Review Pantai Karang Bolong Cilacap

oleh -484 views
pantai karang bolong cilacap

Nama Pantai Karang Bolong tidak hanya akan Anda temui di Cilacap saja namun juga ada di daerah-daerah lainnya seperti Sukabumi dan juga Banten. Namun pada pembahasan kali ini kita hanya membahas mengenai Pantai Karang Bolong Cilacap saja.

Pantai memang menjadi spot wisata yang paling cocok untuk menghilangkan semua sesak dan beban selama bekerja ataupun beraktivitas. Sehingga untuk mengembalikan semangat, maka jangan lupa untuk meluangkan waktu agar bisa berliburan sejenak. Anda pun bisa kembali bekerja dengan semangat yang baru lagi.

Di Cilacap sendiri banyak sekali destinasi wisata alam yang berupa pantai dan bisa Anda kunjungi. Namun masing-masin pantai tentu saja memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing, termasuk Pantai Karang Bolong Cilacap.

Pantai Karang Bolong Cilacap

wisata pantai karang bolong

Mungkin Anda sudah mengunjungi Pantai Teluk Penyu dengan pasirnya yang berwarna hitam. Nah untuk Anda yang justru meninggalkan pasir putih, maka Pantai Karang Bolong Cilacap merupakan pilihan paling tepat. Selain itu lokasinya pun tidak jauh dari Pantai Teluk Penyu.

Pantai Karang Bolong Cilacap merupakan pantai yang mempunya warna pasir putih cemerlang dan lokasinya ada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Letaknya tepat di bagian yang paling timur dari Pulau Nusakambangan tersebut. Apabila Anda kebingungan maka bisa mencari benteng Belanda Kuno, yang letaknya dekat dari tempat tersebut.

Menurut wisatawan yang telah berkunjung. Pantai karang Bolong memiliki kecantikan yang lebih menarik daripada Pantai teluk Penyu. Apalagi adanya pasir putih yang bertaburan membuat pantai ini memancarkan aura indahnya.

Apalagi adanya batuan karst yang siap membantu Anda dalam menghasilkan spot foto menarik. Hal-hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung kesini adalah bermain air, mengubur diri di pasir, serta main perang-perangan di pinggir pantai.

Namun sayangnya, di Pantai karang Bolong masih kurang dengan penjual makanan serta minuman. Sebab memang belum terlalu banyak wisatawan yang menjangkau tempat ini.

Bahkan itu hanyalah menyediakan makanan ringan saja seperti indomie, bukan makanan berat. Sehingga Anda pun harus mempersiapkan segala bekal sebelum berangkat kesini.

Agar tidak kotor saat memandang pantai, jangan lupa membawa alas duduk sebab di pantai ini tidak ada penyedia jasa tikar pantai apalagi payung untuk berteduh.

Perjalanan Menuju Pantai Karang Bolong

Agar Anda bisa sampai ke pantai Karang Bolong Cilacap ini dengan mudah maka bisa naik  kapal yang berlayar dari arah Pantai Teluk Penyu yang merupakan bagian selatannya Kota Cilacap.

Penyebrangan ke pantai tersebut tidak akan menghabis waktu liburan Anda sebab hanya memerlukan waktu sekitar 5 – 10 menit aja. Namun juga tergantung pada kondisi ombak, cuaca, serta kecepatan kapal yang Anda naiki tersebut.

Jika Anda ingin berkunjung kesini, maka utnuk harga penyebrangannya cukup terjangkau sekali yaitu 30 ribu orang pulang pergi. Nanti sesampainya di Pulau Nusakambangan Anda bisa gunakan di acara agar bisa menjangkau Pantai karang Bolong Cilacap tersebut.

Pertama menggunakan odong-odong dan terakhir perjalanan kaki yang akan memakan waktu perjalanan selama 30 menit. Adapun doong-odong yang kami maksud bukan seperti wahana permainan anak-anak. Akan tetapi ini adalah sebuah kendaran tradisional yang dikelola warga sekitarnya.

