Pantai Teluk Penyu Cilacap

oleh -681 views
pantai teluk penyu cilacap

Jawa Tengah memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Tentunya selain Candi Borobudur yang kini mendunia dan juga Museum Kereta Api Ambarawa di daerah selatan ini juga terdapat objek wisata yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Pantai ini berada di Pesisir Selatan Pulau Jawa yang mana adalah salah satu objek wisata yang juga terkenal di Cilacap, Jawa Tengah. Pantai ini berjarak 2 kilometer ke arah timur dari arah pusat kota Kabupaten Cilacap. Kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan untuk lokasinya sendiri sangat mudah dijangkau sebab mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Pantai ini arahnya menghadap ke Samudera Hindia. Inilah yang membuat Pantai Teluk Penyu punya gelombang ombak cukup besar. Akan tetapi, ia punya laut yang begitu jernih dan tidak tampak bergradasi dari tepi sampai tengah lautnya. Pesonanya tersebut mampu mebius mata pengunjung apalagi adanya deretan perbukitan penuh pepohonan pada latar belakangnya yang dinaungi dengan langit biru cerah.

Asal Usul Pantai Teluk Penyu Cilacap

Nama Teluk Penyu sendiri bukanlah tanpa alasan pada pantai ini. Sebab semulanya pantai ini ada banyak sekali penyu. Bahkan Kawasan ini menjadi tempat berkembang-biaknya dan tumbuh pada penyu-penyu.

Dulunya, tempat ini masih sangat asri dan masih belum banyak para wisatawan. Namun, karena adanya oknum tertentu sehingga membuat ekosistem penyu di pantai ini menjadi rusak dan penyu pun tidak bisa bertahan hidup.  Sehingga kini saat Anda berkunjung kesana tidak akan menemukan penyu-penyu ini karena ekosistemnya sudah mulai punah.

Wisata ini mempunyai pantai yang membujur dari arah Utara yaitu pelabuhan perikanan samudera cilacap hingga selatan yaitu pulau nusakambangan dengan panoramanya kapal-kapal tanker yang sering keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Intan.

Adanya kapal tanker di pantai ini tentunya tidak terlepas dari keberadaan kilang minyak di daerah Cilacap tersebut. Bahkan ini juga kerap menjadi salah satu objek wisata vital nasional. Biasanya untuk tempat wisata tersebut sepaket jika Anda juga berkunjung ke Pulau Nusakambangan

Tidak hanya itu, perahu-perahu nelayan yang tradisional juga sering berlalu Lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu ini. Lalu Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan justru menambah indahnya pemandangan dan suasana dari pantai tersebut.

Sekarang, pantai teluk penyu dikenal sebagai wisata yang ramai sekali dikunjungi para wisatawan baik itu hari kerja maupun hari libur. Tempat ini menawarkan sebuah pesona keindahan laut selatan yang ombaknya cukup besar. Lalu juga mampu memberikan sensasi berbeda daripada aktivitas And sehari0hari.

Oleh sebab itulah, wisata pantai teluk penyu cilacap ini sangat cocok sekali sebagai pengisi kegiatan liburan Anda bersama keluarga, teman, kerabat, dan juga rekan kerja. Apalagi jika sudah datang liburan panjang seperti halnya liburan nasional dan hari libur lainnya.

Panorama Pantai Teluk Penyu

Teluk penyu juga mempunyai udara yang masih sangat sejuk dengan adanya hamparan pasir luas di pantai. Sebagai wisatawan, nantinya Anda bisa melakukan aktivitas apapun seperti jalan santai, lari-lari, bermain air, bermain pasir, sepak bola, atau juga bisa jika hanya sekedar duduk-duduk santai melepas rasa penat.

Untuk wisatawan lokal yang gemar sekali memancing, maka Anda bisa menyewa perahu motor yang bisa mengantarkan Anda ke tengah laut. Agar bisa memancing di tengah laut ini, Anda harus membayar lagi tarif perahu nelayan sebesar 70 ribu hingga 100 ribu,

Namun jika beruntung Anda juga menikmati sebuah tradisi rutin yaitu sedekah laut. Kegiatan ini selalu rutin para nelayan setempat lakukan. Sedekah laut sendiri merupakan ritual tahunan mereka yang selalu jatuh pada tanggal 1 Syura.

