Pantai Karang Pandan Cilacap

oleh -612 views
pantai karang pandan cilacap
gambar: manggaul.com

Kota Cilacap adalah kota kecil yang sangat terkenal dengan Kawasan wisata baharinya yang begitu menarik akan pesona indahnya. Banyak sekali objek wisata yang bisa Anda temukan disini, salah satunya Pantai Karang Pandan Cilacap. Pantai ini memiliki pasir putih yang berlokasikan di Pulau Nusakambangan dan berada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dimana tempatnya berada dekat perbentengan Belanda Kuno dan juga dikenal sebagai Karang Bolong.

Perjalanan Menuju Pantai Karang Pandan Cilacap

Agar Anda bisa mencapai pantai ini, maka Anda harus menyebrang terlebih dahulu mulai dari Pantai Teluk Penyu menuju Pulau Nusakambgan menggunakan perahu kecil atau biasa dikenal sebagai perahu compreng.

Saat Anda menyeberang ke pulau ini, maka membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Lalu Anda juga harus membayar tarifnya sebesar 20 ribu saja epr orang. Sesampainya di pulau ini, maka perahu akan berlabuh dulu di tepi Pantai Cimiring.

Setelah itu Anda harus berjalan kaki agar bisa sampai ke Pantai Karang Pandan CIlacap ini dan memakan waktu kira-mira 30 menit. Saat di perjalanan, maka Anda akan menemukan Curug atau air terjun kecil yang bisa Anda jadikan sebagai tempat istirahat sejenak.

Oleh sebab itulah, Anda harus membawa stok makanan dan juga minuman. Sehingga jika sewaktu-waktu ingin beristirahat, maka Anda pun bisa berhenti dulu sambal mengisi perut dengan menyantap camilan tersebut.

Benteng Peninggalan Zaman Belanda

Apabila Anda beruntung di perjalanan nanti, maka akan terlihat kawanan kera, macan kemabgn, tumbuhan anggrek yang besar,dan  juga babi hutan. Selain itu, Anda juga akan melihat banteng besar.

Benteng besar ini merupakan peninggalan zaman Belanda dan memiliki nama Karang Bolong. Jika dipandang, memang benteng ini cukup menyeramkan dan banyak sekali warga menyebutnya angker. Mungkin wajar saja, sebab benteng ini telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Usai memasuki benteng tersebut, maka Anda akan menemukan algi 2 jalur yang mengarah ke kiri dan kanan. Apabila ingin berwisata ke benteng Karang Bolong ini maka harus menggunakan jalur kiri. Namun, jika ingin langsung ke pantainya, maka Anda cukup pilih jalur kanan.

Keindahan Pantai Karang Pandan

Setelah perjalanan yang begitu panjang, maka pantai ini akan memanjakan Anda dengan indahnya hamparan pasir yang begitu luas serta landa dan memiliki warna putih yang menawan sekali. Anda juga akan melihat adanya bebatuan besar serta karang-karang cantic yang kerap menghiasai setiap bagian sisi pantai tersebut.

Nah, di atas bebatuan besar tersebutlah Anda bisa duduk-duduk santai sambil memakan mendoan panas. Jajanan ini bisa Anda beli di warung pinggiran. Apalagi ombak mengiringi waktu liburan Anda tersebut sehingga rasanya pikiran semakin damai dan juga tenang.

Pantai Karang Pandai memang masih sangat bersih dan asri. Sebab keberadaannya sendiri sangat jarang sekali diketahui oleh banyak orang sehingga saat ini masih belum banyak orang yang mengunjunginya.

Fasilitas Pantai Karang Pandan

Sejumlah fasilitas telah disediakan agar Anda sebagai pengunjung dan wisatawan merasa betah. Namun tentunya pembangunan fasilitas yang dilakukan di pantai ini sama sekali tidak akan merusak keasrian dari pantai karang pandan.

Meskipun demikian, pantai ini telah memiliki berbagai fasilitas yang tentunya akan menunjang masa liburan Anda tersebut seperti mushola, gazebo, toilet, warung makanan, dan minuman. Sehingga Anda pun tidak panik lagi jika kelaparan.