Berjalan kaki ke Pantai ini juga bukanlah pilihan yang buruk. Mungkin terlihat sangat jauh, namun tenang saja sebab di sepanjang perjalanan pun Anda siap-siap akan disuguhkan oleh banyaknya pemandangan yang menakjubkan sekali.

Di tengah perjalanan akan ditemui gua yang sudah diselimuti dengan akar pohon. Mungkin sedikit menyeramkan saat Anda melewati bangunan tua yang sudah tampak kusam sekali. Selepas itu, akan terdapat benteng pertahanan tua di tengah hutan.

Lalu dari balik batuan karst, maka Anda akan melihat Pantai karang Bolong yang siap menyambut kedatangan Anda bersama keluarga dan teman-teman.

Saat mulai merapat ke Pantai Karang Bolong tersebut, maka jangan heran jika nanti Anda akan menemukan medan yang cukup menanjak sebab memang masih alami sekali dengan jalannya yang bebatuan serta adanya pohon-pohon di samping kanan dan kiri.

Tentu saja ini sangat aman sekali untuk Anda yang sudah berkeluarga. Namun jika sudah mulai memasuki pantai, biasanya ada penjaga yang akan meminta retribusi, Anda cukup berikan semampunya saja.

Apabila waktu magrib sudah mulai datang, maka Anda pun harus bersiap-siap untuk kembali ke seberang Pantai Penyu. Hal ini karena kapalnya hanyalah beroperasi hingga magrib saja.

Wisata di Pantai Karang Bolong Cilacap

Jika hanya menikmati wisata pantai saja tentu tidak akan lengkap. Apalagi jika Anda adalah orang yang suka dengan tantangan dah hal mistis. Maka wajib sekali untuk mengunjungi destinasi seperti Benteng Karang Bolong.

Benteng Karang Bolong menjadi destinasi wisata yang menarik, dimana menurut penuturan warga sekitarnya, alasan benteng tersebut diberikan nama itu karena lokasinya yang berada di sebuah karang besar tepatnya di sudut Pantai Pasir Putih.

Karang tersebut mempunyai lubang di bagian tengahnya. Sehingga masayarakat setempat memberikannya sebutan bolong yang artinya berlibang. Namun selain keunikan tersebut, ada juga nilai historis di balik lubang wisata ini.

Menurut sejarah warga setempat, lubang ini difungsikan untuk mengintai kapal para musuh yang akan singgah di pulau Nusakambangan. Di Benteng ini ada beberapa bangunan yang tersebar dengan luas kawasannya adalah 6000 meter persegi.

Di benteng Karang Bolong tidak hanya bangunan berkeliling saja, namun ini merupakan ruangan pemerintah zaman dahulu. Anda bisa melihat banyaknya ruang tahanan, ruang absen prajurit Belanda, ruang logistic, bangunan pengintai, Meriam, aula, dan Gudang amunisi.

Jadi sebagai bangunan yang sekiranya sudah tua, maka tata bangunan masih sangat rapi sekali. Bahkan jika Anda melihat dari penggunaannya pun terstruktur sekali di masing-masing ruang serta memiliki ciri khas.

Ruangan paling mistis di benteng ini yaitu bangunan utamanya. Sebab ini merupakan tempat pembantaian pekerja paksa di zaman Belanda dulu. Seperti orang yang sudah tua, sakit-sakit, dan tidak sanggup bekerja maka juga ikut dibantai disini. Sehingga masyarakat setempat pun menganggap lokasi ini mistis sekali dan cukup horror.

Untuk Anda yang berkunjung kesini, tentu saja tidak perlu khawatir sebab sudah tersedia berbagai fasilitas wisata seperti mushola dan toilet.

Lalu jika merasa mulai kelelahan mengitari tempat wisata tersebut, maka jangan lewatkan kuliner khasnya Pulau Nusakambangan. Agar kenangan liburan tetap abadi, maka ambillah beberapa foto menarik di lokasi Benteng Karang Bolong ini.

Itulah review tentang wisata Pantai Karang Bolong Cilacap. Apabila Anda ingin berlibur ke pantai ini, maka jangan lupa untuk menyiapkan segala keperluan Anda di pantai. Sebab fasilitas yang ada di pantai Pulau Nusakambgannan ini amsih terbilang belum lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.