Pesona Wisata 3 Pantai Cilacap Pasir Putih yang Indah dan Eksotis

oleh -446 views
pantai cilacap pasir putih

Cilacap memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Mulai dari wisata kekinian, edukasi, hingga alam seperti pantai. Setidaknya ada 3 (tiga) buah pantai Cilacap pasir putih yang memiliki keindahan luar biasa dan juga eksotis. Apa saja pantai tersebut? Inilah ulasan selengkapnya untuk Anda. Yuk, simak!

Inilah 3 Pantai Cilacap Pasir Putih yang Sayang Dilewatkan

Tidak hanya satu, ada 3 pantai dengan pasir putih yang bisa Anda kunjungi di Cilacap. Inilah ketiga pantai tersebut:

1. Pantai Karang Pandan

pantai cilacap pasir putih
(sumber gambar: brisik.id)

Rekomendasi pantai Cilacap pasir putih yang pertama adalah Karang Pandan atau yang bisa Anda sebut dengan Karang Bolong. Bagi masyarakat Cilacap, pantai ini memang terkenal menjadi salah satu primadona wisata ketika liburan tiba. Daya tarik utama dari pantai ini adalah lautnya yang hijau kebiruan sehingga terlihat begitu cantik.

a. Lokasi dan Aksesnya

Lokasi pantai Karang Pandan adalah di Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Secara geografis, pantai ini terletak pada bagian ujung Pulau Nusakambangan, yaitu sebelah timur. Jaraknya sekitar 13 KM dari pusat Kota Cilacap. Untuk menuju sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Letak pantai ini memang cukup tersembunyi, dan untuk ke pantai ini Anda harus menaiki kapal dari Pantai Teluk terlebih dahulu, baru kemudian ke Pulau Nusa Kambangan. Untuk kesana Anda bisa melakukan sewa perahu dengan harga yang bermacam-macam.

Anda bisa melakukan tawar menawar dengan penyedia jasa sewa perahu hingga ke harga yang cocok untuk Anda. Baru dari Pulau Nusakambangan Anda bisa memilih 2 (dua) cara untuk sampai ke pantai, yaitu berjalan kaki atau naik odong-odong. Ketika berjalan kaki mungkin akan memakan waktu sekitar 30 menit.

b. Daya Tarik Pantai Karang Pandan

Pantai yang satu ini terkenal dengan pasir putihnya yang terlihat sangat indah. Tekstur pasirnya tidak terlalu halus dan terdapat serpihan koral dan karang yang menambah keunikannya. Kemudian kontras warna pasir pantai dengan air laut dan landscape alami yang ada di sekililingnya yang berwarna hijau rimbun membua Anda akan sangat dimanjakan dengan pemandangan disini.

Suasananya juga masih sangat alami dan sejuk sehingga cocok untuk tempat bersantai dan mencari inspirasi. Ketika Anda berada di pantai ini, maka jangan kaget jika menjumpai kumpulan monyet yang cukup banyak di pepohonan.

Pasalnya lingkungan alam yang masih alami membuat pantai ini sekaligus menjadi tempat hidup monyet dengan bergerombol. Jadi ketika Anda sedang makan atau membuka makanan, maka harus ekstra berhati-hati karena bisa saja mereka usil untuk mengambilnya.

c. Tempat Berfoto yang Sangat Indah

Berlibur tentu tidak akan lengkap tanpa menghabiskan waktu untuk berfoto. Ketika di pantai ini Anda tidak perlu khawatir kehabisan spot foto yang menarik dan indah. Pasalnya, berbagai sudut pantai ini bisa menjadi tempat yang memberikan pemandangan visual luar biasa. Perpaduan pasir putih, laut hijau kebiruan, dan tumbuhan hijau yang rimbun akan menjadi latar foto yang indah untuk Anda.

d. Fasilitas di Pantai Karang Pandan

Tidak bisa dipungkiri jika dari segi fasilitas, pantai ini tidak selengkap pantai lainnnya. Wajar saja karena memang tempatnya yang tersembunyi dan masih sangat asri. Akan tetapi beberapa fasilitas yang penting dan vital sudah bisa Anda jumpai di pantai ini, sehingga tidak perlu khawatir. Inilah beberapa fasilitas tersebut adalah kamar mandi serta warung makanan dan minuman ringan.

Baca Juga: Ini 10 Tempat Makan Favorit di Cilacap Super Recommended!

