Daftar Pondok Pesantren di Cilacap Terbaik untuk Pendidikan Anak

oleh -273 views
pesantren di cilacap

Cilacap adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak pondok pesantren berkualitas. Tidak heran jika kemudian banyak orang tua yang mencari apa saja rekomendasi pesantren di Cilacap terbaik untuk pendidikan. Lalu, apa saja rekomendasi pesantren tersebut?

5 Pondok Pesantren di Cilacap Terbaik

Pondok pesantren memang bisa menjadi pilihan pendidikan yang baik untuk anak. Karena tidak hanya baik dari segi akademik, pesantren memberikan porsi pengajaran agama yang lebih banyak. Tentu hal ini bisa sangat bermanfaat untuk membentuk pribadi anak agar agamis dan berakhlak mulia.

Inilah beberapa rekomendasi pesantren terbaik yang bisa Anda pilih di Cilacap:

1. Pondok Pesantren Miftahul Huda Majenang

pesantren di cilacap
(sumber gambar: youtube.com)

Pertama adalah pondok pesantren Miftahul Huda yang terletak di daerah Majenang. Anda juga bisa menyebut ponpes ini dengan sebutan pesantren Cigaru. Masyarakat Cilacap dan sekitarnya, sudah familiar dengan ponpes ini karena memang menjadi salah satu yang tertua dan sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Ponpes ini mulai dirintis sejak tahun 1920 silam, akan tetapi baru benar-benar berkembang dan maju pada sekitar tahun 1935. Sampai saat ini, ponpes ini bisa menjadi pilihan terbaik apabila Anda ingin memasukkan anak ke pesantren. Tidak hanya untuk anak, ponpes Cigaru juga memberikan pendidikan pesantren untuk para santri dewasa dan memiliki pendidikan formal seperti:

  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Madrasah Aliyah (MA)
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri

Dengan pendidikan formal tersebut, santri akan mendapatkan porsi pendidikan yang baik dan terukur. Baik dari segi akademik maupun keagamaannya yang juga sangat kental. Visi dari ponpes ini adalah “Menjadi Pondok Pesantren Terdepan dalam Membentuk Insan yang Berakhlaqul Karimah dan Berwawasan Global”. Selain itu, ponpes ini juga memiliki beberapa misi mulia seperti:

  1. Membiasakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari
  2. Berdayakan dan mengembangkan SDM yang profesional sesuai dengan tuntutan zaman
  3. Pengembangan bahasa lokal seperti Bahasa Arab dan Inggris
  4. Mengembangkan pemahaman Al-Qur’an dengan baik
  5. Mengembangkan pemahaman pengajian kitab kuning dengan baik, aktual, dan maksimal
  6. Serta mengembangkan kurikulum Agama yang sesuai dengan masa kini dan yang akan datang.

Dengan visi dan misi tersebut ponpes Miftahul Huda bisa menjadi pilihan terbaik untuk pendidian putra putri Anda. Ponpes ini berlokasi di Jalan K.H Sufyan Tsauri No. 18, Cigaru, Cibeunying, Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

2. Pondok Pesantren Al Hidayah Kroya

Selanjutnya ada ponpes Al Hidayah yang bisa Anda temukan di Kecamatan Kroya. Ponpes ini didirikan oleh KH. Muhammad Minhajul Adzkiya dan pada awal perintisannya hanya terbatas untuk santri putra. Saat itu ada sekitar 200 santri putra yang menuntut ilmu di ponpes ini agar mendapatkan pendidikan agama Islam dengan maksimal.

Akan tetapi, saat ini justru ponpes Al Hidayah menjadi pesantren yang mengkhususkan pada santri putri saja. Jadi jika Anda mencari ponpes untuk putri yang berkualitas, maka Al Hidayah Kroya bisa menjadi salah satu pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Kajian utama di ponpes ini menggunakan kitab-kitab kuning salaf dengan haluan Ahlussunnah wal Jamaah. Sementara untuk madzhabnya adalah Madzhab Syafi’i.

Saat menyekolahan putri di ponpes ini Anda tetap bisa memasukkan anak ke sekolah negeri formal yang ada di sekitar ponpes. Untuk kemudian masalah pendidikan agama dan tempat tinggal adalah di ponpes. Akan tetapi, banyak juga orang tua yang memilih pendidikan formal yang juga ada di Al Hidayah Kroya. Alamat dari ponpes ini adalah di Jalan Merak No. 24, Rumput, Bajing Kulon, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

3. Pesantren Al-Barokah Kawunganten

pesantren di cilacap
(sumber gambar: laduni.id)

Selanjutnya ada ponpes Al-Barokah Kawunganten yang juga bisa menjadi pilihan pendidikan terbaik bagi santri. Ini merupakan ponpes Salafiyyah yang didirikan oleh Syaikh Mas’ud di tahun 1963. Beliau merupakan seorang ulama yang memiliki pengetahuan sangat tinggi tentang ilmu Fiqih. Berbekal ilmu itulah, beliau mendirikan sebuah ponpes dengan tujuan memajukan agama Islam melalui pendidikan agama khususnya Fiqih.

