Eksotisme Wisata Pantai Cilacap Teluk Penyu yang Mempesona

oleh -191 views
pantai cilacap teluk penyu

Cilacap memiliki banyak sekali destinasi wisata yang eksotis dan mempesona, salah satunya adalah pantai Cilacap Teluk Penyu. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat memanjakan mata. Tidak mengherankan, jika kemudian lokasi wisata ini seringkali ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati berlibur di alam bebas. Inilah informasi selengkapnya tentang keindahan pantai Teluk Penyu.

Sekilas Tentang Pantai Cilacap Teluk Penyu

pantai cilacap teluk penyu
(sumber gambar: radarbanyumas.co.id)

Objek wisata pantai Teluk Penyu adalah salah satu andalan wisata yang Cilacap miliki. Dari segi jarak, lokasi pantai ini terbilang dekat dengan pusat kota Cilacap, yaitu hanya sekitar 2 kilometer saja. Dari pusat kota, Anda hanya perlu menuju ke arah timur tidak terlalu jauh agar bisa sampai di pantai ini.

Selain itu, lokasinya juga tergolong mudah untuk Anda akses dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Pantai yang terkenal akan kecantikannya ini menghadap langsung ke arah Samudra Hindia yang membuatnya memiliki ombak yang besar. Kejernihan lautnya juga sangat terlihat dan membuatnya memiliki pemandangan yang indah.

Masyarakat daerah sekitar Cilacap dan Jawa Tengah sudah sangat familiar dengan pantai ini dan berbagai keindahannya. Pantai Teluk Penyu sendiri memiliki background dan landscape pemandangan yang sangat indah dengan deretan perbukitan yang penuh pepohonan. Ada juga sebuah jembatan yang menjorok ke arah laut dan sering menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Keunikan lain dari pantai ini selain indahnya pemandangan adalah warna pasirnya yang berwarna hitam. Warna hitam ini membuat panorama pantai menjadi lebih indah lagi karena kontras warna dengan birunya laut. Ketika berjalan menyusuri pantai Anda juga bisa menjumpai banyak cangkang kerang atau biota bercangkang lainnya yang umum tinggal di lautan. Warnanya yang putih seolah menjadi hiasan bagi warna pasir yang hitam.

Sejarah Nama Teluk Penyu

Pantai Cilacap Teluk Penyu sendiri juga memiliki sejarahnya tersendiri. Nama Teluk Penyu juga bukan tanpa alasan hingga akhirnya menjadi nama dari pantai ini. Dulunya daerah pantai ini memiliki banyak sekali penyu dan menjadi tempatnya untuk berkembang biak. Kawasannya terkenal asri dan menjadi tempat hidup penyu yang damai dengan ekosistem yang sehat.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu ekosistem kawasan pantai ini berubah menjadi tidak seasri dulu. Banyak manusia dengan tangan jahil dan memiliki niatan tidak baik akhirnya merusak ekosistem bagi penyu tersebut. Akibatnya, banyak penyu yang tidak bertahan lama dan tidak lagi mendiami daerah ini. Kini pun Anda tidak akan menemukan penyu di daerah pantai Cilacap Teluk Penyu.

Baca Juga: Rekomendasi Terbaik Hotel di Cilacap Dekat Pantai Teluk Penyu

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

pantai cilacap teluk penyu
(sumber gambar: pikiran-rakyat.com)

Lokasi pantai Cilacap Teluk Penyu sendiri tepatnya adalah di kawasan Pantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, bahwa untuk menuju pantai ini Anda tidak akan kesulitan karena aksesnya yang cukup mudah. Baik menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk sampai di lokasi pantai dengan cepat.

Saat Anda menggunakan kendaraan umum seperti bis, maka silahkan berhenti ke terminal bus Cilacap terlebih dahulu. Baru kemudian silahkan lanjut dengan menaiki angkutan umum yang menuju ke kawasan Pantai Selatan. Sama halnya jika Anda ke Cilacap menggunakan kereta api. Dari stasiun kota silahkan berhenti dan mencari kendaraan umum lain yang menuju arah pantai selatan.

Jika Anda kebingunan dengan jenis kendaraan umum untuk digunakan, Anda bisa bertanya dengan warga sekitar. Tidak perlu khawatir karena masyarakat Cilacap terbilang sangat ramah. Sementara itu apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka akan jauh lebih mudah lagi. Aplikasi penunjuk arah seperti Waze atau Google Maps bisa Anda andalkan untuk menunjukkan arah ke Teluk Penyu.

Meski menjadi salah satu wisata andalan di Cilacap, harga tiket masuk ke destinasi ini masih terbilang sangat terjangkau. Untuk bisa masuk, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7.500 saja untuk per orangnya. Harga tiket ini berlaku general dan tidak ada bedanya untuk pengunjung dewasa maupun pengunjung anak-anak.

