Inilah 11 Oleh-oleh Khas Pangandaran Wajib Dibeli untuk Wisatawan

oleh -267 views
oleh-oleh khas Pangandaran

Tentu akan kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan dari daerah yang menjadi tujuan liburan Anda. Termasuk apabila Anda sedang berlibur di Pangandaran. Sebagai daerah wisata yang populer, ada banyak sekali oleh-oleh khas Pangandaran yang menarik untuk Anda beli. Penasaran? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

11 Oleh-oleh Khas Pangandaran Terpopuler

Sebagai referensi, inilah beberapa hidangan yang bisa Anda jadikan buah tangan dari Pangandaran:

1. Buah Sawo

oleh-oleh khas Pangandaran
(sumber gambar: beritamadani.co.id)

Saat pergi ke Pangandaran, maka Anda bisa menjumpai banyak sekali penjual sawo yang berjualan di pinggir jalan. Memang hal ini bukanlah hal yang asing, karena memang buah ini bisa tumbuh dengan baik di daerah ini. Selain menanam di kebun, sawo juga bisa Anda jumpai dengan mudah di banyak pekarangan rumah warga.

Masyarakat Pangandaran pun juga menggemari konsumsi sawo karena rasanya yang lezat. Meski bukan musimnya, masih cukup banyak penjual sawo yang berjejer pada pinggiran jalan. Apalagi saat kebetulan Anda berkunjung ke Pangandaran ketika memang musim sawo. Tentu akan semakin banyak penjual sawo yang menjajakan buah sawo segar.

2. Kerajinan Kerang dan Kaos Pantai

Pangandaran adalah destinasi wisata yang populer dengan wisata pantainya. Ini yang membuat souvenir khas laut dan pantai bisa menjadi pilihan menarik bagi para wisatawan. Anda bisa membeli berbagai kerajinan kerang yang dijual pada area-area dekat Pantai Pangandaran.

Biasanya berbagai kulit kerang akan masyarakat olah menjadi banyak bentuk kerajinan yang menarik. Mulai dari kalung, pigura, gelang, sampai dengan hiasan meja maupun dinding. Anda pun bisa memilih model, ukuran, dan gayanya sesuai dengan budget.

Jika ingin sesuatu yang bisa Anda gunakan sehari-hari, alternatif lainnya adalah membeli kaos pantai. Pada area sekitar wisata pantai, Anda pun bisa menemukan banyak sekali penjual kaos pantai dengan beragam desain, harga, dan ukuran. Tentu kaos-kaos ini bisa jadi pilihan souvenir yang oke dan keren dari Pangandaran.

3. Opak Mini

Oleh-oleh khas Pangandaran selanjutnya adalah opak mini. Selaras dengan namanya, Anda akan melihat opak dengan ukuran yang kecil dan mungil. Warnanya coklat kekuningan dan memiliki tekstur yang renyah. Banyak masyarakat yang menjadikan opak mini sebagai teman untuk bersantai maupun minum teh atau kopi.

Opak mini sendiri terbuat dari campuran beras ketan, kelapa parut, garam, dan juga santan. Semua bahan tersebut dicampur kemudian melalui proses penjemuran selama kurang lebih satu hari. Setelah kering, maka opak akan lanjut melalui proses pengembunan selama sehari semalam. Jika sudah, barulah opak akan dibakar. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, yaitu Rp. 30.000 saja untuk setiap satu bungkus opak.

4. Noga Kelapa

Pernahkah Anda mendengar hidangan noga kelapa? Camilan unik yang satu ini terbuat dari bahan baku campuran jahe dan juga kelapa. Jahe itulah yang membuat rasanya jadi sedikit pedas namun kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Tekstrunya sendiri seperti permen dan memiliki bentuk yang sangat beragam. Anda bisa membeli noga kelapa di toko oleh-oleh yang tersebar di Pangandaran.

5. Sale Pisang Khas Pangandaran

Oleh-oleh khas Pangandaran yang satu ini terbuat dari buah pisang sebagai bahan utamanya. Sale pisang dari pangandaran juga populer dengan istilah sale roll atau sale gulung karena memang bentuknya yang dibuat seperti gulungan kecil. Bentuknya yang unik inilah yang seringkali membedakan sale ini dengan sale yang berasal dari daerah lain.

Rasa sale pisang dari Pangandaran sendiri dominan manis dan memiliki tekstur yang renyah dan sedikit lengket. Tekstur ini berasal dari proses pembuatannya yang mencampurkan pisang dengan tepung kemudian masuk ke tahap penggorengan. Harganya juga tidak terlalu mahal, sehingga sangat cocok untuk buah tangan bagi keluarga di rumah.

6. Pindang Gunung

oleh-oleh khas Pangandaran
(sumber gambar: youtube.com)

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Pangandaran yang berupa masakan, maka pindang gunung adalah pilihan yang tepat. Olahan ikan pindang ini berbentuk sup dan memiliki banyak sekali rempah. Mulai dari bawnag putih, bawang merah, sereh, cabe merah, daun kedondong, dan buah honje. Inilah yang membuat rasanya menjadi sangat kaya.

