Pembangunan Tol Cilacap Jogja Segera Dilangsungkan

by -382 views
Pembangunan Tol Cilacap Jogja

Salah satu Proyek strategis nasional yang sedang pemerintah garap pada tahun 2022 ini adalah pembangunan jalan tol Cilacap – Jogja. Tol ini akan dibangun sepanjang 100,25 km dan melewati berbagai wilayah di Jogja serta beberapa Kabupaten di Jawa tengah.

Tentu saja, adanya rencana pembangunan tol ini pemerintah harapkan supaya memberikan manfaat untuk sejumlah wilayah tersebut. Terutama untuk kemudahan akses ekonomi serta pembangunan untuk warga masyarakat tersebut.

Kemudian dalam pembangunan ini pun pemerintah memastikan agar benar-benar melewati wilayah yang kosong, bukan daerah padat penduduk.

Tak lain dan tak bukan, tujuan direncakanlahnya pembangunan tol cilacap jogja ini adalah sebagai infrastruktur yang akan mendukung percepatan serta pemerataan pembangunan ekonomi di Jawa Tengah khususnya yang ada di Kawasan Barlingmascakeb serta Purwomanggung, dimana keduanya melibatkan peran badan usaha swasta.

Begini Kabar Perkembangan Pembangunan Tol Cilacap – Jogja Saat Ini

Adapun untuk saat ini, tahapannya sudah mulai masuk ke pengukuran kebisingan, penyusunan studi kelayakan, dan juga kondisi air sungai. Agar lebih mantap, maka Kementerian PUPR pun bersama Dinas Lingkungan Hidup Banyumas saling berkonsultasi terkait hal ini.

Dalam konsultasi ini, diundang agar memberikan masukan tentang studi kelayakan dan juga meminta persetujuan kepada masyarakat secara langsung, terutama untuk masyarakat yang akan terdampak terhadap pembangunan jalan tol ini.

Tentu saja dalam pembangunan jalan tol ini akan ada dampak positif maupun negatif yang harus siap kita terima, baik itu dari masyarakat maupun pemerintah itu sendiri.

Namun dalam hal ini pun telah pemerintah tegaskan apabila ada keluhan jangan ragu untuk menyampaikannya langsung kepada konsultan Kementerian PUPR.

Mungkin dari dampak negatifnya kita bisa melihat bahwa beberapa pendapatan keluarga dekat area tol pembangunan menjadi menurun sehingga jumlah pengangguran yang inilah tidak dapat kita elakkan sama sekali.

Disamping itu, kamu juga jangan khawatir ya. Tentu saja pemerintah tidak akan bertindak kalau tidak ada untungnya. Justur adanya pembangunan tol ini akan mempermudah akses kamu untuk ke Jogja.

Tidak hanya itu saja, dari segi ekonominya juga membuka peluang untuk pelaku usaha dan memulai bisnis baru sekitar pembangunan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Cilacap-Jogja Lintasi Hingga 41 Desa di Purworejo

Sejumlah wilayah yang akan dilintasi oleh tol Cilacap – Jogja ini antara lain wilayah Kebumen, Banyumas, dan Purworejo. Lalu kecamatan di Banyumas yang akan dilaluinya antara lain Tambak, Kemranjen, dan Sumpiuh. Lalu untuk exit tolnya akan diabngun di Sumpiuh.

Untuk purworejo sendiri kabarnya akan melintasi hingga 41 desa yang terdapat di enam kecamatan Kabupaten Purworejo. Kira-kira panjang jalan tol yang akan melintasi Purworejo ini adalah 28.295 km.

Untuk informasi ini kami dapatkan dari acara Konsultasi Publik dengan penggagasnya Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo. Di Acara tersebut sempat Kepala Dinas LHP AI, wakil Ketua DPRD, Konsultan Toll Roads and Bridges Final Business Case and Bidding Document Developer menghadirinya.

Dari hasil inilah terungkap bahwa 6 kecamatan yang akan jalan tol lalui tersebut antara lain Butuh, Grabag, Kutoarjo, Ngombol, Purwodadi, serta Bagelen.