Para santri ponpes ini pun terkenal akan pemahamannya mengenai Aswaja yang sangat baik. Ini berasal dari corak khas NU yang memang sangat kental dalam pola pendidikan yang digunakan di ponok ini. Selain itu, pengajaran terhadap kitab-kitab juga sangat mendalam dengan menggunakan metode salaf (tradisional).

Tidak hanya unggul dari segi agama, ponpes ini pun memiliki pendidikan formal yang hadir untuk jenjang MTs dan MA. Ini membuat para santri juga memiliki pengetahuan akademik yang bagus seiring dengan ilmu agama mereka. Selain itu, para santri juga bisa memilih ekstrakulikuler sesuai keinginan mereka di pesantren ini.

Bagi masyarakat sekitar pun ponpes Al-Barokah juga memiliki kegiatan rutin yang berupa pengajian setiap hari Minggu. Tujuan adanya pengajian ini adalah untuk berkontribusi dalam membina masyarakat mengenai aqidah, fiqih, dan juga akhlak yang baik.

Dengan begitu, diharapkan tidak hanya santriwan dan santriwati saja yang berbudi baik, tetapi juga masyarakat sekitar ponpes. Alamat lengkap dari ponpes ini adalah di Panjatan, Kawunganten Lor, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

4. Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin

Selain pondok Miftahul Huda Majenang, Ihya Ulumuddin adalah salah satu pesantren di Cilacap dengan usia yang sangat tua. Ponpes ini berdiri pada tahun 1925 oleh KH. Badawi Hanafi dimana pada saat itu Indonesia belum merdeka dan masih terdapat pemerintahan Belanda. Pendirian ini berlandaskan semangat yang kuat untuk terus berdakwah dan ingin berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hingga saat ini, ponpes Ihya Ulumuddin masih berdiri dengan baik dan memiliki corak pendidikan Salafiyah. Beberapa program kajian yang bisa Anda temukan di ponpes ini adalah:

  1. Pengajian Al-Qur’an yang meliputi Juz ‘Amma Bil Ghoib, Al-Qur’an Bil Nadzor, Al-Qur’an Bil Ghoib
  2. Pengajian Bandungan yang meliputi Bandungan Klasikal (oleh seluruh santri berdasarkan kelas) dan Bandungan Fakultatif (oleh seluruh santri namun bisa memilih bandungan kitab tertentu sesuai dengan kemauan mereka)
  3. Pengajian Sorogan yang mempelajari beberapa kitab seperti Safinatunnaja, Qatrul Ghayts, Al Duraral Bahiyah, Tijaan Al durari, Sulamulmunajat, Bajuri Sanusiah, Al Riyadhul Badi’ah, dan lain sebagainya.

Pesantren ini juga memiliki beberapa pendidikan formal yang mengacu pada kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Beberapa tingkat pendidikan formal yang ada di ponpes ini adalah TK, MI, SMP Ya Bakil 1 Kesugihan, MTs Minat, SMA Ya BAKII Kesugihan, MA MINAT, dan Institut Agama Islam Imam Ghazali (IAII). Alamat lengkap ponpes ini adalah di Jalan Kemerdekaan Timur No. 16, Platar, Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

5. Pondok Pesantren Al Fatah

Salah satu pesantren di Cilacap ini berdiri pada tahun 1978 oleh Kyai Adib Elyasi. Ponpes ini memiliki sistem pengajaran yang memadukan antara sistem tradisional dengan modern. Ada kelas Tahfidz yang diperuntukkan bagi para santri yang ingin berusaha untuk menghafalkan Al-Qur’an dimana dalam kelas tersebut santri akan ditarget untuk bisa hafal 10 juz dalam kurun waktu satu tahun.

Dengan target tersebut, diharapkan dalam kurun waktu 3 tahun para santri tersebut bisa menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan lancar. Seperti beberapa pesantren lain, Anda juga bisa menemukan pendidikan formal yang ada di pondok ini, seperti MTs dan juga MA. Artinya, para santri juga tetap bisa mendapatkan pendidikan akademik dengan taraf yang berkualitas.

Sementara dari segi biaya, ada beberapa lingkup biaya yang bisa Anda perhatikan. Pertama adalah untuk biaya bulanan yang memiliki kisaran Rp 700.000 sampai Rp 915.000 tiap bulannya. Kemudian untuk biaya masuk MA yang memiliki tarif sekitar Rp 2.455.000. Terakhir untuk tingkat MTs biayanya adalah sekitar Rp 2.405.000.

Alamat dari ponpes ini terbagi menjadi 2 (dua) untuk membagi tempat santri putra dan putri. Untuk pondok putra letaknya di Jalan Raya Maoslor, Maos, Cilacap, Jawa Tengah. Sementara untuk pondok putri terletak di Jalan Dukuh No. 15, Lancar, Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Nah, itulah 5 (lima) rekomendasi pondok pesanten di Cilacap yang bisa Anda ketahui. Berbagai ponpes ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menyekolahkan putra putrinya dengan porsi pendidikan agama yang lebih banyak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang membantu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.