Jika rasanya Anda sudah puas untuk menikmati keindahan dari pantai ini, maka Anda pun bisa langsung balik lagi ke Pantai Teluk Penyu menggunakan perahu compreng tadi untuk menyebranginya kembali.

Agar liburan Anda tetap berkesan, jangan lupa membeli oleh-oleh setelah sampai di Teluk Penyu. Ada banyak sekali oleh-oleh yang masyarakat setempat jajakan seperti pakaian, aksesoris, kerajinan tangan, olahan seafood, kerang hijau, cumi asin, kerupuk ikan tenggiri, dan pernak-pernik cantik.

Adapun aktivitas lain yang juga bisa Anda nikmati adalah ikan bakar lalu dengan pemandangan laut yang mungkin saja belum pernah Anda saksikan sebelumnya. Tentunya ini akan sangat berkesan sekali, apalagi jika Anda melewati hari liburan ini bersama orang-orang tersayang seperti keluarga, sahabat, kerabat, pacar, dan rekan kerja di kantor.

Ini akan menjadi pilihan menarik setelah merasakan padatnya kegiatan dan pekerjaan di kantor. Sehingga memerlukan liburan agar tetap semangat untuk bekerja. Sehingga Pikiran pun menjadi lebih segar dan juga tenang.

Transportasi

Untuk wisatawan asal kota Cilacap mungkin tidak akan bingung lagi jika ingin mengunjungi wisata satu ini. Namun bagaimanakah apabila wisatawan luar kota atau bahkan mungkin luar negeri, tentunya akan bingung ingin menggunakan transportasi apa untuk bisa sampai kesana.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir karena tentunya kami telah menyiapkan terkait informasi tentang transportasi yang bisa Anda gunakan untuk berkunjung dan berlibur ke pantai ini.

Untuk sampai ke pantai tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Nanti Anda bisa meminta panduan arah dari google maps menuju lokasi awal wisata ini. Sebab menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih menyenangkan sekali daripada kendaraan umum, bukan?

Namun, untuk Anda yang mungkin tidak memilikinya juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus umum dan angkutan lain. Anda nanti bisa berhenti di terminal bus kota. Lalu bisa melanjutkannya dengan menyewa ojek menuju lokasi wisata tersebut.

Akomodasi Penginapan

Jangan khawatir apabila Anda merasa belum puas liburan di pantai ini, karena tentunya juga ada beberapa pilihan hotel yang bisa Anda gunakan untuk menginap nantinya. Adapun salah satu rekomendasi hotel favorit disini yaitu Hotel Marina yang berada di Jalan Budi Utomo. Lalu untuk tarifnya sendiri, Anda harus membayar mulai 50 ribu saja per malamnya.

Tips Berlibur Ke Pantai Karang Pandan

Jika Anda ingin berlibur kesini sebaiknya jangan pergi sendirian, apalagi jika Anda tidak tahu arah jalan menuju kesana. Sehingga aapabila tersesat di hutan Nusakamabngan maka akan sangat sulit untuk keluar dari sana dan menemukan jalan keluarganya. Sebab, disana masih belum ada akses sinyal sama sekali.

Selain itu, agar perjalanan lebih menyenangkan menuju pantai ini gunakanlah alas kaki yang nyaman dan lebih bagus menggunakan sandal saja. Karena jalan dan medannya cukup licin apalagi jika hari sebelumnya diguyur oleh hujan deras.

Lalu supaya Anda tidak merasakan kelaparan, jangan lupa untuk membawa bekal makanan ataupun pengganjal perut lainnya. Karena ditakutkan jika selama perjalanan Anda merasakan kelaparan pastinya akan sulit mencari pedagang cemilan.

Itulah berbagai informasi tentang Pantai Karang Pandan Cilacap. Bagi Anda yang suka sekali akan pantai, maka pantai ini adalah salah satu rekomendasi yang cocok untuk Anda kunjungi. Selain budgetnya yang tidak terlalu mahal, pantai ini juga akan memanjakan Anda bersama fasilitas menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.