  • Kecamatan Butuh terdiri atas 8 desa yang akan tol lalui yaitu Kunirejo Kulon, Kedungsri, Wareng, Kunirejowetan, Sruwohrejo, Sruwohdukuh, dan Kedungagung.
  • Lalu untuk Kecamatan Gabag terdiri atas 5 desa yakni Kese, Sangubanyu, Dukuhdungus, Kumpulrejo, dan Kedungkamal.
  • Kecamatan Kutoarjo ada 2 desa yang akan tol cilacap jogja lalui antara lain Karangwuluh dan Kebondalem.
  • Kemudian Kecamatan Ngombol ada 14 desa yang tol lintasi ini antara lain Piyono, Wingkotinumpuk, Wingkosigromulyo, Kuwukan, Pututan, Kedondong, Wingkoharjo, Seboropasar., Singkilkulon, Wonoboyo, Walikoro, dan Singkil Wetan.
  • Kecamatan Purwodadi ada 11 desa antara lain Jenar Wetan, Sukomanah, Bubutan. Tegalaren, Jenar Kidul, Sumbersari, Banjarsari, Karangsari, Kebonsari, Sukoharjo, dan Bongkot
  • Kecamatan Bagelen hanyalah Desa Dadirejo saja.

Jika Tol Cilacap Jogja Sudah Selesai, Patuhi Cara Berkendara di Tol Ini!

Terlepas dari tujuan pembangunan tol untuk kesejahteraan masyarakat, maka kamu juga harus menaati tata cara berkendara di tol ini nantinya. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Memperhatikan Batas Kecepatan

Saat kamu sudah meluncur ke jalan tol, maka hal utama yang wajib diperhatikan yaitu fokus ke batas kecepatannya. Sebab batas kecepatan ini telah diatur dalam PP RI No 72    2014 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 23 ayat 4.

Dalam aturan tersebut sudah jelas bahwa batas kecepatan saat berada di jalan bebas adalah 60 – 100 km per jam, jadi sesuai dengan yang terpasang di rambu lalu lintas. Ini artinya kamu hanya boleh berada di kecepatan rendah 60 km/ jam lalu batas kecepatan tertingginya 100 km/ jam.

2. Jika Ingin Mendahului, Pilih Jalur Kanan

Seringkali tata berkendara satu ini masyarakat anggap remeh bahkan mengabaikannya. Misalkan saja ada pengendara mobil yang melaju dengan kecepatan rendah di bagian kanan, namun ada yang hendak menyalip sementara pengemudi tidak mau memberi jalan yang larinya lebih cepat.

Tentu saja ini jadi suatu masalah bukan? Seharusnya pengemudi jalur paling kanan berikan jalan untuk mobil dengan laju lebih cepat. Namun terkecuali apabila traffic jalan tolnya sedang padat sekali.

3. Saat Berpindah Jalur, Berikan Tanda Lampu Isyarat

Untuk penggunaan lampu isyarat ketika mobil berpindah jalur sangatlah penting. Dengan demikian, pengemudi yang sedang berada di belakang kamu pun tahu kapan akan berpindah jalur. Kamu bisa berikan lampu sein kiri ataukah kanan serta janganlah tergesa-gesa saat memotong jalur.

4. Menjaga Jarak Aman

Salah satu kunci supaya keselamatan kamu selama berkendara di tol adalah menjaga jarak yang ideal bersama pengendara lainnya. Apabila jarak dengan pengemudi lain terlalu dekat tentu saja menyulitkanmu untuk menghindar apabila terjadi hal tidak kita inginkan.

Dengan menjaga jarak pun bisa memberikan sudut pandang lebih luas saat berkendara. Biasanya di jalan tol Indonesia telah tertera rambu-rambu lalu lintas untuk meningkatkan jarak aman berkendara ini.

Adapun idealnya adalah kamu bisa menjaga jarak antara 20 meter hingga 70 meter dengan pengemudi lainnya. Namun itu tergantung lagi pada kecepatan mobil masing-masing.

5. Gunakan Bahu Jalan Untuk Kondisi Darurat Saja

Sangatlah fatal jika kamu mengemudikan mobil saat di tol menggunakan bahu jalan agar bisa mendahului mobil lainnya. Bahkan lebih parahnya lagi ada juga pengemudi yang melaju di baju jalan ini dengan kecepatan tinggi.

Kamu harus tahu kalau bahu jalan hanyalah untuk keadaaan darurat saja, misalnya saat kendaraan mogok. Tidak hanya akan membahayakan diri kamu saja, namun juga bisa membahayakan pengendara lainnya.

Oleh sebab itu, kamu harus patuhi semua peraturan berkendara di tol ini ya. Jangan sampai kamu membuat tol cilacap jogja menjadi rusak karena melanggar aturan berkendara tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pembangunan Tol Cilacap Jogja. Perlu kamu tahu bahwa tujuan pemerintah membangun tol ini supaya kesejahteraan masyarakat sekitarnya semakin meningkat terutama dari kemudahan transportasi serta perekonomian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.