Hasil Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup Indonesia vs Malaysia

by -369 views
piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia

Gelaran piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia pada 19 Desember 2021 ini memang membawa cerita menarik. Lalu, seperti apa hasil pertandingan tersebut? Yuk, simak berita selengkapnya berikut ini! 

Jalannya Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia 

piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia
(sumber gambar: tempo.co)

Babak Pertama 

Pertandingan piala AFF kemarin berlangsung di National Stadium Singapura. Kemenangan yang Timnas Indonesia raih merupakan hasil dari perjuangan yang cukup panjang. Pasalnya, kemenangan baru berhasil Timnas Indonesia raih setelah mengejar ketertinggalan. 

Timnas yang berada di bawah pelatihan Shin Tae-yong memang tampil menekan sejak menit pertama, bahkan pada 2 menit awal Timnas berhasil mengancam lini pertahanan Malaysia. Hanya saja, belum bisa berbuah gol manis. Setelah itu jual beli serangan cepat terjadi antara kedua belah tim. Barulah pada menit ke-13, Malaysia berhasil memperoleh 1 gol lewat Kogileswaran Raj berhasil mengecoh kiper Nadeo Argawinata. 

Gol ini berawal dari Irfan Jaya yang membuang bola dengan tidak sempurna sehingga bola bergulir di depan kotak penalti dari Indonesia. Bola ini kemudian berhasil Malaysia manfaatkan dengan baik. Kogileswaran berhasil melepaskan tendangan jarak jauh yang akhirnya membobol gawang Indonesia. 

Hingga 15 menit pertama pertandingan berjalan, intensitas serangan masih terjadi dengan sangat tinggi. Timnas Indonesia menunjukkan agresifitas yang sangat tinggi setelah tertinggal lebih dulu. Baru setelah itu pada menit ke-36 Indonesia berhasil mengejar ketertinggalan melalui Irfan Jaya. Seolah sebagai penebus kesalahan sebelumnya, ia berhasil menembakkan tendangan lewat kaki kiri yang sangat keras dan presisi. 

Serangan Timnas Indonesia terus berjalan hingga berhasil membalik situasi. Pada menit ke-43, Indonesia bisa unggul 2-1 dari Malaysia. Irfan Jaya lagi-lagi tampil sebagai pencetak gol setelah berhasil memanfaatkan bola liar dari Pratama Arhan. Hingga berakhirnya babak pertama, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan. 

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan sedikit perubahan pemain. Ramai Rumakiek keluar dan penggantinya adalah Elkan Baggot. Pelatih Shin Tae-yong sepertinya ingin agar pertahanan Indonesia menjadi lebih baik. Benar saja strategi tersebut, pada menit ke-50, Pratama Arhan berhasil menambah keunggulan Indonesia. 

Gol ini merupakan hasil kolaborasi yang apik dari Irfan Jaya dan Pratama Arhan yang ada di sisi kanan penyerangan. Pratama Arhan berhasil mengontrol sepakan dari Irfan dan menembakkannya dengan keras hingga membobol gawang Malaysia lagi. Keunggulan 3-1 Timnas Indonesia jelas membuat mental para pemain Malaysia drop. 

Dropnya mental ini tentu bisa Indonesia manfaatkan dengan baik dan terus menerus menggempur pertahanan timnas Malaysia. Serangan demi serangan yang intens, akhirnya berhasil meraih peluang di menit ke-55, namun sayangnya belum berbuah gol. Irfan Jaya yang terlalu terburu-buru, akhirnya gagal mengeksekusi tendangan dengan baik. 

Selang 4 menit dari peluang tersebut, Indonesia sembat kebobolan oleh Malaysia melalui Syafiq Ahmad. Hanya saja, wasit menganulir gol tersebut karena Dion Cools melakukan pelanggaran pada Nadeo Argawinata di kawasan pertahanan Indonesia. Hingga 15 menit akhir pertandingan, Timnas Indonesia sedikit melonggarkan tempo serangan mereka karena lebih fokus untuk bertahan. 

Meski dalam mode bertahan, Indonesia masih bisa membahayakan lini pertahanan Malaysia lewat serangan balik cepat dan mematikan. Serangan ini akhirnya berbuah manis karena pada menit ke-82, Timnas Indonesia berhasil menambah keunggulan mereka lewat gol dari Elkan Baggot. Gol tersebut tercipta dari sundulan Elkan ke gawang Malaysia saat meneruskan umpan dari Evan Dimas.  Hingga peluit tanda pertandingan berakhir, Indonesia tetap berada pada posisi kemenangan 4-1 dari Malaysia. 

Baca Juga: PSCS Cilacap: Profil, Prestasi, dan Berita Terbaru 2021

Alasan Kemenangan Besar Piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia 

piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia
(sumber gambar: kompas.com)

Meraih kemenangan besar di gelaran Piala AFF tentu menjadi awal yang bagus bagi Malaysia. Apalagi setelah ini Indonesia harus berhadapan dengan Singapura pada semifinal. Setidaknya ada 3 alasan yang membuat Indonesia meraih kemenangan kemarin: 

1. Mental Juara 

Timnas Indonesia menunjukkan kualitas mental yang sangat baik pada pertandingan kemarin. Pasalnya, meski sempat tertinggal pada akhirnya mereka mampu membalikkan keadaan dengan sempurna. Tidak panik dan down, justru semangat membara semakin Timnas tunjukkan. Hasilnya Indonesia berhasil dengan cepat merespon ketertinggalan mereka. 

2. Pelatih yang Kaya dengan Taktik 

Tokoh sentral yang berjasa besar atas performa apik Timnas tentu adalah pelatih Shin Tae-yong. Tidak hanya membuat kinerja tim lebih bagus, namun dengan rencana serangan yang sangat bervariasi. Pada 3 laga terakhir sebelumnya, Indonesia menggunakan taktik serangan yang berbeda-beda sekaligus dengan komposisi pemain yang variatif. Hal ini tentu membuat cara main Indonesia semakin sulit untuk lawan baca. 

3. Sumber Gol yang Variatif 

Tidak hanya dari segi strategi, Indonesia juga memiliki komposisi pemain yang bagus. Ada banyak pemain Indonesia yang bisa menjadi sumber gol. Buktinya adalah total 9 gol yang sudah Indonesia kumpulkan dari 7 pemain yang berbeda. Tentu hal ini bisa menjadi bukti bahwa sumber gol Indonesia bisa berasal dari siapa saja. 

Pertama ada Ezra Walian yang bisa Timnas Indonesia andalkan. Kemudian ada Evan Dimas dan juga Pratama Arhan yang terkenal sebagai eksekutor handal. Peluang gol Indonesia juga bisa berasal dari serangan balik, skill individu, maupun umpan crossing. Variasi inilah yang membuat Indonesia bisa menciptakan banyak sekali peluang gol. 

Melaju ke Semifinal dan Juara Grup B 

Dari hasil pertandingan Piala AFF Suzuki Cup Indonesia VS Malaysia ini, maka Indonesia bisa dipastikan keluar sebagai juara grup B. Juara grup B dengan total 10 poin dari 3 hasil kemenangan dan 1 hasil imbang. Hasil ini sama dengan Vietnam namun Indonesia lebih unggul dari segi produktivitas gol. 

Hasil ini membawa Indonesia lanjut ke semifinal dan akan menghadapi Singapura. Singapura sendiri adalah juara dari grup A. Untuk Malaysia sendiri langkahnya terhenti pada fase grup dan bertengger di posisi ketiga grup B. Tentunya, patut untuk kita semua nantikan bagaimana performa Timnas Indonesia pada gelaran semifinal nanti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.