Ini 8 Oleh-oleh Khas Cilacap Jawa Tengah yang Wajib Dibeli!

by -526 views
oleh-oleh khas cilacap jawa tengah

Bepergian atau berwisata ke suatu daerah memang tentu kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh atau buah tangan. Termasuk ketika Anda pergi ke Jawa Tengah, khususnya Cilacap. Ada banyak oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah yang wajib masuk ke daftar belanja Anda. Lalu, apa sajakah itu? Yuk, simak rekomendasi lengkapnya berikut ini!

Rekomendasi 8 Oleh-oleh Khas Cilacap Jawa Tengah

Sebagai referensi belanja, berikut adalah beberapa buah tangan yang bisa Anda beli ketika berkunjung ke Cilacap:

1. Lanting

oleh-oleh khas cilacap jawa tengah
(sumber gambar: masakandapurku.blogspot.com)

Kuliner memang selalu menjadi highlight dari suatu daerah dan bisa menjadi ciri khas daerah tersebut. Cilacap juga memiliki banyakk sekali makanan yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berwisata disana. Yang pertama adalah lanting yang merupakan jajanan khas dari Cilacap. Olahan yang satu ini sudah sangat terkenal luas di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan citarasa yang gurih dan tekstur yang renyah dan garing, lanting sangat cocok menjadi cemilan setiap saat. Anda juga bisa membelinya dalam berbagai varian rasa seperti jagung bakar, pedas, bawang, keju, hingga pedas manis. Warna jajan ini ada 2 (dua), yaitu merah dan juga putih, tergantung pada rasanya.

Bahan dasarnya adalah singkong yang kemudian melalui proses penggilingan. Singkong tadi bercampur dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih, garam, dan ketumbar agar muncul rasa yang lezat dan gurih. Setelah jadi adonan, kemudian dibentuk dan dipotong seperti angka 8.

Setelah pemotongan, baru setelah itu lanting melalui proses penggorengan sampai warnanya berubah keemasan dan teksturnya renyah. Jajanan ini bisa tahan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh. Apalagi kemasannya juga baik dan rapat, sehingga kedap udara. Untuk per kilonya, lanting umum terjual dengan harga Rp. 20.000 sampai Rp. 40.000 tergantung dari rasa. Sangat terjangkau bukan?

2. Keripik Sukun

Bagi penggemar keripik, Cilacap juga memiliki olahan keripik unik yang sayang untuk Anda lewatkan. Kerpik sukun terkenal dari Cilacap dengan citaranya yang gurih, enak, dan juga renyah. Sangat cocok sekali sebagai teman camilan nonton maupun menghabiskan waktu luang.

Sukun memang menjadi salah satu buah yang bisa Anda olah menjadi berbagai macam menu makanan yang lezat. Termasuk salah satunya adalah keripik sukun ini. Anda bisa membelinya sebagai buah tangan di rumah dan bisa membelinya dalam harga yang cukup terjangkau.

3. Keripik Singkong

Selain sukun, oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah selanjutnya adalah keripik singkong. Olahan yang satu ini memang sangat mudah untuk Anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Cilacap. Renyah tekstur dan rasa gurihnya membuat ketagihan siapa saja sehingga camilan ini juga selalu laris.

Rasanya juga tidak hanya manis dan asin, melainkan ada yang berasa pedas, keju, jagung bakar, dan lain sebagainya. Biasanya keripik singkong di Cilacap memiliki harga sekitar Rp. 20.000 untuk setiap bungkusnya. Tidak perlu khawatir, karena olahan ini bisa tahan cukup lama, selama kemasannya tidak rusak. Jadi sangat cocok sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.

4. Gembus

oleh-oleh khas cilacap jawa tengah
(sumber gambar: idntimes.com)

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah selanjutnya adalah gembus. Ini merupakan sebuah jajanan tradisional yang memiliki bentuk seperti donat. Teksturnya renyah dan sedikit kenyal, dan sangat lezat untuk disantap ketika masih hangat. Bahan utamanya adalah dari bahan singkong yang kemudian diolah hingga menjadi mirip donat.

Anda bisa mengonsumsi gembus dengan cocolan sambal, bumbu pecel, atau tanpa cocolan apapun karena rasanya sudah gurih. Tidak hanya rasa original, kini sudah banyak sekali penjual gembus dengan beragam varian rasa seperti coklat, keju, bahkan durian.

Tinggal pilih saja sesuai dengan selera Anda. Harga dari gembus juga sangatlah murah, yaitu hanya Rp. 1.000 untuk 10 buahnya. Jadi tidak perlu khawatir akan menguras kantong ketika ingin membelinya dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Pertamina RU IV: Kilang Minyak di Cilacap dan Peranan Vitalnya

5. Kerajinan dari Cangkang Kerang

Sebagai daerah yang memilikii banyak pantai, tidak heran jika oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah juga tidak terlepas dari laut. Cilacap sudah lama terkenal dengan kerajinan cangkang kerangnya yang indah dan juga unik. Kerajinan ini bisa Anda jadikan buah tangan yang eksotis untuk keluarga di rumah.