Ikan pindangnya sendiri terbuat dari ikan segar yang berasal langsung dari nelayan. Dengan kesegaran ikan yang baik, olahan pindang jadi makin nikmat. Sayangnya, karena memang berbentuk masakan Anda tidak bisa menjadikannya sebagi oleh-oleh apabila jarak tempuh ke daerah asal lebih dari satu hari. Karena memang lebih besar potensi untuk basi di jalan. Namun bagi wisatawan yang tidak jauh asalnya dari Pangandaran, maka pindang gunung bisa jadi buah tangan yang cocok.

7. Pete

Siapa yang tidak tau pete atau petai? Jenis sayur yang satu ini sering menjadi pedamping dari banyak masakan juga sebagai lalapan. Bersama dengan sambal, pete bisa jadi teman makan yang sangat menggugah selera. Nah, ketika Anda sedang ke Pangandaran, maka pete bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk Anda bawa pulang.

Pasalnya, di daerah Pangandaran Anda bisa menjumpai banyak sekali pedagang pete. Inilah yang membuat Anda bisa membeli pete di banyak lokasi di Pangandaran. Harganya pun cukup murah dan bisa bertahan lama meski jarak dari Pangandaran ke daerah asal cukup jauh.

8. Hasil Laut Segar atau Frozen

Pangandaran sangat kaya akan hasil tangkapan lautnya yang melimpah dan sangat beragam. Mulai dari berbagai jenis ikan, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Selain bisa Anda konsumsi di Pangandaran saat berwisata kuliner, Anda pun bisa membawa pulang buah tangan berupa hasil tangkapan laut segar atau frozen.

Untuk membelinya, Anda bisa pergi ke kawasan dekat Pantai Pangandaran. Di daerah ini, ada banyak sekali penjual ikan yang bisa Anda beli dengan harga yang miring karena berasal langsung dari nelayan. Jika butuh produk tangkapan laut yang sudah beku atau frozen ada juga penjual yang menawarkannya. Harganya sangat bervarisi tergantung pada jenis produk yang Anda beli.

9. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin jambal roti khas Pangandaran sangat terkenal akan harganya yang cukup mahal. Harganya bisa mencapai 100 ribu per kilonya, tergantung stok yang ada dipasaran. Memang harga ini terbilang mahal untuk ukuran ikan asin, namun harga yang mahal akan sepadan dengan kelezatan yang Anda akan dapatkan. Perpaduan ikan asin yang gurih dan legit adalah ciri utama dari ikan asin jambal roti.

Nantinya, Anda bisa mebgolahnya menjadi banyak sekali hidangan lain. Seperti oseng mercon dengan memadukannya dengan cabe rawit dan pete, maupun menu lain. Untuk membelinya, Anda bisa mencari ikan asin jambal di daerah sekitar pantai, maupu di toko oleh-oleh yang tersebar di daerah Pangandaran.

10. Noga Suuk atau Noga Kacang Tanah

Noga suuk merupakan camilan yang terbuat dari kacang tanah kemudian dimasukkan ke dalam adonan cair. Adonan tersebut akan mengeras sehingga Anda bisa mengunyahnya seperti permen. Di daerah lain mungkin istilah dari camilan manis satu ini adalah enting-enting kacang.

Perpaduan rasa kacang yang gurih dengan manisnya gula, membuat camilan ini banyak menjadi incaran para wisatawan ketika berkunjung ke Pangandaran. Harganya juga tidak terlalu mahal, sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir kantong akan jebol. Untuk membeli noga suuk, Anda bisa mendatangi toko oleh-oleh maupun pusat perbelanjaan yang ada di Pangandaran.

11. Kepiting Soka Krispi

Mencari camilan hasil laut yang gurih dan enak? Maka, kepiting soka krispi adalah pilihannya. Pangandaran juga kaya akan hasil tangkapan kepiting soka yang segar. Oleh-oleh khas Pangandaran yang satu ini menawarkan sajian kepiting soka yang diolah dengan cara dicampur dengan tepung dan kemudian digoreng sampai kecoklatan dan teksturnya renyah.

Adanya tepung membuat kepiting jadi krispi dan sangat gurih untuk Anda santap. Selain sebagai camilan biasa dengan dimakan langsung, Anda pun bisa membuatnya sebagai lauk atau teman makan nasi yang lezat. Meski memang harganya cukup mahal, yaitu 80 ribu per bungkus, namun tentu akan sebanding dengan kelezatan camilan yang Anda dapatkan nantinya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Pangandaran yang wajib Anda beli saat berlibur di daerah ini. Mulai dari menu camilan, buah, kerajinan, hingga hasil laut, semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan budget masing-masing. Dijamin dengan buah tangan ini, liburan ke Pangandaran bisa semakin seru dan penuh dengan memori!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.