Adapun inti dari ritual ini yaitu melarungkan kepala kerbau dan juga ada sesajen lainnya ke arah tengah laut. Namun sebelum dilarung, makna kepala kerbau dan sejalan ini ditaruh dulu di tempat yang disebut sebagai jolang.

Jika sudah dilarungkan maka para nelayan lanjut untuk mengambil air laut yang dipercayai sebagai berkah. Tradisi ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan untuk rezeki serta perlindungan yang berupa keselamatan ketika mereka melaut. Selain itu, ini juga penghormatan untuk Ratu Pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Aktivitas di Pantai Teluk Penyu

Jika berlibur ke pantai ini, untuk Anda yang hobi sekali berenang dan ingin melakukannya maka tidak perlu takut akan ombak yang besar sebab Pantai Teluk Penyu sendiri punya penjaga pantai yang selalu siap untuk menolong pengunjungnya.

Biasanya untuk masuk ke wisata Pantai Teluk Penyu CIlacap ini, wisatawan harus mengeluarkan uang retribusi sebesar 5 ribu per orangnya. Lalu untuk penyebarangan ke Pula Nusakambangannya akan dikenakan algi biaya 10 ribu di hari biasa dan 20 ribu di hari libur menggunakan perahu nelayan.

Pastinya jika Anda ke Pantai teluk penyu ini, maka maka nada yang kurang rasanya apabila tidak berkunjung ke seberang pantai teluk penyu ini yaitu pantai pasir putih yang berada tepat di Pulau Nusakambangan.

Sesampainya di Pulau Nusakambgan, maka Anda harus membeli tiket lagi agar bisa masuk ke Pantai Pasir Putih ini. Nantinya di perjalanan  menuju pantai tersebut maka Anda akan menemukan suasana hutan yang begitu sejuk.

Tentunya tidak terlalu jauh untuk Anda bisa menemukan pantai tersebut, hanya butuh waktu 15 menit saja. Lalu hamparan pasir yang berwarna putih serta banyaknya pohon di sekitar pantai justru akan membuat mata dan otak Anda merasa segar kembali.

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

Ada fasilitas yang lumayan lengkap di Kawasan pantai teluk penyu ini seperti kamar mandi, parkir, mushola, gazebo, lapangan voli, perahu penyeberangan ke Pulau Nusakambgan, kolam pemancingan, kios oleh-oleh, kios buah, kios cedera mata, watersport, dan mercusuar.

Selain itu jika Anda ingin menikmati masakan laut asin, maka banyak sekali warung seafood yang tersedia dan berjajar untuk menawarkan hidangan lezatnya. Tentunya Anda tidak perlu khawatir soal harga sebab cukup terjangkau sekali.

Lalu tidak jauh dari tempat wisata tersebut, jika Anda Ingin bermalam di pantai ini maka sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda sewa bahkan juga ada hotel-hotel berbintang.

Objek wisata ini memang sangat ramah pengunjung. Sebab banyak sekali spot foto yang memantik wisatawan untuk berkunjung kesini. Salah satunya adalah adanya plang yang bertuliskan “Teluk Penyu”. APalagi pantai ini memanjakan pengunjungnya dengan berbagai fasilitas yang masih terawat dengan baik.

Anda juga tidak perlu khawatir akan akses jalan ke pantai ini. Sebab kini sudah beraspal dan sangat layak sekali untuk Anda jajah. Sehingga para pengunjung pun bisa membawa kendaraannya hingga ke dekat pantai tersebut.

Itulah salah satu destinasi wisata yang ramai dengan para wisatawan yaitu Pantai Teluk Penyu Cilacap. Dengan latar belakang pantainya yang begitu indah dan sejuk. Sehingga Anda tidak perlu heran jika saat liburan panjang ramai sekali wisatawan lokal dan juga wisatawan luar mengunjunginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.