Cangkang kerang yang para pengrajin pakai biasanya merupakan cangkang dari kerang mati yang tersebar di berbagai pantai di Cilacap. Setelah terkumpul, maka kemudian pengrajin akan membersihkannya dan mengolahnya menjadi bentuk kerajinan tangan yang indah. Ada berbagai bentuk kerajinan yang bisa Anda coba, seperti gelang, kalung, pigura, lampu meja, tirai atau selambu kerang, dan lain sebagainya.

Untuk harga jual kerajinan kerang ini juga terbilang murah lho. Bervariasi sekali harganya tergantung pada item apa yang ingin Anda beli serta kesulitan pembuatannya. Semakin rumit, maka tentu harganya akan semakin mahal. Anda bisa membeli aneka kerajinan kerang tersebut di berbagai toko souvenir ataupun pasar tradisional dengan harga termurah Rp. 6.000.

6. Rempeyek Yutuk

Siapa dari Anda yang merupakan penggemar rempeyek? Akan tetapi, pernahkah Anda mendengar atau mencicipi rempeyek yutuk? Ya, di Cilacap ada sebuah olahan rempeyek yang unik karena menggunakan hewan yutuk sebagai isiannya. Yutuk sendiri merupakan sebuah hewan yang tinggal di pantai dan memiliki cangkang berwarna kecoklatan.

Nantinya yutuk akan berubah warna menjadi kemerahan, menyerupai kepiting ketika Anda mengolahnya. Inilah yang menjadi keunikan rempeyek yutuk. Tidak heran jika sering sekali banyak wisatawan yang jauh-jauh datang ke Cilacap karena tertarik mencoba rempeyek yutuk.

Rasa rempeyek yutuk ini gurih dan dominan tekstur renyahnya yang membuat ketagihan. Anda bisa memakannya sebagai camilan, maupun membuatnya sebagai lauk. Biasanya Anda bisa membeli rempeyek yutuk di berbagai warung pinggir pantai. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak tanpa khawatir kantong akan terkuras.

7. Batik Tulis Cilacap

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah selanjutnya adalah batik tulis Cilacap. Keunikan batik ini adalah dari motif dan juga corak warnanya. Motif batik dari Cilacap biasanya menggunakan inspirasi keindahan alam sekitar seperti buah, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya. Untuk warnanya menggunakan warna yang dominan cerah dan terang, seperti misalnya biru, kuning, dan juga hijau.

Batik tulis khas Cilacap juga sudah menjadi warisan budaya sejak jaman pangeran Diponegoro, dan masih lestari sampai sekarang. Keberadaan batik ini juga seolah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Cilacap dan sudah terkenal sampai ke kancah internasonal.

Sayangnya, untuk bisa membeli batik tulis yang asli memang Anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Semuanya tergantung pada tingkat kerumitan motif, warna, dan juga kualitas batik itu sendiri. Namun tentu harga yang mahal akan sebanding dengan kualitas dan keindahan budaya yang Anda peroleh. Jadi, jika ingin membelinya pastikan untuk siap dana lebih ya!

8. Sale Pisang

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah yang terakhir adalah sale pisang. Sebagai buah yang lezat dan bergizi, pisang memang bisa Anda konsumsi dalam berbagai bentuk olahan, salah satunya adalah sale. Olahan sale pisang sudah lama menjadi buah tangan khas Cilacap yang enak dan juga legit rasanya.

Jenis pisang yang biasanya digunakan adalah raja bandung, pisang kepok, dan juga pisang raja nangka. Setelah itu pisang kemudian dipotong tipis memanjang dan melalui proses pengeringan. Setelah kering, pisang akan dibaluri oleh tepung basah dan kemudian di goreng sampai kecoklatan.

Perpaduan rasa gurih, manis, dan renyah, membuat siapa saja suka mengonsumsi sale pisang. Tidak perlu khawatir akan basi sebagai oleh-oleh karena sale pisang termasuk olahan yang cukup tahan lama, asalkan pengemasannya baik dan kedap udara. Anda bisa mengonsumsi sale sebagai camilan biasa atau sebagai pendamping minum teh atau kopi. Untuk harganya sendiri sangat murah, yaitu Rp. 8.500 per bungkusnya. Sangat murah bukan?

Nah, itulah berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah yang bisa Anda jadikan referensi. Mulai dari lanting, sale, keripik, hingga kerajinan kerang. Sangat beragam bukan? Ketika berkunjung ke Cilacap, jangan lupa untuk memastikan berbagai item di daftar ini sudah masuk ke buy list Anda. Selamat berlibur dan berbelanjat oleh-oleh ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.