2. Pantai Kalipat

Pantai Cilacap pasir putih selanjutnya adalah Pantai Kalipat. Pesona utama dari Pantai Kalipat adalah suasananya yang tenang dan menyuguhkan suasana layaknya pantai pribadi. Tidak heran apabila banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini untuk bersantai dan melepas penat, sekaligus menikmati ketenangan di alam bebas.

a. Lokasi dan Akses

Alamat Pantai Kalipat tepatnya adalah di Kecamatan Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasi pantai ini juga terletak tidak jauh dari Pantai Karang Pandan dan masih bertempat di Pulau Nusakambangan. Jadi ketika Anda ingin menuju lokasinya, Anda bisa menyebrang dahulu ke Pulau Nusakambangan, kemudian ke Pantai Karang Pandan, barulah ke Pantai Kalipat.

Selain rute tersebut Anda bisa juga langsung menuju ke Dermaga Seloko Cilacap. Baru setelah itu langsung menyewa perahu dengan tujuan langsung ke Pantai Kalipat. Dari dermaga, Anda akan memakan waktu kurang lebih 1 jam sampai ke pantai ini.

b. Daya Tarik Pantai

Ketika berkunjung ke Pantai Kalipat, maka Anda akan melihat hamparan pasir putih yang sangat bersih. Tekstur pasirnya juga unik karena merupakan perpaduan antara pasir putih dan pasir besi, sehingga ketika menyentuhnya mungkin ada sensasi berbeda yang akan Anda rasakan. Anda juga bisa bebas bermain di pasir putih ini dengan bebas dan nyaman.

Selain bermain pasir, pengunjung pantai juga bisa bermain air dengan tenang dan cukup aman. Sebab ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung tenang. Apalagi warna airnya yang begitu biru dan jernih, tentu membuat siapa saja ingin terjun dan berenang.

Selain itu, ketika ke Kalipat Anda juga bisa melihat terumbu karang yang kondisinya masih asri dan cukup terjaga. Saat pantai sedang surut, maka terumbu karang akan terlihat jelas dan akan muncul banyak udang maupun kepiting yang bersembunyi. Pantai ini juga sering menjadi lokasi untuk berkemah atau camping, sehingga jika memang Anda suka dengan kegiatan ini maka bisa berkemah.

c. Fasilitas

Dengan keindahan dan daya tarik pantai yang besar, sayangnya fasilitas yang ada di pantai ini belum terlalu lengkap karena lokasinya yang memang tersembunyi. Namun Anda tetap bisa menggunakan beberapa fasilitas yang bersifat vital seperti toilet, tempat ibadah (musholla), sampai beberapa warung. Tetap disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup dan alat kebersihan diri supaya Anda tidak kesulitan ketika berada di pantai ini.

3. Pantai Singkil Karang Pakis

pantai cilacap pasir putih
(sumber gambar: voinews.id)

Rekomendasi pantai Cilacap pasir putih yang terakhir adalah Pantai Singkil Karang Pakis. Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, lokasi pantai ini lebih mudah untuk Anda temukan dan seringkali ramai dengan pengunjung terutama pada saat liburan tiba.

a. Lokasi dan Akses

Lokasi pantai ini berada di Desa Karang Pakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk menuju ke pantai ini Anda bisa dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika bingung dengan rute, Anda tinggal mengetikkan kata “Pantai Singkil Karang Pakis” di Google Maps atau Waze saja. Nantinya peta akan menunjukkan rute terbaik supaya bisa sampai di pantai ini.

b. Daya Tarik Pantai

Ketika berkunjung, maka Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Hamparan pasir putih dengan laut yang biru membuat pikiran tenang dan juga rileks. Adanya batu-batu terumbu karang pada pinggir pantai juga menambah keindahan pemandangannya.

Selain itu, banyak orang yang mengunjungi pantai ini karena alasan ingin berselancar. Pantai Singkil memiliki ombak yang cukup besar dan memiliki ciri khas tertentu hingga mendapatkan sebutan ombak tujuh. Sebutan itu karena gelombang ombaknya yang selalu datang berurutan sebanyak 7 (tujuh kali). Tentu dengan ombak yang besar ini, para peselancar bisa melakukan kegiatan mereka dengan lancar.

Keindahan sunset (matahari terbenam) juga menjadi daya tarik terkuat yang membuat banyak orang pergi ke pantai ini. Anda bisa menikmati semburat warna sunset yang sangat indah di saat sore sambil menikmatinya bersama pasangan maupun keluarga. Anda juga bisa bermain pasir di pinggir pantai dengan pasirnya yang halus sambil melihat matahari terbenam.

c. Fasilitas

Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang lengkap untuk para pengunjung. Mulai dari area parkir yang cukup luas, toilet, tempat ibadah, tempat istirahat, dan juga banyak warung makan yang berjejer. Anda juga bisa membeli banyak souvenir pantai karena ada beberapa penjual souvenir di pantai ini.

Nah, itulah 3 pantai Cilacap pasir putih yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga sebagai destinasi liburan yang seru. Semuanya indah dan bisa menjadi pengalaman tak telupakan bersama keluarga. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.