga bisa Anda temukan bahan lain seperti cabai, teri, hingga udang rebon agar rasanya lebih mantap. Untuk memakannya Anda bisa menyiramnya dengan kuah santan pedas.

10. Gembus

Oleh-oleh khas Banyumas yang satu ini lagi-lagi terbuat dari singkong. Masyarakat Banyumas sendiri seringkali menyebut olahan ini dengan istilah donat Jawa. Sebab bentuknya memang seperti donat namun dengan tekstur yang kering dan rasa yang gurih. Karena rasa gurihnya gembus sering menjadi camilan dengan memakannya bersama sambal atau sebagai lauk pecel.

11. Kerupuk Ampas Tahu

Camilan selanjutnya yang bisa menjadi buah tangan lezat dari Banyumas adalah kerupuk ampas tahu. Nama lain dari olahan ini adalah ranjem. Pengolahannya sendiri terbilang unik sampai menjadi kerupuk. Pertama, ampas tahu diberi berbagai macam bumbu.

Setelah itu ampas tahu yang sudah dibumbu, dikukus terlebih dahulu hingga teksturnya padat. Setelah padat, maka selanjutnya ampas tahu akan mengalami proses pengirisan sampai bentuknya tipis seperti keripik. Barulah setelah itu dijemur sampai mengering dan menjadi kerupuk. Dengan rasa gurihnya, kerupuk ini sangat cocok menjadi camilan.

12. Gethuk Goreng

Banyumas juga terkenal akan hidangan gethuknya yang unik dan berbeda dengan gethuk yang ada di daerah lain. Di Banyumas, gethuk akan melalui proses penggorengan sehingga rasa dan teksturnya akan menjadi lebih unik. Anda bisa menemukan menu gethuk goreng di banyak tempat karena masyarakat sendiri memang sangat menyukai olahan ini.

Singkong yang sudah disiapkan kemudian akan direbus dan mengalami proses pelembutan sampai teksturnya halus. Setelah itu singkong akan bercampur bersama gula merah untuk membuat rasanya menjadi manis dan legit. Apabila teksturnya sudah terasa kenyal, maka selanjutnya adonan singkong digoreng sampai kecoklatan.

Karena melalui proses penggorengan, bagian luar gethuk akan krispi dan renyah, sementara bagian dalamnya akan terasa sangat lembut. Rasanya juga akan lebih unik karena perpaduan manis dan krispi tersebut. Seiring perkembangannya, kini Anda juga bisa menjumpai gethuk goreng dalam banyak rasa dan tidak hanya gula merah saja. Ada rasa durian, nangka, hingga strawberry.

13. Tempe Mendoan

Oleh-oleh khas Banyumas yang terakhir adalah tempe mendoan. Hidangan ini sangat populer di Banyumas sebagai gorengan favorit masyarakat. Bahan utamanya adalah tempe yang sudah dicampur dengan adonan tepung beras dan diberikan banyak bumbu. Setelah itu goreng sampai kecoklatan dan sajikan selagi hangat.

Biasanya masyarakat Banyumas akan mengonsumsinya bersama dengan kecap yang sudah ditambahkan irisan cabai rawit. Namun jika tidak suka pedas Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa cocolan apapun. Anda juga bisa menemukan gorengan ini di banyak lokasi di Banyumas dengan harga yang terjangkau, sehingga tidak perlu takut menguras kantong untuk oleh-oleh.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Banyumas yang bisa Anda coba. Berbagai olahan ini sangat sayang untuk Anda lewatkan sehingga jangan sampai lupa untuk memasukkannya pada daftar belanjaan Anda ketika ke Banyumas. Tidak lupa juga kunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Banyumas agar liburan Anda lebih lengkap dan seru. Selamat berlibur dan menikmati sensasi berlibur di Banyumas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.