Pada hari libur maupun hari biasa, harga tiket juga tetap sama. Sangat murah meriah bukan? Sementara itu, untuk jam operasional wisata ini juga berlaku 24 jam dan bisa Anda kunjungi setiap hari. Tidak heran jika banyak wisatawan yang suka melihat keindahan mata hari terbenam di pantai ini karena jam operasionalnya yang buka selama 24 jam.

Kegiatan yang Bisa Anda Nikmati di Pantai Teluk Penyu

Ketika berkunjung ke pantai Cilacap Teluk Penyu sendiri Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan aktivitas. Pasalnya, terbilang cukup banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini. Berikut adalah beberapa kegiatan tersebut:

1. Naik Perahu Nelayan

Salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh wisatawan ketika bekunjung ke pantai ini adalah naik perahu nelayan. Di pantai ini memang terbilang cukup banyak nelayan yang menawarkan perahu mereka untuk Anda naiki. Untuk bisa menyewa perahu, biasanya harga yang nelayan patok adalah sekitar Rp. 70.000 sampai Rp. 100.000.

Akan tetapi harga ini bisa saja berubah tergantung pada kondisi laut saat itu dan faktor lainnya. Anda bisa melakukan negosiasi dan tawar menawar dengan nelayan supaya bisa mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Ketika naik perahu, Anda bisa menikmati keindahan laut dengan lebih puas sekaligus melihat berbagai biota laut yang terkadang bisa kelihatan dari atas perahu.

2. Menikmati Pemandangan dan Melihat Uniknya Kapal Tanker

Seperti yang sudah kami bahas pada bagian sebelumnya, pantai Cilacap Teluk Penyu memang memiliki keindahan panorama yang luar biasa. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini dan bisa Anda nikmati sebaik mungkin ketika berkunjung. Perpaduan pasir hitam, pepohonan yang rimbun, serta laut yang jernih membuat siapa saja tentu betah berlama-lama disini.

Selain itu, Anda juga bisa melihat keunikan pemandangan yang tidak akan Anda temui di lokasi lainnya. Pemandangan tersebut adalah kapal tanker yang berada di tengah hamparan laut lepas. Bukan tanpa alasan, kapal tanker ini berada di tengah lautan karena memang menjadi bagian dari kilang minyak.

Di Cilacap memang terdapat kilang minyak yang merupakan miliki PT. Pertamina. Setiap hari kegiatan kapal tanker ini adalah untuk berlalu lalang diantara banyaknya kapan lainnya. Jika Anda kebetulan sedang menyewa perahu maka bisa saja Anda melihat kapal ini dari jarak yang lebih dekat.

3. Wisata Kuliner dan Fasilitas yang Lengkap

Setiap perjalanan wisata tentu akan kurang lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner. Nah, pantai Cilacap Teluk Penyu juga memiliki deretan penjual makanan yang siap memanjakan llidah Anda. Hidangan yang tersedia juga sangat beragam, mulai dari menu makanan biasa hingga seafood. Tentu olahan seafood layak untuk Anda incipi selama berada disini.

Selain itu, dari segi fasilitas pantai ini juga tergolong lengkap. Ada banyak sekali gazebo yang tersedia dan bisa menjadi tempat istirahat Anda. Pada sekitar pantai juga banyak terdapat spot foto yang menarik dan memiliki panorama yang indah. Selain gazebo, ada juga tempat ibadah (mushola), kamar mandi, parkir kendaraan yang cukup luas, hingga berbagai penginapan yang bisa Anda gunakan untuk menginap bersama keluarga.

4. Membeli Souvenir

Jika Anda ingin membeli buah tangan dari pantai Teluk Penyu, maka juga tidak perlu kesulitan mencarinya. Sebab, ada banyak toko yang menjual souvenir khas pantai. Mulai dari kerajinan tangan dari cangkang kerang, kaos, baju, sandal, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membeli buah tangan berupa makanan khas Cilacap pada berbagai toko souvenir tersebut. Dari segi harga, souvenir yang dijual di tempat ini juga memiliki harga yang masuk akal dan terjangkau. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir apabila akan menguras kantong.

Nah itulah review lengkap dari destinasi wisata pantai Cilacap Teluk Penyu yang bisa Anda simak. Pada dasarnya, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang sayang Anda lewatkan ketika berkunjung ke Cilacap. Pemandangan yang indah dan eksotis, fasilitas yang lengkap, lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, serta harga tiket masuk yang murah rasanya cukup menjadi alasan mengapa Anda harus berkunjung kesini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.